2. Sebutkan macam-macam hardware serta fungsinya !

a) Power Supply adalah sebuah perangkat yang ada di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan computer. Power Supply berfungsi untuk mengubah tegangan listrik (AC 220/230/240 V, 110/120 V) agar bisa digunakan oleh computer (DC 3,3 V, 5 V, 12 V). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt. b) Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terd apat komponen-komponen serta chip controller yang befungsi sebagai pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak. Salah satu daftar produsen Motherboard adalah seperti; ASUS, ABIT, ECS, GIGABYTE, MSI, dsb. c) CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit atau Unit Pengolah Pusat. Secara awam, kita sering menyebutnya sebagai prosesor. Karena merupakan pusat pengolahan data dalam sebuah komputer, CPU dapat diibaratkan sebagai sebuah otak dari komputer itu sendiri. Cepat atau lambatnya kinerja dari sebuah komputer cukup ditentukan oleh kualitas dan teknologi dari CPU yang digunakan. CPU berfungsi seperti kalkul ator hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari papan ketik, pemindai, tuas control, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpul an instruksi perangkat lunak computer. d) Memori Utama merupakan media penyimpanan dalam bentuk array yang disusun word atau byte, kapasitas daya simpannya bisa jutaan susunan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Data yang disimpan pada memori utama ini bersifat volatile, artinya data yang disimpan bersifat sementara dan dipertahankan oleh sumber-sumber listrik, apabila sumber listrik dimatikan maka datanya akan hilang. Memori utama berfungsi sebagai media penyimpanan data yang berkaitan dengan CPU atau perangkat I/O. e) Harddisk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya. Hard disk menggunakan piringan datar yang disebut dengan platter, yang pada kedua sisinya dilapisi dengan suatu material yang dirancang agar bisa menyimpan informasi secara m agnetis. Harddisk berfungsi sebagai ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kan tor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.

sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board. control board. Tanpa VGA card. Ethernet Card berfungi sebagai perangkat untuk menjaringkan komputer. . air. Wadah ini digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard. Jenis casing computer berdasarkan bentuknya yaitu Casing desktop dan Casing Tower. Sound Card Offboard (yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard). atau kotoran lainnya pada saat bekerja. Motherboard dan peripheral lainnya. panas. VGA juga alat yang berguna untuk memproses semua data khususnya Image dan Video. j) Ethernet Card / LAN Card adalah card yang dipasang di komputer untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya melalui jaringan LAN. Salah satu contoh sound card yang terbilang sangat sukses di pasaran indonesia adalah Sound Blaster.f) Video Adapter/ VGA Card merupakan bagian komputer. Soundcard External (yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal ). Dilihat dari cara pemasangannya. power supply disk drive dan komponenkompenen lainnya. h) Heatsing Fan / Cooling Device adalah sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. ini akan meningkatkan performa kerja komputer. yaitu Sound Card Onboard (menempel langsung pada motherboard komputer). layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Casing berfungsi untuk melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu. Dan biasanya dipadukan dengan pemakaian fan pada heatsin g untuk mengoptimalkan penyerapan panas yaitu dengan mengalirkan panas dari heatsing ke luar CPU. Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Ethernet card digunakan untuk memungkinkan koneksi suatu sistem. sound card dibagi 3. Biasanya terbuat dari aluminium. pada umumnya komputer/PC ke jaringan yang menggunakan frame-based technology. g) Sound Card adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. dari Creative Labs. Namun sekarang. VGA berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari computer dan di tampilkan secara grafik di layar monitor. Pada awalnya. i) Casing adalah kotak komputer yang berisi Processor. VGA juga memilki Chipset dan Ram sendiri sehingga tidak mengambil dari Ram utama semakin besar ram yang di VGA semakin bagus Image dan Video yang di tampilkan oleh computer ke layar monitor.

Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat.k) Modem adalah alat komunikasi dua arah. yaitu modem eksternal dan modem internal. misalnya voice modem. Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya. audio. Dengan adanya fasilitas voice modem ini. sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Setibanya di modem tujuan. modem dapat menjadi saluran radio. merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu. . Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. percakapan telepon sampai streaming video.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful