Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP

)
Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester Alokasi waktu : SMPN 14 Malang : Matematika : VIII : Ganjil : 6 x 40 menit

1. Standar Kompetensi 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus. 2. Kompetensi Dasar 1.1 Melakukan operasi aljabar. 3. Indikator a. Mengidentifikasi pengertian variabel. b. Mengidentifikasi pengertian konstanta. c. Mengidentifikasi pengertian koefisien. d. Mengidentifikasi pengertian suku. e. Menyelesaikan operasi tambah pada bentuk aljabar. f. Menyelesaikan operasi kurang pada bentuk aljabar. g. Menyelesaikan operasi kali pada bentuk aljabar. h. Menyelesaikan operasi bagi pada bentuk aljabar.

Siswa dapat menyelesaikan operasi kurang pada bentuk aljabar melalui melalui LKS yang dikerjakan secara individu dan kemudian didiskusikan berkelompok. f. b.i. Siswa dapat menyelesaikan operasi pangkat pada bentuk aljabar melalui LKS yang dikerjakan secara individu dan kemudian didiskusikan berkelompok. Siswa dapat mengidentifikasi pengertian koefisien melalui tanya jawab secara klasikal dengan bimbingan guru. j. Siswa dapat mengidentifikasi pengertian variabel melalui tanya jawab secara klasikal dengan bimbingan guru. Siswa dapat menyelesaikan operasi tambah pada bentuk aljabar melalui LKS yang dikerjakan secara individu dan kemudian didiskusikan berkelompok. Siswa dapat menyelesaikan operasi bagi pada bentuk aljabar melalui LKS yang dikerjakan secara individu dan kemudian didiskusikan berkelompok. j. Siswa dapat mengidentifikasi pengertian konstanta melalui tanya jawab secara klasikal dengan bimbingan guru. Siswa dapat menyelesaikan operasi pecahan pada bentuk aljabar melalui LKS yang dikerjakan secara individu dan kemudian didiskusikan berkelompok. h. Menyelesaikan operasi pecahan pada bentuk aljabar. Siswa dapat mengidentifikasi pengertian suku melalui tanya jawab secara klasikal dengan bimbingan guru. Tujuan Pembelajaran a. c. Menyelesaikan operasi pangkat pada bentuk aljabar. g. Siswa dapat menyelesaikan operasi kali pada bentuk aljabar melalui LKS yang dikerjakan secara individu dan kemudian didiskusikan berkelompok. i. 4. . d. e.

f. Variabel. z. .KONSTANTA. Variabel biasanya dilambangkan dengan huruf kecil a. b.5. d. Sumber Belajar a. Konstanta . Materi: 1. c. PENGERTIAN KOEFISIEN. Variabel disebut juga peubah. dan suku .Melakukan operasi hitung pada bentuk aljabar. Buku paket matematika untuk kelas VIII MGMP Matematika SMP. 6. Variabel adalah lambang pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dengan jelas. Buku paket matematika untuk kelas VIII BSE karangan Dewi Nuharini. Materi Ajar Pengertian Koefisien. dan Suku. VARIABEL. Teman. DAN SUKU a..Mengidentifikasi pengertian koefisien. Suku dari suatu bentuk aljabar yang berupa bilangan dan tidak memuat variabel disebut konstanta. c. b. konstanta.. Guru. variabel. Buku paket matematika untuk kelas VIII Erlangga karangan Sukino. LKS Progresif untuk kelas VIII e. Operasi Hitung pada Bentuk Aljabar Prosedur : . Contoh: konstanta dari 2x + 3y = 5 adalah 5 . Contoh: variabel dari 2x + 3y = 5 adalah x dan y b.

Contoh = 3a2 + 2ab – 9a 2. (ax + b) (cx + d) = ax(cx + d) + b(cx + d) = ax(cx) + ax(d) + b(cx) + bd = acx2 + (ad + bc)x + bd c. b. Contoh: koefisien y dari 2x + 3y = 5 adalah 3 d. Suku adalah variabel beserta koefisiennya atau konstanta pada bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih. Koefisien pada bentuk aljabar adalah faktor konstanta dari suatu suku pada bentuk aljabar. Suku satu adalah bentuk aljabar yang tidak dihubungkan oleh operasi jumlah atau selisih. Penjumlahan dan Pengurangan .c. k(ax + b) = kax + kb Perkalian antara bentuk aljabar dan bentuk aljabar perkalian antara bentuk aljabar suku dua (ax + b) dengan suku dua (ax + d) diperoleh sebagai berikut. Contoh = 3a2 Suku dua adalah bentuk aljabar yang dihubungkan oleh satu operasi jumlah atau selisih.Suku-suku sejenis adalah suku yang memiliki variabel dan pangkat dari masing-masing variabel yang sama. Perpangkatan Bentuk Aljabar . OPERASI HITUNG PADA BENTUK ALJABAR a. Contoh = 3a2 + 2ab Suku tiga adalah bentuk aljabar yang dihubungkan oleh dua operasi jumlah atau selisih. Perkalian Perkalian suku dua (ax + b) dengan skalar/bilangan k dinyatakan sebagai berikut.

Mengidentifikasi pengertian variabel. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan I : 2 x 40 menit Indikator: a. diskusi. dan pemberian tugas.- Operasi perpangkatan diartikan sebagai operasi perkalian berulang dengan unsur yang sama. . Mengidentifikasi pengertian konstanta. Metode : Ceramah. 8. Untuk sebarang bilangan bulat a. Pembagian 7. b. berlaku d. Pendekatan Pembelajaran Pendekatan: Konstruktivistik.

c. 10 menit . Klasikal/ Kelompok/ Individu Individu Kegiatan Respon Kegiatan Awal Siswa duduk di tempat duduk masingmasing dan siap belajar. Guru memperkenalkan diri terlebih dahulu kemudian mengenal siswa dengan cara memanggil nama siswa satu per satu. Memahami cerita dari guru Misalkan: Pengurus koperasi siswa SMPN 14 Malang membeli 4 dus air mineral di toko Abadi. d. Siswa duduk di tempat duduk Guru mengecek kehadiran siswa. 2. Seperti: • Banyak air mineral yang dibeli adalah 4 x p = 4p gelas Jika tidak ada siswa yang menjawab maka guru memberikan pertanyaan yang membimbing siswa dalam menemukan jawaban. Mengidentifikasi pengertian koefisien. Perkenalan anggota kelas VIII Individu Kegiatan Inti 1. Mengidentifikasi pengertian suku. Masing-masing dus • Sisa yang belum terjual adalah Klasikal Siswa memperhatikan serta memahami cerita dan menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Nama siswa dipanggil satu persatu oleh guru dan siswa mengacungkan jari. Tanya jawab tentang operasi aljabar yang berkaitan dengan kehidupan. Antisipasi Alokasi Waktu 1 menit 9 menit 1. masing-masing dan siap belajar.

dan koefisien dari permasalahan di atas. Dapatkah kalian mentukan konstanta dari 2p – 13? c. konstanta. dan koefisien. Dapat.berisi p gelas air mineral. Klasikal Klasikal 2 x p + 13 = 2p + 13 gelas Banyak air mineral yang telah terjual = 4p – (2 p + 13) = 4p – 2p – 13 = 2p – 13 Jadi banyak air mineral yang telah terjual adalah 2p – 13 Siswa memperhatikan serta memahami dan Jika tidak ada siswa yang menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Dapatkah kalian menentukan berapa banyak air mineral yang telah terjual? 2. Tanya jawab mengenai pengertian variabel. Kemudian ketika dijual di sekolah ternyata sekarang air mineral masih sisa 2 dus dan 13 gelas air mineral. variabel dari 2p – 13 adalah p b. konstanta. Seperti: a. 3x + 2 – 7y Variabelnya adalah x dan y Konstantanya adalah 2 Jika tidak ada siswa yang menjawab maka guru memberikan pertanyaan yang membimbing 10 menit . Dapat. Tanya jawab mengenai variabel. Berbasarkan bentuk aljabar di atas yaitu 2p – 13 a. Dapat. Dapatkah kalian mentukan koefisien dari 2p – 13? 3. konstanta dari 2p – 13 adalah -13 c. Dapatkah kalian mentukan variabel dari 2p – 13? b. 5 menit a. koefisien dari 2p – 13 adalah koefisien dari 2p yaitu 2 menjawab maka guru memberikan pertanyaan yang membimbing siswa dalam menemukan jawaban.

4. 16 a – 3b – 5 c. 3x + 2 – 7y b. Tanya jawab mengenai suku pada bentuk aljabar.Coba temukan variabel. konstanta. konstanta. dan koefisien? Jadi apa pengertian variabel. konstanta. 10 menit . 8p2 – 5q2 + pq Mengapa kalian memilihnya sebagai variabel. dan koefisien dari bentuk aljabar berikut: a. Suku adalah variabel beserta koefisiennya atau konstanta pada bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih. dan koefisien? Koefisien dari 3x adalah 3 Koefisien dari –7y adalah –7 b. 8p2 – 5q2 + pq Variabelnya adalah p dan q Konstantanya adalah tidak ada Koefisien dari 16a adalah 16 Koefisien dari -3b adalah -3 siswa dalam menemukan jawaban. Apa yang kalian ketahui tentang suku pada bentuk aljabar? Klasikal Siswa mengemukakan dan mengidentifikasi pengertian suku pada bentuk aljabar. 16 a – 3b – 5 Variabelnya adalah a dan b Konstantanya adalah -5 Koefisien dari 16a adalah 16 Koefisien dari -3b adalah -3 c. Suku satu adalah bentuk aljabar yang tidak Jika tidak ada siswa yang menjawab maka guru memberikan pertanyaan yang membimbing siswa dalam menemukan jawaban.

Kemudian contoh yang dibuat siswa diberikan pada teman sebangkunya untuk mengidentifikasi variabel. dan suku dari 5 contoh yang telah diberikan oleh temannya. koefisien. Individu Contoh = 3a2 + 2ab – 9a Siswa menuliskan 5 contoh pada lembar tugas dan memberikannya pada teman sebangkunya. 5. dan suku. 15 menit . konstanta. konstanta. Contoh = 3a2 Suku dua adalah bentuk aljabar yang dihubungkan oleh satu operasi jumlah atau selisih. Kemudian mengidentifikasi variabel. koefisien. Contoh = 3a2 + 2ab Suku tiga adalah bentuk aljabar yang dihubungkan oleh dua operasi jumlah atau selisih. Siswa diberi permainan dengan cara diminta memberikan 5 contoh bentuk aljabar yang memuat operasi penjumlahan dan pengurangan pada lembar tugas. Guru membimbing siswa yang belum paham dan meminta siswa yang sudah paham untuk membantu siswa yang belum paham.dihubungkan oleh operasi jumlah atau selisih.

Menyelesaikan operasi kurang pada bentuk aljabar. Siswa diberi PR individu soal-soal tugas no 1-3 halaman 5 LKS Progresif untuk kelas VIII. Dan diminta mempelajari materi operasi pada bentuk aljabar. Menyelesaikan operasi bagi pada bentuk aljabar. Menyelesaikan operasi tambah pada bentuk aljabar. 2. g. Guru dan siswa bersamasama menyimpulkan materi yang Klasikal Siswa menyimpulkan berbagai macam pengetahuan yang telah dipelajari hari ini. Pertemuan II : 3 x 40 menit Indikator: e. 1 menit dipelajari pada kegiatan inti. paham dan meminta teman yang sudah paham untuk membantu siswa yang belum paham. Menyelesaikan operasi kali pada bentuk aljabar. Kelompok Siswa berdiskusi mengenai permainan poin Guru membing siswa yang belum 5 dan bertanya pada guru jika ada yang belum paham. f. . Klasikal Siswa menandai buku masing-masing dan memastikan mengerjakan PR di rumah dan belajar materi operasi pada bentuk aljabar. Guru memberikan penguatan materi 9 menit untuk pemahaman siswa. h. Siswa berdiskusi mengenai permainan poin 5 dan bertanya pada guru jika ada yang belum paham. Kegiatan Akhir 10 menit 1. Guru mengingatkan siswa supaya mengerjakan PR dan mempelajari materi operasi pada bentuk aljabar.6.

Individu 7 menit Individu Siswa mengumpulkan PR 1 menit Kegiatan Inti . Tanya jawab mengenai PR pertemuan sebelumnya. Siswa duduk di tempat duduk masing-masing dan siap belajar. Menyelesaikan operasi pecahan pada bentuk aljabar. Siswa mendengarkan guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan bertanya jika ada yang ditanyakan. Siswa mendengarkan guru menyampaikan tujuan pembelajaran 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Guru memberikan nilai tambahan bagi siswa yang bertanya dan memberikan solusi jawaban. Model : TAI (Team Assisted Individualization)) Kegiatan Klasikal/ Kelompok/ Individu Individu Individu Respon Kegiatan Awal Siswa duduk di tempat duduk masingmasing dan siap belajar. Menyelesaikan operasi pangkat pada bentuk aljabar. j. Guru memastikan semua siswa mengumpulkan PR dengan bertanya apakah semua siswa sudah mengumpulkan PR.i. 2. 4. Antisipasi Alokasi Waktu 1 menit 1 menit 1. Siswa mengumpulkan PR Guru mengecek kehadiran siswa. Siswa tanya jawab mengenai PR yang sudah dikerjakan di rumah.

Jika ada masalah yang tidak dimengerti siswa dapat bertanya langsung pada guru. Jika ada masalah yang tidak dimengerti siswa dapat bertanya langsung pada guru. (anggota kelompok heterogen) Siswa berkelompok (4 orang) mendiskusikan jawaban LKS yang telah dikerjakan secara individu. 45 menit 2. Siswa berdiskusi membahas jawaban LKS yang telah dikerjakan secara individu. Kemudian guru melempar pertanyaan pada kelompok lain. Apabila belum didapatkan jawaban yang benar. Siswa mengerjakan LKS yang telah diberikan pada kegiatan awal. 3. Kelompok Siswa duduk berkelompok (4 orang) sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk oleh guru. guru memberi pertanyaan yang dapat membimbing siswa menuju jawaban yang benar. 10 menit Kelompok 15 menit .1. Kemudian guru berkeliling mendekati siswa untuk memastikan siswa mengerjakan tugas dengan benar. Individu Siswa mengerjakan LKS yang telah diberikan pada kegiatan awal dengan berbagai jawaban. Siswa duduk berkelompok (4 orang) yang ditentukan oleh guru. Guru membacakan nama anggota pada masing-masing kelompok.

materi jika diperlukan. Dan diminta mempelajari kembali materi operasi pada bentuk aljabar. Pertemuan III : 1 x 40 menit Klasikal Kelompok Siswa menyimpulkan berbagai macam pengetahuan yang telah dipelajari hari ini. mengumpulkan LKS. 30 menit Kegiatan Akhir 1. 1 menit 1 menit . Guru memberikan penguatan materi 8 menit untuk pemahaman siswa. Siswa menandai buku masing-masing dan memastikan mengerjakan PR di rumah dan belajar materi operasi pada bentuk aljabar. 3. Guru mengingatkan siswa supaya mengerjakan PR dan mempelajari materi operasi pada bentuk aljabar. Guru memastikan semua siswa mengumpulkan LKS dengan bertanya apakah semua siswa telah 2. Siswa mengumpulkan LKS individu Kelompok Siswa mengumpulkan LKS individu dan kembali duduk bersama kelompok. Presentasi kelompok Kelompok Siswa mempresentasikan hasil diskusi serta Guru memberikan penjelasan tanya jawab antar kelompok. Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan sedikit bahasan pada kegiatan inti.4. Siswa diberi PR individu soal-soal latihan no 1-5 halaman 6-7 LKS Progresif untuk kelas VIII.

2 menit Klasikal Siswa berdiskusi dan mengkoreksi PR siswa lain. 2. Siswa mendengarkan guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan bertanya jika ada yang ditanyakan. C. 32 menit . Siswa menukar PR (per deret bangku A. Siswa berdiskusi dan mengkoreksi PR siswa lain.Kegiatan Klasikal/ Kelompok/ Individu Individu Individu Respon Kegiatan Awal Siswa duduk di tempat duduk masingmasing dan siap belajar. Siswa mengumpulkan PR di bangku paling depan sesuai dengan deretannya (bangku paling depan hingga bangku paling belakang). A ↔ C B ↔ D 3. Siswa duduk di tempat duduk masing-masing dan siap belajar. Kegiatan Inti Antisipasi Alokasi Waktu 1 menit 1 menit 1. Siswa mendengarkan guru menyampaikan tujuan pembelajaran 1. Guru mengarahkan siswa agar pengumpulan PR disesuaikan deretan bangku tiap siswa. Guru mengecek kehadiran siswa. 2 menit Klasikal Siswa menukar PR (per deret bangku) ke deret sebelahnya. B. Guru mengarahkan siswa agar menukar PR dengan deret yang ditentukan yaitu A ↔ C B ↔ D Guru membimbing siswa yang belum paham. 2. D) ke deret sebelahnya. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Individu Siswa mengumpulkan PR di bangku paling depan sesuai dengan deretannya (bangku paling depan hingga bangku paling belakang).

Siswa mengumpulkan hasil koreksi PR siswa lain Individu Siswa mengumpulkan hasil koreksi PR siswa lain Guru memastikan semua siswa mengumpulkan hasil koreksi PR siswa lain dengan bertanya apakah semua siswa telah mengumpulkan hasil koreksi PR siswa lain. 2 menit .Kegiatan Akhir 1.

Menjelaskan pengertian suku tetapi tidak menafsirkan suku-suku pada bentuk aljabar secara tepat dan tidak menjelaskan macammacam suku dan. d. c. Menjelaskan pengertian konstanta Menentukan konstanta bentuk aljabar dan menentukan konstanta bentuk secara tepat tetapi kurang tepat dalam aljabar secara tepat. Menentukan koefisien dari variabel tertentu secara tepat tetapi kurang tepat dalam menjelaskan pengertian koefisien. aljabar secara tepat. Mengidentifikasi pengertian koefisien. Mengidentifikasi pengertian suku. menjelaskan pengertian konstanta. Menjelaskan pengertian koefisien dan menentukan koefisien dari variabel tertentu secara tepat. Menentukan koefisien dari variabel tertentu secara tepat tetapi tidak menjelaskan pengertian koefisien. Menjelaskan pengertian suku. b. Rubrik Penilaian ASPEK YANG DINILAI a. 3 Menjelaskan pengertian variabel dan menentukan variabel bentuk 2 Menentukan variabel bentuk aljabar secara tepat tetapi kurang tepat dalam 1 Menentukan variabel bentuk aljabar secara tepat tetapi tidak menjelaskan pengertian variabel. Mengidentifikasi pengertian konstanta. Mengidentifikasi pengertian variabel. Menjelaskan pengertian suku dan menafsirkan suku-suku pada bentuk aljabar secara tepat tetapi tidak menjelaskan macam-macam suku dan. menjelaskan pengertian variabel. . menjelaskan macam-macam suku dan menafsirkan suku-suku pada bentuk aljabar secara tepat. Menentukan konstanta bentuk aljabar secara tepat tetapi tidak menjelaskan pengertian konstanta.9.

. g..e.. Menyelesaikan operasi tambah pada bentuk aljabar belum sampai pada bentuk aljabar yang paling sederhana. Menyelesaikan operasi tambah pada bentuk aljabar sampai bentuk yang paling sederhana tanpa menyertakan bentuk ekivalennya terlebih dahulu. Menyelesaikan operasi kurang pada bentuk aljabar dengan menemukan bentuk ekivalennya terlebih dahulu sampai bentuk yang paling sederhana. Menyelesaikan operasi kurang pada bentuk aljabar belum sampai pada bentuk aljabar yang paling sederhana. Menyelesaikan operasi bagi pada bentuk aljabar belum sampai pada bentuk aljabar yang paling sederhana. . Menyelesaikan operasi tambah pada bentuk aljabar. Menyelesaikan operasi kali pada bentuk aljabar belum sampai pada bentuk aljabar yang paling sederhana. Menyelesaikan operasi tambah pada bentuk aljabar dengan menemukan bentuk ekivalennya terlebih dahulu sampai bentuk yang paling sederhana. Menyelesaikan operasi bagi pada bentuk aljabar sampai bentuk yang paling sederhana tanpa menyertakan bentuk ekivalennya terlebih dahulu. f. Menyelesaikan operasi kali pada bentuk aljabar. Menyelesaikan operasi kurang pada bentuk aljabar sampai bentuk yang paling sederhana tanpa menyertakan bentuk ekivalennya terlebih dahulu. Menyelesaikan operasi kali pada bentuk aljabar sampai bentuk yang paling sederhana tanpa menyertakan bentuk ekivalennya terlebih dahulu. h. Menyelesaikan operasi bagi pada bentuk aljabar. Menyelesaikan operasi bagi pada bentuk aljabar dengan menemukan bentuk ekivalennya terlebih dahulu sampai bentuk yang paling sederhana. Menyelesaikan operasi kurang pada bentuk aljabar. Menyelesaikan operasi kali pada bentuk aljabar dengan menemukan bentuk ekivalennya terlebih dahulu sampai bentuk yang paling sederhana.

Pd NIP 19611207 198512 1 002 Mengetahui.. Hari Subagiyo. Malang..Oktober 2010 Guru Praktikan Sugihartono.. Pd NIP 19590105 198601 1 004 . Menyelesaikan operasi pangkat pada bentuk aljabar sampai bentuk yang paling sederhana tanpa menyertakan bentuk ekivalennya terlebih dahulu.. Menyelesaikan operasi pangkat pada bentuk aljabar belum sampai pada bentuk aljabar yang paling sederhana. Menyelesaikan operasi pangkat pada bentuk aljabar Menyelesaikan operasi pangkat pada bentuk aljabar dengan menemukan bentuk ekivalennya terlebih dahulu sampai bentuk yang paling sederhana.S. Kepala Sekolah. Hafidh Jauhari NIM 207311409112 Drs..i. Guru Pamong.M.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful