P. 1
x. Bentuk Pasar Dan Penentuan Harga

x. Bentuk Pasar Dan Penentuan Harga

|Views: 937|Likes:

More info:

Published by: Anna Myuetz SiiDeltamania on Nov 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2013

pdf

text

original

BENTUK PASAR DAN PENENTUAN HARGA

oleh : Nur Baladina, SP. MP.

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
CiriCiri-ciri pasar bersaing sempurna : 1. Terdapat banyak penjual & pembeli, tidak ada satupun perusahaan yang dapat mengendalikan harga. 2. Barang & jasa yg dijual di pasar adalah homogen. 3. Terdapat mobilitas sumber daya yang sempurna. 4. Setiap produsen & konsumen bebas keluar masuk pasar. 5. Setiap produsen & konsumen mempunyai informasi pasar yang sempurna. 6. Tidak ada biaya / manfaat eksternal berhubungan dengan barang & jasa yang dijual di pasar.

bukan berarti bahwa (price taker). maka setiap barang & jasa yg dijual dengan harga di atas harga pasar tidak akan laku. Apakah industri pertanian termasuk pasar bersaing sempurnaW ???  . ProdukProduk-produk pertanian cenderung bersifat homogen mutlak. Perusahaan dalam pasar bersaing sempurna bersifat sebagai \penerima harga[ (price taker). namun mengingat tersedianya subtitusi yg sempurna atas barang & jasa yg dijual di pasar. perusahaan tidak dapat memberi label harga pada barang dagangandagangan-nya. dan harganya ditentukan oleh kekuatan-kekuatan kekuatanpenawaran & permintaan di pasar yg lebih luas (pasar nasional).

Pasar b. sebesar $ 25 / kuintal. ˜ Menurunkan harga merupakan tindakan yg tidak rasional karena petani tersebut dapat menjual jagung-nya pada harga $ 25 / kw.$/kw S 25 D 0 Kuintal jagung/thn $/kw d 25 0 Kuintal jagung/thn a. ˜ Bila petani menaikkan harga. . Perusahaan contoh ˜ Kurva permintaan yg dihadapi sebuah perusahaan dalam pasar persaingan sempurna merupakan sebuah garis horizontal pada tingkat harga yg berlaku di pasar. jagungnya sama sekali tidak laku.

yaitu pada saat MR = MC. output tambahan akan menghasilkan laba tambahan. . Penerimaan marjinal (MR) : Penerimaan tambahan yang diperoleh perusahaan jika perusahaan tsb menaikkan outputnya sebesar satu unit. Dalam pasar persaingan sempurna. kurva penerimaan marjinal identik dengan kurva permintaan yg dihadapi perusahaan.Penentuan Kuantitas Output      Kuantitas output ditentukan berdasarkan harga pasar & tujuan memaksimumkan laba. Fakta bahwa MR > MC. walaupun perbedaan di antara keduanya semakin mengecil. Sepanjang MR > MC . sebenarnya menunjukkan bahwa laba belum maksimal karena peningkatan satu unit output masih akan memberikan tambahan laba.

Pada titik q1 terjadi MR > MC. . Industri   b. Pada titik q2 terjadi MR < MC.P ($) S P* D 0 Q* Q $/kw MC ATC P* P*=MR=$2 0 q1 q* q2 Q a. artinya laba belum maksimal & MC. artinya petani akan mengalami MC. penurunan laba jika terus menambah output yang diproduksi. laba optimal. petani masih dapat memperoleh laba tambahan dengan meningkatkan produksi output. Petani contoh  Pada titik q* terjadi MR = MC. MC.

penawaran pasar berbentuk garis vertikal (dianggap tetap / konstan). sehingga harga ditentukan oleh permintaan pasar. harga dapat naik. tergantung pada perubahan permintaan komoditi yang bersangkutan dan faktorfaktor-faktor yang mempengaruhinya.Penentuan Harga  Dalam jangka waktu yang sangat pendek. pasar. Dalam jangka panjang. panjang. kurva pendek. mempengaruhinya. atau turun.  . tetap.

Persaingan tidak sempurna dan kekuatan pasar merupakan sumber utama ketidakefisienan pasar. dengan cara membatasi persaingan untuk membangun hambatan bagi produsen lainnya dalam memasuki pasar/industri. Para produsen dalam pasar ini menerapkan kekuatan pasar yaitu kemampuan untuk menaikkan harga tanpa kehilangan seluruh permintaan akan output mereka.   .PASAR BERSAING TIDAK SEMPURNA  Merupakan suatu pasar atau industri yang terdiri dari produsen2 yang mampu mengendalikan harga output di pasar. pasar. pasar.

. Hambatan masuk tersebut berupa: a. Misal : pemberian hak tunggal bagi PLN untuk memasok tenaga listrik. (close substitute).Model Pasar Bersaing Tidak Sempurna 1. PASAR MONOPOLI Monopolis adalah penjual tunggal suatu produk yang tidak mempunyai substitusi dekat atas produk yang dihasilkannya (close substitute). aralaba Pemerintah Perusahaan menjadi monopoli krn ditunjuk pemerintah. Pasar monopoli merupakan industri yang terdiri dari 1 (satu) perusahaan dimana terdapat hambatan bagi perusahaan2 baru untuk memasuki pasar.

Lanjutan« b. Misal : penyulingan minyak u/ produksi bensin $500 juta d. Kepemilikan atas faktor produksi yang langka Kebutuhan atas input tertentu dalam suatu proses produksi dimana hanya ada satu perusahaan yg memiliki cadangan input tsb. Kelebihan hak paten : merangsang penemuan dan pembaharuan. c. Kelemahan paten : dapat menghalangi munculnya persaingan. Paten Hambatan masuk yang memberikan hak pemanfaatan eksklusif atas produk atau proses yang telah dipatenkan kepada penemunya. Contoh : DeBeers Company . Skala ekonomi dan keunggulan biaya Sejumlah produk dapat dihasilkan secara efisien hanya dengan fasilitas produksi yang besar & mahal.

Contoh : Bisnis di bidang restoran membedakan produk yg cenderung identik.2. Contoh : banyak restoran menyediakan menu yg hampir identik dan harga yg sama. atau dengan membangun reputasi produk makanan dan pelayanan yg baik. dengan memproduksi produk yg dikehendaki konsumen & yg tidak diproduksi restoran lainnya (diferensiasi). Ciri lain persaingan monopolistik : tersedia substitusi yang baik di antara perusahaan2 dalam industri ini. . PASAR MONOPOLISTIK Merupakan suatu industri (pasar) yang memiliki banyak produsen dimana perusahaan pesaing bebas masuk industri & perusahaan2 tsb mendiferensiasikan produk mereka.

Pemborosan sumber daya yang langka. Manfaat diferensiasi produk: .dapat menciptakan efisiensi produk tertentu yang lebih bermutu dibanding produk pesaing.dapat memenuhi selera konsumen yg cenderung berubah menurut dimensi ruang dan waktu. . .konsumen mandapatkan informasi mengenai produk tertentu melalui iklan sehingga konsumen dapat mengambil keputusan yg rasional. .Masyarakat dapat terganggu & merasa bosan dengan banyaknya iklan yg disampaikan media scr berulang2. u/ menciptakan perbedaan produk yg relatif kecil melalui iklan.Konsumen dapat memperoleh informasi yg salah tentang produk yg diiklankan.Kelemahan diferensiasi produk : .Konsumen membayar produk yang terdiferensiasi dengan harga yg lebih mahal. . . . karena harus menanggung biaya iklan.

berkonsentrasi. disebut juga industri berkonsentrasi. bersamaContoh : Organisasi yg dibentuk oleh negara2 pengekspor minyak (OPEC) . antara lain : a.3. Model Kolusi Kolusi terjadi jika kesepakatan penentuan harga dan penentuan kuantitas output yg dihasilkan bersifat eksplisit melalui kartel. Kartel : perusahaan2 yang membentuk kelompok dan membuat keputusan tentang output yang akan dihasilkan secara bersama-sama. Empat model Oligopoli yang umum dikenal. PASAR OLIGOPOLI Merupakan industri dengan sejumlah kecil perusahaan yang masing-masing cukup mampu untuk mempengaruhi masingharga pasar dari output yang dihasilkannya.

Model Cournot Awalnya perusahaan yg telah ada menguasai permintaan pasar seperti monopolis. c.b. kedua perusahaan akan membagi pasar & menetapkan harga output yang sama. tetapi dengan masuknya perusahaan pesaing baru. Model Kurva Permintaan yang Patah (Kinked Demand (Kinked Curve Model) Model) Model oligopoli dimana kurva permintaan yg dihadapi masing2 perusahaan adalah \patah[. tetapi tidak akan mengikuti keputusan perusahaan yg melakukan peningkatan harga. . Kurva yg patah ini timbul dari asumsi bahwa perusahaan pesaing akan mengikuti keputusan perusahaan yg telah melakukan penurunan harga.

d. . Perusahaan pesaing yg lebih kecil dalam hal ini berfungsi sebagai penghambat kekuatan pasar perusahaan yg dominan. Kuantitas output yg diproduksi oleh perusahaan besar yg mendominasi pasar adalah selisih antara permintaan pasar & kuantitas output yg diproduksi oleh perusahaan2 pesaing yg lebih kecil. Model Kepemimpinan Harga Model oligopoli dimana sebuah perusahaan mendominasi industri dengan menentukan harga-harga. karena sewaktu2 perusahaan dominan bisa berubah menjadi monopolis. sedangkan hargasemua perusahaan yg lebih kecil mengikuti kebijakan harga yg ditetapkan oleh perusahaan pemimpin.

Bagaimana memproduksinya. hy ? Perilaku perusahaan pada berbagai macam persaingan dibatasi oleh kurva permintaan pasar. Berapa output yang akan diproduksi.Perusahaan2 yang memiliki kekuatan pasar dihadapkan pada keputusan2 penting. 2. yaitu : 1. Harga merupakan variabel keputusan bagi perusahaan yg bersaing tidak sempurna. 3. perusahaan harus memproduksi barang yg diinginkan konsumen & menjual dengan harga yg bersedia mereka bayar. . Agar outputnya dapat terjual. Berapa input yang akan diminta di masing2 pasar. 4. Berapa harga output yang akan ditetapkan. Namun perusahaan tidak dapat menetapkan harga semaunya sendiri.

Penetapan harga yg berbeda untuk para pembeli barang yg sama.Penentuan dan Diskriminasi Harga Pengertian diskriminasi harga dibedakan menjadi dua: 1. 2. Penetapan harga dimana perbandingan antara harga dan biaya marjinal (MC) berbeda di antara para pembeli. Pengertian diskriminasi harga yg kedua secara matematis: Pj = Pi MCj MCi . Dapat dikatakan biaya pelayanan bagi para konsumen (pelanggan) dapat berbeda-beda menurut karakteristik berbedakonsumen.

Diskriminasi harga derajat kedua : penetapan harga yg berbedaberbeda-beda untuk beberapa golongan barang yg dijual kepada para pelanggan. Diskriminasi harga derajat ketiga : penetapan harga yg berbedaberbeda-beda untuk para pelanggan pada pasar yg berbeda. Diskriminasi harga derajat pertama : penetapan harga yg berbeda-beda untuk setiap unit barang yg dijual berbedakepada para pelanggan. 2. yaitu : 1. hy ?? . Diskriminasi harga yg menjadi tujuan akhir perusahaan monopolis adalah : diskriminasi harga derajat pertama. 3.Diskriminasi harga dapat digolongkan menurut derajat diskriminasinya.

50 untuk 40 kwh kedua. Kelompok RT. & Rp 4. Harga per kwh juga ditetapkan berbeda2 u/ masing2 kelompok pelanggan. Tambahan penerimaan & laba dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan. usaha komersial & industri diskriminasi harga derajat ketiga.R1 tarifnya Rp 225 u/ 20 kwh pertama. . RTRp 442. Contoh diskriminasi harga : perusahaan monopoli PLN Pembebanan biaya yg berbeda per kwh energi listrik yg digunakan para pelanggan menurut kategori rumah tangga.Penjualan setiap unit barang dengan harga yg berbeda memungkinkan monopolis untuk meningkatkan penerimaan total dan laba total dibandingkan jika menggunakan harga output yang sama.950 u/ penggunaan energi di atas 60 kwh diskriminasi harga derajat kedua. baik dalam kualitas maupun kuantitas.

TUGAS Jelaskan secara lengkap dan disertai grafik (bila perlu) bagaimana proses penentuan harga dan jumlah output yang diproduksi/ditawarkan di pasar pada masingmasing pasar persaingan tidak sempurna (Monopoli. Khusus Pasar Oligopoli. dan Oligopoli). . Monopolistik. penjelasan bedakan pula menurut 4 (empat model yang ada).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->