PEMBENTUKAN MUKA BUMI

BY FEBRIANA MITA SELVINDA

PROSES TERJADINYA BUMI
‡ Hipotesa kabut Kant-Laplace ‡ Teori terjadinya Tata Surya

Teori Kabut Kant-Laplace Kant‡ Asal dari bumi adalah satu ruang yang diisi oleh berbagai macam gas

Teori Terjadinya Tata Surya
‡ Teori ‡ Teori ‡ Teori ‡ Teori Pasang Surut Kabut atau Nebula Bintang Kembar Proto Planet

BUMI SEBAGAI PLANET ISTIMEWA
‡ Diantara planet lain hanya bumi yang beruntung karena tidak terlalu dekat dan jauh terbentuknya dari matahari

Tata Koordinat Bola Bumi ‡ Garis lintang atau Latitude ‡ Garis Bujur atau Meridian .

000 km) .Garis Lintang atau Bujur ‡ Adalah garis-garis atau lingkaran yang sejajar dengan equator ‡ Besar lingkaran lintang tidak sama ‡ Lingkaran lintang yang terbesar adalah equator (panjangnya 40.

Garis Bujur atau Meridian ‡ Adalah garis yang menghubungkan kutub utara dan selatan ‡ Merupakan busur setengah lingkaran yang sama panjang ‡ Yang melalui Greenwich ditetapakan sebagai garis bujur 0 derajat .

Bentuk Muka Bumi ‡ Bidang permukaan fisik ‡ Bidang elipsoid ‡ Bidang geoid .

.

‡ Kulit bumi ‡ Asthenosfer. . ‡ Mantle bumi ‡ Inti bumi (core) ‡ Inti dalam.Struktur Bumi ‡ Atmosfir.

Atmosfer ‡ Berdasarkan temperatur lapisan terdiri dari: a. Mesosfer d. Troposfer b. Termosfer e. Eksosfer . Stratosfer c.

Troposfer ‡ Lapisan udara yang menempel pada permukaan bumi ‡ Ketinggiannya 11 km dari permukaan bumi ‡ Sebagian besar massa atmosfer 80% berada di lapisan ini .

Stratosfer ‡ Berada pada lapisan tropopause sampai ketinggian 50 km ‡ Dibagi menjadi dua lapiasan yaitu isotermal dan inversi ‡ Puncak stratosfer dibatasi oleh lapiasan stratopause .

Mesosfer ‡ Ketinggian antara 50-85 km dengan ciri makin ke atas makin rendah ‡ Puncak mesosfer dibatasi oleh lapisan mesopause .

Termosfer ‡ Lapisan ini terletak pada ketinggian 85-500 km dan dinamakan juga lapisan panas ‡ Tinggi temperatur disebabkan karena molekul oksigen menyerap energi surya .

Eksosfer ‡ Berada pada ketinggian 500 km ke atas ‡ Pada lapiasan ini molekul udara bergerak dengan cepat ‡ Gravitasi bumi berkurang .

Atmosfer ‡ Berdasarkan Jenis dan Kondisi Gas terdiri dari: a. Lapisan Ozon b. Lapisan ionosfer .

Lapisan Ozon ‡ Lapisan ozon terdapat pada ketinggian 15-35 km ‡ Terdapat pada seluruh atmosfer bagian bawah ‡ Terkonsentrasi pada lapiasan stratosfer .

Lapiasan Ionosfer ‡ Berada pada ketinggian 60-600km ‡ Terdiri atas atom-atom dan molekul yang kehilangan satu atau lebih elektron sehingga terbentuk ion .

Kulit Bumi ‡ Memiliki ketebalan 5 km di lantai samudera hingga 64 kmdi bawah bariasan pegunungan .

Asthenosfer ‡ Sedikit keras dan memungkinkan lempeng-lempeng kerak bumi bergerak .

Mantel Bumi ‡ Di atas inti bumi terdapat selubung yang bersifat plastis ‡ Memiliki ketebalan 2.900 km ‡ Terdiri dari selubung bawah dan selubung luar .

900 km di bawah permukaan bumi dan memanjang hingga 3480 km hingga pusat bumi ‡ Menurut penelitian seismik terdapat 2 inti yaitu inti luar dan inti dalam .Inti Bumi ‡ Terdiri atas nikel dan besi ‡ Bermula dari 2.

jalur gunung api. dan cekungan endapan di muka bumi yang diakibatkan oleh pergerakan lempeng. . ‡ Teori Tektonik Lempeng (bahasa Inggris: Plate Tectonics) adalah teori dalam bidang geologi yang dikembangkan untuk memberi penjelasan terhadap adanya bukti-bukti pergerakan skala besar yang dilakukan oleh litosfer bumi. jalur gempa bumi.LEMPENG TEKTONIK ‡ Tektonik lempeng adalah suatu teori yang menerangkan proses dinamika bumi tentang pembentukan jalur pegunungan.

ke- .LempengLempeng-lempeng tektonik di bumi barulah dipetakan pada paruh kedua abad ke-20.

mid-oceanic ridge. daerah patahan. gempa bumi serta daerah vulkanik.Kesimpulan dari lempeng tektonik adalah ‡ Cekungan benua relatif lebih muda (kurang lebih 200 juta tahun). . ‡ Dasar laut tetap menjaga kemudahannya. ‡ Dasar samudera mengalami pergesaran. island arch. ‡ Interaksi antar Lempeng adalah dokumentasi yang baik seperti geologi yang utama: rangkaian pegunungan. trench.

Persebaran Lempeng .

Pergerakan Lempeng ‡ Saling Mendekati ‡ Saling Menjauhi ‡ Saling Berpaspasan .

Pergerakan Lempeng Saling Mendekati ‡ Menyebabkab tumbukan dimana salah satu dari lempeng akan menujam ke bawah yang lain .

Pergerakan Lempeng Saling Menjauh ‡ Menyebabkan penipisan dan perenggangan kerak bumi sehingga mengeluarkan meterial baru dari manteel yang membentuk jalur magmatik atau gunung api .

Pergerakan Lempeng saling berpapasan ‡ Dicirikan oleh adanya sesar mendatar yang besar .

‡ Pergerakan lempeng biasanya bisa mencapai 10-40 mm/a (secepat pertumbuhan kuku jari) seperti di Mid-Atlantic Ridge. ‡ Lempeng-lempeng ini tebalnya sekitar 100 km dan terdiri atas mantel litosferik yang di atasnya dilapisi dengan hamparan salah satu dari dua jenis material kerak.Prinsip2 Utama ‡ adalah bahwa litosfer terpisah menjadi lempeng-lempeng tektonik yang berbeda-beda. Lempeng ini bergerak menumpang di atas astenosfer yang mempunyai viskoelastisitas sehingga bersifat seperti fluida. . ataupun mencapai 160 mm/a (secepat pertumbuhan rambut) seperti di Lempeng Nazca.

Jenis2 Lempeng .

Jenis2 Batas Lempeng Adalah ‡ ‡ ‡ Batas transform (transform boundaries) Batas konvergen/destruktif (convergent/destructive boundaries) Batas divergen/konstruktif (divergent/constructive boundaries .

.KEKUATAN PENGGERAK PERGERAKAN LEMPENG Pergerakan lempeng tektonik bisa terjadi karena kepadatan relatif litosfer samudera dan karakter astenosfer yang relatif lemah. Pelepasan panas dari mantel telah didapati sebagai sumber asli dari energi yang menggerakkan tektonik lempeng.

Pergerakan Lempeng .

Lempeng benua ‡ Lempeng Pasifik. Lempeng Cocos.Lempeng benua ‡ Lempeng Eurasia. dan Lempeng Scotia.Lempeng benua ‡ Lempeng Antarktika.Lempeng samudera ‡ Lempeng-lempeng penting lain yang lebih kecil mencakup Lempeng India.Lempeng benua ‡ Lempeng Amerika Selatan.Lempeng benua ‡ Lempeng Amerika Utara. meliputi Asia dan Eropa . Lempeng Arabia.Lempeng2 Utama ‡ Lempeng Afrika. Lempeng Karibia.Lempeng benua ‡ Lempeng Australia. Lempeng Nazca. meliputi Australi (tergabung dengan Lempeg India antara 50 sampai 55 juta tahun yang lalu). meliputi Amerika Selatan . . meliputi Amerika Utara dan Siberia timur laut . meliputi Antarktika . meliputi Samudera Pasifik. meliputi Afrika . Lempeng Filipina. Lempeng Juan de Fuca.

b. d.Berbagai Bentuk Muka Bumi ‡ a. Relief muka bumi daratan Pegunungan dan gunung Dataran Tinggi dan dataran rendah Peneplain pantai . c.

Tenaga Pembentuk Bumi ‡ Tenaga endogen ‡ Tenaga eksogen .

Tenaga Endogen ‡ Tenaga dari dalam bumi ‡ Menyebabkan muka bumi menjadi tidak rata ‡ Terjadinya vulkanisme dan gempa bumi .

Vulkanisme ‡ Intrusi dan ekstrusi ‡ Bentuk gunung api ‡ Material hasil erupsi ‡ Gejala post vulkanik ‡ Erupsi freatik dan vulkan lumpur .

Bentuk Gunung Api ‡ Gunung api perisai ‡ Gunung api strato ‡ Gunung api maar .

Keuntungan adanya gunung api ‡ Abu vulkanis yang menyuburkan tanah ‡ Material letusan sebagai bahan banguan ‡ Gunung yg menjulang tinggi menyebabkan hujan orografis ‡ Sebagai hutan. perkebunan. dan tempat wisata .

Kerugian adanya gunung api ‡ Adanya lava pijar yang dapat menghanguskan mahkluk hidup ‡ Saat meletus mengeluarkan gas yg panas ‡ Gunung api di bawah permukaan air laut menyebabkan tsunami .

Deretan Pegunungan Api di Indonesia ‡ Deretan pegunungan sunda ‡ Deretan pegunungan sahul dan sirkum australia ‡ Deretan pegunungan sangihe ‡ Deretan peggunungan halmahera .

c. 2. Berdasarkan terjadinya: Gempa vulkanis Gempa tektonik Berdasarkan hiposentrum: Gempa dangkal Gempa sedang Gempa dalam . b. a.Gempa Bumi 1. a. b.

Tenaga Eksogen ‡ Tenaga yang berasal dari luar yang dapat berpengaruh terhadap relief bumi ‡ Pada umumnya tenaga eksogen bersifat merusak bentukan-bentukan yg dibentuk oleh tenaga endogen .

Tenaga eksogen menyebabkan ‡ Pelapukan ‡ Erosi ‡ Gerak massa batuan ‡ Sedimentasi .

SEKIAN TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful