P. 1
ANALISIS PERMINTAAN

ANALISIS PERMINTAAN

|Views: 799|Likes:
Published by Eko Bismillah Bisa

More info:

Published by: Eko Bismillah Bisa on Nov 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/01/2013

pdf

text

original

Present by : ARIEF FIRMANSHAH DIAN EKA PUTRA S MUHAMMAD ADIB FIKRI FADLILLAH

Pendekatan Iso-Maslahah .A.

y Iso-maslahah berbentuk cembung dan memiliki slope negatif. Karakteristik Iso-Maslahah y Yang dimaksud dengan iso-maslaha yaitu : setiap titik kombinasi barang yang ada pada suatu kurva maslahah mempunyai tingkat maslahah yang sama y Iso-maslahah berlaku ketika barangnya halal dan memiliki hubungan substitusi yang dekat. . y Kurva iso-maslahah lebih tinggi menunjukkan tingkat maslahah yang lebih tinggi pula.1.

2.. kurva iso maslahah dengan kandungan berkah yang setingkat 2. y Bentuk kurva dibagi 2 : 1. kurva iso maslahah dengan kandungan berkah yang tidak setingkat . Bentuk kurva iso-maslahah y Bentuk kurva maslahah dipengaruhi oleh keberkahan kandungan barang tersebut.

yang memungkinkan memiliki sifat konsstan. atau menurun . Kemampuan substitusi antarbarang y kebanyakan barang yang disubstitusikan dari konsumsi muslim adalah barang yang kandungannya positif sehingga substitusi terjadi antar barang yang halal(kandungan berkah minimum) y Marginal manfaat fisik nilainya selalu turun. mengikuti hukum kebosanan y Sifat berkah marginal memiliki sifat yang non decreasing.3. meningkat.

BATASAN INDIVIDU dan ETIKA DALAM KONSUMSI y Preferensi konsumen bukanlah satu-satunya penentu dalam mekanisme pilihan konsumsi. anggaran (budget) 2.israf (tidak berlebih-lebihan) 3. tetapi konsumen memiliki hambatan dan batasan-batasan (barangnya halal.4. tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.mempertimbangkan kebutuhan orang lain . meperhatikan kebutuhan orang lain dan menyesuaikan dengan pendapatan) y Tiga kendala utama yang harus dipenuhi 1. dikonsumsi tidak dalam jumlah yang berlebihan.

Akan menurun. maka permintaan barang tsb. jika kandungan berkah pada barang tersebut dan barang lain tidak berubah . Keseimbangan konsumen y Fungsi pemintaan memiliki korelasi negatif dengan harga barang y Jika harga suatu barang meningkat.5.

ketika konsumen dihadapkan pada permasalahan perubahan kandungan berkah maka sang konsumen tersebut haruslah mengubah jumlah barang .B.EFEK BERKAH PADA PILIHAN OPTIMAL y Kita asumsikan bahwa konsumen telah mencapai maslahah optimalnya.

EFEK SUBSTITUSI dan EFEK PENDAPATAN dari PERUBAHAN HARGA .C.

1. EFEK PENDAPATAN y Ialah perubahan jumlah barang yang diminta sebagai akibat adanya perubahan pedapatan riil konsumen .

2. y Dari tabel dibawah dapat disimpulkan bahwa hukum permintaan dalam konvensional terjadi /hanya akan berlaku ketika tidak diikuTi oleh perubahan kandungan maslahah atau berkah yang signifikan . Efek substitusi y Ialah perubahan jumlah barang x yang diminta sebagai akibat adanya perubahan permintaan terhadap barang lain.

Perubahan harga x Efek Perubahan pendapatan maslahah pada x Efek subtitusi Efek total Perubahan permintaan Naik negatif Tetap Turun Naik kecil Naik besar Negatif Negatif nol/negatif positif Negatif Negatif nol/negatif positif Turun Turun Turun/nol tetap turun Positif Tetap Turun kecil Turun besar Naik Positif Positif Nol/negatif Negatif Positif Positif Nol/positif Negatif Naik Naik Naik/tetap Turun .

D. ANALISIS ELASTISITAS PERMINTAAN .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->