P. 1
Antena Kaleng

Antena Kaleng

|Views: 39|Likes:
Published by Ricky adhari s

More info:

Published by: Ricky adhari s on Nov 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2010

pdf

text

original

Antena Kaleng, Penguat Signal HP Haier D1200

Beberapa minggu yang lalu saya mencoba membeli HP Haier D1200 bundlingan Smart yang memberikan quota 2 GB internet gratis selama 6 bulan. Dengan harga yang murah saya mencoba surfing dengan HP ini, alhasil yang diharapkan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Ditempat saya tinggal hanya mampu menangkap signal maksimum 3 bar, didalam ruangan 1-2 bar. Kemudian saya mencoba menggunakannya di kantor yang berada ditengah kota mampu menangkap signal penuh, ya sudah pasti lancar surfing dengan kondisi ini. Pusing dengan HP yang sudah terlanjur dibeli (kalau dijual lagi pasti turun harga, terus saying kan dengan quota 2 GB-nya?). Terlintas difikiran saya untuk membuatnya menjadi bahan praktek dengan harga yang cukup murah ketimbang menjualnya!

Beberapa cara pembuatan antena yang sudah saya coba baik yang sudah dibahas di internet (anda dapat menemukannya dengan searching di google yang memberikan solusi pembuatan antena HP D1200 bundling Smart). Berikut hasil experiment yang sudah saya lalui: Menambahkan antena dibagian belakang HP sepanjang 5-10 cm dengan kabel yang dikupas, hanya menghasilkan penambahan signal sebesar 1 bar. Kekurangannya HP menjadi jelek (ada ekornya) dan harus melepas casing belakang yang membuat segel terbuka tak bergaransi lagi.
y

Membuat antena diluar rumah dengan panjang kabel 10 meter, signal malah berkurang akibat arus yang dibutuhkan sangat besar dan bahkan membuat HP panas dan cepat lowbate. Walaupun saya sudah mencoba mengganti dengan kabel yang tipis sampai yang tebal, output tetap sama.

y y

Meletakkan HP didekat antenna TV menambah signal 1 bar. Tetapi kondisi TV harus hidup, tidak efisien kan kalau mau surfing harus hidup TV? Boros arus! Yang terakhir, membuat antena kaleng dengan panjang kabel maksimum 10 cm dari HP menghasilkan penambahan signal 2-3 bar. Alhasil HP saya yang mampu menangkap signal 1-2 bar bisa menjadi 3-4 bar didalam ruangan, tak perlu memasangnya diluar rumah. Nah, yang ini lagi saya gunakan sekarang. Terlebih lagi saya telah menambahkan Pendingin/Fan Cooler, saya bisa surfing dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Dijamin HP tidak panas sedikitpun!

Ok, setelah cerita saya soal experiment sekarang saya akan mencoba memberikan cara pembuatan antenna kaleng yang diklaim sangat manjur di kalangan Wi-fi broadband. Ngga ada salahnya anda mencoba! Saran saya, jika anda takut HP rusak dan kehilangan garansi lebih baik ngga usah membaca artikel ini sampai habis. Percuma saja mengerti tapi tidak mempunyai keberanian untuk bereksperimen. Berikut peralatan yang harus anda sediakan; 1. Kaleng bekas dengan ukuran diameter min 6 cm dan max 10 cm (biasanya kaleng buah, wafer dan kaleng makanan 400 gr seperti Stiko, Twister, Quaker Outmeal). Untuk panjang kaleng tidak ditentukan, terserah anda. 2. Kabel tembaga yang gampang ditekuk (biasanya digunakan dalam instalasi listrik rumah, 3. 4. 5. 6. tidak terlalu besar ataupun kecil) sepanjang 15-20 cm. Bor ataupun alat yang dapat melubangi casing HP dengan lubang sebesar kabel tembaga (ngga perlu besar lubangnya, yang penting pas untuk masuknya kabel). Penyangga kaleng berupa kayu dengan panjang + 10cm Pengikat ataupun dapat menggunkan kabel sebagai pengikat kaleng ke penyangga. Fan cooler dengan kabel tambahan 1 meter.

Cara Untuk antena
y y y y y

pengerjaan:

y

Buat lubang pada diding kaleng dengan jarak 1.5-2 cm dari dari kaleng. Besarnya lubang sebesar kabel tembaga yang anda sediakan. Kupas salah satu ujung kabel sepanjang 20-40% dari diameter kaleng anda. Kupas ujung kabel yang lainnya sepanjang 3-4 milimeter. Kabel yang tersisa biarkan tertutup karetnya, jangan dibuka. Masukkan ujung kabel yang dikupas 20-40% kedalam kaleng, pastikan tidak longgar. Bila perlu anda dapat memanaskan timah agar merekat ke kaleng. Tekuk ujung kabel 3-4milimeter membentuk sudut 90 derajat. Fungsinya sebagai penghubung dengan antenna HP. Pastikan lubang tersebut pas dan kabel yang terbuka tidak terlalu banyak. Pasang penyangga agar kaleng dapat berdiri sendiri. Anda dapat melubangi kaleng agar dapat merekat dengan sempurna dengan penyangga. Penyangga dapat diubah sesuai kreasi masing-masing.

y

Untuk fan cooler, buatlah kabel pemanjang yang arusnya dapat diambil dari power PC. Jalur kabel dapat melewati lubang udara PC ataupun membuka plat PCI yang tidak terpakai.

Untuk HP Buat lubang sebesar diameter kabel yang dikupas. Dan berhenti melubangi jika anda menemukan kaleng/plat antenna, jangan merusaknya. Lebih bagus lagi jika anda dapat menemukan jack antena yang telah disediakan HP (lubang jack antena dibalekang HP tertutup karet). Apabila HP dihubungkan ke PC, plat ini menghantarkan arus yang dapat mengejutkan anda saat menyentuhnya. Arus inilah yang kita gunakan untuk mengkap signal. Setelah antenna anda selesai, coba anda hubungkan HP dengan antenna dengan memasukkan kabel yang terkupas 3 milimeter tadi ke lubang yang telah anda sediakan. Jangan pegang kalengnya, ada arusnya lho. Rasakan penambahan signal tanpa harus melepas segel HP anda!

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->