P. 1
SILABUS_Studi_Kemuhammadiyahan

SILABUS_Studi_Kemuhammadiyahan

|Views: 257|Likes:
Published by manam_2

More info:

Published by: manam_2 on Nov 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/28/2013

pdf

text

original

SILABUS MATA KULIAH

Mata Kuliah Kode Mata Kuliah SKS Semester Pra Syarat Deskriptif Mata Kuliah : Studi Kemuhammadiyahan : UMS 301402 : Dua : Empat : Sertifikat Lulus Mentoring :

Muhammadiyah merupakan organisasi pembaharu di Indonesia yang didirikan oleh Ahmad Dahlan pada tahun 1912, sebagai jawaban kongkrit atas persoalan keummatan, kebangsaan dan kenegaraan. Muhammadiyah lahir ditengah persoalan umat yang terbelakang, miskin dan bodoh, sehingga dalam aktifitasnya, Muhammadiyah mendirikan amal usaha dalam bidang pendidikan, sosial dan kesehatan, yang pada saat itu tidak menjadi perhatian yang serius para tokoh agama. Identias Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, dakwah amar makruf nahi munkar dan gerakan tajdid menggambarkan akan usaha yang dilakukan oleh Muhammadiyah. Karena sesungguhnya, Muhammadiyah tidak dapat melepaskan diri dari persoalan keindonesiaan, baik pada saat berdiri, kemerdekaan, orde lama, orde baru maupun pada era reformasi. Untuk itulah landasan normatif dan operasional Muhammadiyah sebagai pijakan dalam berkiprah di bumi Indonesia. Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami dan menguasai esensi dan ruh Muhammadiyah sehingga mengenal Muhammadiyah, yang pada akhirnya mampu mengaplikasikan nilai-nilai perjuangan dan keyakinan hidup Muhammadiyah dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan gagasan pembaharu masa klasik 1. Ensiklopedia Islam.1. 29. Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan Islam. 1993: 42. Ahmad Dahlan 2. Menjelaskan perbedaan gerakan pembaharuan Islam di Indonesia 2.Menjelaskan proses berdirinya Muhammadiyah 2.Kompetensi Dasar 1.H. 1990: 4-6.H.4.4. Menjelaskan gagasan pembaharu masa kontemporer 1. Menjelaskan ruang lingkup pembaharuan 1. 1.2. Menguraikan tingkat intelektualitas dan relegiositas K. (t. Indikator 1.2. Menjelaskan maksud dan tujuan Muhammadiyah Pengalaman Belajar Mengkaji dan mendiskusikan konsep pembaharuan dan gagasan pembaharu Materi Pokok/Pembelaj aran Pembaharuan di Dunia Islam Waktu 200’ Alat/Sumber Belajar OHP/ LCD.Jindar Tamimi.5. Gerakan Politik Muhammadiyah dalam Masyumi. Menjelaskan pengertian pembaharuan.31 M. As’ad Abu Khalil. dan Amal Usaha. Sejarah.3. Djarnawi Hadikusuma. 1995: 42 Kafrawi Ridwan. Muhammadiyah. Menjelaskan setting realitas keummatan bangsa Indonesia 2. Portofolio . 45. Ahmad Dahlan.6.3. 169 Harun Nasution. Membandingkan ideide para pembaharu 1. Revival and Renewal. Menjelaskan pendidikan dan politik bangsa Indonesia 2.1. 1975:54-55 Penilaian Test Essay.5.th):66 Test Essay. Portofolio 2. Pemikiran. Aliran Pembaharuan Islam dari Jamaluddin Al-Afghani sampai K. Memahami pembaharuan di dunia Islam. Memahami latar belakang berdirinya Muhammadiyah dan tujuannya Mengkaji dan mendiskusikan sejarah berdirinya Muhammadiyah Latar Belakang Muhammadiyah Didirikan 200’ OHP/LCD Syaifullah.. 1997:27.

.

(t. Menguraikan tingkat belakang intelektualitas dan berdirinya relegiositas K.Jindar Tamimi. 2006: 7293 AD/ART Muhammadiyah Test Essay. Ahmad Dahlan. Ideologi dan Organisasi.H.4. Mahasri Shobahiya dkk.th):66 Test Essay. Studi Kemuhammadiyahan: Kajian Historis. 2006: 153179 Fatwa-fatwa MUI Test Essay. 1990: 4-6. 5. sosial budaya. ekonomi.2. Sejarah.3.2.1. visi dan misi muhammadiyah. Muhammadiyah. khitah perjuangan.Menjelaskan proses berdirinya Muhammadiyah 2. Pemikiran. Portofolio Mengkaji dan diskusi organisasi otonom dalam Muhammadiyah Badan Pembantu Pimpinan dan Organisasi Otonom Dalam Muhammadiyah 500’ Mengkaji dan mendiskusikan Muhammadiyah hubungannya dengan pendidikan. Menjelaskan maksud dan tujuan Muhammadiyah Mengkaji dan mendiskusikan sejarah berdirinya Muhammadiyah Latar Belakang Muhammadiyah Didirikan 200’ OHP/LCD Syaifullah. Melakukan kunjungan ke pimpinan Muhammadiyah di daerahnya (pengamatan.’Aisyiyah.5. serta keptusan Muhammadiyah 4.2. tanyajawab dan diskusi) 3. Mengamalkan isi dari AD/ART. Memahami 3. Memahami latar 2. Tuntunan menuju Keluarga Sakinah. Ahmad Muhammadiya Dahlan h dan 2. Gerakan Politik Muhammadiyah dalam Masyumi.4. dan Amal Usaha. perjuangan landasan Muhammadiyah dalam normatif dan kehidupan sehari-hari operasional 3. dan politik Muhammadiyah dan Keindonesiaan 200’ OHP/ LCD Mahasri Shobahiya dkk.3.3. Kepribadian dan MKCH Muhammadiyah 3. Menjelaskan kontribusi sosial budaya. 19941-9 AD/ART Muhammadiyah OHP. LCD. Memahami 4. Aliran Pembaharuan Islam dari Jamaluddin Al-Afghani sampai K. Menerapkan matan muqoddimah AD. Menjelaskan kiprah organisasi otonon Muhammadiyah dalam kehidupan beragama. Djarnawi Hadikusuma.Ideologi dan Organisasi. Studi Kemuhammadiyahan: Kajian Historis. Berperilaku sesuai dengan garis Muhammadiyah Muhammadiyah: Landasan Normatif dan Operasional 300’ OHP/ LCD.1.2. Menjelaskan sejarah dan Majlis-majlis perkembangan majlisdan organisasi majlis di lingkungan otonom di Muhammadiyah dalam 4. 1997:27. Muhammadiyah dan ekonomi. Portofolio 3. Membedakan sistem hubungan pendidikan Muhammadiya Muhammadiyah dengan h dengan sistem pendidikan lainnya pendidikan.1. 45.31 M. Portofolio . Menjelaskan pendidikan dan politik bangsa Indonesia 2.2. 2006: 96145 PP. berbangsa dan bernegara 5.1. Menjelaskan sejarah Muhammadiya disusunnya muqoddimah h AD. 29.4.. Portofolio Test Essay.1.3. Menjelaskan identitas identitas. kepribadian dan MKCH dalam kehidupan seharihari 3. Menjelaskan pemikiran Muhammadiyah dalam 3. Menjelaskan pemikiran Muhammadiyah dalam bidang sosial budaya 5. Menjelaskan sejarah dan Muhammadiya perkembangan organisasi h otonom Muhammadiyah 4.H. Menjelaskan setting tujuannya realitas keummatan bangsa Indonesia 2. dan bidang sosial budaya politik 5. Ideologi dan Organisasi. Mahasri Shobahiya dkk.2. Memahami 5. Studi Kemuhammadiyahan: Kajian Historis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->