Presented By : 1. Daniel Salfauz 2. Dwi Agustiantono 3. Jauhan Irfana 4.

Muhammad Setio P (C2C008207)

Sumber Daya Komputasi Dan Komunikasi

Sumber daya komputasi dan komunikasi disini lebih merujuk ke sebuah komputer. Pada zaman dahulu, ukuran sebuah komputer sangat besar. Sebuah ruangan hanya bisa diisi oleh sebuah komputer karena ukurannya yang memang sangat besar. Pengoperasiannya pun memerukan l banyak orang. Namun bagaimana dengan saat ini? Saat ini tentu kita sudah mengenali komputer berukuran kecil yang mungkin anda miliki di rumah anda yang biasa kita sebut dengan nama Personal Computer(PC) atau Komputer Mikro. Disebut personal, sebab pengoperasiannya cukup membutuhkan satu orang saja, beda dengan komputer pada zaman dahulu yang butuh banyak orang. HARDWARE Sebuah komputer terdiri dari berbagai macam komponen di dalamnya, yang biasa kita sebut dengan istilah hardware (peranti keras). Komponen-komponen ini akan saling bekerja sama untuk memproses data yang ada ketika diperintahkan. 1. Processor Adalah tempat pemrosesan data utama pada sebuah komputer. Karena itu banyak juga yang menyebutnya sebagai CPU (Central Processing Unit). Seluruh kalkulasi dan perhitungan data dilakukan disini. Saat ini pasar processor di dunia dikuasai oleh 2 Produsen ternama, yaitu Intel dan AMD. Berkat kedua pemain besar ini, perkembangan processor menjadi sangat cepat, dan hal ini tentunya menguntungkan kita sebagai konsumen. Kecepatan Processor Sebuah Processor memiliki kecepatan yang kita ukur dalam satuan Hertz. 1 Hertz = 1 Siklus perdetik Apa maksud dari angka diatas? Mungkin bila dijelaskan seperti ini akan sulit untuk dimengerti, karenanya kita harus mengerti beberapa hal lain terlebih dahulu. Ukuran Word Setiap data di komputer kita memiliki sebuah ukuran/size. Pasti anda sudah sering mendownload lagu dari internet bukan? Tentunya lagu tersebut memiliki ukuran entah berapa Megabytes, dimana ukuran ini menentukan kapasitas tempat yang akan dimakan di

huruf A misalnya. Sebuah huruf memiliki ukuran sebesar 8bit. yang juga memiliki ukuran. Namun ada juga processor yang sudah mendukung 64bit. Setiap angka 0 atau 1 tadi memiliki ukuran sebesar 1 bit. Sebuah processor 32bit dapat memproses data sebesar 32bit setiap siklusnya dan . Apa beda kedua jenis processor tersebut? Pada hakekatnya. berikut contoh perhitungannya : Masih ingat dengan Ukuran Word? Ingat bahwa sebuah huruf A memiliki ukuran sebesar 8bit. ukuran bit dan byte berbeda. Hal diatas adalah SALAH BESAR. Sebuah huruf selalu terbentuk dari kumpulan angka-angka 0 . sehingga 8 huruf tadi dapat diproses dalam 1 siklus. Agar lebih mudah dimengerti. Misalkan kita mengetikkan 8 huruf ABCDEFGH dengan keyboard. bahwa seringkali. Perlu dicatat disini. y Perhitungan Processor 32bit : dalam satu siklus dapat memproses 32bit data. Hal ini tidak berbeda dengan Word/Huruf pada sebuah komputer. tidak peduli huruf apapun itu. kumpulan angka-angka 01000001 akan membentuk huruf A yang ukurannya sebesar 8 Bit. Up to 512 Kbps . berarti processor harus memproses data sebesar 8x8 = 64bit agar huruf tadi dapat diproses dan muncul di layar. Sehingga. orang-orang yang awam akan masalah ini sering mengartikan kata Kbps sebagai Kilo Byte Per Second . Berikut tabelnya : 1 bit 8bit = = satu nilai 0 atau 1 1Byte = Satu Buah Huruf Mungkin anda sering melihat penyedia langganan internet memamerkan produknya dengan embel2 Internet Cepat. Bagaimana bisa begitu? Kita ambil contoh. Sebab Kbps sebenarnya adalah Kilo Bit Per Second .hard disk komputer kita. y Perhitungan Processor 64bit : dalam satu siklus dapat memproses 64bit data. Tahukah anda. dan 1 yang berjumlah 8 buah. walaupun sangat kecil. Jenis Processor Processor saat ini memiliki berbagai varian. sehingga 8 huruf tadi dapat diproses dalam 2 siklus. perbedaan antara 32bit dan 64bit ada pada kecepatan transfer datanya per siklus. Yang lumrah digunakan saat ini adalah versi 32bit. Sebuah processor 64bit dapat memproses data sebesar 64bit setiap siklusnya.

Kemudian data tersebut diproses satu persatu. Kecepatan memory sendiri bervariasi.Jadi. 2. Cara Kerja Memory Cara kerja memory dapat diumpamakan seperti ini : . Suatu motherboard yang memiliki soket memory DDR1 tidak akan bisa dipasangkan dengan memory DDR2 karena lubang soketnya tidak cocok. Apabila pada zaman dahulu 512MB sudah cukup besar untuk ukuran sebuah memory. Memory DDR1 b. saat ini anda dapat menjumpai memory dengan ukuran 4GB satu kepingnya. Ia tidak mungkin dapat membaca semua buku dalam waktu bersamaan. Memory DDR2 c. Sering disebut juga dengan sebutan RAM (Random Access Memory). sehingga buku-buku yang akan dibaca kemudian diletakkan dahulu diatas meja. Ukuran memory saat ini juga sudah sangat besar. tempat menaruh buku untuk dibaca kemudian = Memory. janganlah anda menganggap bahwa internet secepat 512 Kbps dapat mendownload lagu sebesar 1 MegaByte dalam waktu 2 detik (1024 Kilobyte / 512 Kilobyte). . Penjelasannya seperti ini : Seseorang mengambil tumpukan buku dari rak buku untuk dibaca.Seseorang Membaca Buku = Processor mengolah data . perhitungan yang benar adalah : 512 Kilo Bit Per Second / 8 = 64 Kilo Byte Per Second Sehingga lagu sebesar 1 Mega Byte (1024 Kilo Byte) tadi dapat didownload dalam waktu : 1024 KB/ 64KB = 16 detik. Sebab huruf b kecil tersebut adalah BIT. BUKAN BYTE.Sebuah Meja. Memory Adalah sebuah tempat penyimpanan data sementara untuk kemudian diproses oleh Processor. sehingga data-data yang akan diproses kemudian disimpan sementara di Memory Jenis Memory Saat ini. Hal ini berlaku juga untuk sebaliknya. Memory DDR3 Yang membedakan ketiganya adalah Kecepatan. Kemudian ia membaca buku-buku tersebut satu persatu.Rak Buku Tempat menyimpan buku = Hard Disk/Ruang Penyimpanan Data . tempat menyimpan data sementara untuk diproses kemudian. memory yang masih umum digunakan ada 3 jenis : a. dan Tipe soketnya di motherboard. Data tidak dapat diproses semuanya secara bersamaan. Prosesnya sama dengan : Processor mengambil data dari Hard Disk untuk diproses. mulai dari 400Mhz hingga lebih dari 2000Mhz.

External Ha Disk. Untuk CD dan sejenisnya. 4. .3. Sebuah External Hard Disk pada hakekatnya sama dengan Hard Disk biasa. Ruang penyimpanan tetap (fixed storage) b. sebab colokan USB banyak berada di luar casing komputer.000 Bytes. Data yang diterima dari manusia (Human-captured data) b. Alat-Alat Input (Input Devices) Adalah sebuah alat yang kita gunakan untuk memasukkan data ke dalam sebuah komputer. Ruang penyimpanan yang dapat dilepas (removable storage) Contoh ruang penyimpanan tetap yang sudah pasti digunakanadalah Hard Disk/ Hard Drive. namun kapasitasnya tidak terlalu besar (20GB 160GB++) Contoh ruang penyimpanan yang dapat dilepas adalah Flash disk. misalnya Solid State Disk (SSD) yang didesain dengan kecepatan proses yang sangat tinggi. Ruang Penyimpanan (Storage) Adalah tempat penyimpanan data permanen di dalam komputer. yaitu entri yang lambat. Kapasitas Hard Disk saat ini sudah sangat besar. namun Hard Disk ini menggunakan sebuah colokan USB. seperti seseorang mengetik pada keyboard. Dimana 1 Terabytes = 1. sebab manusia berinteraksi langsung dengan komputer untuk mengendalikannya. ada beberapa jenis ruang penyimpanan tetap lainnya. sehingga mudah untuk dipindah -pindah. Selain Hard disk.Mouse = memasukkan data dengan gerakan mouse Jenis Data Ada 2 pengelompokan untuk jenis data : a. yang mampu menampung data sebesar 35GB di dalamnya. Contoh Alat Input .000. saat ini evolusinya sudah mencapai Blue Ray Disk. Sebuah USB Flash disk saat ini sudah mencapai kapasitas 8GB. Jenis Ruang Penyimpanan Ada 2 jenis ruang penyimpanan di komputer kita : a.Mikrofon = memasukkan data berupa suara . berbicara ke mikrofon dan lainnya sangat penting. menekan mouse.000. Namun data jenis ini memiliki kekurangan. yaitu mencapai satuan Terabytes . Data yang kita miliki akan disimpan di dalam sebuah ruang penyimpanan untuk diproses kemudian oleh prosesor.000.Keyboard = memasukkan data berupa text . Data yang diterima dari mesin (machine-captured data) Data yang diterima dari manusia. dan tingkat akurasi data yang tidak setinggi data yang diterima dari mesin. dan rd CD/DVD/HD-DVD/BlueRay.

akan memiliki tingkat akurasi data yang sangat tinggi atau bahkan 100%. yaitu ukuran dari gambar aktual yang ditampilkan pada sebuah layar monitor. Alat-Alat Output (Output Devices) Adalah alat yang digunakan untuk menampilkan data yang ada di dalam komputer di dalam bentuk yang berbeda-beda.Monitor CRT/Tabung . Dapat kita lihat dengan mudah. Disini dapat dilihat bahwa data yang diproses mesin pada hakekatnya lebih baikdari data yang diproses oleh manusia. 6. ketika sedang bervideo chat. Saat ini Resolusi terbesar untuk sebuah monitor adalah 2560x1600. 5.Speaker = menghasilkan suara. misalnya : Layanan Video Chat lewat internet yang mampu menampilkan gambar lawan bicara kita lewat monitor. yaitu Nvidia dan AMD ATI mengeluarkan kartu grafis yang mampu mendukung resolusi hingga 7680x3200 dengan menggabungkan 6 monitor menjadi 1 (3x2 monitor). Contoh Alat Output : . dan menggunakan video/webcam untuk mengambil gambar kita. Multimedia Evolusi utama alat input dan output adalah menuju ke arah multimedia. . .Monitor LCD . . misalnya mesin scan otomatis yang akan memasukkan data barang yang terjual langsung ke database dengan cara membaca barcode barang. berbicara ke mikrofon untuk berkomunikasi langsung. kita menggunakan keyboard untuk mengetikkan text.Data yang diterima mesin. Alat input dan output saat ini sangat membantu kita di dalam urusan multimedia.Monitor = menampilkan data berupa gambar.Printer = membuat data soft text menjadi hardcopy di sebuah kertas. Monitor dikelompokkan menjadi beberapa jenis : .Monitor LED Di dalam sebuah monitor terdapat istilah yang disebut Resolusi . Namun 2 produsen kartu grafis ternama. suara lawan bicara kita lewat speaker. Dari sisi sebaliknya.

ada baiknya menggunakan kode sandi untuk membatasi pengguna dari luar yang ingin seenaknya mengakses jaringan nirkabel kita. . Hal ini berarti seluruh informasi yang berada di dalamnya (agenda.ALAT-ALAT KOMPUTASI PRIBADI Komputasi pribadi telah lama dihubung-hubungkan dengan komputer mikro. Handphone 2. Sehingga kita bisa berbicara sambil bertatapan wajah dengan lawan bicara kita. Komputer mikro sering juga disebut Personal Computer (PC) oleh masyarakat. Jaringan Rumah Pemasangan modem Pemasangan modem untuk komputer rumahan biasanya dilakukan oleh teknisi dari ISP tempat kita berlangganan. Telepon seluler cerdas Telepon seluler dianggap cerdas ketika ia mampu menjalankan pekerjaan -pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro. Smartphone Fitur-fitur menarik dari alat komputasi pribadi : 1. 2. file. namun fungsional 1. Usia Baterai yang panjang 2. Akses jaringan nirkabel (tanpa kabel) 3. Lihat saja. 3. Layar tampilan yang kecil. dapat dilakukan pembagian koneksi dengan menggunakan route r. Contoh Alat Komputasi Pribadi: 1. Keamanan nirkabel Ketika memasang router jaringan nirkabel. Video Call juga sekarang dapat dilakukan dengan sebuah telepon sellular. Karenanya saat ini mungkin mayoritas telepon seluler yang ada di pasaran dapat dikatakan sebagai Smartphone. Telepon seluler dengan pesan dan video interaktif Telepon sellular saat ini juga berkembang sangat pesat. Apabila ada beberapa komputer di satu tempat. kecepatan akses internet yang sangat cepat . yaitu sebuah komputer yang dapat dioperasikan oleh satu orang. nomor telepon. Saat ini hampir seluruh varian terbaru dari telepon seluler selalu memiliki kemampuan untuk menghubungkan diri dengan komputer mikro. PDA/XDA 3. Tidak berbeda dengan komputer. pada saat ini sebuah telepon sellular sudah dapat menampilkan video dengan resolusi yang cukup tinggi. dll) dapat disinkronisasi dengan sebuah komputer mikro.

menonaktifkan fitur keamanan di sistem. tetapi masih tidak pernah memikirkan masalah keamanan. Dengan mengupdate secara rutin. Rata-rata hanya asal pakai saja. Sama halnya dengan suatu sistem operasi/ oper ating system (OS). Sistem Operasi akan selalu memiliki celah yang mungkin dapat dimanfaatkan oleh pihak ketiga untuk melakukan sesuatu yang buruk. Lainnya mungkin mematikan akses ke situs antivirus. Password. menggandakan diri tanpa perlu menginfeksi suatu file tertentu. tanpa mau belajar tentang keamanan dari sebuah komputer itu sendiri. Apabila dibiarkan. worm biasanya memodifikasi beberapa pengaturan di Operating System agar tetap hidup. ia memasukkan diri dalam proses boot suatu komputer. Data-data tersebut bisa data yang tidak penting seperti pola internet kita. PIN. Ketiga hal diatas dapat diminimalisir dengan cara memasang Antivirus & Antispyware di dalam komputer kita. Virus Virus adalah suatu program komputer yang didesain khusus oleh pembuatnya untuk menggandakan dirinya di dalam komputer korbannya secara terus menerus. celah-celah yang ada akan dapat ditutup perlahan. dan sebagainya. dan tindakan lainnya. Tentunya Antivirus dan Antispyware ini harus selalu terupdate agar virus-virus varian baru tidak semudah itu dapat masuk ke komputer. yaitu worm. biasanya sistem operasi. Ada tiga aspek keamanan yang memiliki arti penting bagi komputer mikro : Update Sistem Operasi & Aplikasi Tidak ada suatu hal yang sempurna. terutama hacker. Ia masuk dari suatu kerapuhan (vulerability) dari suatu sistem. Spyware Adalah sebuah program komputer yang didesain khusus oleh pembuatnya untuk mencuri data dan informasi dari komputer korbannya untuk kemudian dikirimkan ke pembuat spyware tersebut. Minimal.4. Namun bisa juga data-data yang sangat penting seperti User ID. . sehingga dapat meminimalisi resiko r penyalahgunaan oleh pihak ketiga. Beberapa contoh virus. lama kelamaan jumlahnya akan semakin banyak dan mungkin menginfeksi sebagian besar file di dalam komputer anda. Keamanan Komputasi Rumah Saat ini banyak orang yang sudah menggunakan personal computer selama bertahun -tahun. Setelah masuk ke dalam suatu komputer.

Internet Explorer. sehingga berbagai bakat dan keahlian yang dimiliki oleh rentang pengguna yang luas dapat diakomodasi. Peranti lunak sistem b. Contoh System software : . Peranti Lunak Sistem Piranti lunak sistem (sistem software) atau yang disebut juga piranti lunak sistem operasi. Peranti lunak aplikasi 1. namun lebih kepada fakta bahwa aplikasi tersebut dibuat dengan seksama. Peranan Piranti Lunak yang mudah digunakan pengguna Piranti lunak komputer yang sederhana dan penggunaannya intuitif seringkali dikatakan mudah digunakan pengguna (user friendly). 3. Microsoft Office.LINUX .Microsoft Windows . menjelaskan tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari satu komputer tertentu . dll.MAC OS 2. Peranti Lunak Aplikasi Terdiri dari : y Piranti lunak aplikasi siap pakai y Piranti lunak aplikasi khusus y Piranti lunak yang ditulis oleh pengguna Contoh : Tuneup-Utilities.PERANTI LUNAK / SOFTWARE Terdapat dua jenis dasar piranti lunak: a. Aplikasi yang User Friendly bukan berarti semua orang dapat menggunakannya. . Nero.

serta komputer yang sedang dituju. Protokol untuk Komunikasi Komputer Terminal adalah suatu alat yang tidak memiliki ruang penyimpanan atau prosesor. Komunikasi Publik o Modem telepon o Modem kabel Modem yang tersambung ke internet melalui kabel coaxial yang pada umumnya digunakan untuk menerima siaran televisi kabel 2. yaitu jaringan. Paket Paket data adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan. setriap komputer yang menangani paket data harus memiliki alamat yang unik. Pengembangan protokol oleh IBM :  System network Architecture  Token Ring  Ethernet 5. host. Alamat Jaringan Internet Untuk menjalankan paket-paket melalui jaringan. komputer pengirim. subjaringan. maka perusahaan ingin untuk memiliki kemungkinan penyimak terluas ba produkgi produk yang dikeluarkan perusahaan. terminal hanya menyediakan alat memasukkan dan menampilkan data bagi komputer. Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks) VPN mempunyai banyak keunggulan namun membutuhkan biaya yang sangat mahal. . dan informasi kendali lainnya 6. yang dipisahkan oleh satu titik. Jika senuah perusahaan mencari pelanggan baru. 7. Namun. Internet Internet bersifat umum.KOMUNIKASI 1. Setiap orang dengan sebuah komputer dan akses ke media komunikasi akan dapat menjelajahi internet. Saluran Pribadi o Saluran pribadi (private line) o Saluran sewaan (leased line) o Saluran khusus (dedicated line) 3. seseorang yang menggunakan internet untuk mengambil data dari sumber komputer perusahaan dapat mengambil data yang mungkin ingin dijaga oleh perusahaan rahasianya. 4. Ketika menjalankan paket-paket di internet maka akan dipergunakan alamat IP yaitu empat bagian kumpulan angka (antara 0 -225). digabungkan dengan alamat komputer yang dituju.

merupakan internet yang diperluas untuk mencakup pengguna -pengguna di luar perusahaan KONVERGENSI KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah perlewatan komunikasi suara melalui internet laksana komunikasi digital.Intranet. Jika komputer individu mempunyai sebuah mikrofon dan pengeras suara. menggunakan protokol jaringan yang sama dengan internet. namun membatasi akses ke sumber daya komputer hanya pada kelompok orang terpilih di dalam organisasi. Setiap sinyal suara dapat digitalisasi dan dikirimkan melalui internet dan dimainkan kembali pada pengeras suara di tempat tujuannya. maka individu tersebut akan dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan perlengkapan yang sama di komputer mereka seperti yang telah disediakan oleh Skype. . Ekstranet.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful