Www.

GooGlE ( Masakan Khas Jawa Timur )
SOTO CAMPUR...RASA NYA MANTEP..

B. Penggolongan Tumbuhan
Tumbuhan dapat digolongkan berdasarkan tempat hidup, jenis daun, jenis batang, dan jenis akarnya.

1. Penggolongan Tumbuhan
Berdasarkan Tempat Hidupnya Seperti hewan, tumbuhan pun digolongkan berdasarkan tempat hidupnya. Tempat hidup tumbuhan ada di darat dan ada pula di air. Amatilah tumbuhan yang ada di sekitarmu. Adakah pohon kelapa atau pohon pisang di dekat rumah atau sekolahmu? Di manakah tempat hidup pohon-pohon tersebut? Pohon kelapa dan pohon pisang tempat hidupnya di darat. Pada Gambar 2.6 terlihat tumbuhan anggrek yang hidup di darat. Contoh tumbuhan lain yang hidup di darat adalah mawar, melati, jagung, dan ketela. Namun, ada pula tumbuhan yang

ubi jalar. yaitu helaian daun memiliki lebar yang sama misalnya pandan dan padi. Ada pula tumbuhan yang memiliki batang menjalar di tanah. 2. memiliki batang yang besar. 3. Daun berguna sebagai tempat pembuatan makanan dan sebagai alat pernapasan tumbuhan. perhatikanlah Gambar 2. pendek.8.9. dan lunak. Ayo. dan kangkung. di darat ataukah di air? Diskusikanlah dengan temanmu. eceng gondok.tempat hidupnya di air. dan durian. misalnya daun eceng gondok dan daun sirih. Bentuk daun oval. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Batangnya Batang adalah bagian tumbuhan yang berguna sebagai penyalur makanan dari akar ke seluruh bagian tumbuhan. memiliki batang yang kecil. Tumbuhan yang tinggi. Ayo perhatikanlah Gambar 2. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Daunnya Hampir semua tumbuhan memiliki daun. seperti semangka. yaitu 1. dan keras. Selain itu. yaitu bagian tengah daun lebih lebar dibandingkan bagian atas dan bawahnya. rambutan. misalnya daun singkong dan daun pepaya. mentimun. Bentuk daun bermacammacam. Adapun tumbuhan yang pendek. 4. seperti pohon kelapa dan mangga. batang berfungsi untuk menegakkan tumbuhan di atas permukaan tanah. 2. dan rumput. tinggi. biasanya. yaitu bentuknya seperti jantung. Bentuk daun menjari atau seperti jari. seperti teratai. misalnya daun mangga. Bentuk daun memanjang. Batang tumbuhan itu lunak dan ukurannya kecil. Bagaimana dengan tempat hidup padi. Apa fungsi dari batang yang keras dan batang yang lunak itu? Diskusikan bersama guru dan temanmu. . Bentuk daun jantung. 3.

misalnya pohon mangga. cari y Berkas . jagung. Pada beberapa tumbuhan.4. Tumbuhan yang memiliki akar tunggang. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Jenis Akarnya Amatilah akar tumbuhan yang ada di lingkungan sekitarmu. seperti wortel dan ketela pohon. KLASIFIKASI TUMBUHAN Berkas:Polystichum setiferum0. Tumbuhan yang memiliki akar serabut. Jika tidak ada tumbuhan. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. Akar memiliki fungsi yang sangat penting. dan durian. Akar bagi tumbuhan sangat penting karena berfungsi untuk menyerap air dan makanan dari dalam tanah. akar berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan. air sulit diserap oleh tanah sehingga bencana banjir tidak dapat dihindarkan dan masyarakat akan mengalami kerugian. Akar tunggang adalah akar utama yang berukuran besar dan memiliki akar cabang. dan tebu. Hal itu membuat lingkungan terhindar dari banjir karena air yang jatuh ke bumi diserap dengan baik. Akar serabut tidak memiliki akar utama dan setiap bagian akar besarnya sama. jambu. Ada dua jenis akar. Akar tumbuhan juga membuat keadaan tanah menjadi subur.jpg Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Fungsi akar sebagai penyerap air dari dalam tanah. yaitu akar serabut dan akar tunggang. rumput. misalnya tumbuhan padi.

Total spesies yang diketahui hampir 10. kelompok tumbuhan ini masih menggunakan spora sebagai alat perbanyakan generatifnya. Tumbuhan paku tersebar di seluruh bagian dunia. kecuali daerah bersalju abadi dan daerah kering (gurun). adalah satu divisio tumbuhan yang telah memiliki sistem pembuluh sejati (kormus) tetapi tidak menghasilkan biji untuk reproduksinya. ukuran berkas: 48 KB. Tumbuhan . sebagian besar tumbuh di daerah tropika basah yang lembab.000 (diperkirakan 3000 di antaranya tumbuh di Indonesia). Name Polystichum setiferum Family Aspidiaceae Tumbuhan paku (atau paku-pakuan.jpg (640 × 480 piksel. Polystichum_setiferum0. Deskripsi dari halaman deskripsinya ditunjukkan di bawah ini.y y y Riwayat berkas Pranala berkas Penggunaan berkas global Tak tersedia resolusi yang lebih tinggi. tipe MIME: image/jpeg) Berkas ini berasal dari Wikimedia Commons dan mungkin digunakan oleh proyek-proyek lain. Alih-alih biji. Pteridophyta atau Filicophyta). sama seperti lumut dan fungi.

. tidak berakar (tetapi memiliki rizoid sebagai penggantinya). Tumbuhan paku yang mudah kita lihat merupakan bentuk fase sporofit karena menghasilkan spora. tidak berbatang. Ental yang masih muda selalu menggulung (seperti gagang biola) dan menjadi satu ciri khas tumbuhan paku. ada yang berupa pohon (paku pohon. Sering dijumpai tumbuhan paku mendominasi vegetasi suatu tempat sehingga membentuk belukar yang luas dan menekan tumbuhan yang lain. mungkin mengikuti perilaku moyangnya di zaman Karbon. tetapi biasanya berupa terna dengan rizoma yang menjalar di tanah atau humus dan ental (bahasa Inggris frond) yang menyangga daun dengan ukuran yang bervariasi (sampai 6 m). Serasah hutan tumbuhan pada zaman ini yang memfosil sekarang ditambang orang sebagai batu bara. tidak berdaun. Daun pakis hampir selalu daun majemuk. hidrofit. yang juga dikenal sebagai masa keemasan tumbuhan paku karena merajai hutan-hutan di bumi. mengapung di air. Ovum yang terbuahi berkembang menjadi zigot. Pembuahan mutlak memerlukan bantuan air sebagai media spermatozoid berpindah menuju archegonium. Bentuk generasi fase gametofit dinamakan protalus (prothallus) atau protalium (prothallium). mirip lumut hati. [sunting] Daur hidup (metagenesis) Protalium (panah merah) dengan tumbuhan paku muda Daur hidup tumbuhan paku mengenal pergiliran keturunan. biasanya tidak bercabang). yang pada gilirannya tumbuh menjadi tumbuhan paku baru. organ penghasil ovum atau sel telur). organ penghasil spermatozoid atau sel kelamin jantan) dan arkegonium (archegonium. yang terdiri dari dua fase utama:gametofit dan sporofit.ini cenderung tidak tahan dengan kondisi air yang terbatas. Prothallium tumbuh dari spora yang jatuh di tempat yang lembab. Morfologi Bentuk tumbuhan paku bermacam-macam. epifit. Dari prothallium berkembang anteridium (antheridium. yang berwujud tumbuhan kecil berupa lembaran berwarna hijau.

Pteridophyta mencakup semua kormofita berspora.Tumbuhan berbiji (Spermatophyta) juga memiliki daur seperti ini tetapi telah berevolusi lebih jauh sehingga tahap gametofit tidak mandiri. rane dan paku kawat (Lycopodiinae). sementara paku ekor kuda (Equisetum') sama dekatnya dengan paku sejati terhadap Marattia. Spora yang dihasilkan langsung tumbuh menjadi benang sari atau kantung embrio. Berdasarkan klasifikasi terbaru ini. serta Isoetes (Isoetinae). [sunting] Klasifikasi Paku laut. dan Isoetes) merupakan tumbuhan berpembuluh yang pertama kali terpisah dari yang lain. . Dari hasil revisi ini juga terlihat bahwa sejumlah paku-pakuan yang dulu dianggap sebagai paku primitif (seperti Psilotum) ternyata lebih dekat berkerabat dengan paku tunjuk langit (Helminthostachys). Psilotum (Psilotinae). berdasarkan klasifikasi baru ini. (2006)[1] mengajukan revisi yang cukup kuat berdasarkan data morfologi dan molekular. Tumbuhan paku adaptif untuk tempat-tempat marginal. sedangkan pakupakuan serta tumbuhan berbiji berada pada kelompok lain. termasuk di dalamnya paku ekor kuda (Equisetinae). Divisio: Lycophyta dengan satu kelas: Lycopsida. lumut tanduk. Sampai sekarang pun ilmu yang mempelajari kelompok-kelompok ini disebut pteridologi dan ahlinya disebut pteridolog. yang layak dikatakan sebagai anggota divisio tumbuhan paku (Pteridophyta). dan tumbuhan lumut. Secara tradisional. Lycophyta (rane. Smith et al. paku kawat. kecuali lumut hati. Selanjutnya terlihat bahwa semua kormofita berspora yang tersisa tergabung dalam satu kelompok besar. tumbuhan paku dapat dikelompokkan sebagai berikut. Selain paku sejati (kelas Filicinae). Dengan demikian.