Present by : ARIEF FIRMANSHAH DIAN EKA PUTRA S MUHAMMAD ADIB FIKRI FADLILLAH

A.Pendekatan Iso-Maslahah .

Karakteristik Iso-Maslahah y Yang dimaksud dengan iso-maslaha yaitu : setiap titik kombinasi barang yang ada pada suatu kurva maslahah mempunyai tingkat maslahah yang sama y Iso-maslahah berlaku ketika barangnya halal dan memiliki hubungan substitusi yang dekat. . y Iso-maslahah berbentuk cembung dan memiliki slope negatif. y Kurva iso-maslahah lebih tinggi menunjukkan tingkat maslahah yang lebih tinggi pula.1.

y Bentuk kurva dibagi 2 : 1. Bentuk kurva iso-maslahah y Bentuk kurva maslahah dipengaruhi oleh keberkahan kandungan barang tersebut. kurva iso maslahah dengan kandungan berkah yang tidak setingkat .2. kurva iso maslahah dengan kandungan berkah yang setingkat 2..

meningkat. yang memungkinkan memiliki sifat konsstan. mengikuti hukum kebosanan y Sifat berkah marginal memiliki sifat yang non decreasing. Kemampuan substitusi antarbarang y kebanyakan barang yang disubstitusikan dari konsumsi muslim adalah barang yang kandungannya positif sehingga substitusi terjadi antar barang yang halal(kandungan berkah minimum) y Marginal manfaat fisik nilainya selalu turun.3. atau menurun .

israf (tidak berlebih-lebihan) 3. anggaran (budget) 2.mempertimbangkan kebutuhan orang lain . meperhatikan kebutuhan orang lain dan menyesuaikan dengan pendapatan) y Tiga kendala utama yang harus dipenuhi 1. tetapi konsumen memiliki hambatan dan batasan-batasan (barangnya halal. tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. dikonsumsi tidak dalam jumlah yang berlebihan.4. BATASAN INDIVIDU dan ETIKA DALAM KONSUMSI y Preferensi konsumen bukanlah satu-satunya penentu dalam mekanisme pilihan konsumsi.

jika kandungan berkah pada barang tersebut dan barang lain tidak berubah .5. maka permintaan barang tsb. Keseimbangan konsumen y Fungsi pemintaan memiliki korelasi negatif dengan harga barang y Jika harga suatu barang meningkat. Akan menurun.

ketika konsumen dihadapkan pada permasalahan perubahan kandungan berkah maka sang konsumen tersebut haruslah mengubah jumlah barang .B.EFEK BERKAH PADA PILIHAN OPTIMAL y Kita asumsikan bahwa konsumen telah mencapai maslahah optimalnya.

C. EFEK SUBSTITUSI dan EFEK PENDAPATAN dari PERUBAHAN HARGA .

1. EFEK PENDAPATAN y Ialah perubahan jumlah barang yang diminta sebagai akibat adanya perubahan pedapatan riil konsumen .

y Dari tabel dibawah dapat disimpulkan bahwa hukum permintaan dalam konvensional terjadi /hanya akan berlaku ketika tidak diikuTi oleh perubahan kandungan maslahah atau berkah yang signifikan . Efek substitusi y Ialah perubahan jumlah barang x yang diminta sebagai akibat adanya perubahan permintaan terhadap barang lain.2.

Perubahan harga x Efek Perubahan pendapatan maslahah pada x Efek subtitusi Efek total Perubahan permintaan Naik negatif Tetap Turun Naik kecil Naik besar Negatif Negatif nol/negatif positif Negatif Negatif nol/negatif positif Turun Turun Turun/nol tetap turun Positif Tetap Turun kecil Turun besar Naik Positif Positif Nol/negatif Negatif Positif Positif Nol/positif Negatif Naik Naik Naik/tetap Turun .

D. ANALISIS ELASTISITAS PERMINTAAN .