MAKALAH ILMU LINGKUNGAN EKOSISTEM LAUT DANGKAL

Kelompok 7: Muhammad Iqbal (09065489920) Melisa Hutauruk (0906557934) Rizqi Ilma (0906640892) Wiwin Wijaya (0906518813)

DEPARTEMEN TEKNIK KIMIA UNIVERSITAS INDONESIA BAB I DEFINISI EKOSISTEM LAUT DANGKAL

1.1 Pengertian ekosistem laut Ekosistem air laut merupakan ekosistem yang memiliki ciri-ciri
• •

salinitas (kadar garam) yang tinggi dengan ion CI- mencapai 55% terutama di daerah laut tropik, karena suhunya tinggi dan penguapan besar. ekosistem yang memiliki perbedaan suhu bagian atas dan bawah tinggi. (Batas antara lapisan air yang panas di bagian atas dengan air yang dingin di bagian bawah disebut daerah termoklin)

tidak dipengaruhi oleh iklim dan cuaca.

Ekosistem air laut terbagi menjadi: • Laut • Pantai • Estuari (muara) • terumbu karang 1.2. Pembagian Ekosistem Laut Pembagian daerah ekosistem air laut, berdasarkan kedalamannya: 1. Daerah Litoral/Daerah Pasang Surut Daerah litoral adalah daerah yang langsung berbatasan dengan darat. Radiasi matahari, variasi temperatur dan salinitas mempunyai pengaruh yang lebih berarti untuk daerah ini dibandingkan dengan daerah laut lainnya. Biota yang hidup di daerah ini antara lain: ganggang yang hidup sebagai bentos, teripang, binatang laut, udang, kepiting, cacing laut. 2. Daerah Neritik

Daerah neritik merupakan daerah laut dangkal, daerah ini masih dapat ditembus cahaya sampai ke dasar, kedalaman daerah ini dapat mencapai 200 m. Biota yang hidup di daerah ini adalah plankton, nekton, neston dan bentos. 3. Daerah Batial atau Daerah Remang-remang:

2

Kedalamannya antara 200 - 2000 m, sudah tidak ada produsen. Hewannya berupa nekton.
4. Daerah Abisal:

Daerah abisal adalah daerah laut yang kedalamannya lebih dari 2000 m. Daerah ini gelap sepanjang masa, tidak terdapat produsen.

Gambar 1.1. Pembagian laut berdasarkan kedalamannya beserta hewan-hewan yang menghuninya sumber: library.thinkquest.org

3

Daerah twilight: daerah remang-remang. kedalaman maksimum 200 m.com Berdasarkan intensitas cahayanya. Daerah fotik: daerah laut yang masih dapat ditembus cahaya matahari. c. ekosistem laut dibedakan menjadi 3 bagian: a. b.Gambar 1. Pembagian laut berdasarkan kedalamannya sumber: synergysci0809.2. Jadi gelap sepanjang masa. 4 . tidak efektif untuk kegiatan fotosintesis.2000 m. kedalaman antara 200 . Daerah afotik: daerah yang tidak tembus cahaya matahari.wordpress.

3 Pembagian laut berdasarkan intensitas cahaya Sumber: mrsmacdonald. dan zona pelagik. zona laut dangkal.Gambar 1. Zona litoral merupakan zona yang berada di tepi laut (pantai). Ekosistem terumbu karang terdiri dari komunitas yang khusus yang terdiri dari karang batu dan organisme-organisme lainnya. dan biasanya dikelilingi oleh daratan yang membentuk hutan bakau.net Ekosistem Laut juga meliputi zona litoral (daerah tepi laut). Zona laut dangkal yang merupakan ekosistem terumbu karang. 5 . tempat bagi kebanyakan ikan dan udang. yaitu zona fotik dan zona afotik. kepiting untuk membesarkan anakanaknya. Zona pelagik merupakan wilayah laut terbuka yang terdiri dari 2 wilayah kedalaman yang berbeda. Terumbu karang didominasi oleh karang (koral) yang merupakan kelompok Cnidaria yang mensekresikan kalsium karbonat.

Gambar 1. Ilustrasi rantai makanan di laut 6 .4. Pembagian Ekosistem Laut Gambar 1.5.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor: 1. Perubahan temperatur (amplitudo) air laut. Suhu air laut makin ke dalam makin turun temperaturnya. berkisar 26° C .000 meter. 3.Permukaan air laut yang mengkilat menghalangi pelepasan panas. Susunan Sifat Air Laut Suhu Air Laut Suhu air laut pada Perairan Indonesia yang terletak di daerah tropik. Tinggi rendahnya kadar garam pada air laut sangat tergantung kepada banyak sedikitnya : 1.2° C. Permukaan air laut bertindak sebagai cermin sehingga panas matahari yang diterimanya dipantulkan kembali.BAB II KOMPONEN EKOSISTEM LAUT DANGKAL 2. .Uap air di atas permukaan air laut yang telah menjadi dingin menghalangi pelepasan panas. 2. temperaturnya antara 1° C .30° C. Air laut selalu bergerak sehingga panas yang diterimanya dijalarkan dan disebar kemana-mana. Pada malam lambat menjadi dingin karena: . pada kedalaman lebih kurang 4. maka hampir sepanjang tahun suhu lapisan permukaan air lautnya tinggi. kecil karena air laut lambat menjadi panas dan lambat menjadi dingin. Penguapan 7 .1. Kadar garam tersebut dinyatakan dalam persen (%) atau permil (0/00). Sedangkan panas yang diterima air sebagian digunakan untuk penguapan. Kadar Garam Air Laut (Salinitas) Kadar garam air laut (Salinitas) adalah banyaknya garam (dalam gram) yang terdapat pada 1 kilogram air laut.

2.banyak minum .028.000 kg = 125.1. Jadi tekanan air laut pada kedalaman 100 meter adalah: 100 x 1150 kg + 10. Air yang berasal dari gletser Kepadatan Kepadatan air laut adalah 1.sedikit mengeluarkan urine . Cara ikan beradaptasi dengan kondisi seperti itu adalah: . Tekanan udara tiap m² permukaan air laut sebesar 10. Sungai yang bermuara ke laut tersebut 3. Adaptasi biota laut terhadap lingkungan yang berkadar garam tinggi Pada hewan dan tumbuhan tingkat rendah tekanan osmosisnya kurang lebih sama dengan tekanan osmosis air laut sehingga tidak terlalu mengalami kesulitan untuk beradaptasi.026 . Jika dibandingkan dengan air murni. air laut memiliki kepadatan yang lebih besar karena mengandung banyak garamgaraman.2.pengeluaran air terjadi secara osmosis .garam-garam dikeluarkan secara aktif melalui insang 8 . Curah hujan 4. Berat untuk 1 meter³ air laut lebih kurang 1150 kilogram.000 kg/m² 2. makin dalam tingkat kedalaman laut maka makin besar tekanannya. 5.000 kilogram harus diperhitungkan sebagai faktor penghitung dalam mengukur tekanan air laut. Tetapi bagaimanakah dengan hewan tingat tinggi.air masuk ke jaringan secara osmosis melalui usus . seperti ikan yang mempunyai tekanan osmosis jauh lebih rendah daripada tekanan osmosis air laut. Pemasukan air dari samudera di sekitarnya. Tekanan Tekanan air laut tidak sama besarnya pada kedalaman yang berbeda.

berarti tidak ada produsen. Produsen Terdiri dari fitoplankton dan ganggang laut lainnya b. Ekosistem laut dalam merupakan suatu ekosistem yang tidak lengkap. c. Komunitas di Dalam Ekosistem Air Laut Menurut fungsinya. yaitu pada daerah batial dan abisal merupakan daerah gelap sepanjang masa. • Kategori nekton: •Krill (udang kecil) •Small fish 9 . Ilmunya disebut Nektology. yaitu: a. Zooplankton Terdiri atas bakteri dan hewan hewan pemakan bangkai atau sampah Pada ekosistem laut dalam. Hampir semua filum hewan ditemukan di dalam ekosistem laut. komponen biotik ekosistem laut dapat dibedakan menjadi 4.2. Di daerah tersebut tidak berlangsung kegiatan fotosintesis.3. Orangnya disebut Nektologist. locomotor physiology). functional morphology of fluid locomotion. 2. Komponen Ekosistem Laut dangkal Nekton • Kata “nekton" diberikan oleh Ernst Haeckel tahun 1890 yang berasal dari kata Yunani (Greek) yang artinya berenang ("the swimming") yang meliputi (biofluidynamics. sehingga yang ditemukan hanya konsumen dan dekompos saja. Konsumen Terdiri dari berbagai jenis hewan.4. biomechanics.

seperti ikan paus. Ekologis (berdasarkan toleransi terhadap faktor Lingkungan dan lokasi dlm perairan) • Sundaland/Paparan Sunda : 1.era Paleozoikum periode Ordovician) 2. Geografis 3. Brunai) 394 spesies/149 endemik. Cyprinidae 107 spesies/15 endemik) 2. Ada beberapa hewan air yang sering dianggap sebagai "ikan". mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter (45 ft) hingga stout infantfishyang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inci). Borneo (Kalimantan. Serawak/Sabah. Jawa : 132 spesies/12 endemik.000di seluruh dunia. • Distribusi Ikan : 1.•Whales (paus) •Tuna • Ikan (fish) adalah vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Cyprinidae 44 spesies/6 endemik • Wallace/Sulawesi : 68 spesies/52 endemik (Umum ikan sidat (Angguila. Sumatera : 270 spesies/30 endemik. Ikan memiliki bermacam ukuran. yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.sp). ikan cumi dan ikan duyung. Jumlah spesies > 27. Geologis (400-500 juta tahun lalu. belosoh (Gobiidae dan Eleotridae) • Paparan Sahul/ New Guinea Region 1: RAJA AMPAT ISLANDS Region 2: VOGELKOP AND BOMBERAI PENINSULAS Region 3: NORTH COAST RANGES AND VALLEYS Region 4: CENTRAL MOUNTAIN RANGES 10 . Cyprinidae 138 spesies/46 endemik 3.

protozoa. dan ikan paus. Ini penting untuk memungkinkannya terus hidup. Itulah sebabnya kegiatan menangkap ikan aktif dijalankan di kawasan itu. Ukurannya kecil saja. bakteri. Sebuah laba-laba air adalah contoh umum yang melompat melintasi air tegangan permukaan. Jika dilihat menggunakan mikroskop. Neustons terdiri dari beberapa spesies ikan. yang menempel pada substrat terendam. air pasang atau angin yang menghanyutkannya. Walaupun termasuk sejenis benda hidup. laut. karena menjadi bekal makanan untuk kehidupan akuatik. kerang. Plankton terdiri dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut. Neuston Neuston adalah istilah kolektif untuk organisme yang mengapung di atas air (epineuston) atau tinggal tepat di bawah permukaan (hyponeuston). plankton juga tercipta dari tumbuhan. . unsur tumbuhan alga dapat dilihat pada plankton. dan badan air tawar. Bagi kebanyakan makhluk laut.Region 5: SOUTHERN COASTAL LOWLANDS Region 6: PAPUAN PENINSULA Plankton Plankton didefinisikan sebagai organisme hanyut apapun yang hidup dalam zona pelagic (bagian atas) samudera.. plankton adalah makanan utama mereka. Secara luas plankton dianggap sebagai salah satu organisme terpenting di dunia. kumbang. cyanobacteria. Plankton hidup di pesisir pantai di mana ia mendapat bekal garam mineral dan cahaya matahari yang mencukupi. Mengingat plankton menjadi makanan ikan. dan laba laba air. tidak mengherankan bila ikan banyak terdapat di pesisir pantai. Perifiton Kompleks biota akuatik sesil terasosiasi dengan detritus. kompleks campuran mikroalga. heterotropic 11 . Beberapa makhluk laut yang memakan plankton adalah seperti batu karang. Selain sisa-sisa hewan. plankton tidak mempunyai kekuatan untuk melawan arus.

berbagai macam substrat dalam air dengan keberadaan cahaya dapat mensupport pertumbuhan perifiton Peran perifiton : – – – Sebagai Produsen primer Indikator mutu kualitas air Menjaga kualitas air pada indicator mutu tertentu bagi perairan perikanan yang terkendali – Dapat digunakan sebagai agen filtrasi dalam produksi akuakultur 2. selanjutnya kita bisa membuat konsep rantai makanan pada ekosistem laut dangkal dengan produsen sebagai awalannya (jenis rantai makanan perumput).mikroba. organisme bentik terkombinasi dengan mikroba biofilm Seperti fitoplankton. dan detritus.1 Piramida Makanan Ekosistem Laut Dangkal 12 . konsumen (makrokonsumen ataupun detritivor). dan dekomposer. protozoa. Rantai Makanan dan Aliran Energi pada Ekosistem Laut Dangkal Dari pemaparan-pemaparan di atas. mulai dari kolam kecil hingga laut luas. Dari data-data ini.5.5. kita sudah mengetahui bahwa ekosistem laut dangkal merupakan daerah dimana cahaya matahari dapat masuk. Kita juga sudah mengetahui bahwa di dalam ekosistem ini terdapat banyak makhluk hidup yang terbagi menjadi produsen. sehingga. Gambar 2. ekosistem ini memiliki potensi fotosintesis yang sangat tinggi. dst. Gambar piramida makanan dibawah ini akan lebih memperjelas rantai makanan tersebut. Rantai makanan pada ekosistem ini yaitu : produsen  konsumen I  konsumen II  Konsumen III. perifiton dapat ditemukan pada banyak tipe perairan.

nz Dari gambar ini. konsumen I yang merupakan herbivora memakan tumbuhan tersebut. Karena itulah. Lalu. makroalga ataupun tanaman berbunga (seagrass) membuat zat organik melalui fotosintesis dengan mengambil energi dari matahari.org. Gambar 2.000 Kj. dst. Skema Aliran Energi Pada Ekosistem Sumber : www.sciencelearn. Pertama-tama. sehingga sesuai dengan hukum kekelan energi dimana energi tidak bisa dihancurkan maupun diciptakan. karena apapun yang kita makan pasti akan menghasilkan residu. Skema aliran energi bisa dilihat dalam gambar di bawah ini. maka energi matahari pada tumbuhan pastilah akan berpindah ke konsumen I. Konsumen II akan mendapat energi kira-kira sebesar 100 Kj. yaitu phytoplankton. Konsumen III akan mendapat energi kira-kira sebesar 10 Kj. Tentunya karena rumput laut selalu mendapatkan energi paling besar dan ikan hiu selalu mendapat energi paling sedikit. bisa kita jelaskan pula mengenai aliran energi yang terjadi pada ekosistem laut dangkal.org.2. Inilah alasan mengapa piramida makanan selalu berbentuk segitiga. Itulah sebabnya mengapa jumlah rumput laut selalu lebih besar dari konsumen-konsumen diatasnya dan ikan hiu selalu berjumlah lebih sedikit dibandingkan hewan-hewan mangsa yang berada di taraf trofi lebih rendah.nz 13 . dan kita juga mengeluarkan energi saat mencerna makanan tersebut. Tetapi.5. namun hanya bisa diubah menjadi bentuk energi lain. karena piramida ini juga menunjukkan jumlah.Sumber : www. produsen.sciencelearn. maka tidak semua energi dari makanan yang kita makan diserap oleh tubuh. maka konsumen I akan mendapat energi kira-kira sebesar 1000 Kj. Misalnya energi cahaya matahari yang ditangkap oleh tumbuhan sebesar 10. kira-kira energi yang bisa diserap konsumen dari makanannya hanya sebesar 10%.

Mikroalga (Phytoplankton) 14 .1. Sekarang kita bisa memaparkan jaring-jaring makanan di ekosistem laut dangkal dengan meninjau gambar-gambar berikut ini. Kita juga sudah mengetahui urutan rantai makanan dan aliran energi di dalam ekosistem laut dangkal.1. Produsen Ekosistem Laut Dangkal 3.2. Gambar 2.6 Jaring-Jaring Makanan Ekosistem Laut Dangkal BAB III KEANEKARAGAMAN HAYATI EKOSISTEM LAUT DANGKAL 3.1. Jaring-Jaring Makanan Pada Ekosistem Laut Dangkal Telah kita ketahui bahwa ekosistem laut dangkal merupakan ekosistem yang terpapar cahaya matahari sehingga ada banyak sekali produsen yang bisa hidup di area ekosistem ini.6.

net 3. Contoh dari mikroalga adalah Chlorella. Crypthecodinium Cohnii dan Spirulina. Lebih khusus lagi. Artinya. mikroalga menjadi salah satu produsen penting bagi kehidupan laut. daun.Tanaman pertama yang muncul di bumi adalah mikroalga dan sampai sekarang mikroalga masih memenuhi habitat perairan di bumi. terutama laut dangkal karena adanya cahaya. batang. adalah organisme kingdom protista yang mirip tumbuhan. ataupun bunga. 15 . Gambar 3. Di laut dangkal. Makroalga (Seaweed) Makroalga. mereka tidak punya akar.1.1. Perairan yang paling banyak diisi oleh mikroalga adalah lautan. atau yang biasa disebut rumput laut.lamolina.2. Crypthecodinium Cohnii Sumber : www. walaupun mereka memiliki bentuk yang hampir serupa dengan tanaman berpembuluh. makroalga adalah alga jenis rhodophyta (alga merah) dan phaeophyta (alga coklat). Tumbuhan ini merupakan jenis tumbuhan yang tidak berpembuluh. holdfast tidak menyuplai air dan nutrisi ke bagian tubuh tumbuhan lain. Holdfast hanya berfungsi untuk menjaga makroalga tetap di tempatnya sehingga tidak terhempas oleh ombak. Berikut ini adalah bagian-bagian tubuh pada makroalga: Blade – Struktur seperti daun yang digunakan untuk menangkap energi cahaya matahari tempat fotosintesis terjad Stipe – Struktur seperti batang Float – Saluran berisi air yang terletak di pangkal blade yang berfungsi untuk menjaga blade tetap menghadap ke permukaan air agar bisa menangkap energi cahaya matahari dengan baik Holdfast – Tidak seperti akar.

mbgnet. Asparogospsis sp.3. Laminaria digitata. dan Ulva rigida. Ulva compressa. Fucus serratus. Fucus vesiculosus Laminaria saccharina. Laminaria hyperborean. Ascophyllum nodosum. Sumber : reefkeeping.1.2. Gambar 3.3.Gambar 3. Macrocystis pyrifera.net Beberapa spesies dari makroalga adalah Asparagopsis sp. Anatomi Makroalga Sumber : www. Laminaria ochroleuca. Tumbuhan Berbunga (Seagrass) 16 . Fucus spiralis.com 3. Sebagian besar dari makroalga adalah alga merah dan alga coklat. Alaria esculenta.

Tumbuhan ini memiliki beberapa peran bagi kehidupan laut. Tumbuhan berbunga di ekosistem laut dangkal adalah jenis tumbuhan yang sangat unik karena sudah bisa beradaptasi penuh dengan kondisi perairan laut yang basah. tapi juga laut dalam. Tumbuhan ini sama dengan tumbuhan tingkat tinggi lainnya. Memerangkap nutrisi dan mineral yang ada di laut sehingga bisa digunakan oleh organisme laut lainnya. Berikut ini adalah beberapa peran dari tumbuhan berbunga : • • • • Menyediakan sumber karbon bagi makhluk laut lainnya. bukan hanya laut dangkal. berarus dan berair asin. kimiawi dan biologis di ekosistem laut dangkal karena perannya yang amat penting.Tumbuhan berbunga di ekosistem laut dangkal tidak begitu banyak diketahui oleh orang-orang. dan daun sejati. karena mereka mengira semua tumbuhan di dasar laut adaalah sejenis makroalga (seaweed). tapi juga yang ada di laut dalam. bukan hanya yang ada di laut dangkal. seperti detritivor dan decomposer 17 . batang. keberadaan tumbuhan tingkat tinggi ini telah memberikan perubahan fisik. Bahkan. Menjaga keseimbangan jaring-jaring makanan di ekosistem laut dangkal Memberikan tempat berlindung bagi hewan laut lain dan menjadi tempat perawatan anak-anak ikan. yaitu mempunyai akar.

4. b. c. Sel porifera yang khusus untuk menangkap zat makanan di air laut disebut dengan koanosit. Bentuknya seperti bunga dan memiliki tubuh simetri radial. a.2. d. Kuda laut di hamparan Cymodocea nodosa.1. yang berarti “pembawa pori”. Walaupun terlihat sederhana. Sekumpulan manatee sedang memakan hamparan Thalassia testudinum.com 3. Saat air laut melalui tubuhnya. makanan dan oksigen yang terkandung di dalam air laut akan diambil oleh sel-sel tubuhnya. testudinum Sumber : feww. Porifera Porifera.2. Hewan ini hidup dengan menempelkan dirinya ke dasar laut yang keras dimana ia bisa mendapatkan cukup makanan. 18 . Konsumen Ekosistem Laut Dangkal 3.2.Gambar 3. Sekumpulan ikan zebra di hamparan Posidonia australis. 3.files. Cnidaria Cnidaria adalah hewan multiseluler yang termasuk paling sederhana. adalah hewan multiseluler berpori yang amat sederhana karena sel-sel tubuhnya belum terspesialisasi dengan sempurna. ia akan simetris bila dipotong dari arah radial manapun. Penyu hijau sedang memakan hamparan T.2. Porifera hidup dengan mengalirkan air laut melalui pori-pori tubuhnya.wordpress. maksudnya.

Secara umum.5. Bagian kepala yang berisi pusat syaraf dan organ perasa 2. Sengat tersebut disebut juga nematokist yang mengandung racun yang dapat melumpuhkan mangsa yang terkena sengatnya. Cnidaria memiliki 2 macam bentuk. Karena tubuhnya yang lunak ini. Polip adalah bentuk dari hewan karang dan anemon. anemon.mbgnet. Dicirikan oleh mulut dan tentakelnya yang menghadap ke atas dan cara hidupnya yang menyerupai hewan perifiton. yaitu polip dan medusa. Hewan ini bisa memiliki kedua bentukan polip dan medusa atau hanya polip saja. The two different forms of a Cnidarian body Gambar 3. dll.2. Massa visceral yang berisi organ internal 3. Moluska Moluska adalah sejenis hewan yang bertubuh lunak. Bagian kaki yang berotot Berikut ini adalah jenis-jenis dari moluska : 19 . Dua bentuk cnidaria Sumber : www. Spesies dari jenis ini misalnya aurelia aurita. Semua hewan cnidaria memiliki tentakel bersengat yang digunakan untuk menangkap mangsa. kebanyakan moluska memiliki cangkang yang disekresikan oleh lapisan mantel. Banyak moluska memiliki lidah parut yang disebut dengan radula untuk memarut makanannya. moluska memiliki 3 bagian tubuh : 1.net 3.3. sepeti halnya uburubur dan memiliki mulut serta tentakel yang menghadap ke bawah. hydra.hewan cnidaria memiliki mulut dan sistem pencernaan gastrovaskuler di pusat tubuh mereka. Sedangkan medusa adalah bentukan yang bisa bergerak bebas.

mereka memiliki cangkang dalam sebagai penggantinya. Kebanyakan dari mereka tidak memiliki radula karena mereka makan dengan cara menyaring air melalui insang mereka untuk mendapatkan zat organik. yaitu nautilus). karena itulah disebut cephalopoda. Ada beberapa jenis crustacean yang amat kecil 20 . rongga mantel dan saluran cerna yang belum sempurna. Beberapa spesiesnya adalah • Polyplacophora Polyplacophora adalah kelas moluska yang memiliki cangkang dengan delapan lempengan. kepiting atau cephalopoda lainnya. Chiton merupakan hewan bentos yang memakan alga dengan radula dan gigi-giginya yang kuat. bernapas dengan insang dan hidup di laut. 3. Beberapa spesies dari bivalvia adalah • Cephalopoda Chepalopoda adalah kelas moluska yang memiliki kaki yang menempel di kepalanya. • Bivalvia Bivalvia adalah kelas moluska yang memiliki cangkang 2 tangkup. Contoh cephalopoda adalah gurita (loligo) dan cumi-cumi (sepia).• Gastropoda Gastropoda adalah moluska yang bergerak dengan menggunakan perutnya. Mereka juga memiliki tubuh yang bersegmen dan banyak dari mereka yang memiliki capit untuk menangkap makanan. cephalopoda memiliki mantel.2. Perbedaan lain cephalopoda dibandingkan moluska lainnya adalah absennya cangkang luar pada hampir semua cephalopoda (hanya 1 spesies yang memiliki cangkang luar. mereka adalah hewan karnivora yang memakan ikan. radula. Berbeda dengan moluska lain. Crustacea memiliki 2 pasang antena untuk merasa dan mencium. Kebanyakan dari mereka adalah hewan akuatik. Tetapi. Crustacea Crustacea adalah hewan yang memiliki eksoskeleton.Sama seperti moluska lainnya. Kelompok ini memenuhi 70% dari keseluruhan spesies gastropoda. udang.4. Contoh dari polyplachopora adalah chiton.

mereka tidak berenang. 3.5. Chordata 3.2. Berikut ini adalah beberapa jenis crustacean : Lobster Semua lobster tinggal di air. Mereka juga termasuk hewan bentos dan karnovora ekosistem laut. Gambar 3.5. Chordata Laut Dangkal Temperata Berikut ini adalah beberapa chordata laut dangkal temperata : 21 .mbgnet.sehingga digolongkan sebagai zooplankton.mbgnet. melainkan berjalan di dasar lautan.net Kepiting Kepiting memiliki 8 kaki jalan dan 2 kaki capit.6 Lobster Sumber : www.8 Udang Sumber : www.7 Kepiting Sumber : www. Namun.2.mbgnet.net Eksoskeleton mereka tembus cahaya. Gambar 3. Gambar 3.net Udang Udang memiliki kaki untuk berjalan maupun berenang.1. Mereka memiliki 6 “tangan” untuk membantu mereka memakan tumbuhan. Mereka aktif di malam hari dan merupakan salah satu karnivora ekosistem laut dangkal.

tidak seperti ikan hiu lainnya.net 22 .mbgnet.net • Penguin Raja Penguin Raja adalah spesies penguin terbesar dalam keluarga penguin. Makanan penguin ini adalah ikan dan predator penguin ini adalah ikan hiu. Ikan Hiu Berjemur Sumber : www. Anehnya.mbgnet.10 Penguin Raja Sumber : www. Gambar 3. ikan hiu ini memakan planton.4 m.• Ikan Hiu Berjemur Ikan hiu ini adalah ikan terbesar kedua di lautan. Bentuk tubuhnya sama dengan hiu lainnya. Gambar 3. namun bentuk celah insangnya agak jauh lebih besar. Sesuai namanya. Cara makannya pun sama dengan paus biru. Panjangnya bisa mencapai 10.9. Penguin ini tak pernah berada di daratan. ikan hiu berjemur suka berenang pelan di permukaan air. melainkan membentuk koloni di atas es di lautan antartika. yaitu membuka mulutnya lebar-lebar agar air bisa masuk dalam jumlah besar kemudian ia menangkap suspensi plankton yang ada di dalam air tersebut.

mbgnet.net 23 . Karena. Hal ini dikarenakan tubuh ikan badut terlindngi oleh suatu lapisan yang melindunginya dari sengatan.net • Ikan Badut Ikan ini adalah ikan yang berukuran kecil dengan panjang kira-kira sekitar 6 cm. mereka memiliki tubuh hidrodinamis yang sempurna dan ekor sabit yang memberikan pergerakan sempurna.2.2. Gambar 3. Ikan ini tinggal diantara tentakel koloni anemon tanpa harus takut tersengat. Mereka adalah hewan yang melakukan migrasi musiman. Ikan ini disebut ikan badut karena corak-corak pada tubuhnya sangat unik menyerupai badut.5. Mereka merupakan salah satu perenang paling cepat di lautan. Ikan ini memiliki mulut panjang dan bundar yang digunakan untuk melumpuhkan mangsa. Chordata Laut Dangkal Tropis Berikut ini adalah beberapa chordata laut dangkal tropis : • Ikan Marlin Biru Ikan ini adalah ikan yang sangat besar dengan berat minimal rata-rata 180 Kg.3.11 Ikan Marlin Biru Sumber : www. pergi ke daerah ekuator saat musim dingin dan kembali lagi saat musim panas.mbgnet.12 Ikan Badut Sumber Gambar : www. Gambar 3.

Ekosistem laut semakin lama menemui situasi yang memperihatinkan. laut menemui masalah-masalah dalam ekosistemnya.BAB IV PERMASALAHAN EKOSISTEM LAUT Ekosistem air laut memiliki luas lebih dari 2/3 permukaan bumi ( + 70 % ). ion terbanyak ialah Cl`(55%). Ekosistem laut memiliki kadar mineral yang tinggi. 24 . ada yang tinggi (seperti di daerah tropika) dan ada yang rendah (di laut beriklim dingin). namun kadar garam di laut bervariasi. Seiring dengan perkembangan zaman dan perubahan iklim.

bersama-sama dengan biota yang hidup di dasar lainnya seperti jenis-jenis moluska. Hal ini sesuai dengan penjelasan McCook (1999) bahwa curah hujan yang tinggi dan aliran material permukaan dari daratan (mainland run off) dapat membunuh terumbu karang melalui peningkatan sedimen dan terjadinya penurunan salinitas 25 . di bawah atau di atas suhu optimumnya dapat mengurangi pertumbuhan karang bahkan mematikannya. Veron (1995) dan Wallace (1998) mengemukakan bahwa ekosistem terumbu karang adalah unik karena umumnya hanya terdapat di perairan tropis. ekhinodermata. dan tunikata serta biota-biota lain yang hidup bebas di perairan sekitarnya.2 Salinitas Perubahan pada salinitas juga akan mempengaruhi terumbu karang. salinitas. sedimentasi.1 Suhu Perubahan suhu lingkungan akibat pemanasan global yang melanda perairan tropis ditahun 1998 telah menyebabkan pemutihan karang (coral bleaching) yang diikuti dengan kematian massal mencapai 90-95%. cahaya.Permasalahan ekosistem laut yang ditemui terdiri dari: hilangnya ekosistem terumbu karang dan pencemaran laut. 1. rata-rata suhu permukaan air di perairan Indonesia adalah 2-3 oC di atas suhu normal. Perkiraan di atas didasarkan pada suatu penelitian yang menyebutkan bahwa perubahan suhu alami. Suharsono (1999) mencatat selama peristiwa pemutihan tersebut. termasuk jenis-jenis plankton dan jenis-jenis nekton. krustasea. 1. baik yang ekstrim (maksimum dan minimum) maupun secara mendadak. dan arus dan gelombang. porifera. sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan hidupnya terutama suhu. Hilangnya Ekosistem Terumbu Karang Ekosistem terumbu karang adalah ekosistem di dasar laut tropis yang dibangun terutama oleh biota laut penghasil kapur (CaCO3) khususnya jenis-jenis karang batu dan alga berkapur. 1. polikhaeta.

yang kemudian meningkatkan jumlah sedimen di daerah tersebut. Cahaya diperlukan oleh alga simbiotik zooxanthallae dalam proses fotosintesis guna memenuhi kebutuhan oksigen terumbu karang. Dalam jangka waktu tertentu. Dengan berkurangnya kedalaman penetrasi cahaya. Efek selanjutnya adalah kelebihan zat hara (nutrient overload) berkontribusi terhadap degradasi terumbu karang melalui peningkatan pertumbuhan makroalga yang melimpah (overgrowth) terhadap karang. Peristiwa ini nampaknya membawa sedikit keuntungan bagi terumbu karang yang masih mampu bertahan hidup setelah diterpa oleh gelombang dahsyat tersebut. 1. Sehingga ekosistem terumbu karang (pada kedalaman 10 meter atau lebih) akan mengalami penurunan produktifitas dengan cepat dan dapat menyebabkan kematian. 1. maka laju fotosintesis akan menurun dan kemampuan karang untuk menghasilkan kalsium karbonat pembentuk terumbu akan menurun pula. sebagian materi-materi dari daratan tersebut ada yang terhenti di daerah pesisir dan lautan dangkal. ekosistem terumbu karang di daerah tersebut pun akan segera musnah. Kekuatan gelombang yang dahsyat tersebut akan membawa berbagai macam materi dari daratan bersamanya. Namun hal tersebut tak akan berlangsung lama sebab gelombang gelombang pasang tersebut dalam beberapa waktu kemudian akan kembali ditarik ke laut.3 Cahaya Bertambahnya volume dan meningkatnya tinggi permukaan air laut akan memengaruhi kedalaman penetrasi cahaya matahari menjadi semakin berkurang. Sehingga pada saat kembali ke laut.air laut.4 Sedimentasi Gelombang pasang ataupun tsunami yang diakibatkan oleh pemanasan global tentu akan mengakibatkan terangkutnya sedimen dari lautan ke daratan. 26 .Jumlah sedimen yang sangat banyak tersebut akan mengakibatkan tertutupnya polip karang yang masih hidup sehingga tidak dapat melakukan fotosintesis ataupun menghasilkan kalsium karbonat sebagai pembentuk terumbu.

Pencemaran laut merupakan 27 . Pencemaran Laut Pada mulanya orang berfikir bahwa dengan melihat luasnya lautan. gelombang juga membawa plankton yang baru untuk koloni karang.1. Dengan makin cepatnya pertumbuhan penduduk dunia dan makin meningkatnya lingkungan industri mengakibatkan makin banyak bahan-bahan yang bersifat racun yang dibuang ke laut dalam jumlah yang sulit untuk dapat dikontrol secara tepat. Bahan pencemar yang masuk ke dalam lautan akan diencerkan dan kekuatan mencemarnya secara perlahan-lahan akan diperlemah sehingga membuat mereka menjadi tidak berbahaya. serta dapat menghalangi pengendapan pada koloni karang. bahkan bukan tidak mungkin terumbu karang tersebut akan hancur dan ikut terseret gelombang. Badai berkekuatan tinggi ditambah dengan faktor lainnya yang dapat timbul akibat pemanasan global (semisal pergeseran lempeng bumi) akan mengakibatkan terjadinya tsunami dengan kekuatan penghancur yang tak dapat dibayangkan. Sebab dengan bertambahnya volume lautan. Munculnya gelombang pasang maupun tsunami akan merusak kondisi fisik terumbu karang. akan mengakibatkan air laut meluap sehingga terjadilah gelombang pasang yang sangat dahsyat. Dengan adanya peristiwa tersebut. 2. sudah tentu ekosistem terumbu karang akan semakin berkurang bahkan musnah. Ini disebabkan selain gelombang air laut dapat memberikan pasokan oksigen yang banyak.5 Arus dan Gelombang Pada dasarnya pertumbuhan terumbu karang yang berada di daerah berarus akan lebih baik apabila dibandingkan dengan pertumbuhan terumbu karang yang hidup di perairan tenang. keadaan yang menguntungkan tersebut akan berbalik 180 derajat menjadi kerugian yang sangat besar bagi ekosistem terumbu karang. Selain itu potensi untuk terjadinya badai akan semakin meningkat. maka semua hasil buangan sampah dan sisa-sisa industri yang berasal dari aktifitas manusia di daratan seluruhnya dapat di tampung oleh lautan tanpa membuat suatu akibat yang membahayakan. Namun apabila pemanasan global terus berlanjut.

Pada tahun 2008. Pencemaran minyak Saat ini industri minyak dunia telah berkembang pesat.000 mil luas laut . Dan 86% dari populasi penyu laut terkena dampak buruk dari pencemaran laut.57 ton) sampah dan benda-benda bekas dari 1. ○ ○ Hampir 80% pencemaran laut disebabkan oleh plastik. perbandingan untuk plastik dan plankton adalah 6:1 (6 banding 1). ○ Diperkirakan 100. ○ Plastik tidak mudah untuk di uraikan. anjing laut.000 potong sampah plastik mengapung di setiap 1 mil dari samudra – 70% dari sampah plastik itu di perkirakan akhirnya akan tenggelam.suatu ancaman yang benar-benar harus ditangani secara sungguh-sungguh. jala dan sampahsampah laut lainnya. dibutuhkan bertahun-tahun untuk di uraikan – terurai secara perlahan menjadi potongan kecil yang akhirnya menjadi debu plastik.000 mamalia laut termasuk lumba-lumba. ○ Lebih dari 1 juta populasi burung laut mati karena pencemaran laut setiap tahunnya. ○ Diperkirakan 46.528 lbs (99. dan penyu laut terancam dengan banyaknya sampah dan benda-benda bekas yang masuk ke laut tiap tahunnya.rata-rata 1 penyelam mengangkat 25 ton sampah dan benda-benda bekas. Di beberapa daerah di samudra. Berikut ini adalah beberapa fakta terhadap pencemaran laut: ○ Pencemaran laut di dunia menyebabkan kerusakan pada lingkungan dan kehidupan bawah laut. Banyak kecelakaan dilautan yang menyebabkan tercecernya bahan-bahan yang bersifat racun dalam jumlah yang sangat besar. sehingga kecelakaan-kecelakaan yang mengakibatkan tercecernya minyak dilautan hampir 28 . Beberapa masalah pencemaran di laut yaitu: 1. paus. Saat sampah plastik masuk ke laut. para penyelam mengangkat 219. ○ Telah dilaporkan ada lebih dari 260 jenis hewan laut di seluruh dunia yang terjerat dan memakan sisa-sisa tali pancing.

tidak bisa dielakkan.000 burung mati • Showa maru di selat Malaka pada tahun 1975 • Amoco Cadiz di lepas pantai Perancis 1978 Pencemaran minyak mempunyai pengaruh luas terhadap hewan dan tumbuh-tumbuhan yang hidup disuatu daerah. sehingga banyak daerah pantai yang terkena ceceran minyak secara berat telah bersih kembali hanya dalam waktu 1 atau 2 tahun. 2. Apabila terjadi pencemaran minyak dilautan. Contoh kecelakaan kapal : • Torrey canyon dilepas pantai Inggris 1967 -> 100. mereka menjilatinya. mangrove dan daerah air payau juga rusak. Pencemaran logam berat Logam-logam berat yang masuk kedalam tubuh hewan umumnya tidak dikeluarkan lagi dari tubuh mereka. Mikroorganisme yang terkena pencemaran akan segera menghancurkan ikatan organik minyak. Minyak yang mengapung berbahaya bagi kehidupan burung laut yang suka berenang diatas permukaan air. Tubuh burung akan tertutup minyak sehingga untuk membersihkannya. Sebagi akibatnya logam-logam tersebut akan terus berada di sepanjang rantai makan. Hal ini disebabkan oleh karena predator pada satu trofik level makan mangsa mereka dari trofik yang lebih rendah yang telah tercemar (ikan dimakan oleh manusia). ketidakseimbangan fungsi otot dan kelumpuhan. Disini terlihat bahwa kandungan konsentrasi logam berat terdapat lebih tinggi pada tubuh hewan yang letaknya lebih tinggi didalam tropik level. Jadi predator tingkat tinggi (dengan umur lebih panjang) lebih banyak menumpuk logam berat. Karena itu logam-logam cenderung untuk menumpuk di dalam tubuhnya. Kapal tanker mengangkut minyak mentah dalam jumlah besar tiap tahun. Akibatnya mereka banyak minum minyak dan mencemari diri sendiri.“Minamata Disease” (di Jepang) yang disebabkan oleh Hg (merkuri). Menyebabkan kelemahan otot. Selain itu juga meracuni janin dan merusak sistem syaraf pusat. Contoh pencemaran logam berat : . 29 . ini akan mengakibatkan minyak mengapung diatas permukaan laut yang akhirnya terbawa arus dan terbawa ke pantai. Selain itu. kehilangan penglihatan.

Tetapi umumnya mereka kaya akan bahan-bahan organik. baik sungai ataupun laut akan mengalami proses-proses seperti pengendapan. dan bivalva) . ketidakseimbangan internal sekresi. Pengaruh sublethal dapat menghambat pertumbuhan.. Pengaruh logam berat terhadap organisme-organisme tersebut atas dasar daya racunnya dibagi menjadi 2 yaitu : . lactasi. mempengaruhi kehamilan. Pengaruh Logam Berat Terhadap Ekosistem Laut: • Logam berat yang dilimpahkan ke perairan. dan amphipoda) . Crustacea) .Bersifat sublethal. Aktifitas pernafasan dari organisme ini membuat makin menipisnya kandungan oksigen 30 .Detritus feeding (misal : gastropoda. barnacle.Carnivorous (misal : Zooplakton.Phytophagus (misal : Gastropoda. Sampah-sampah ini kemungkinan Sampah yang mengandung kotoran minyak juga dibuang kelaut melalui sistem daerah mengandung logam berat dengan konsentrasi yang tinggi. merubah tingkah laku organisme. Sampah aliran sungai (DAS). 3. isopoda. gastropoda. sehingga akan memperkaya kandungan zat-zat makanan pada suatu daerah yang tercemar yang membuat kondisi lingkungan menjadi lebih baik bagi pertumbuhan mikroorganisme. penuaan.Sediment feeding (misal: Polychaeta dan oligochaeta) .Filter feeding (misal : Zooplankton. Menyebabkan nyeri/ngilu pada tulang. larva serangga air tawar dan ikan). dan kekurangan kalsium. yaitu sebagai berikut: . Polychaeta.Bersifat lethal atau mematikan -> LC50 (median lethal concentration) .“Itai-itai Disease” yang disebabkan oleh logam Cd. • Prosi (1979) menyatakan bahwa pemindahan logam berat kedalam organisme dapat dipengaruhi pula oleh kebiasaan organisme dalam cara memakan makanannya (feeding habit). perkembangan dan reproduksi. menyebabkan terjadinya perubahan morfologi. Crustacea. adsorpsi dan absorpsi oleh organisme-organisme perairan.

Beberapa organisme air termasuk ikan dan udang ternyata menumpuk bahan kimia didalam jaringan tubuhnya. yang masuk ke sistem saluran pembuangan kota. Limbah industri dan domestik Limbah adalah limbah cair yang berasal dari masyarakat urban. 4. jumlah spesies yang ada didaerah itu akan berkurang secara drastis dan dapat mengakibatkan bagian dasar dari estuarin kehabisan oksigen. Pada umumnya limbah domestik mengandung sampah padat (berupa tinja. 5. Berdasarkan sifat fisik. Beberapa pestisida yang dipakai kebanyakan berasal dari suatu grup bahan kimia yang disebut Organochloride. misalnya DDT. termasuk di dalamnya limbah kota (municipal) dan aktivitas industri. Jenis-jenis sampah kebanyakan termasuk golongan yang mudah hancur dengan cepat. tingkah lakunya diperairan dan pengaruhnya terhadap organisme. Pestisida jenis ini termasuk golongan yang mempunyai ikatan molekul yang sangat kuat dimana molekulmolekul ini kemungkinan dapat bertahan di alam sampai beberapa tahun sejak mereka mulai dipergunakan. Hal tersebut akan berpengaruh besar pada kehidupan tumbuh-tumbuhan dan hewan yang hidup disitu. Mereka sengaja ditebarkan ke dalam suatu lingkungan dengan tujuan untuk mengontrol hama tanaman atau organisme-organisme lain yang tidak diingini. jenis limbah industri ada 5 : 31 . dan cair yang berasal dari rumah tangga). kimia air limbah. Pestisida Kerusakan yang disebabkan oleh pestisida adalah bersifat akumulatif. Pada keadaan yang paling ekstrim. Sehingga mikrofauna yang dapat hidup hanya dari golongan cacing.khususnya pada daerah estuarin. sehingga pencemaran yang disebabkannya tidak merupakan suatu masalah besar diperairan terbuka. Hal itu sangat berbahaya karena dengan digunakannya golongan ini secara terus menerus akan membuat mereka menumpuk di lingkungan dan akhirnya mencapai suatu tingkatan yang tidak dapat ditolerir lagi dan berbahaya bagi organisme hidup didaerah tersebut.

Bahanorganik tidak larut: minyak 4.1.Bahan -bahan anorganik : unsur-unsur hara 3. Daftar Pustaka http://bebas. pukul 20.35 http://damandiri.Bahan-bahan organik terlarut: bahan beracun.mbgnet.net/salt/sandy/indexfr.htm. diakses tanggal 6 Maret./contexts/life_in_the_sea/nz_research/bryozo ans_and_ocean_acidification.04 http://www.25 http://www. pukul 14.org. diakses tanggal 6 Maret. pukul 21.tahan urai dan biodegradabel 2.org/v12/sponsor/SponsorPendamping/Praweda/Biologi/0144%20Bio%203-5e.vlsm. diakses tanggal 6 Maret.05 http://repository.scribd.htm. diakses tanggal 7 Maret.36 32 .Bahan-bahan anorganik yang tidak larut.ac.Bahan-bahan radioaktif.com/doc/24004638/PENGARUH-NEGATIFPEMANASAN-GLOBAL-BAGI-KELANGSUNGAN-HIDUPEKOSISTEM-TERUMBU-KARANG.id/. Contohnya logam berat. 5.id/ diakses tanggal 6 Maret. pukul 20. diakses tanggal 6 Maret.or.ui.12 http://www.sciencelearn. pukul 21. pukul 20.

33 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful