Daftar Tugas dan Wewenang Lembaga- lembaga Non- Struktural di Indonesia.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) adalah lembaga independen yang dibentuk dalam rangka mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang. Lembaga ini memiliki kewenangan untuk melaksanakan kebijakan pencegahan dan pemberantasaan pencucian uang sekaligus membangun rezim anti pencucian uang di Indonesia. Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam upaya menjaga stabilitas sistem keuangan dan menurunkan terjadinya tindak pidana asal (predicate crimes). PPATK didirikan pada tanggal 17 April 2002, bersamaan dengan disahkannya Undang-Undang No. 15 Tahun 2002 Tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. Tugas PPATK adalah : 1. Mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, mengevaluasi informasi yang diperoleh oleh PPATK. 2. Memantau catatan dalam buku daftar pengecualian yang dibuat oleh Penyedia jasa keuangan. 3. Membuat pedoman mengenai tata cara pelaporan Transaksi Keuangan Mencurigakan. 4. Memberikan nasihat dan bantuan kepada instansi yang berwenang tentang informasi yang diperoleh oleh PPATK. 5. Mengeluarkan pedoman dan publikasi kepada Penyedia jasa keuangan tentang kewajibannya yang dan membantu dalam mendeteksi perilaku nasabah yang mencurigakan. 6. Memberikan rekomendasi kepada Pemerintah mengenai upaya-upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang. 7. Melaporkan hasil analisis transaksi keuangan yang berindikasi tindak pidana pencucian uang kepada Kepolisian dan Kejaksaan. 8. Membuat dan memberikan laporan mengenai hasil analisis transaksi keuangan dan kegiatan lainnya secara berkala 6 bulan sekali kepada Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat dan lembaga yang berwenang melakukan pengawasan terhadap penyedia jasa keuangan. 9. Memberikan informasi kepada publik tentang kinerja kelembagaan sepanjang pemberian informasi tersebut tidak bertentangan dengan undang-undang ini. Wewenang PPATK adalah : 1. Meminta dan menerima laporan dari Penyedia Jasa Keuangan. 2. Meminta informasi mengenai perkembangan penyidikan atau penuntutan terhadap tindak pidana pencucian uang yang telah dilaporkan kepada penyidik atau penuntut umum.

Meminta laporan instansi terkait mengenai pencegahan tindak pidana korupsi. Melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara. penyidikan. 4. adalah komisi di Indonesia yang dibentuk pada tahun 2003 untuk mengatasi. dan 5. 4. melakukan penilaian terhadap perjanjian yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat sebagaimana diatur dalam Pasal 4 sampai dengan Pasal 16. .3. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 4. Melakukan penyelidikan. Meminta informasi tentang kegiatan pemberantasan tindak pidana korupsi kepada instansi yang terkait. 2. Menetapkan sistem pelaporan dalam kegiatan pemberantasan tindak pidana korupsi. menanggulangi dan memberantas korupsi di Indonesia. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Tugas KPPU adalah : 1. penyidikan. 3. dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi. Mengkoordinasikan penyelidikan. Melakukan audit terhadap penyedia jasa keuangan mengenai kepatuhan kewajiban sesuai dengan ketentuan dalam Undang-undang dan terhadap pedoman pelaporan mengenai transaksi keuangan. 2. Wewenang KPK adalah : 1. Koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi. Melakukan tindakan-tindakan pencegahan tindak pidana korupsi. 3. 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. dan 5. dan penuntutan tindak pidana korupsi. Supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi. Melaksanakan dengar pendapat atau pertemuan dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi. Komisi ini didirikan berdasarkan kepada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 mengenai Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Tugas KPK adalah: 1. adalah sebuah lembaga independen di Indonesia yang dibentuk untuk memenuhi amanat Undang-Undang no. Memberikan pengecualian kewajiban pelaporan mengenai transaksi keuangan yang dilakukan secara tunai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (1) huruf b.

saksi ahli. memberikan saran dan pertimbangan terhadap kebijakan Pemerintah yang berkaitan dengan praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat. atau alat bukti lain guna penyelidikan dan atau pemeriksaan. 5. 8. 3. melakukan penyelidikan dan atau pemeriksaan terhadap kasus dugaan praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat yang dilaporkan oleh masyarakat atau oleh pelaku usaha atau yang ditemukan oleh Komisi sebagai hasil penelitiannya. 4. meminta bantuan penyidik untuk menghadirkan pelaku usaha. saksi ahli. mengambil tindakan sesuai dengan wewenang Komisi sebagaimana diatur dalam Pasal 36. 5. menerima laporan dari masyarakat dan atau dari pelaku usaha tentang dugaan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat. 2. 3. 7. melakukan penilaian terhadap ada atau tidak adanya penyalahgunaan posisi dominan yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat sebagaimana diatur dalam Pasal 25 sampai dengan Pasal 28. menjatuhkan sanksi berupa tindakan administratif kepada pelaku usaha yang melanggar ketentuan Undang-undang ini. 6. saksi.2. atau setiap orang sebagaimana dimaksud huruf e dan huruf f. menyimpulkan hasil penyelidikan dan atau pemeriksaan tentang ada atau tidak adanya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat. 10. memutuskan dan menetapkan ada atau tidak adanya kerugian di pihak pelaku usaha lain atau masyarakat. memberikan laporan secara berkala atas hasil kerja Komisi kepada Presiden dan Dewan Perwakilan Rakyat. dan atau menilai surat. 9. memberitahukan putusan Komisi kepada pelaku usaha yang diduga melakukan praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat. dokumen. 11. dan setiap orang yang dianggap mengetahuipelanggaran terhadap ketentuan undang-undang ini. mendapatkan. 6. 4. menyusun pedoman dan atau publikasi yang berkaitan dengan Undang-undang ini. yang tidak bersedia memenuhi panggilan Komisi. memanggil pelaku usaha yang diduga telah melakukan pelanggaran terhadap ketentuan undang-undang ini. melakukan penilaian terhadap kegiatan usaha dan atau tindakan pelaku usaha yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat sebagaimana diatur dalam Pasal 17 sampai dengan Pasal 24. . Wewenang KPPU adalah : 1. meneliti. 7. memanggil dan menghadirkan saksi. melakukan penelitian tentang dugaan adanya kegiatan usaha dan atau tindakan pelaku usaha yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat. 12. meminta keterangan dari instansi Pemerintah dalam kaitannya dengan penyelidikan dan atau pemeriksaan terhadap pelaku usaha yang melanggar ketentuan undang-undang ini.

Lembaga ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia yang disahkan dalam Rapat Paripurna DPR RI pada tanggal 9 September 2008. Membangun jaringan kerja. Melakukan pemeriksaan substansi atas Laporan. 8. 6. 3. Tugas dan Wewenang BPMIGAS adalah : . termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara. dan Badan Hukum Milik Negara serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. eksploitasi dan pemasaran migas Indonesia.Ombudsman Republik Indonesia Ombudsman Republik Indonesia (sebelumnya bernama Komisi Ombudsman Nasional) adalah lembaga negara di Indonesia yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan. Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi ( BPMIGAS ) Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMIGAS) adalah lembaga yang dibentuk Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 16 Juli 2002 sebagai pembina dan pengawas Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) didalam menjalankan kegiatan eksplorasi. 4. 7. 5. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh undang-undang. Badan Usaha Milik Daerah. 2. Tugas Ombudsman Republik Indonesia adalah: 1. Melakukan investigasi atas prakarsa sendiri terhadap dugaan Maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Menerima Laporan atas dugaan Maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Melakukan koordinasi dan kerja sama dengan lembaga negara atau lembaga pemerintahan lainnya serta lembaga kemasyarakatan dan perseorangan. Menindaklanjuti Laporan yang tercakup dalam ruang lingkup kewenangannya. Melakukan upaya pencegahan Maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

melakukan koordinasi nasional meliputi dengan instansi Pemerintah Pusat/Daerah. melakukan pengkajian dalam menetapkan langkah-langkah penyelesaian permasalahan strategis yang timbul dalam rangka pengembangan teknologi informasi dan komunikasi 3.1. memberikan persetujuan atas pelaksanaan program teknologi informasi dan komunikasi yang bersifat lintas departemen agar efektif dan efisien 1. 3. Membina kerja sama dalam rangka terwujudnya integrasi dan sinkronisasi kegiatan operasional KKKS Merumuskan kebijakan atas anggaran dan program kerja KKKS Mengawasi kegiatan utama operasional kontraktor KKKS Membina seluruh aset KKKS yang menjadi milik negara Melakukan koordinasi dengan pihak dan/atau instansi terkait yang diperlukan dalam pelaksanaan Kegiatan Usaha Hulu Badan Reintegrasi Aceh (BRA) Badan Reintegrasi Aceh (BRA) atau Badan Reintegrasi-Damai Aceh adalah lembaga resmi pemerintah yang mengurus masalah reintegrasi dalam proses perdamaian di Aceh. serta masyarakat pada umumnya 4. Tugas dan Wewenang BRA adalah : Mengoptimalkan penyebaran informasi di antara stakeholders (pihak-pihak yang berkepentingan) serta menjaga keseragaman visi berkaitan dengan implementasi Nota Kesepahaman serta tantangan yang harus dihadapi selama proses berlangsung. 1. lembaga profesional. 2. dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 2. . Didirikan pada tanggal 15 Februari 2006 dengan SK Gubernur Aceh. Menyediakan tempat serta mekanisme penyelesaian masalah secara bersama-sama. 3. Memberikan dukungan atas terlaksananya koordinasi dan membuat perencanaan menyangkut transisi dari konflik ke kondisi damai. Dewan TIK Nasional (DeTIKNas) Dewan TIK Nasional (DeTIKNas) adalah lembaga nonstructural yang dipimpin oleh Presiden Indonesia dan beranggotakan 11 menteri. Tugas dan Wewenang DeTIKNas adalah : merumuskan kebijakan umum dan arahan strategis pembangunan nasional melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi 2. 4. dunia usaha. 5.20 tahun 2006 tertanggal 13 November 2006 dengan masa kerja 3 tahun. dan komunitas teknologi informasi dan komunikasi. Badan Usaha Milik Negara/ BadanUsaha Milik Daerah.

Memberikan usulan-usulan perbaikan agar kecelakaan yang sama tidak lagi terjadi di masa depan. Tugas dan Wewenang KNKT adalah : 1. dalam upaya mempercepat penanggulangan krisis kepercayaan kepada hukum dan penegakkan hukum. Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI ) Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI ). Pembentukan Komisi Hukum Nasional (KHN) ini adalah guna mewujudkan sistem hukum nasional untuk menegakkan supremasi hukum dan hak-hak asasi manusia berdasarkan keadilan dan kebenaran dengan melakukan pengkajian masalah-masalah hukum serta penyusunan rencana pembaruan di bidang hukum secara obyektif dengan melibatkan unsur-unsur dalam masyarakat. serta dalam menghadapi tantangan dinamika globalisasi terhadap sistem hukum di Indonesia. Keputusan Presiden Nomor 36/1990. Tugas dan Wewenang KHN adalah : 1. Membantu presiden dengan bertindak sebagai Panitia Pengarah (Steering Committee) dalam mendesain rencana umum pembaruan di bidang hukum yang sesuai dengan citacita negara hukum dan rasa keadilan. laut maupun udara 2. adalah lembaga independen Indonesia yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dalam rangka meningkatkan efektifitas penyelenggaraan perlindungan anak. Komite Nasional Keselamatan Transportasi ( KNKT ) Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT adalah sebuah lembaga independen yang dibentuk berdasarkan Keppres No. 77/2003 dan 95/M/2004 merupakan dasar hukum pembentukan lembaga ini. 2. 105/1999.Komisi Hukum Nasional Komisi Hukum Nasional dibentuk melalui Keputusan Presiden no 15 tahun 2000 tanggal 18 Februari 2000. Melakukan investigasi atas kecelakaan transportasi baik darat. Tugas dan Wewenang KPAI adalah : . Memberikan pendapat atas permintaan Presiden tentang berbagai kebijakan hukum yang dibuat atau direncanakan oleh Pemerintah dan tentang masalah-masalah hukum yang berkaitan dengan kepentingan umum dan kepentingan nasional.

y Melakukan pengkajian peraturan perundang-undangan. dan pelaporan tentang perlindungan anak termasuk laporan untuk Komita Hak Anak PBB (Committee on the Rights of the Child) di Geneva. menerima pengaduan masyarakat. kebijakan pemerintah. masukan dan pertimbangan kepada presiden dalam rangka perlindungan anak. . dan kondisi pendukung lainnya baik di bidang sosial.1. ekonomi. evaluasi dan pengawasan terhadap pelanggaran perlindungan anak. mengumpulkan data dan informasi. Melakukan sosialisasi seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan perlindungan anak. pemantauan. Swiss. 3. DPR. Mencermati isi pasal tersebut maka tugas KPAI dapat dirinci lebih lanjut sebagai berikut: y Melakukan sosialisasi dan advokasi tentang peraturan perundangundangan yang berkaitan dengan perlindungan anak. melakukan penelaahan. 2. evaluasi. saran. Memberikan laporan. Instansi pemerintah terkait ditingkat pusat dan daerah y y Mengumpulkan data dan informasi tentang masalah perlindungan anak Melakukan pemantauan. saran dan pertimbangan kepada berbagai pihak tertuama Presiden. y Menerima pengaduan dan memfasilitasi pelayanan masyarakat terhadap kasus-kasus pelanggaran hak anak kepada pihak-pihak yang berwenang. budaya dan agama y Menyampaikan dan memberikan masukan.

Menetapkan jumlah kursi anggota DPR. Tugas dan kewenangan lainnya yang ditetapkan dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 1999 tentang Pemilihan Umum. Pengaturan penyiaran yang diselenggarakan oleh Lembaga Penyiaran Swasta.Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). 2. meneliti dan menetapkan Partai-partai Politik yang berhak sebagai peserta Pemilihan Umum. 7. DPRD I dan DPRD II untuk setiap daerah pemilihan. Menerima. Menetapkan keseluruhan hasil Pemilihan Umum di semua daerah pemilihan untuk DPR. Pengaturan penyiaran yang diselenggarakan oleh Lembaga Penyiaran Komunitas. 2. Merencanakan dan mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Umum. KPI terdiri atas Lembaga Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) yang bekerja di wilayah setingkat Provinsi. Mengumpulkan dan mensistemasikan bahan-bahan serta data hasil Pemilihan Umum. Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. 3. Tugas dan Wewenang KPU adalah : 1. 4. . serta Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Komisi ini berdiri sejak tahun 2002 berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran. Dalam Pasal 2 Keputusan Presiden Nomor 16 Tahun 1999 terdapat tambahan huruf: 1. 3. 5. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah lembaga negara yang menyelenggarakan pemilihan umum di Indonesia. yakni meliputi Pemilihan Umum Anggota DPR/DPD/DPRD. Tugas dan Wewenang KPI adalah : 1. Membentuk Panitia Pemilihan Indonesia yang selanjutnya disebut PPI dan mengkoordinasikan kegiatan Pemilihan Umum mulai dari tingkat pusat sampai di Tempat Pemungutan Suara yang selanjutnya disebut TPS. Pengaturan penyiaran yang diselenggarakan oleh Lembaga Penyiaran Publik. DPRD I dan DPRD II. 6. adalah sebuah lembaga independen di Indonesia yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara lainnya yang berfungsi sebagai regulator penyelenggaraan penyiaran di Indonesia. Memimpin tahapan kegiatan Pemilihan Umum.

Menjadi pusat sumber (informasi) tentang hak asasi perempuan sebagai HAM dan kekerasan terhadap perempuan sebagai pelanggaran HAM. dan Piagam PBB serta Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia. Komisi nasional ini didirikan tanggal 15 Oktober 1998 berdasarkan Keputusan Presiden No. adalah sebuah lembaga mandiri di Indonesia yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara lainnya dengan fungsi melaksanakan kajian. 3. Meningkatkan perlindungan dan penegakan hak asasi manusia guna berkembangnya pribadi manusia Indonesia seutuhnya dan kemampuannya berpartisipasi dalam berbagai bidang kehidupan. menjadi inisiator perubahan serta perumusan kebijakan. menjadi negosiator dan mediator antara pemerintah dengan komunitas korban dan komunitas pejuang hak asasi perempuan. .Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Tugas dan Wewenang Komnas Perempuan adalah : 1. Komnas HAM mempunyai Sekretariat Jenderal sebagai unsur pelayanan. pemenuhan dan pemajuan hak-hak perempuan. UUD 1945. penelitian. 4. menjadi pemantau dan pelapor tentang pelanggaran HAM berbasis jender secara berkala dengan bekerja sama dengan institusi-institusi HAM lainnya. 2. pemantauan. 181/1998. Tugas dan Wewenang Komnas HAM adalah : Mengembangkan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan hak asasi manusia sesuai dengan Pancasila. dan mediasi terhadap persoalan-persoalan hak asasi manusia. Komisi ini berdiri sejak tahun 1993 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 50 Tahun 1993. adalah lembaga independen di Indonesia yang dibentuk sebagai mekanisme nasional untuk menghapuskan kekerasan terhadap perempuan. 1. 2. investigasi. Di samping itu. Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan atau Komisi Nasional (Komnas) Perempuan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan atau Komisi Nasional (Komnas) Perempuan. tentang Komisi Nasional Hak Asasi Manusia. Komnas HAM mempunyai kelengkapan yang terdiri dari Sidang paripurna dan Subkomisi. penyuluhan. termasuk perangkat dan system hukum serta sistem dan kapasitas penanganan/pelayanan bagi korban yang memberi perlindungan. dengan menitikberatkan pada kepentingan korban.

adalah sebuah lembaga yang bertugas menetapkan status edar film-film di Indonesia. lembaga sensor film juga menetapkan penggolongan usia penonton bagi film yang bersangkutan. Selain tanda lulus sensor. yang keanggotaannya terdiri dari Menteri Keuangan sebagai ketua merangkap anggota dan Gubernur Bank Indonesia sebagai anggota bertujuan untuk menciptakan dan memelihara stabilitas sistem keuangan melalui pencegahan dan penanganan krisis. Lembaga Sensor Film (LSF) Lembaga Sensor Film (LSF). adalah sebuah lembaga mandiri yang berfungsi menjalankan UndangUndang Keterbukaan Informasi Publik dan peraturan pelaksanaannya termasuk menetapkan petunjuk teknis standar layanan Informasi Publik dan menyelesaikan Sengketa Informasi Publik melalui Mediasi dan ajudikasi nonlitigasi yang untuk pertama kalinya berkerja mulai tanggal 1 Mei 2010 berkaitan dengan akan mulai diberlakukannya Undang Undang nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. nasional dan internasional untuk kepentingan pencegahan.5. Komisi Informasi Komisi Informasi. Komite Stabilitas Sektor Keuangan (KSSK) Komite Stabilitas Sektor Keuangan (KSSK). Menetapkan langkah-langkah penanganan masalah bank/lembaga keuangan bukan bank (LKBB) yang dipandang perlu dalam rangkapencegahan dan penanganan Krisis 1. peningkatan kapasitas penanganan dan penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan. Sebuah film hanya dapat diedarkan jika dinyatakan "lulus sensor" oleh LSF. Tugas dan Wewenang KSSK adalah : Mengevaluasi skala dan dimensi permasalahan likuiditas dan/atau solvabilitas bank/lembaga keuangan bukan bank (LKBB) yang ditengarai Berdampak Sistemik 2. . misalnya poster film. LSF juga mempunyai hak yang sama terhadap reklame-reklame film. Menetapkan permasalahan likuiditas dan/atau masalah solvabilitas bank/lembaga keuangan bukan bank (LKBB) Berdampak Sistemik atau tidak Berdampak Sistemik 3. menjadi fasilitator pengembangan dan penguatan jaringan di tingkat lokal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful