P. 1
Menganalis Sistem Pelaksanaan Pemerintahan Indonesia

Menganalis Sistem Pelaksanaan Pemerintahan Indonesia

|Views: 1,167|Likes:
Published by Eko Pamungkas
PKn, yang pingen download silakan tpi, disempurnakan ya..untuk selanjutnya
PKn, yang pingen download silakan tpi, disempurnakan ya..untuk selanjutnya

More info:

Categories:Types, Research, Law
Published by: Eko Pamungkas on Nov 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2012

pdf

original

KD 2.

2 Menganalisis Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia

Sistem Pemerintahan Indonesia menganut sistem pembagian
kekuasaan (distribution of power) karena UUD 1945 : 1. tidak membatasi secara tajam, bahwa kekuasaan harus dilakukan oleh sesuatu organisasi. 2. tidak mebatasi kekuasaan atas 3 organ dan 3 bagian saja. 3. tidak membagi habis kekuasaan rakyat yang dilakukan MPR, pasal 1 ayat 2 kepada lembaga-lembaga lainnya.

A. Pokok-pkok Sistem Pemerintahan Republik Indonesia
1. 2. 3. 4. 5. 6.

Bentuk negara adalah kesatuan dengan prinsip otonomi yang luas. Bentuk pemerintahan adalah republik, dengan sistem pemerintahan presidensial. Pemegang kekuasaan eksekutif adalah presiden yang merangkap sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Kabinet atau menteri diangkat dan diberhentikan oleh presiden serta bertanggung jawab kepada presiden. Parlemen terdiri atas 2 bagian, yaitu DPR dan DPD Kekuasaan yudikatif dijalankan oleh MA, MK dan KY

B. Beberapa Variasi dari Sistem Pemerintahan Presidensil RI
Presiden sewaktu-waktu dapat diberhentikan oleh MPR atas usul DPR. 2. Presiden dalam mengangkat pejabat negara perlu pertimbangan dan atau persetujuan DPR. 3. Presiden dalam mengeluarkan kebijakan tertentu perlu pertimbangan dan atau persetujuan DPR. 4. Parlemen diberi kekuasaan yang lebih besar dalam hal membentuk UU dan hak budget.
1.

A. Struktur ketatanegaran sebelum amandemen UUD 1945

JIWA DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA

PEMBUKAAN UUD 1945

UUD 1945

MPR

MA

BPK

DPR

PRESIDEN

DPA

B. Struktur ketatanegaran setelah amandemen UUD 1945

UUD 1945

BPK

MPR DPD DPR

PRESIDEN WAPRES

KEHAKIMAN MK MA KY

KELEBIHAN :
Indosnesia adalah negara yang berdasarkan atas hukum dan sistem konstitutional. 2. MPR, yang terdiri dario DPR, utusan daerah DPR dan DPD berwenang mengubah UUD dan memberhentikan presiden atau wakil presiden dalam masa jabatannya menurut UUD. 3. Jabatan presiden tidak bisa dijatuhkan oleh DPR dan sebaliknya. 4. Belum terjadi krisis kabinet.
1.

KEKURANGAN :
Para aparat penegak hukum belum bekerja dengan profesional dan produk hukum belum banyak yang memihak kepentingan rakyat. 2. MPR, merupakan lembaga negara yang sarat dengan muatan politis sehingga keputusannya sangat bergantung pada konstelasi politik rezim yang berkuasa pada saat itu. 3. Pengawarsan rakyat pada pemerintah masih kurang. 4. Para menteri dalam kabinet masih belum banyak yang berpihak kepada rakyat dan juga belum bekerja secara profesional.
1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->