Analisa Desain Sistem Informasi

Purwono Hendradi, M.Kom

System  Elemen-elemen  Interaksi  Mencapai tujuan .

± Manfaat : Hal yang terjadi bila tujuan tercapai  Contoh : Sisten Administrasi Hotel (SiAtel) ± Tujuan : Untuk membangun sistem pengelolaan administrasi hotel mulai dari tamu ceck in sampai dengan ceck out. termasuk perhitungan penggunaan fasilitasnya .Analisa sistem  Definisikan Tujuan dan manfaat sistem ± Tujuan : Sasaran yang akan dicapai dari sistem ini.

reseptionis dan pengelola fasilitas.Analisa sistem  Contoh : Sisten Administrasi Hotel (SiAtel) ± Tujuan : Untuk membangun sistem pengelolaan administrasi hotel mulai dari tamu ceck in sampai dengan ceck out. termasuk perhitungan penggunaan fasilitasnya ± Manfaat : Memberi kemudahan untuk tamu. .

pilihan kamar) .Analisa sistem  Penentuan Elemen : ± Inventarisir semua elemen yang terlibat ± Jelaskan interaksi yang terjadi atar elemen dengan sistem. ± Contoh :   Elemen Tamu hotel Interaksi Memberikan data (pribadi.

Analisa sistem  Hubungkan Elemen yang ada dengan tujuan sistem ± Bila berpengaruh terhadap pencapaian tujuan maka termasuk internal sistem (sistem) ± Bila tidak berpengaruh : eksternal sistem disebut eksternal entity .

Mengambarkan sistem  Tools/ peralatan pengambaran sistem : ± Flowchart system ± Data Flow Diagram  Level dari DFD : Conteks Level 0 Level 1 .

Penunjuk yang menggambarkan aliran data suatu bagian lain yang dialirkan Simbol Aliran Data B. organisasi luar atau sistem informasi lain yang memerikan atau menerima data informasi dari sistem Simbol Entitas / Tujuan Data C. Mengubah data dari suatu bentuk ke bentuk lain Simbol Proses D.Data Flow Diagram  Simbol : A. Seseorang atau departemen bagian. Digunakan menyimpan data dari hasil proses Simbol Simpanan Data .

Data Flow Diagram Konteks A a1 b1 0.0 a2 B b2 sistem .

0 X 2.0 a2 B b2 proses1 3.Data Flow Diagram Level 0 A a1 1.0 proses3 proses2 b1 W Y Z D1 .

Tugas :  Membuat elemen-elemen dari sistem andministrasi hotel  Menjelaskan interkasi antara elemen dengan sistem  Tentukan dari elemen tersebut. mana yang internal dan eksternal .

1 Proses2.2 Proses2.Data Flow Diagram level 1  Misal dari proses 2 : X b1 2.3 Y Proses2.3 Q 2.1 P 2.2 W D1 .

Contoh kasus (Hotel) Pimp Laporan Id tamu 0.0 Tamu Tanda bukti transaksi Sistem Inforamasi Hotel DFD Contex SiAtel .

Dipandang dari keberadaanya. tamu yang satu dengan yang lainnya tidaklah berhubungan (relatif) sehingga tamu tidak menjadikan tercapainya tujuan dan manfaat sistem . memilih kamar dan menggunakan fasilitas lainya.Tujuan dan manfaat sistem hotel  Dari tujuan dan manfaat yang lalu. dapat dijelaskan kesatuan luarnya : ± Tamu : merupakan elemen yang memberikan data kepada sistem.

Tujuan dan manfaat sistem hotel (lanjutan) ± Pimpinan : adalah jabatan yang tidak terlibat secara operasional terhadap sistem ini. sehingga pimpinan tidak menjadikan tercapainya tujuan dan manfaat sistem . Pimpinan hanya menerima laporan dan memberikan kebijakan kepada sistem.

0 5.0 Hitung biaya Data penggunaan kamar Biaya Penggunaa n kamar laporan transaksi Laporan .0 Data kanar dan tamu 3.DFD level 0 SiAtel 1.0 Tamu Id tamu Ceck id tamu Data tamu tamu Pimp Data tamu Tanda bukti transaksi 2.0 Laporan kamar Ceck Kamar kamar 4.

berikutnya adalah melihat ketersediaan kamar. karena pada SiAtel ini dimungkinkan adanya tamu hotel yang merupakan member. Proses penggunaan kamar : merupakan kegiatan interaksi antara tamu yang menginap dengan segala fasilitas yang ada (laundry. food & beverage dan lainnya) .Level 0 SiAtel    Proses ceck data tamu : merupakan tahapan untuk mencocokan data tamu. sehingga ada perlakukan khusus. Proses ceck kamar : bila sudah clear dengan identitas.

penggunaan fasilitas dan sebagainya. Proses ini terjadi pada saat tamu check out  Proses laporan : Adalah menyiapkan laporan dari semua data yang dapat digunakan untuk pengampilan keputusan selanjutnya. baik biaya kamar. .Level 0 SiAtel (lanjutan)  Proses hitung biaya : Adalah proses mengihung biaya.