PEMBENTUKAN MUKA BUMI

BY FEBRIANA MITA SELVINDA

PROSES TERJADINYA BUMI
‡ Hipotesa kabut Kant-Laplace ‡ Teori terjadinya Tata Surya

Teori Kabut Kant-Laplace Kant‡ Asal dari bumi adalah satu ruang yang diisi oleh berbagai macam gas

Teori Terjadinya Tata Surya
‡ Teori ‡ Teori ‡ Teori ‡ Teori Pasang Surut Kabut atau Nebula Bintang Kembar Proto Planet

BUMI SEBAGAI PLANET ISTIMEWA
‡ Diantara planet lain hanya bumi yang beruntung karena tidak terlalu dekat dan jauh terbentuknya dari matahari

Tata Koordinat Bola Bumi ‡ Garis lintang atau Latitude ‡ Garis Bujur atau Meridian .

000 km) .Garis Lintang atau Bujur ‡ Adalah garis-garis atau lingkaran yang sejajar dengan equator ‡ Besar lingkaran lintang tidak sama ‡ Lingkaran lintang yang terbesar adalah equator (panjangnya 40.

Garis Bujur atau Meridian ‡ Adalah garis yang menghubungkan kutub utara dan selatan ‡ Merupakan busur setengah lingkaran yang sama panjang ‡ Yang melalui Greenwich ditetapakan sebagai garis bujur 0 derajat .

Bentuk Muka Bumi ‡ Bidang permukaan fisik ‡ Bidang elipsoid ‡ Bidang geoid .

.

‡ Mantle bumi ‡ Inti bumi (core) ‡ Inti dalam. ‡ Kulit bumi ‡ Asthenosfer.Struktur Bumi ‡ Atmosfir. .

Eksosfer . Termosfer e.Atmosfer ‡ Berdasarkan temperatur lapisan terdiri dari: a. Mesosfer d. Troposfer b. Stratosfer c.

Troposfer ‡ Lapisan udara yang menempel pada permukaan bumi ‡ Ketinggiannya 11 km dari permukaan bumi ‡ Sebagian besar massa atmosfer 80% berada di lapisan ini .

Stratosfer ‡ Berada pada lapisan tropopause sampai ketinggian 50 km ‡ Dibagi menjadi dua lapiasan yaitu isotermal dan inversi ‡ Puncak stratosfer dibatasi oleh lapiasan stratopause .

Mesosfer ‡ Ketinggian antara 50-85 km dengan ciri makin ke atas makin rendah ‡ Puncak mesosfer dibatasi oleh lapisan mesopause .

Termosfer ‡ Lapisan ini terletak pada ketinggian 85-500 km dan dinamakan juga lapisan panas ‡ Tinggi temperatur disebabkan karena molekul oksigen menyerap energi surya .

Eksosfer ‡ Berada pada ketinggian 500 km ke atas ‡ Pada lapiasan ini molekul udara bergerak dengan cepat ‡ Gravitasi bumi berkurang .

Atmosfer ‡ Berdasarkan Jenis dan Kondisi Gas terdiri dari: a. Lapisan Ozon b. Lapisan ionosfer .

Lapisan Ozon ‡ Lapisan ozon terdapat pada ketinggian 15-35 km ‡ Terdapat pada seluruh atmosfer bagian bawah ‡ Terkonsentrasi pada lapiasan stratosfer .

Lapiasan Ionosfer ‡ Berada pada ketinggian 60-600km ‡ Terdiri atas atom-atom dan molekul yang kehilangan satu atau lebih elektron sehingga terbentuk ion .

Kulit Bumi ‡ Memiliki ketebalan 5 km di lantai samudera hingga 64 kmdi bawah bariasan pegunungan .

Asthenosfer ‡ Sedikit keras dan memungkinkan lempeng-lempeng kerak bumi bergerak .

Mantel Bumi ‡ Di atas inti bumi terdapat selubung yang bersifat plastis ‡ Memiliki ketebalan 2.900 km ‡ Terdiri dari selubung bawah dan selubung luar .

900 km di bawah permukaan bumi dan memanjang hingga 3480 km hingga pusat bumi ‡ Menurut penelitian seismik terdapat 2 inti yaitu inti luar dan inti dalam .Inti Bumi ‡ Terdiri atas nikel dan besi ‡ Bermula dari 2.

jalur gunung api. ‡ Teori Tektonik Lempeng (bahasa Inggris: Plate Tectonics) adalah teori dalam bidang geologi yang dikembangkan untuk memberi penjelasan terhadap adanya bukti-bukti pergerakan skala besar yang dilakukan oleh litosfer bumi.LEMPENG TEKTONIK ‡ Tektonik lempeng adalah suatu teori yang menerangkan proses dinamika bumi tentang pembentukan jalur pegunungan. . dan cekungan endapan di muka bumi yang diakibatkan oleh pergerakan lempeng. jalur gempa bumi.

ke- .LempengLempeng-lempeng tektonik di bumi barulah dipetakan pada paruh kedua abad ke-20.

gempa bumi serta daerah vulkanik. island arch. ‡ Interaksi antar Lempeng adalah dokumentasi yang baik seperti geologi yang utama: rangkaian pegunungan. daerah patahan.Kesimpulan dari lempeng tektonik adalah ‡ Cekungan benua relatif lebih muda (kurang lebih 200 juta tahun). trench. . ‡ Dasar samudera mengalami pergesaran. ‡ Dasar laut tetap menjaga kemudahannya. mid-oceanic ridge.

Persebaran Lempeng .

Pergerakan Lempeng ‡ Saling Mendekati ‡ Saling Menjauhi ‡ Saling Berpaspasan .

Pergerakan Lempeng Saling Mendekati ‡ Menyebabkab tumbukan dimana salah satu dari lempeng akan menujam ke bawah yang lain .

Pergerakan Lempeng Saling Menjauh ‡ Menyebabkan penipisan dan perenggangan kerak bumi sehingga mengeluarkan meterial baru dari manteel yang membentuk jalur magmatik atau gunung api .

Pergerakan Lempeng saling berpapasan ‡ Dicirikan oleh adanya sesar mendatar yang besar .

Prinsip2 Utama ‡ adalah bahwa litosfer terpisah menjadi lempeng-lempeng tektonik yang berbeda-beda. Lempeng ini bergerak menumpang di atas astenosfer yang mempunyai viskoelastisitas sehingga bersifat seperti fluida. ‡ Pergerakan lempeng biasanya bisa mencapai 10-40 mm/a (secepat pertumbuhan kuku jari) seperti di Mid-Atlantic Ridge. ataupun mencapai 160 mm/a (secepat pertumbuhan rambut) seperti di Lempeng Nazca. . ‡ Lempeng-lempeng ini tebalnya sekitar 100 km dan terdiri atas mantel litosferik yang di atasnya dilapisi dengan hamparan salah satu dari dua jenis material kerak.

Jenis2 Lempeng .

Jenis2 Batas Lempeng Adalah ‡ ‡ ‡ Batas transform (transform boundaries) Batas konvergen/destruktif (convergent/destructive boundaries) Batas divergen/konstruktif (divergent/constructive boundaries .

KEKUATAN PENGGERAK PERGERAKAN LEMPENG Pergerakan lempeng tektonik bisa terjadi karena kepadatan relatif litosfer samudera dan karakter astenosfer yang relatif lemah. . Pelepasan panas dari mantel telah didapati sebagai sumber asli dari energi yang menggerakkan tektonik lempeng.

Pergerakan Lempeng .

Lempeng Cocos. Lempeng Karibia. meliputi Antarktika . Lempeng Juan de Fuca. Lempeng Filipina.Lempeng samudera ‡ Lempeng-lempeng penting lain yang lebih kecil mencakup Lempeng India.Lempeng2 Utama ‡ Lempeng Afrika. meliputi Samudera Pasifik. meliputi Amerika Utara dan Siberia timur laut . Lempeng Arabia. dan Lempeng Scotia.Lempeng benua ‡ Lempeng Eurasia.Lempeng benua ‡ Lempeng Pasifik. meliputi Amerika Selatan .Lempeng benua ‡ Lempeng Australia. meliputi Australi (tergabung dengan Lempeg India antara 50 sampai 55 juta tahun yang lalu). . meliputi Afrika . meliputi Asia dan Eropa .Lempeng benua ‡ Lempeng Amerika Selatan. Lempeng Nazca.Lempeng benua ‡ Lempeng Antarktika.Lempeng benua ‡ Lempeng Amerika Utara.

Berbagai Bentuk Muka Bumi ‡ a. c. Relief muka bumi daratan Pegunungan dan gunung Dataran Tinggi dan dataran rendah Peneplain pantai . d. b.

Tenaga Pembentuk Bumi ‡ Tenaga endogen ‡ Tenaga eksogen .

Tenaga Endogen ‡ Tenaga dari dalam bumi ‡ Menyebabkan muka bumi menjadi tidak rata ‡ Terjadinya vulkanisme dan gempa bumi .

Vulkanisme ‡ Intrusi dan ekstrusi ‡ Bentuk gunung api ‡ Material hasil erupsi ‡ Gejala post vulkanik ‡ Erupsi freatik dan vulkan lumpur .

Bentuk Gunung Api ‡ Gunung api perisai ‡ Gunung api strato ‡ Gunung api maar .

Keuntungan adanya gunung api ‡ Abu vulkanis yang menyuburkan tanah ‡ Material letusan sebagai bahan banguan ‡ Gunung yg menjulang tinggi menyebabkan hujan orografis ‡ Sebagai hutan. perkebunan. dan tempat wisata .

Kerugian adanya gunung api ‡ Adanya lava pijar yang dapat menghanguskan mahkluk hidup ‡ Saat meletus mengeluarkan gas yg panas ‡ Gunung api di bawah permukaan air laut menyebabkan tsunami .

Deretan Pegunungan Api di Indonesia ‡ Deretan pegunungan sunda ‡ Deretan pegunungan sahul dan sirkum australia ‡ Deretan pegunungan sangihe ‡ Deretan peggunungan halmahera .

b. b. Berdasarkan terjadinya: Gempa vulkanis Gempa tektonik Berdasarkan hiposentrum: Gempa dangkal Gempa sedang Gempa dalam . c.Gempa Bumi 1. 2. a. a.

Tenaga Eksogen ‡ Tenaga yang berasal dari luar yang dapat berpengaruh terhadap relief bumi ‡ Pada umumnya tenaga eksogen bersifat merusak bentukan-bentukan yg dibentuk oleh tenaga endogen .

Tenaga eksogen menyebabkan ‡ Pelapukan ‡ Erosi ‡ Gerak massa batuan ‡ Sedimentasi .

SEKIAN TERIMA KASIH .