Bentuk-Bentuk Penyimpangan Sosial

A. Berdasarkan Kualitasnya 1. Penyimpangan Primer, yakni penyimpangan yang bersifat temporer atau sementara, dengan ciri-ciri bersifat sementara, gaya hidup tidak didominasi oleh pelaku penyimpangan, dan masyarakat masih mentolerir. 2. Penyimpangan Sekunder, yakni perbuatan yang dilakukan secara khusus memperhatikan perilaku penyimpangan dan secara umum dikenal sebagai penyimpangan karena meidak bisa lakukan tindakan yang meresahkan orang lain. Ciri-cirinya: gaya hidupnya didominasi oleh perilaku penyimpangan, dan masyarakat tidak bisa mentolerir perilaku tersebut. Misalnya: pembunuhan, perampokan, dan penodongan

pembunuhan. . yakni kecenderungan bertindak ke arah nilai-nilai sosial yang dipandang rendah dan akibatnya selalu buruk.Bentuk-Bentuk Penyimpangan Sosial B. Contoh: perkelahian antarpelajar. yakni penyimpangan yang terarah pada nilai-nilai sosial yang didambakan meskipun cara yang dilakukan tampaknya menyimpang dari norma yang berlaku. Contohnya: perempuan jadi sopir bis/angkot 2. Penyimpangan Negatif. Berdasarkan Sifatnya 1. perampokan dan lain-lain. Penyimpangan Positif.

Penyimpangan Individu.Bentuk-Bentuk Penyimpangan Sosial B. Berdasarkan Pelakunya 1. Penyimpangan Kelompok. yakni penyimpangan yang dilakukan secara kolektif atau berkelompok dengan cara melakukan kegiatan yang menyimpang dari norma yang berlaku. yakni penyimpangan yang dilakukan oleh seseorang dengan melakukan tindakan yang menyimpang dari norma yang ada. 2. . Misalnya: aksi demonstrasi yang disertai perusakan. Misalnya: pencurian yang dilakukan sendiri.