Sifat Fisis Bumi

Disusun Oleh : Eriyati Budhi Prajanti (J2D007011) Asep Aditya Nugraha (J2D006008)

Sifat Fisis Bumi
Bentuk Bumi Reaksi terhadap gaya Medan potensial bumi (medan magnet dan gravitasi)

Bumi sebagai suatu benda langit yang merupakan salah satu anggota dari Sistem Tata Surya merupakan suatu sistem tertutup. Bumi menerima pancaran radiasi gelombang pendek dari Matahari dan kembali memancarkan radiasi gelombang panjang ke ruang angkasa. Sementara itu. . subsistem Bumi merupakan sistem terbuka yang diantara sesamanya dapat terjadi pertukaran energi dan materi (atmosfer. hidrosfer. biosfer dan geosfer).

dan LautanUdara. dan Udara (Atmosfer). . Setiap komponen tersebut berinteraksi satu sama lain sehingga di dalam Sistem Bumi terdapat interaksi Daratan-Lautan.Komponen fisik dari Sistem Bumi terdiri dari sub-sistem Daratan (Geosfer). Daratan-Udara. Lautan/Air (Hidrosfer).

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Kaya dengan unit yang 100% terdiri daripada mineral olivin.Komposisi kimia sukar dikenalpasti dan banyak diperolehi daripada gunung berapi. Komposisi mantel terdiri daripada empat jenis batuan uitrabes utama yang dikenali sebagai pirolit iaitu:  pirolit plagioklas.  Pirolit piroksen.  amfiolit.dan diopsid.enstatit.  pirolit garnet. Batuan utama yang dimuntahkan ialah xenolit yang banyak mengandungi mineral separti olivine. . Keempat-empat jenis batuan kaya dengan silika oksida dan magenesium oksida.

Lapisan Teras Bumi(barisfera) .

Data-data geofizik terkini menunjukan unsur-unsur lain yg membentuk teras bumi iaitu: ‡Sulfur ‡Karbon silikon(membentuk 20% daripada teras bumi.Teras dalam ‡Terletak antara 5150 hingga 6370km dari muka bumi. .80% mengandungi besi dan nikel) Semakin jauh ke dalam teras bumi kandungan besi dan nikel semakin bertambah. ‡Berbentuk pepejal ‡Ketumpatan kira-kira 13g/cm ‡Bersuhu dalam lingkungan 5000 0 c ‡Batuan berbentuk pepejal Komposisi kimia teras bumi terdiri daripada besi & nikel.

Bentuk Bumi Bentuk permukaan bumi yang spheroid karena efek sentrifugal menjadi ellips tetapi tidaklah tepat ellips karena untuk massa massa gunung permukaan bumi diluar ellips dan pada massamassa lautan di bawah permukaan ellips .

G = Konstanta grafitasi. satuan : METER N m2 kg 2 . satuan : NEWTON. menyatakan : ‡Gaya antara dua partikel bermassa m1 dan m2 yang terpisah oleh jarak r adalah gaya tarik menarik sepanjang garis yang menghubungkan kedua partikel tersebut. dan besarnya dapat dinyatakan dengan persamaan m1 m2 F=G 2 r Keterangan : F = Gaya grafitasi.Gaya Grafitasi Newton merumuskan hukumnya tentang grafitasi umum. satuan : KILOGRAM r = jarak antara kedua partikel.67 x 10 -11 m = massa benda. besarnya :G = 6.

Gaya grafitasi adalah besaran vektor yang arahnya senantiasa menuju pusat massa partikel. Untuk gaya grafitasi yang disebabkan oleh beberapa massa tertentu. maka resultan gayanya ditentukan secara geometris. Misalnya dua buah gaya F1 dan F2 yang membentuk sudut resultante gayanya dapat ditentukan berdasarkan persamaan : .

MEDAN GRAFITASI Kuat medan grafitasi ( intensitas grafitasi ) oleh gaya grafitasi didefinisikan sebagai : ‡Perbandingan antara gaya grafitasi yang dikerjakan oleh medan dengan massa yang dipengaruhi oleh gaya grafitasi tersebut. Dalam bentuk persamaan. satuan : N. dapat dinyatakan dengan : F g= m g = kuat medan grafitasi .kg-1 F = Gaya grafitasi m = Massa benda satuan : N satuan : kg .

maka serbuk besi ini akan membentuk garisgaris konsentris dengan kawat sebagai pusatnya.Medan Magnet Jika sebuah kawat yang diletakkan vertikal di sekitar tumpukan serbuk besi diberi arus listrik. Garis-garis ini menggambarkan bahwa di sekitar kawat tersebut medan magnet Medan magnetik diberi simbol : B Medan Magnet: merupakan ruang magnet yang di dalamnya masih bisa di rasakan adanya gaya magnet .

Magnet besar Bumi (sudah dimanfaatkan untuk navigasi sejak dulu) lebih dulu dari listrik.Magnet Ditemukan di Magnesia (sebuah kota di Asia Kecil) tarik menarik. Di tempat tersebut terdapat batu-batuan yang saling .

kutub geografi .MAGNET DAN KUTUB MAGNET Kutub magnet: bagian magnet yang paling kuat pengaruh kemagnetannya Kutub-kutub magnet: utara (U) dan selatan (S) secara bebas mengarah ke utara dan selatan Bumi sebagai magnet : Kutub-kutub magnet bumi sedikit bergeser dari kutub.

Besar sudut deklinasi di suatu tempat juga berbeda-beda dari tahun ke tahun. Besar sudut deklinasi berbeda-beda sesuai dengan letak suatu temapt permukaan bumi. Ini menyebabkan jarum kompas tidak tepat benar menunjukan arah utara dan selatan geografi. tetapi sedikit menyimpang. Sudut yang dibentuk antara arah utara dan selatan georafi dengan arah utara-selatan kompas disebut sudut deklinasi. Di ekuator magnet bumi. . sebab medan magnetik di daerah ini berarah horisontal. Sudut yang dibentuk oleh medan magnetik di sembarang titik dengan arah horisontal permukaan bumi disebut sudut inklinasi.Kutub-kutub magnet bumi tidak berimpit dengan kutub kutub geografi. sudut inklinasi adalah nol derajat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful