POLUSI UDARA DAN POLUTAN

Di Susun Oleh :

1. Yanuar Robinsar 2. Wahyu Eko Santoso 3. Yuda Agung Saputra 4. Siswanto

Kelas : X Mata Pelajaran : Biologi

SMK NU KLEGO KAB. BOYOLALI TAHUN 2010

Amin.. karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih di eri kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini Tidak lupa saya ucapkan kepada guru pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan. Dan semoga sengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman.. oleh sebab itu penulis angat mengharapkan kritik dan saran yang membangun.KATA PENGANTAR Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT. Penulis .

Penutup . Macam ± macam Polusi C. Latar Belakang B. Tujuan C.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN A. Langkah ± langkah penanggulangan BAB III PENUTUP A. Kesimpulan B. Metode Pengumpulan Data BAB II PEMBAHASAN A. Polusi Udara dan Polutan B.

Tujuan Tujuan dari dibuatnya makalah ini adalah supaya kita bisa mengetahui penyebab ± penyebab terjadinya polusiterutama polusi udara. Hal tersebutlah yang melatar belakangi penulis untuk menyusun makalah ini.3. 1. Dan pada akhirnya nanti kita berharap untuk bisa hidup bebas dari polusi. tetapi juga sudah memasuki wilayah pedesaan bahkan sampai ke hutan ± hutan sudah banyak sekali yang rusak karena polusi.BAB I PENDAHULUAN 1. timbullah berbagai macam penyakit yang sangat mengancam kehidupan manusia dan seluruh makhluk hidup di bumi ini. Untuk selanjutnya kita diharapkan bisa mencegah dan mengurangi polusi tersebut. penulis meng khususkan pembahasan pada masalah pencemaran udara. supaya kita bisa menyadari kesalahan kita dan selanjutnya merubah perilaku kita. Latar Belakang Tidak dapat dipungkiri bahwa pada saat ini pencemaran atau polusi sudah terjadi dimana ± mana. Tidak hanya di perkotaan.1. 1. sebagaian besar penyebab pencemaran lingkungan adalah ulah tangan manusia. Permasalahan Untuk pembahasan masalah dalam makalah ini. Karena polusi yang semakin meluas tersebut. yaitu kita sendiri.2. penyebanya dan salah satu cara penanggulangannya. . Tidak dapat dipungkiri.

antara lain melalui buku ± buku tentang pencemaran lingkungan. melalui internet.4. Metode Dalam penyusunan makalah ini penulis mencari data dari berbagai sumber. .1.

BAB II PEMBAHASAN 2. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suara. atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia. radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara. Polusi Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup. dan atau komponen lain ke dalam lingkungan. hewan.1. 4 Tahun 1982). . maupun global. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokal. kimia. regional. mengganggu estetika dan kenyamanan. atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya (Undang-undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Yang paling sering dan mudah dijumpai adalah polusi atau pencemaran udara. dan tumbuhan. atau merusak properti. Polusi dan Polutan a. Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik. panas. zat energi.

Contohnya. yaitu pencemaran udara. Pencemaran Udara Pencemar udara dapat berupa gas dan partikel. Syarat-syarat suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup.2. Contohnya Pb tidak merusak bila konsentrasinya rendah. berada pada tempat yang tidak tepat Sifat polutan adalah: 1. dan tanah a. Contohnya sebagai berikut. air. Macam ± macam Polusi Menurut tempat terjadinya. jumlahnya melebihi jumlah normal 2. berada pada waktu yang tidak tepat 3. Polutan Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran disebut polutan.033% di udara berfaedah bagi tumbuhan. Suatu zat dapat disebut polutan apabila: 1.b. merusak dalam jangka waktu lama. karbon dioksida dengan kadar 0. pencemaran dapat digolongkan menjadi tiga. Pb dapat terakumulasi dalam tubuh sampai tingkat yang merusak. tetapi bila telah bereaksi dengan zat lingkungan tidak merusak lagi 2. merusak untuk sementara. tetapi bila lebih tinggi dari 0. Akan tetapi dalam jangka waktu yang lama. 2.033% dapat rnemberikan efek merusak. .

bersifat racun. Sumber polusi udara lain dapat berasal dari radiasi bahan radioaktif.03%. batang. Partikel padat. perubahan morfologi pada daun. Hujan asam dapat menyebabkan gangguan pada manusia. Misalnya gangguan pernapasan. Partikel SOZ dan NO2. Gas CO dan COz. Kedua partikel ini bersama dengan partikel cair membentuk embun. Sulfur dioksida ber$ama dengan udara serta oksigen dan sinar matahari dapat menghasilkan asam sulfur. Setelah peledakan nuklir. hewan. materi radioaktif . Pemanasan global di bumi akibat C02 disebut juga sebagai efek rumahkaca. Karbon monoksida (CO) tidak berwarna dan tidak berbau. membentuk awan dekat tanah yang dapat mengganggu pernapasan. bulu. misalnya bakteri. 4. dan tepung sari juga dapat mengganggu kesehatan. Bila melebihi toleransi dapat meng-ganggu pernapasan. maupun tumbuhan. jamur. merupakan hash pembakaran yang tidak sempurna dari bahan buangan mobil dan mesin letup. Asam ini membentuk kabut dan suatu saat akan jatuh sebagai hujan yang disebut hujan asam. Selain itu. nuklir. terdapat di kawasan gunung berapi. Batu bara yang mengandung sulfur melalui pembakaran akan menghasilkan sulfur dioksida. dan benih. Gas COZ dalam udara murni berjumlah 0. Gas ini bersifat racun. bisa juga dihasilkan dari pembakaran minyak bumi dan batu bara.1. misalnya. 2. virus. gas C02 yang terlalu berlebihan di bumi dapat mengikat panas matahari sehingga suhu bumi panas. Gas HzS. 3.

tumbuhan. materi radioaktif ini akan terakumulusi di tanah. Efek pencemaran nuklir terhadap makhluk hidup. air. dapat terakumulasi dan bersifat racun. Buangan industri seperti Pb. Salah satu bahan pencemar di laut ada lah tumpahan minyak bumi. akibat kecelakaan kapal tanker minyak yang sering terjadi. Akibatnya. 3. berbagai penyakit akibat kelainan gen. b. Pencemaran Air Polusi air dapat disebabkan oleh beberapa jenis pencemar sebagai berikut. sisa detergen mencemari air. yaitu penimbunan mineral yang menyebabkan pertumbuhan yang cepat pada alga (Blooming alga). Sampah organik yang dibusukkan oleh bakteri menyebabkan 02 di air berkurang sehingga mengganggu aktivitas kehidupan organisme air. dan juga pada manusia. tanaman di dalam air tidak dapat berfotosintesis karena sinar matahari terhalang. Pembuangan limbah industri. Zn. misalnya. hewan. (Untuk . Fosfat hasil pembusukan bersama h03 dan pupuk pertanian terakumulasi dan menyebabkan eutrofikasi. Pencemaran udara dinyatakan dengan ppm (part per million) yang artinya jumlah cm3 polutan per m3 udara. Hg. dan CO. dan pembuangan sampah domestik. 4. 2. Banyak organisme akuatik yang mati atau keracunan karenanya. dapat menyebabkan mutasi. sisa insektisida. dan bahkan kematian. 1. dalam taraf tertentu.masuk ke dalam atmosfer dan jatuh di bumi.

2. dan kaleng. Akumulasi pencemar ini semakin meningkat pada organisme pemangsa yang lebih besar. . Secara ekologis. Bila terjadi pencemaran di air.membersihkan kawasan tercemar diperlukan koordinasi dari berbagai pihak dan dibutuhkan biaya yang mahal. karet sintesis. kapal terbang. Polusi Suara Polusi suara disebabkan oleh suara bising kendaraan bermotor. maka terjadi akumulasi zat pencemar pada tubuh organisme air. Pencemaran Tanah Pencemaran tanah disebabkan oleh beberapa jenis pencemaran berikut ini: 1. kerugian manusia semakin banyak. c. pecahan kaca. zat kimia dari buangan pertanian. Langkah ± langkah yang bisa ditempuh antara lain langkah pencegahan dan langkah perbaikan. d. deru mesin pabrik. Langkah ± langkah Mengatasi Polusi Udara Untuk mengatasi polusi udara yang semakin meluas. botol. Bila terlambat penanggulangan-nya. radio/tape recorder yang berbunyi keras sehingga mengganggu pendengaran. dapat mengganggu ekosistem laut. misalnya insektisida.3. 3. detergen yang bersifat non bio degradable (secara alami sulit diuraikan) . sampah-sampah pla. 2. maka langkah ± langkah penanggulangan mutlak diperlukan.stik yang sukar hancur.

Antara laian : y Tanaman Lily. Tanaman ini selain bisa digunakan sebagai tanaman hias untuk keindahan. . yaitu polutan dari asap rokok dan bahan plastik. Banyak sekali tanaman tanaman yang selain memberikan keteduhan atau keindahan. Hal ini sangat diperlukan dalam upaya untuk mencegah semakin parahnya polusi udara. maka perkembangan polusi yang disebabkab karena emisi gas buang kendaraan bermotor dapat dikurangi. Langkah pencegahan dalam hal ini adalah mencegah supaya polusi udara tidak semakin meluas.a. Yaitu suatu kawasan dimana pada kawasan tersebut tidak boleh ada kendaraan bermotor. juga dapat berfungsi sebagai penyerap dan penetralisir polutan yaitu benzene. kita bisa menikmati udara bebas atau minim polusi. Sedangkan langkah perbaikan bisa ditempuh dengan memperbanyak tanaman yang mampu menyerap polutan. Sehingga dengan adanya kawasan tersebut. y Memberlakukan kawasan bebas kendaraan bermotor. b. Contoh langkah yang bisa ditempuh dalam pencegahan adalah sebagai berikut : y Menerepkan pengujian gas emisi pada kendaraan bermotor. tanaman tersebut ternyata juga bermanfaat untuk menyerap polutan. y Jambu biji. yang selanjutnya menghentikan pengoperasionalan kendaraan yang tidak lulus uji. nangka dan melinjo. Dengan dilakukannya pengujian gas emisi kendaraan bermotor. Tanaman ini selain bermanfaat karena buahnya atau daunnya sebagai buah-buahan dan sayuran.

Dan masih banyak lagi tanaman yang bisa ditanam untuk mengurangi polusi udara. y Tanaman laian yang tidak kalah baik untuk ditanam adalah pohon trembesi. tanaman ini juga sangat bagus sebagai penyerap polutan yaitu CO2. Selain tanaman tersebut masih banyak tanaman lain yang mampu menyerap NO2 dengan baik. Tanaman ini sangat berguna. Berdasarkan penelitian pohon trembesi dewasa bisa menyerap gas CO2 sebanyak 28 ton pertahun. . Selain pohonnya yang rindang bagus untuk membantu mengurangi panas.ternyata juga bisa berfungsi sebagai penyerap dan penetralisir polutan yaitu NO2. Tanaman-tanaman tersebut mempunyai daya serap tinggi terhadap NO2.

Diantaranya dengan menanam pohon ± pohon atau tanaman yang bisa mnyerap polutan. c. b. b. Marilah kita perbanyak tanaman ± tanaman penyerap polutan. Saran ± saran Setelah mengetahui dan memahami bahaya yang mengancam dibalik terjadinya polusi. Polusi udara bisa kita kurangi dan kita cegah.BAB III PENUTUP 3. . Gunakan kendaraan bermotor seperlunya saja.1. Marilah kita mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Pencemaran atau polusi sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia. Jangan menebang atau memotong pohon atau tanaman sembarangan. Kesimpulan Dari uraian diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa a.2. maka penulis menyarankan kepada para pembaca untuk : a. 3. Marilah kita jaga lingkungan sekitar kita. d. c. Polusi sangat berbahaya bagi kehidupan kita. Marilah kita melakukan pengujian emisi pada kendaraan bermotor kita agar supaya kita bisa mengurangi polusi akibat dari emisi kendaraan bermotor.

Kawasan hijau Pohon trembesi penyerap CO2.Lampiran Gambar : Polusi udara kota besar Asap kendaraan penyumbang polusi. Pengujian emisi kendaraan bermotor. . Penanaman pohon trembesi. Harii bebas kendaraan bermotor Memakai sepeda untuk bekerja.