P. 1
MAKALAH probabilitas

MAKALAH probabilitas

|Views: 3,982|Likes:
Published by zulhady

More info:

Published by: zulhady on Nov 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/01/2013

pdf

text

original

1

MAKALAH DISKRIPSI SINGKAT TENTANG PROBABILITAS

OLEH KELOMPOK : 1. MULIATI 2. MIJITAHID 3. MEGA YULIATUL W 4. MUSLIH

UNIVERSITAS NAHDLATUL WATHAN UNW MATARAM 2010
KATA PENGANTAR

2

Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Diskripsi Singkat Tentang Probabilitas”. Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini. Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah ini. Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.

Penulis,

Kelompok III

DAFTAR ISI

3

BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG Probabilitas merupakan bagian matematika yang membahas tentang ukuran kebolehjadian terjadinya suatu peristiwa yang ada dalam kehidupan. Memang banyak peristiwa yang tidak dapat dipastikan terjadi atau tidak terjadi di kemudian waktu. Namun dengan mengetahui ukuran berhasil dan tidaknya suatu peristiwa yang diharapkan akan terjadi, orang menjadi dapat mengambil keputusan lebih baik dan lebih bijaksana tentang apa yang seharusnya ia lakukan. Adapun metode pembelajaran yang akan kita gunakan tidak lagi mengacu pada matematika murni, melainkan sudah mengacu pada matematika terapan. Sehingga contoh-contoh probabilitas yang akan kita sajikan cenderung lebih pada terapannya di dunia nyata. Sebagai contoh : Semisal ada orang yang bekerja dalam manajemen jaringan. Suatu ketika dia dimintai pertimbangan oleh perusahaannya dalam hal penyediaan komputer sebagai server di perusahaan tersebut . Orang tersebut tentu harus bisa memperkirakan berapa kapasitas server yang perlu disediakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Nah dalam memperkirakan itulah probabilitas memegang peranan penting. Kalau orang tersebut memberikan pertimbangan secara asal-asalan tentu itu akan merugikan perusahaan, dan dia pun pasti tidak akan bertahan lama bekerja di perusahaan itu. Ilustrasi yang sangat sederhana adalah ketika berlangsung registrasi onine yang dilanjutkan dengan pengisian KRS secara online. Setiap mahasiswa melakukan transaksi memilih matakuliah semester tersebut. Yang menarik dari sisi probabilitas adalah : ” Berapa kali hits/klik (matakuliah yang dipilih) untuk setiap mahasiwa yang melakukan transaksi hingga print KRS ?” Berapa kali tingkat kegagalan atau tidak disetujui oleh sistem atas klik yang dilakukan ? Tentunya ini akan sangat berpengaruh pada perencanaan pengadaan infrastruktur IT di kampus tersebut.

4

B. TUJUAN DAN KEGUNAAN Tujuan dan kegunaannya adalah dapat mengambil keputusan yang tepat karena kehidupan didunia ini tidak ada kepasntian dan informasi yang ada belum tepat C. TUJUAN PUSTAKA Tujuan Pustaka dari penulisan makalah ini adalah memberikan mamfaat khususnya kepada penulis sendiri dan pada umumnya untuk pembaca dan rekan rekan mahasiswa sekalian. Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan D. METODE Metode yang digunakan oleh penulis adalah dengan mengumpulkan teori teori yang terkait dengan isi makalah ini baik dari buku bacaan ataupun dari internet

BAB II PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN PROBABILITAS Peluang atau kebolehjadian atau dikenal juga sebagai probabilitas adalah cara untuk mengungkapkan pengetahuan atau kepercayaan bahwa suatu kejadian akan berlaku atau

5

telah terjadi. Konsep ini telah dirumuskan dengan lebih ketat dalam matematika, dan kemudian digunakan secara lebih luas dalam tidak hanya dalam matematika atau statistika, tapi juga keuangan, sains dan filsafat. Probabilitas suatu kejadian adalah angka yang menunjukkan kemungkinan terjadinya suatu kejadian. Nilainya di antara 0 dan 1. Kejadian yang mempunyai nilai probabilitas 1 adalah kejadian yang pasti terjadi atau sesuatu yang telah terjadi[1]. Misalnya matahari yang masih terbit di timur sampai sekarang. Sedangkan suatu kejadian yang mempunyai nilai probabilitas 0 adalah kejadian yang mustahil atau tidak mungkin terjadi. Misalnya seekor kambing melahirkan seekor sapi. Probabilitas/Peluang suatu kejadian A terjadi dilambangkan dengan notasi P(A), p(A), atau Pr(A). Sebaliknya, probabilitas [bukan A] atau komplemen A, atau probabilitas suatu kejadian A tidak akan terjadi, adalah 1-P(A). Sebagai contoh, peluang untuk tidak munculnya mata dadu enam bila sebuah dadu bersisi enam digulirkan adalah

.

B. KONSEP PROBABILITAS 

Probabilitas adalah Suatu ukuran tentang kemungkinan suatu peristiwa (event) akan terjadi di masa mendatang. Probabilitas dinyatakan antara 0 sampai 1 atau dalam persentase.

Percobaan adalah Pengamatan terhadap beberapa aktivitas atau proses yang memungkinkan timbulnya paling sedikit dua peristiwa tanpa memperhatikan peristiwa mana yang akan terjadi.

 

Hasil (outcome) adalah Suatu hasil dari sebuah percobaan. Peristiwa (event) adalah Kumpulan dari satu atau lebih hasil yang terjadi pada sebuah percobaan atau kegiatan. CONTOH :

Percobaan/

Pertandingan sepak bola Persija VS PSIS di Stadion Senayan,

6

Kegiatan Hasil

12 September 2009. Persija menang Persija kalah Seri -- Persita tidak kalah dan tidak menang

Peristiwa

Persija Menang

Mungkin kehausan manusia yang tak terpuaskan terhadap perjudianlah yang akhirnya membawa pada pengembangan awal teori peluang. Dalam usaha untuk memperbesar kemenangan para penjudi meminta bantuan para ahli matematika untuk mengatur siasat yang optimum bagi berbagai permainan judi. Matematikawan yang menghasilkan siasat tersebut, antara lain : Pascal, Leibniz, Fermat, dan James Bernoulli. Akibat pengembangan awal teori peluang ini, inferensia statistik, yang berusaha meramal dan mengeneralisasi dan telah berkembang di luar permainan judi, seperti bidang politik, bisnis, peramalan cuaca dan penelitian ilmiah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->