Analisa Desain Sistem Informasi

Purwono Hendradi, M.Kom

System  Elemen-elemen  Interaksi  Mencapai tujuan .

termasuk perhitungan penggunaan fasilitasnya . ± Manfaat : Hal yang terjadi bila tujuan tercapai  Contoh : Sisten Administrasi Hotel (SiAtel) ± Tujuan : Untuk membangun sistem pengelolaan administrasi hotel mulai dari tamu ceck in sampai dengan ceck out.Analisa sistem  Definisikan Tujuan dan manfaat sistem ± Tujuan : Sasaran yang akan dicapai dari sistem ini.

termasuk perhitungan penggunaan fasilitasnya ± Manfaat : Memberi kemudahan untuk tamu. reseptionis dan pengelola fasilitas. .Analisa sistem  Contoh : Sisten Administrasi Hotel (SiAtel) ± Tujuan : Untuk membangun sistem pengelolaan administrasi hotel mulai dari tamu ceck in sampai dengan ceck out.

pilihan kamar) . ± Contoh :   Elemen Tamu hotel Interaksi Memberikan data (pribadi.Analisa sistem  Penentuan Elemen : ± Inventarisir semua elemen yang terlibat ± Jelaskan interaksi yang terjadi atar elemen dengan sistem.

Analisa sistem  Hubungkan Elemen yang ada dengan tujuan sistem ± Bila berpengaruh terhadap pencapaian tujuan maka termasuk internal sistem (sistem) ± Bila tidak berpengaruh : eksternal sistem disebut eksternal entity .

Mengambarkan sistem  Tools/ peralatan pengambaran sistem : ± Flowchart system ± Data Flow Diagram  Level dari DFD : Conteks Level 0 Level 1 .

Penunjuk yang menggambarkan aliran data suatu bagian lain yang dialirkan Simbol Aliran Data B. Digunakan menyimpan data dari hasil proses Simbol Simpanan Data . Mengubah data dari suatu bentuk ke bentuk lain Simbol Proses D. organisasi luar atau sistem informasi lain yang memerikan atau menerima data informasi dari sistem Simbol Entitas / Tujuan Data C. Seseorang atau departemen bagian.Data Flow Diagram  Simbol : A.

0 a2 B b2 sistem .Data Flow Diagram Konteks A a1 b1 0.

0 X 2.0 a2 B b2 proses1 3.Data Flow Diagram Level 0 A a1 1.0 proses3 proses2 b1 W Y Z D1 .

mana yang internal dan eksternal .Tugas :  Membuat elemen-elemen dari sistem andministrasi hotel  Menjelaskan interkasi antara elemen dengan sistem  Tentukan dari elemen tersebut.

2 W D1 .3 Q 2.1 P 2.3 Y Proses2.1 Proses2.2 Proses2.Data Flow Diagram level 1  Misal dari proses 2 : X b1 2.

Contoh kasus (Hotel) Pimp Laporan Id tamu 0.0 Tamu Tanda bukti transaksi Sistem Inforamasi Hotel DFD Contex SiAtel .

Tujuan dan manfaat sistem hotel  Dari tujuan dan manfaat yang lalu. tamu yang satu dengan yang lainnya tidaklah berhubungan (relatif) sehingga tamu tidak menjadikan tercapainya tujuan dan manfaat sistem . Dipandang dari keberadaanya. memilih kamar dan menggunakan fasilitas lainya. dapat dijelaskan kesatuan luarnya : ± Tamu : merupakan elemen yang memberikan data kepada sistem.

Tujuan dan manfaat sistem hotel (lanjutan) ± Pimpinan : adalah jabatan yang tidak terlibat secara operasional terhadap sistem ini. sehingga pimpinan tidak menjadikan tercapainya tujuan dan manfaat sistem . Pimpinan hanya menerima laporan dan memberikan kebijakan kepada sistem.

0 Laporan kamar Ceck Kamar kamar 4.0 5.0 Tamu Id tamu Ceck id tamu Data tamu tamu Pimp Data tamu Tanda bukti transaksi 2.0 Hitung biaya Data penggunaan kamar Biaya Penggunaa n kamar laporan transaksi Laporan .0 Data kanar dan tamu 3.DFD level 0 SiAtel 1.

karena pada SiAtel ini dimungkinkan adanya tamu hotel yang merupakan member. Proses ceck kamar : bila sudah clear dengan identitas. sehingga ada perlakukan khusus. berikutnya adalah melihat ketersediaan kamar. Proses penggunaan kamar : merupakan kegiatan interaksi antara tamu yang menginap dengan segala fasilitas yang ada (laundry. food & beverage dan lainnya) .Level 0 SiAtel    Proses ceck data tamu : merupakan tahapan untuk mencocokan data tamu.

baik biaya kamar.Level 0 SiAtel (lanjutan)  Proses hitung biaya : Adalah proses mengihung biaya. . penggunaan fasilitas dan sebagainya. Proses ini terjadi pada saat tamu check out  Proses laporan : Adalah menyiapkan laporan dari semua data yang dapat digunakan untuk pengampilan keputusan selanjutnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful