Anggota :Arga :Bagus :Danang :Hadiid : Hishban

.Š Pada umumnya virus membahayakan bagi kita. Virus dapat berguna untuk medis. kita dapat memanfaatkan virus untuk melawan virus lain yang ada atau menyerang tubuh kita. mengukur dosis radiasi. dan membasmi hama tanaman. namun setelah berkembangnya zaman dan diciptakannya teknologi kedokteran yang maju.

. Bakteriofag memiliki 2 macam cara untuk mereplikasikan dirinya.Š Teknologi kedokteran menggunakan bakteriofag untuk mengenal dan mengidentifikasi bakteri patogen Bakteriofag merupakan virus yang menyerang bakteri. yaitu daur litik dan daur lisogenik.

Virus memiliki kemampuan untul melemahkan patogen tersebut. tidak berbahaya lagi. Vaksin hanya memacu tubuh manusia untuk memproduksi antibodi. Kelak jika patogen sebenarnya menyerang. maka tubuh telah kebal karena berhasil memproduksi anibodi bagi patogen tersebut . bakteri patogen tersebut tidak dapat lagi menimbulkan penyakit pada manusia. 2. Dengan begitu. Memproduksi vaksin Vaksin adalah patogen (organisme penyebab penyakit) yang telah dilemahkan sehingga jika menyerang manusia.Š 1. Melemahkan bakteri Jika DNA virus lisogenik masuk ke dalam DNA bakteri patogen (penyebab penyakit) maka bakteri tersebut dapat menjadi tidak berbahaya.

10 menit Bakteri A viru s 40 menit Bakteri B viru s . Jika setelah 10 menit virus itu mati. Maka dosis radiasi yang diperlukan untuk memusnahkan virus itu adalah 40 menit.Yaitu dengan mencampurkan fag ke dalam baketri kemudian fag itu diberikan sinar radiasi.

Contoh baculovirus sp.Virus dapat digunakan sebagai biopestisida untuk membasmi hama tanaman. Disemprotkan pada tanaman. Sehingga serangga itu mati. kemudian virus itu akan dimakan oleh serangga. Serangga Tanaman biop estisi da Serangga .

: penyebab penyakit Poliomielelitis : Penyebab penyakit flu : Menyebabkan penyakit campak : Penyebab penyakkit Rabies : Penyebab penyakit flu burung : penyebab penyakit gondong : penyebab penyakit DBD Š Š Š Š Š Š Š .Selain bermanfaat. firus juga menimbulkan kerugian yang menyebabkan penyakit pada makhluk hidup. Š Herpesvirus varicelae Virus polio Virus influenza Virus morbili Virus Rabies Virus H5N1 Paramyxovirus Virus Dangue : Virus ini menyebabkan cacar.

penyebab penyakit tetelo 3. Š Š Š . penYebab penyakit mulut dan kuku pada ternak. Penyakit ini dapat dicegah dengan vaksinasi rabies. 4. kucing.Š Š 1 Virus Rabies: Penyakit yang menyerang pada anjing. Virus cowpox: penyebab penyakit cacar pada sapi. 2. Virus FMD: (foot and mounth disease). Virus NCD: (new castle disease). dan monyet yang disebabkan oleh virus rabies.

. kentang. citrus vein phloem degeneratif (CVPD). menyerang tanaman jeruk. 2. dan tomat. Virus Mosaik.1. 3. menyerang tanaman padi. Virus tungro. menyerang tanaman tembakau.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful