P. 1
RABAB

RABAB

|Views: 253|Likes:
Published by Ryan Rizki Fauzi

More info:

Published by: Ryan Rizki Fauzi on Nov 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPSX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2015

pdf

text

original

Pengertian Rabab

RABAB

Rabab merupakan semacam alat musik tradisional Minangkabau termasuk jenis alat gesek. Berdasarkan bentuknya rabab dibagi atas tiga bagian utama yaitu ; badan, tangkai, dan kepala. Badanya yang disebut galuk adalah bagian paling bawah sekali, berbentuk tempurung (karena bahannya memang terbuat dari tempurung kelapa).

Diatas selaput ini dipasang lagi kayu kecil yang berbentuk lengkung yang disebut kudo-judo (kuda-kuda) Tangkai (jungan) dibuat dari talang (sejenis bambu tipis) yang ujung pangkalnya diberi bawa (dari potongan .Pada bagian ini terdapat rongga resonansi dan dibelakangnya terdapat lubang kecil tempat keluar udara. Untuk menutupi rongga resonansi atau muka galuk dipasang selaput tipis terbuat dari kulit janyung kerbau.

.Kepala rabab terbuat dari kayu Surian di tempat mana dipasang dua buah pemutar tali yang biasa disebut talingo (telinga). Disamping itu terdapat pula bagian lain dari rabab yaitu penggesek yang terdiri dari benang atau rambut ekor kuda dan rotan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->