PENGERTIAN MOTHERBOARD Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponenkomponen serta chip controller yang

bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untukproces s or, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain. Saat ini banyak merek dan jenis motherboard. Bagi anda yang ingin merakit sendiri komputernya, saya sarankan agar berhati-hati dalam memilih merek dan jenis motherboard. Permasalahan motherboard yang umum terjadi akan dibahas selanjutnya sesuai dengan kasusnya. ------------------------------------------------------------------------------------------------------• Definisi Motherboard Mother Board merupakan board/papan induk atau main board dimana semua device dipasang mulai dari processor, memory, slot-slot untuk ekspansi, dll. Mainboard tak kalah penting dengan prosesor. Jika dimisalkan pada manusia, mainboard adalah rangkaian pembuluh darah dan jaringan urat syaraf pada computer. Mainboard yang kurang baik, akan mengakibatkan tidak maksimalnya kinerja peripheral lain. Oleh karena itu, pemilihan mainboard yang tepat akan sangat mempengaruhi kinerja computer. • Cara kerja Motherboard Dalam system computer, peripheral-peripheral akan saling terkoneksi di dalam mainboard dan dapat meneruskan instruksi melalui jalur-jalur pada board. Seluruh peripheral yang terkoneksi akan menjadi sebuah system computer yang utuh. Sementara fungsi mainboard pada umumnya adalah menyalurkan arus input dan arus data yang diperlukan pada jalannya proses di dalam computer. • Northbridge dan Southbridge Chipset utama pada mainboard ada dua yaitu Northbridge dan Southbridge. Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main memory dan prosesor dan

Slot 2 Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor P-II dan Xeon 9. 4. 10. USB. dan Serial. b. Power Supply untuk Mother Board AT atau ATX atau Baby AT. 100. Informasi tentang hal ini sangat penting untuk pembelian motherboard dengan pertimbangan untuk bisa di up-grade. Slot yang tersedia untuk setiap jenis RAM. Slot 1 Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor P-III dan Celeron. dan fungsi I/O lainnya. Intinya untuk memudahkan user berinteraksi dengancomputer dalam melakukan pekerjaanpekerjaannya. dll. Apakah VGA card dan audio card sudah onboard atau tidak. 3. Kebanyakan mainboard zaman sekarang selalu memiliki interface PS/2.mengatur kerja power management. Jumlah slot untuk PCI dan ISA. misalnya berapa slot yang disediakan untuk EDO RAM. Setting motherboard secara BIOS ( software ) atau secara jumper setting. Socket 7 . AGP. 200. 400 Mhz ) 9. Fungsi BIOS ini adalah melakukan Bootstrap dan InisialisasiHardware pada saat booting. 2. yaitu type socket atau slot yang tersedia untuk processor. printer. LPT. c. • BIOS Dalam mainboard ada pula chipset EPROM yang berisi system operasi dasar yaitu BIOS ( Basic Input / Output System ). PCI. Slot-slot tersebut sangat bermanfaat untuk penambahan peripheral seperti audio card. 5. Apakah motherboard support untuk untuk AGP bagi VGA card. PCI Bus. 6. 7. SDRAM. • I/O Ports I/O ( Input/Output ) ports merupakan bagian mainboard untuk berinteraksi dengan user melalui media peripheral I/O seperti keyboard. dan lain sebagainya. Speed Bus untuk memory sampai dengan kecepatan berapa (66. Setiap Motherboard memiliki pasangan dengan processor tertentu. support AGP akan lebih menguntungkan untuk persediaan apabila diinginkan peningkatan kemampuan grafisdari computer dengan memasang AGP card. mouse. 133. Sementara fungsi Southbridge adalah mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller. 8. Kapasitas memory RAM yang bisa dipasang pada motherboard semakin besar kapasitas memory yang disediakan semakin menguntungkan. Umumnya Motherboard mampu untuk di up-grade dengan mengganti processor. Kemampuan Motherboard untuk bisa di up-grade sampai dengan kecepatan processor berapa. Yang harus diperhatikan dalam memilih ataupun merakit Mother Board adalah bahwa setiap Motherboard memiliki spesifikasi yang berbeda untuk setiap merek atau type antara lain : 1. Beberapa jenis slot atau socket untuk processor antara lain : a. Kesemua ports tersebut memilii karakteristik dan fungsi tersendiri.

Slot A Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor AMD Athlon. Mari kita bahas motherboard desktop. Socket 370 Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor Intel Pentium –III ( Tualatin and Coppermine )/Celeron TM g.. Harddisk. Dan periferal lainnya. h. yg banyak kita gunakan sehari-hari. f. e. Pengertian Motherboard beserta komponennya Motherboard adalah tulang punggung dari komputer yang berfungsi sebagai penyalur arus data dari Processor.. VGA. . d. Socket 8 Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium-II dan Pentium Pro.. AMD Thunderbird. AMD K6-3 dan Cyrix M-II serta Pentium MMX. Socket 423 Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium-IV.. Audio. Socket A Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor AMD Athlon dan AMD Duron.Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor AMD K6-2. RAM.

Modem. berbagai variasi slot RAM. tempat untuk memasang VGA card / display card yang berfungsi untuk menghubungkan ke monitor -Slot PCI. suplay daya dari Power Suplay Dalam sebuah motherboard.(dalam gambar adalah Platform Socket A) -Socket CPU . Sound Card. DDR3.. yang berfungsi seberapa besar bandwidth memory / lebar jalur arus data yang menghubungkan ke berbagai komponen. seperti. Ethernet Card. untuk menghubungkan ke Flopy Disk Drive / Disket -ATX Conektor. mulai dari SDRAM. RAMBUS..SDRAM -Slot IDE. . yang paling penting adalah Chipset.. DDR2SDRAM.. tidak akan berfungsi sempurna jika motherboard yang dipakai tidak stabil / memiliki kinerja yang buruk. yang berfungsi menghubungakn HardDisk kedalam motherboard. menambahkan berbagai periferal. DDR SDRAM. DLL -Slot RAM. oleh kabel RIBBON -Slot Floppy. Yang beredar dipasarang saat ini adalah Motherboard yang mendukung processor INTEL & AMD Dalam sebuah motherboard terdapat struktur sebagai berikut.sebuah Processor yang cepat atau RAM yang berkapasitas banyak. yaitu tempat untuk memasang sebuah Processor -Slot AGP..

Namun berhubung card yang terpasang rata-rata tidak memerlukan kecepatan yang lebih dari ini. ada baiknya untuk memperhatikan fasilitas slot yang tersedia pada motherboard tersebut. Misalnya. Slot adalah bagian dalam sebuah sistem komputer yang sangat umum dan Selalu tersedia. Sebenarnya nilai ini tidak juga dikatakan besar. Jika Anda melihat pada sistem motherboard Anda (motherboard jenis biasa). karena ISA adalah slot orisinil dari sebuah motherboard. Masing-masing slot dibedakan menurut bentuk. maka slot yang paling panjang adalah ISA. Slot ini mulai dipergunakan mulai dari jamannya 286 sampai saat ini. namun server sangat membutuhkan fasilitas slot ini. Berikut ini adalah macam-macam slot yang dikenal dalam sistem komputer : ISA (Industry Standard Architecture) Slot ini adalah yang paling umum tersedia pada motherboard. Slot menurut kebutuhan dan kemampuannya telah dibeda-bedakan. Slot ini berguna sebagai tempat untuk meletakkan atau memasang peralatan tambahan bagi komputer Anda. itu tandanya slot yang ada pada motherboard Anda adaah ISA semua.MENGENAL SLOT dan FUNGSINYA. Keuntungannya adalah Anda lebih mudah dalam memilih system komputer yang akan digunakan. kecepatan. Sedangkan sistem yang banyak dipakai saat ini lebih banyak menggunakan 16-bit ISA yang memiliki nilai transfer rate 2 MB/sec. Dan setiap slot yang tersedia dalam sebuah motherboard akan mempengaruhi harga dan kinerja dari sistem itu sendiri. Namun jika semua slotnya berukuran sama. Sehingga bagi Anda yang ingin memiliki server.. sebuah komputer biasa tidak perlu memiliki slot untuk EISA untuk SCSI. 8-bit ISA memiliki nilai transfer rate 0. maka slot ini dianggap masih cukup kompatibel. disesuaikan dengan kebutuhan dari sistem itu sendiri. dan fasilitas yang dimilikinya. Tidak ada salahnya jika Anda mengenal slot apa saja yang biasa dan pernah dipakai pada sistem komputer. .625 MB/sec.

Contoh card yang menggunakan slot ini adalah SCSI card.Gambar 1. EISA memiliki fitur bus mastering yang dapat membuatnya bekerja tanpa membebani kerja CPU. Gambar 2. Slot EISA . Karena slot ini memang sengaja diperuntukkan untuk meng-handle pekerjaan yang lebih berat dari ISA. maka slot ini cukup tepat untuk digunakan dalam meningkatkan kecepatan kerja komputer Anda. Slot ISA EISA (Enhanced Industry Standard Architecture) EISA lebih banyak digunakan dalam sistem server. Berhubung slot ini tidak mengganggu kerja CPU.

Transfer rate yang dimiliki oleh VESA sendiri adalah 132 MB/sec.MCA (Micro Channel Architecture) Slot ini pertama kali diperkenalkan oleh IBM. MCA dapat otomatis mengenali jenis card yang dipasang ke dalamnya dan langsung melakukan konfigurasi dasar. Pada dasarnya sama dengan ISA slot. MCA memiliki keterbatasan. MCA memiliki 32-bit dan mampu melakukan bus matering juga. yang artinya tidak dipergunakan lagi saat ini. MCA juga lebih kuat menghadapi gangguan listrik dan mengurangi error yang kadang terjadi pada slot lain. Meskipun demikian. namun VESA memiliki slot tambahan di belakangnya sehingga total panjang yang dimiliki VESA lebih besar 4 inci dari ISA slot . Seperti EISA. Sayangnya. Namun. seperti video card. slot ini telah menjadi sejarah. Jika pada EISA Anda dapat memasang card ISA. slot ini memang digunakan untuk keperluan grafis yang membutuhkan kecepatan tinggi. Slot MCA VESA (Video Electronics Standard Association) Sesuai dengan namanya. Gambar 3. pada MCA card ISA tidak dapat dipasangka di dalamnya.

Anda tidak akan direpotkan dengan masalah konfigurasi. Kecepatan yang dimiliki PCI hamper sama dengan VESA. yaitu hanya sebesar kartu kredit. Dengan menggunakan interface 68 pin. Gambar 5. Oleh karena itu. konsep Plug and Play mulai diperkenalkan. Namun. seperti notebook. slot ini biasanya disediakan sebagai fitur ekspansi dari sebuah sistem. saat ini sudah banyak juga PC yang menyediakan slot PCMCIA. Pada PCI.Gambar 4. Slot PCI PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) Yang sangat mencolok dari slot ini adalah bentuk card yang akan masuk ke dalamnya. Slot VESA PCI (Peripheral Component Interconnect) PCI dikembangkan oleh Intel. Tipe 1 memiliki ketebalan . slot ini sangat umum terdapat pada motherboard yang menggunakan prosesor Intel. Sebab PCI dapat melakukan konfigurasi otomatis. Berawal dari kelebihan PCI inilah. namun spesifikasi lainnya berbeda. PCMCIA tersedia dalam berbagai tipe menurut ketebalannya. Biasanya slot ini hanya terdapat pada perangkat yang memiliki mobilitas tinggi.

sebesar 3.adalah soket atau slot atau colokan yang ada di belakang CPU sebagai penghubung peralatan input-output komputer. Port fisik. 23 Juli 2009 Port adalah suatu celah atau pintu atau lubang pada system komputer sebagai jalur transfer data. Pada sistem komputer sebenarnya ada dua jenis Port yaitu :Port Fisik & Port Logika(non-fisik) 1.adalah port yang di gunakan oleh Software sebagai jalur untuk melakukan koneksi dengan komputer lain. Tipe 3 adalah tipe yang paling tebal (10. Port Logika (non fisik). PCMCIA Adapter Macam-Macam Port Logika(Non-Fisik) Adi Rusmanto. yaitu port yang berhubungan secara langsung . Biasanya jika Anda memiliki slot PCMCIA tipe 3.3 mm dan biasanya berfungsi sebagai RAM atau flash memory. misalnya Mouse. Port Logika inilah yang akan kita bahas di sini. Anda dapat juga menggunakan peripheral yang menggunakan tipe 1 dan 2. Gambar 6.printer…dll. Biasanya berfungsi sebagai alat tambahan seperti harddisk. Tipe 2 memiliki ketebalan 5 mm dan biasanya berfungsi sebagai modem atau adapter. tentunya termasuk koneksi internet. Jalur komunikasi ini terdiri atas IRQ. dikarenakan ketebalannya. dan memory address. Setiap slot membutuhkan jalur komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan card dengan CPU. 2. DMA. Tipe ini paling sering terdapat pada PDA atau kamera digital.5 mm).keyboard.

• Port 81. SSH Secure Shell Port ini digunakan untuk port SSH • Port 23. jadi ketika user mengetikan alamat IP atau hostname di web broeser maka web browser akan melihat IP tsb pada port 80. namun dapat diguunakan apabila port smtp terkena blok. POP3 merupakan protokol untuk mengakses mail box . SMTP(Simple Mail Transport Protokol) Ketika seseorang mengirim email ke server SMTP anda. maka ftp client secara default akan melakukan koneksi melalui port 21 dengan ftp server • Port 22. • Port 110. user jika log ke dalam mesin tersebut via POP3 (Post Office Protokol) atau IMAP4 (Internet Message Access Protocol) untuk menerima emailnya.dengan kegiatan kita ber-internet. Web Server Alternatif ketika port 80 diblok maka port 81 akan digunakan sebagai port altenatif hosting website • Port 21. POP Server Jika anda menggunakan Mail server. maka port yg digunakan adalah port 25 • Port 2525 SMTP Alternate Server Port 2525 adalah port alternatifi aktif dari TZO untuk menservice forwarding email. Port ini bukan standard port. Telnet Jika anda menjalankan server telnet maka port ini digunakan client telnet untuk hubungan dengan server telnet • Port 25. Web Server Port ini biasanya digunakan untuk web server. Macam-Macam Port: • Port 80. FTP Server Ketika seseorang mengakses FTP server.

Alamat direktori. Telepon. port inin mudah dimasukin virus atau worm dan sebangsanya • Ports 1503 and 1720 Microsoft NetMeeting and VOIP MS NetMeeting dan VOIP memungkinkan Anda untuk meng-host Internet panggilan video atau lainnya dengan. namun memungkinkan untuk mudah online. News (NNTP) Server • Port 3389. SSL Klien ingin melakukan koneksi ke server Anda Aman akan menyambung pada port • 443. • Port 443. Remote Desktop Port ini adalah untuk remote desktop di WinXP • Port 389. • Port 5631. This port needs to be open to run your own Secure Transaction server. • Port 143. PCAnywhere • Port 5900.Disk lebih intensif. IMAP4 Server IMAP4 atau Pesan Akses Internet Protocol semakin populer dan digunakan untuk mengambil Internet Mail dari server jauh. SMB over IP.• Port 119. Port 445. atau Nama. LDAP Server LDAP Directory Access Protocol menjadi populer untuk mengakses Direktori. Secure Sockets Layer (SSL) Server Ketika Anda menjalankan server yang aman.Com adalaha LDAP directory server. karena semua pesan yang disimpan di server. Contoh untuk LDAP: / / LDAP. offline dan diputuskan digunakan.Bigfoot. Virtual Network Computing (VNC) . File Sharing Kelemahan windows yg membuka port ini. biasanya port ini digunakan sebagai port file sharing termasuk printer sharing.

. dikenal dengan nama LPT1. dan bisa juga menjadi alat komunikasi dengan dunia luar. • Port 111. modem dan scaner. Bila dilihat dari aplikasi komputer. tetapi sudah menjadi peralatan yang serba bisa. Portmap • Port 3306. yaitu bagian perangkat keras komputer tempat menghubungkan peralatanperalatan tersebut. Port ini merupakan yang populer. Contohnya mouse. Bisakah memasang sendiri perlatan itu?. merupakan port yang tidak perlu diinstall untuk mengoperasikannya.Bila Anda menjalankan VNC server remote kontrol ke PC Anda. speaker aktif. Berikut ini adalah macam-macam port yang ada di komputer dan perkembangannya sampai saat ini: Paralell Port. scaner atau modem yang terhubung dengan komputer tersebut?. Hardware komputer tersebut dapat terhubung karena adanya port-port. Ada istilah untuk port plug and play (tancapkan dan jalankan). hanya di tancapkan dan dijalankan. Banyak digunakan untuk menghubungkan komputer dengan printer. Mysql • Port 981/TCP Port Komputer Penentu Sambungan SEBERAPA lengkap komputer Anda? Adakah printer. Seiring dengan perkembangan komputer. port saat ini juga telah berkembang pesat yang sampai saat ini ditujukan untuk kepraktisan penggunaan atau ditujukan untuk kecepatan komunikasinya. VNC berguna jika anda ingin mengontrol remote server. mendengarkan musik atau memutar film. Komputer tidak hanya sebagai alat ketik mengetik atau membuat tabel-tabel laporan. seperti namanya. menggunakan port 5900. Untuk mencetak foto. Cara kerjanya secara paralel.

komputerkomputer dengan porcessor pentium 4 dan yang sederajat. Bahkan mouse dan keyboard juga tersedia dalam versi USB. yaitu port serial dan paralel. sudah meniadakan port-port yang dianggap kuno. USB. Seperti kamera digital. yaitu USB 1. media penyimpanan flash disk dan lain sebagainya. Ada dua serial port yang biasanya terdapat di komputer. yaitu seluruh port-port nya menjadi satu di mother board (papan utama). Port ini selain praktis penggunaannya juga memiliki kecepatan tinggi. yaitu untuk mouse dan keyboard. Terakhir port ini memiliki dua versi. Merupakan perkembangan dari port serial.0. Banyak peralatan-peralatan yang terhitung baru dan canggih direkomendasikan dapat dihubungkan dengan komputer melalui port ini. Sehingga bila dilihat bagian komputer akan terlihat port-port tersebut berkumpul menjadi satu tempat. PS2. Printer-printer juga sudah banyak yang menyediakan port ini. handycam. Biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer dengan mouse. Komputer dengan processor pentium MMX ke atas biasanya terdapat 2 port PS2. Perkembangan terbaru. Bentuknya berupa bulatan dengan desain sedemikian rupa sehingga tidak mungkin terbalik atau salah.1 dan USB 2. Tren saat ini komputer memiliki istilah on board. Di Bagian Belakang Port itu dapat dilihat pada bagian belakang komputer. Yakni diberi nama dengan COM1 dan COM2.Serial Port. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful