P. 1
bayi rewel

bayi rewel

|Views: 509|Likes:
Published by Suwahono, M.Pd

More info:

Published by: Suwahono, M.Pd on Nov 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2012

pdf

text

original

Langkah yang perlu dilakukan mengatasi bayi rewel

y Usahakan membuat jadwal harian sesuai kecenderungan alami bayi. Bila perlu, buat catatan harian
untuk menemukan pola waktu dari hari-hari bayi Anda. Misal, pada saat kapan saja ia rewel dan apa saja penyebabnya, sekitar jam berapa ia biasanya lapar dan tidur, dan sebagainya.

y Sedapat mungkin lakukan hal yang sama pada waktu yang sama setiap hari. Saat menyusui, misalnya.
Meski ia tampaknya tak lapar atau sudah lapar sebelum waktunya, usahakan untuk tetap bertahan pada jadwal. Bila perlu, beri ia makanan kecil jika ia tampak lapar di antara waktu-waktu menyusui.

y Pada tahap awal, Anda hendaknya tak bersifat kaku atau sangat ketat terhadap jadwal. Sedikit
kekacauan tak masalah. Yang penting, pada akhirnya nanti si kecil menjadi terbiasa dengan suatu rutinitas atau melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu.

y Hindari hal-hal yang dapat mengganggu kenyamanan tidur si kecil. Jika ia suka begadang, ayah dan
ibu dapat bergiliran melakukan tugas malam. Perhatikan hal-hal apa saja yang membuatnya suka begadang sehingga Anda dapat menghindarinya, lalu cobalah perlahan-lahan menetapkan jadwal tidur yang lebih baik.

y Perkenalkan ia pada obyek-obyek baru secara bertahap. Misalnya, gantungkan mainan baru di boksnya
untuk 1-2 menit, lepaskan dan pasang lagi beberapa saat kemudian untuk waktu sedikit lama. Begitu seterusnya sampai ia siap untuk menerima dan menikmati mainan baru tersebut.

y Mintalah orang-orang "baru" untuk tak langsung mendekati si kecil. Mula-mula mereka bisa menatap si
kecil dengan jarak agak jauh dan mengajaknya bicara dari kejauhan pula. Minta mereka sering hadir dan menyapanya sampai akhirnya si kecil tak merasa asing lagi.

y Perkenalkan satu jenis makanan baru secara bertahap, mulai dari jumlah yang sangat sedikit. Jangan
tambah dengan makanan baru lainnnya sebelum si kecil dapat menerima makanan baru pertamanya.

y Hindari membeli botol susu baru dengan bentuk atau warna yang sangat berbeda. Begitu pun barangbarang lain untuk keperluan si kecil seperti seprei, selimut, dan sebagainya.

Kenali jenis muntah bayi
Muntah sehabis diberi makan atau disusui bila muntahnya berwarna hijau tua. Hal ini menunjukkan ada kelainan pada saluran pencernaan si bayi, yakni ada sumbatan di bawah usus halus. Warna hijau tua pada muntah merupakan cairan dari empedu yang keluar. Kadang kalau ada sumbatan, meskipun si bayi tidak makan, ia bisa muntah karena cairan empedu keluar dan enzim-enzim lain tak bisa lewat.

Pemakaian gurita pada bayi menyebabkan muntah

Apakah Anda masih memakaikan gurita pada si kecil? Bila ya, sebaiknya segeralah hentikan. Sebab, seperti dituturkan dr. Kishore R.J., SpA dari RSIA Hermina Podomoro, pemakaian gurita dapat menyebabkan bayi muntah. Pemakaian gurita membuat lambung si bayi tertekan. Bila dalam keadaan seperti itu si bayi dipaksakan minum, maka cairannya akan tertekan dan menjadi muntah.

Panduan langkah demi langkah memandikan bayi
Untuk melengkapi artikel sebelumnya, setelah perlengkapan bayi sudah disiapkan, tibalah saatnya melakukan 'pemanasan' pada bayi. Pemanasan tersebut adalah membersihkan bagian tertentu badan bayi, yang perlu perhatian khusus. Secara umum biasanya yang perlu dibersihkan lebih dulu sebelum mulai memandikan bayi adalah mulut, mata, telingan dan alat kelaminnya. Usai pemanasan, lakukan langkah-langkah berikut: 1. Taruh bayi di atas perlak. Lepaskan kasa pembungkus pangkal talit pusat bila tali pusatnya belum puput.

Perlengkapan untuk memandikan bayi
Pada artikel sebelumnya telah kami sebutkan, bahwa memandikan bayipun ada cara yang benar. Untuk itu diperlukan perlengkapan yang sesuai agar acara memandikan bayi lancar, dan tidak tertunda yang mungkin saja menyebabkan bayi kedinginan, atau yang lainnya. Ada baiknya ibunda perlu menyediakan atau menyiapkan perlengkapan di bawah ini sebelum memandikan. Dan untuk calon ibu bisa menjadi acuan saat berbelanja untuk menyambut lahirnya si bayi.

y Bak Mandi
Isi bak mandi bayi dengan air hangat. Ukurannya setinggi setengah bak mandi bayi.

Bayi jangan cuma dilap, mandiin dong!
Sebagai ibu mustinya siap untuk merawat bayinya, salah satunya adalah dengan memandikan. Tidak perlu takut walaupun pusar belum puput, asal tidak di'apa-apain'. Selain itu memandikan juga dengan cara yang benar dan sehat. Beberapa ibu, karena takut ini malah hanya melap badan si bayi, yang tentu saja tidak bersih, dan bayipun merasa kurang nyaman.

Perlengkapan untuk bepergian bersama bayi.
Agar acara jalan-jalan menjadi menyenangkan, jangan lupa siapkan daftar berikut.

y Obat-obatan
Terutama untuk pertolongan pertama seperti obat penurun panas, minyak kayu putih, minyak telon untuk menghangatkan tubuhnya.

y Mainan
Bawakan sejumlah mainan agar ia tak bosan dengan mainan yang itu-itu saja. Mainan juga berguna

untuk mengusir rasa bosan dalam perjalanan yang memakan waktu lama. Atau kala si bayi sulit diberi makan, perhatiannya bisa dialihkan ke mainan saat menyuapinya.

Persiapan mengajak jalan-jalan bayi.
Bayi juga bisa jenuh, lo, kalau di rumah terus. Sesekali ia perlu diajak bepergian. "Itu penting untuk pengenalan lingkungan. Dia bisa beradaptasi dengan orang dan alam sekitar. Baik itu lingkungan tetap maupun yang bergerak," ujar dokter spesialis anak RSIA Hermina Podomoro, dr. Erita Ilyas, Sp.A. Meski begitu, anak usia di bawah 28 hari, tak disarankan untuk diajak bepergian. Alasannya, bayi seusia itu masih riskan beradaptasi dengan lingkungan luar. "Idealnya, sejak ia menginjak usia 6 bulan. Di umur itu, bayi sudah mendapat sejumlah imunisasi untuk daya tahan tubuhnya.

Tips mengajak bicara pada bayi
1. Jangan Gunakan Kata Ganti Bayi kecil masih sulit memahami "aku", "saya", "kamu", atau "dia". Itu bisa berarti ayah, ibu, atau nenek, atau bahkan dirinya sendiri, tergantung dari siapa yang mengajaknya berbicara. Jadi, sebut diri Anda sebagai "Ibu", "Mama", atau "Bunda", tergantung sebutan yang Anda pakai untuk membahasakan diri Anda kepada si bayi. Begitupun sebutan "Ayah", "Kakek", "Nenek", dan lainnya. Anda dan orang lain pun harus menyebut atau memanggil si bayi dengan namanya.

Mengajak bayi bicara itu penting lho!
Ah, bagaimana mungkin? Bayi, kan, belum bisa berbicara. Jangan-jangan nanti dikira enggak waras. Mengapa penting mengajak bayi berbicara? Jangan takut dianggap tak waras kala Anda mengajak si mungil berbicara. Bayi memang belum bisa berkata-kata, tapi tak berarti ia tak mampu untuk diajak berbicara. Para ahli menganjurkan orangtua agar mulai mengajak berbicara anak sejak ia lahir dan jangan pernah berhenti. Biasakan untuk selalu mengomentari apa saja yang Anda lakukan terhadap si bayi. Misalnya, saat mengganti popok, memandikan, menyusui, dan sebagainya.

Lahir prematur, beragam faktor penyebabnya.
1. FAKTOR IBU

y AntroprometrisBila postur ibunya kerdil (short stature) dapat mempengaruhi janin di rahimnya, yaitu tak
bisa mengembang dengan sempurna.

y Masalah GiziSemisal kurang gizi atau anemia pada ibu sehingga menyebabkan pertumbuhan janin
terhambat. Pertumbuhan janin terhambat dalam waktu lama akan mempengaruhi kelahiran bayi sebelum waktunya.

y Kondisi Servik Uteri Yaitu leher rahim yang lemah. Misal, setiap bayinya berkembang besar, servik uteri
ibunya ingin membuka terus, sehingga bayi terpaksa lahir.

Membersihkan alat kelamin bayi

Pernahkan anda mengamati bokong bayi anda. Kulit bayi sangat sensitif dan gampang iritasi. Bagian lipatan seperti bokong dan sekitar alat kelamin menjadi bagian yang nyaman untuk tumbuh kembang bakteri. Membersihkan alat kelamin dan area sekitarnya pada tiap kali mengganti popok adalah tindakan bijaksana. Selain dapat menghindari kulit merah dan gatal di bokong, juga menjaga kebersihan alat kelamin. Tips berikut dapat membantu Anda.

y Selalu cuci tangan Anda lebih dulu sebelum mengganti popoknya. Letakkan si kecil di tempat tidurnya,
lalu gulung bagian bawah bajunya hingga ke dada.

y Sebelum membuka popoknya, alasi bagian bawah dengan tisu sekali pakai yang cukup lebar dan tebal.
Khusus si Buyung, biasanya akan kembali pipis sesaat Anda membuka popoknya. Tunggu beberapa saat sampai ia pipis lagi, baru buka popoknya.

y Bersihkan bagian yang kotor dengan tisu lembut. Sebelumnya, selalu sediakan tempat sampah di dekat
kaki Anda sehingga Anda bisa langsung membuang kapas itu setelah usai gunakan. Jangan letakkan sisa-sisa tisu/kapas di dekat si kecil.

y Setelah kotoran dibersihkan, ambil kapas bersih yang dibasahi air hangat, lalu bersihkan lagi bagian itu. y Kemudian ambil kapas bersih dan basahi dengan air hangat atau baby lotion. Usapkan mulai dari
bagian pusar menuju pangkal paha bagian dalam dan luar. TAMBAHAN UNTUK BAYI PEREMPUAN Ambil kapas bersih yang dibasahi air hangat/baby lotion, usapkan di daerah sekitar vagina. Mulai dari lipatan-lipatan paha bagian dalam sampai ke pangkalnya. Ambil lagi kapas bersih yang dibasahi air hangat/baby lotion. Pegang kedua kaki si kecil, angkat. Bersihkan area sekitar vagina dan anus. Selalu dimulai dari bagian belakang lalu ke arah depan, untuk menghindari bakteri yang terdapat di sekitar anus menuju vagina. Bersihkan hanya di daerah bibir vagina. Jangan menyentuh daerah yang lebih dalam.

Setelah itu, dengan tisu lembut yang kering, bersihkan lagi daerah pantat, paha, dan panggul. Lalu, singkirkan alasnya. Bersihkan daerah di lipatan-lipatan paha dengan tisu lembut yang kering. Sekali lagi, usap lembut dengan tisu bersih, daerah yang akan ditutup popok hingga mengering betul. Biarkan si kecil tanpa popok untuk beberapa saat agar bagian bawah tubuhnya terkena udara. Akhirnya, usapkan lotion di bagian luar vagina dan anus. Juga di lipatan-lipatan paha bagian dalam. Setelah itu baru si kecil dipakaikan popok yang baru. TAMBAHAN UNTUK BAYI LELAKI Ambil kapas bersih yang dibasahi air hangat atau baby lotion untuk membersihkan buah zakar (testicles) dan daerah sekitarnya. Ambil lagi kapas bersih yang dibasahi air hangat/baby lotion, bersihkan daerah pangkal paha termasuk lipatannya dan penisnya. Sekali lagi bersihkan daerah penis dan testicles untuk membersihkan air seni yang tersisa. Usap lembut daerah yang kulitnya sangat sensitif ini. Sekarang bersihkan bagian anus dengan cara mengangkat kedua kaki si kecil. Juga bersihkan lipatan-lipatan di sekitar anus. Setelah bersih, angkat alasnya. Bersihkan sekali lagi daerah yang akan ditutup popok. Biarkan si Buyung beberapa saat tanpa popok. Untuk menghindari air seni yang ke mana-mana bila ia pipis lagi, tempelkan tisu yang tebal di penisnya. Sebelum memakai popok bersih, oleskan lotion di daerah atas dan bawah penis, tapi bukan di batangnya; sekitar testicles, daerah anus dan pantat.

Mengatasi Rambut Rontok
Sumber: ibu ibu DI

Tanya Apa resep untuk menebalkan dan mencegah kerontokan rambut? Ketika SMA, rambutku panjang dan lumayan tebal. Tapi sejak terkena tipus, jadi rontok, dan tidak bisa lagi panjang lewat bahu. Apa iya efeknya sampai sekarang? (Nd) Sebetulnya, ada tidak hubungan rambut rontok dan setelah melahirkan? Sampai saat ini, rambutku masih rontok. [mi] Apakah iklim mempengaruhi kerontokan rambut juga? Sejak pindah ke luar negeri, rambutku jadi sering rontok, apalagi kalau winter. Padahal perawatannya sama saja dari dulu hingga sekarang. Tetapi memang tidak memperhatikan cuaca, dan aku merasa rambutku tetap saja seperti dulu, tetap tidak kering dan cenderung berminya. Rambutku tipe normal cenderung berminyak, biasanya keramas seminggu dua kali atau lebih. (Ec) Jawab Coba pake hair tonic Neo Leaf, bikinan Jepang. Aku biasanya beli di Ps. Baru di tempat

yang jual alat-alat salon. Ada 2 kemasan, yang 120ml Rp. 100.000, yang 240 ml Rp. 185.000 / 180.000 (tergantung nawarnya). Memang agak mahal, tapi lumayan ampuh buat aku dan temen-temenku yang sudash mencobanya. [ss] Sudah coba Neril? Lumayan ampuh, dulu aku sempat rontok sampai pitak, dan aku telatenin cream bath dan pakai Neril setiap habis keramas. Tumbuh lagi dan malah lebih tebal. Ada temanku yang bilang, coba pakai hair lotion untuk bayi. [mt] Waktu habis melahirkan juga rambutku rontok parah banget sampai bagian depan kepalaku rada eboni. Trus aku rajin pake Neril Hair Tonic setiap kali habis keramas (dua hari sekali), dan ternyata efektif lho. Rambutku tumbuh lagi. Sampai sekarang aku masih terus pake Neril. (Ml) Tanteku (usianya kira-kira 48 tahun sekarang) kan rambutnya juga eboni bagian depannya (kayak laki-laki saja), oleh mertuanya diberi minyak arab yang diimpor langsung dari sana (maaf tidak tahu namanya). Tapi baunya amit-amit deh. Sama dia diakalin dengan dicampur biang minyak wanginya Body Shop itu lho. Aku lupa yang wanginya apa, soalnya kalau salah nyampur bisa lebih heboh lagi baunya. (Mt) Coba pakai Nature, mujarab dan murah meriah lagi. (Lt) Biasanya umur anak 5 bulan, baru deh rontok-tok-tok itu rambut tidak kira2. Kalau orang dulu bilang : kena iler anaknya (soalnya pas umur segitu, anak ileran, mau tumbuh gigi). Tidak ada hubungan dengan iler padahal. Hubungannya sama hormon dalam tubuh kita yang pelan2 berubah menuju ke keseimbangannya sesudah melahirkan. Nanti juga tumbuh lagi. Meskipun kedengarannya sadis, tapi bener loh, biarin saja rontok sampai puas nanti tumbuh lagi kok seperti sediakala. (Ri) Terus terang aku belum pernah dapet info yang menjelaskan secara logika hubungan anantia melahirkan dengan rambut rontok. Tapi aku memang mengalami waktu anakku umur 4-5 bulan, rambutku mulai rontok dan makin lama makin banyak. Berhentinya baru sekitar tiga bulan kemudian. Aku rasa itu ada pengaruhnya sama hormon kali ya. (Ml) Kata orang tua dulu, kalau anak mulai pintar nyembur (usia 3-4 bulan), biasanya rambut ibunya mulai rontok. Aku mengalaminya 2 kali, setiap anakku melewati usia itu rambutku rontok, dan setelah anak tidak nyembur lagi, rontoknya juga berhenti. Jadi aku tidak terlalu kuatir, harus treatment ini itu ke rambutku. Menurut langganan salonku, kalau lagi rontok jangan dicreambath dulu, treatmentnya malah membuat rambut makin rontok. (Ir) Mungkin memang karena banyak zat makanan ibu yang tersedot oleh anaknya, jadi rambut ibunya tidak kebagian makanan. Selain itu juga kalsium, oleh karena itu ibu harus rajin mengkonsumsi kalsium biar tidak kekurangan. Hebat ya pengorbanan jadi ibu itu. (Dn) Kata temenku yang 2 tahun di Jerman, memang kalau orang Indonesia ke Jerman banyak yang rambutnya jadi rontok karena air di sana, terutama air panasnya mengandung banyak chlor. Terus, kata temenku itu juga, yang terkenal bagus di Jerman itu Bonacure. (Ss) Pengalamanku dulu, memang iklim itu berpengaruh banget (ini buat aku ya, jadi belum tentu buat yang lain juga demikian). Dulu, 6 bulan aku di London, kondisi kulit kepalaku lumayan kacau sampai berketombe. Padahal sebelumnya bisa dikatakan tidak pernah mengalami hal itu. Selama di sana, akupun masih tetap menggunakan produk Indonesia, karena memang aku bawa shampoo yang biasa aku gunakan sehari-hari. Lalu sekembalinya dari Inggris, aku langsung ke Singapore juga selama 6 bulan. Nah pas di S'pore ini aku tidak melakukan treatment apa2 tapi kurang dari 2 minggu ketombeku hilang. Jadi aku sendiri menyimpulkan kemungkinan besar karena faktor iklim yang berbeda atau kelembaban. Mungkin yang dialami bukan berketombe tapi

kerontokan tapi penyebabnya mungkin saja sama seperti yang aku alami, kalau sebelumnya tidak punya masalah dengan itu. Atau mungkin juga rambutmu sudah panjang, karena ada beberapa orang yang akar rambutnya tidak kuat kalau rambutnya panjang makanya jadi rontok, jadi mesti pendek terus kalaupun pengen panjang palingan ya sebahu. Gitu saja sharing dari aku. Apa mungkin kamu keramasnya pakai hot water? itu juga berpengaruh deh kayaknya ke kulit kepala atau ke akar rambut. (Ss) Sepertinya pemakaian hot dan cold water memang berpengaruh. Waktu aku baru datang dulu, kan ampir masuk herbst, jadi kalau mandi dan keramas pake air hanget. Alhasil rontok deh rambut, sampai sedih, wong rambut cuma segitunya rontok lagi. Masuk Sommer aku mandi dan keramas pakai air dingin, rontokku berkurang. Sekarang udah agak dinginlagi, dan mandi pake air hangat lagi, rontoknya jadi banyak lagi. Rambut panjang pendek juga pengaruh nampaknya, Aku pribadi kayaknya tidak bisa rambut panjang, sebahu udah poll deh, lebih dari itu ngaturnya susah, rontok lagi. Selain itu rambur dikeringin pake Hairdryer itu juga pengaruh sama rambut rontok. (Mi) Pake shampo yang Mild. (Sk) Kalau ada kemiri di dapur, digongseng saja (goreng tanpa minyak) terus diulek, dan minyak yang keluar di gosok2 ke kulit kepala, diamlanselama 10 menit, terus rambut dicuci shampoo biasa. Murah meriah dan alami (non-chemical), apalagi yang lagi menyusui. Dulu aku sempat rontok rambutnya, pake kemiri terus tumbuh tebal lagi. (Sn) Memang di negara 4 musim, rambut gampang rontok. Coba pakai hair tonic kadus, yang ampul. Mungkin ada di Jerman, soalnya itu buatan Jerman. Lumayan bisa mengurangi rontok. Atau pakai shampoo yang untuk rambut berminyak. Dan setelah keramas dengan air hangat, siram dengan air dingin agar pori-pori tertutup. (sn)

Tanya Aku punya masalah dengan rambut. Rambutku lurus dan tipis sekali dan juga suka rontok. Jenis rambutku berminyak, sehingga setiap hari, aku selalu keramas. Aku suka mengeringkan rambut dengan menggunakan hair dryer karena rambutku susah diatur. Apa ada diantara ibu-ibu yang punya masalah seperti aku ? Aku minta sarannya dan info tentang obat apa yang paling mujarab menghilangkan kerontokan rambut ini.(AN) Jawab Aku sendiri belum pernah mengalami masalah rambut rontok sampai parah, meskipun setelah melahirkan. Biasanya kalau aku sisiran, rambut diposisikan terbalik. Nyisirnya dari arah bawah keatas dengan sedikit penekanan. Setelah selesai, rambut dikembalikan ke posisi semula dan disisir biasa. Sebelum keramas, aku biasanya pakai minyak cem-ceman dari Mustika atau Sariayu. Setelah keramas aku oleskan dengan tonik penyubur rambut. Alhamdulillah tidak pernah rontok. Hanya setelah ada si kecil kegiatan tersebut jarang dilakukan.( (DIW) Mungkin karena sering dicreambath, kalau kulit kepala kita dipijat dengan benar sih tidak apa-apa, begitu juga dengan disteam. Konon yang bikin rontok itu uap steamernya (cmiiw). Kalau creambath sebaiknya tanpa steamer. Aku juga mengalami masalah rambut rontok. Sekarang lagi aku kasih lidah buaya. Alhamdulillah rontoknya mulai berkurang. Khusus untuk perawatan ini aku sengaja memotong pendek rambutku. Rencananya mau aku seling dengan perawatan rambut pakai teh basi.(DH) Kalau rambut rontok, dicreambath bakal makin rontok. Teorinya, pada saat rambut dan kulit kepala basah, rambut punya masa paling sensitif untuk rontok. Kalau bisa saat masih basah rambut tidak usah diutak utik. Kalau disisir juga setelah kering.(TM) Aku punya pengalaman masalah rambut rontok, bukan aku yang mengalami tetapi

almarhum adikku. Dulu adikku pernah panas berat dan rambutnya rontok seperti kena kemoteraphi. Dulu aku cukup telaten dengan memberi lidah buaya dengan pijatan sedikit. Lendir lidah buaya kita gosok di kulit kepalanya. Setelah itu didiamkan sebentar dan adikku keramas pakai shampo dari Rudy Hadisuwarno yang mengandung ginseng. Lalu dilanjutkan dengan hair toniknya dari Rudi juga. Alhamdulillah, rambutnya tidak rontok lagi dan tumbuh subur.Lucunya rambutnya tumbuhnya seperti rambut bayi. Pokoknya aku terkesan dengan hasil kami. Tidak lama, rambutnya adikku kembali normal, tidak rontok lagi. (ST) Bicara tentang memberdayakan tanaman lidah buaya, rasanya setiap punya tanaman lidah buaya kok selalu mati ya ? Alhasil aku bisanya hanya minta sana sini ke teman-teman sampai malu hati. Bagaimana caranya memelihara tanaman lidah buaya ini? Lalu kalau pakai teh basi diapakan ke rambut ?(AN) Teh yang tidak habis waktu malam (beserta ampasnya yang masih ada di dalam termos) ditaruh di rantang, lalu didiamkan semalam di luar rumah yang tidak beratap (biar kena embun). Baru pada pagi hari dipakaikan ke rambut dengan ditepuk-tepuk ke kepala/rambut, tidak usah dibungkus handuk, karena tidak lengket. (tehnya tanpa gula)Didiam sebentar baru dikeramas. Tetapi sepertinya rambut jadi lebih lepes. (DH) Problem And kebalikan dari problem aku. Karena dirumahku tanaman yang subur hanya lidah buaya. Mungkin lidahbuaya ini tahu kalau yang punya rumah rambutnya tipis semuanya.(EB)

Berikut sekilas bahasan penyebab anak susah makan & tips singkat mengatasinya : 1. Bosan dengan menu makan ataupun penyajian makanan. Menu makan saat bayi (> 6 bl) yg itu-itu saja akan membuat anak bosan dan malas makan. Belum lagi cara penyajian makanan yg campur aduk antara lauk pauk spt makanan diblender jadi satu. Sama spt orang dewasa, kalau kita makan dg menu yg sama tiap hari dan disajikan dg campur aduk, pasti akan malas makan. Begitu juga dg pengenalan makanan kasar. Tips : Tentu saja variasikan menu makan anak. Jika perlu buat menu makan anak min. selama 1 minggu utk mempermudah ibu mengatur variasi makanan. Jadi tergantung pinter-pinter- nya ibu memberikan makanan bervariasi. Spt kalau anak gak mau nasi, kan bisa diganti dg roti, makaroni, pasta, bakmi, dsb. Penyajian makanan yg menarik juga penting sekali. Jangan campur adukkan makanan. Pisahkan nasi dg lauk pauknya. Hias dg aneka warna & bentuk. Jika perlu cetak makanan dg cetakan kue yg lucu. 2. Memakan cemilan padat kalori menjelang jam makan , sehingga anak tidak merasa lapar. Seperti permen, minuman ringan, coklat, hingga snack ber-MSG, dsb. Akibatnya ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan. Tips : Atur makanan selingan atau cemilan jauh sebelum waktu makan tiba. Beri juga cemilan yang sehat spt potongan buah, sayur kukus, keju, yoghurt, es krim, cake buatan ibu, dsb. 3. Minum susu terlalu banyak Susu di banyak keluarga dianggap sebagai makanan dewa yang bisa menggantikan makanan utama spt nasi, sayur & lauk pauknya Orangtua cenderung kurang sabar memberikan makanan kasar. Atau orang tua sering takut anaknya kelaparan, sehingga makanan diganti dengan susu..Akhirnya, daripada perut si anak tidak kemasukan makanan, diberikan saja susu berlebihan. Padahal setelah anak berusia 1th, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Kan kalsium dan fosfor ini dengan mudah kita dapatkan

dalam ikan-ikanan, sayur & buah. Tips : Kurangi susu ! Di atas usia 1 tahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari. Mulailah melatih anak dg berbagai jenis makanan. Ubah pola pikir orangtua. 4. Terpengaruh kebiasaan orang tuanya. Anak suka meniru apa yang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya, terutama orang tuanya. Banyak perilaku yg dilakukan ortunya ygmempengaruhi perilaku makan anak. Mis. anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang malas makan (ex. diet), akan mengembangkan perilaku malas makan juga. Perilaku lainnya, sering kita jumpai orang tua masih menyuapi anak yang sudah kelas V SD. Akibatnya anak gak terlatih untuk bisa makan sendiri. Perilaku makan yang kurang pas juga spt kebiasaan ortu ketika menenangkan anak yg sedang rewel dengan cara membelikan jajanan yang padat kalori (permen, minuman ringan, coklat, dsb.). Akibatnya anak kekenyangan & malas makan. Tips : Perhatikan & ubah kebiasaan & perilaku orang tua kapanpun, termasuk perilaku makan. Ingat, anak merekam, belajar & menerapkan semua hal yg ia dapat dari lingk sekitarnya, terutama ortunya. Biarkan anak mencoba memakan makanan sendiri sejak dini, tanpa disuapi. Gak perlu takut berantakan. Feeding is about learning. 5. Munculnya sikap negativistik è fase normal yg dilewati tiap anak. Pada usia >2 th, anak sering membangkang / tidak mau patuh. Saat makan tiba, anak terkadang bilang gak mau, makanannya suka dilepeh atau dilempar, dsb. Ini disebut sikap negativistik. Sikap negativistik merupakan fase normal yg dilalui tiap anak usia balita. Sikap ini juga suatu bagian dari tahapan perkembangannya untuk menunjukkan keinginan untuk independent . Jadi batita umumnya ditandai dengan AKU, artinya segala sesuatunya harus berasal dari AKU bukan dari orang lain; intinya power. Nah banyak ortu yg gak memahami hal ini, sehingga lantaran khawatir kecukupan gizi anak tidak terpenuhi, orang tua biasanya makin keras memaksa anaknya makan. Ada ortu yg mengancam anaknya bahkan memukul. Cara2 tsb harus dihindari. Justru semakin anak pd usia ini dipaksa, justru akan makin melawan (sebagai wujud negativistiknya) . Realisasinya apalagi kalau bukan penolakan terhadap makanan. Bisa dimaklumi kalau ada orang yang sampai dewasa emoh makan nasi atau sama sekali tak menyentuh daging. Bisa jadi sewaktu masih kecil yang bersangkutan sempat mengalami trauma akibat perlakuan orang tuanya yang selalu memberinya makan secara paksa. Tips : Pahami kondisi anak dg baik. Jadilah ortu yg otoritatif. Artinya bersikap tidak memaksa, tetapi juga tidak membiarkan begitu saja. Bina komunikasi yg baik dg anak. Bersabarlah menghadapi anak. Kan rumah adalah madrasah pertama & utama bagi anak. 6. Anak sedang sakit / sedih Anak tidak mau makan dapat juga disebabkan krn anak sedang sakit atau sedang sedih. Kalau semula anak terlihat aktif, riang dan cerewet, maka di kala sakit ia lebih suka diam dan terlihat malas-malasan. Tips : Kembali pada konsep bina komunikasi yg baik. Jangan paksakan anak kalau gakmau makan. Beri makanan ringan yg padat kalori, spt makaroni skutel, dsb. Yg jelas dan perlu diingat baik2 oleh tiap ortu adalah, seberapapun anak gak mau / susah makan, ia tidak akan membiarkan dirinya kelaparan ! Selama mentalnya sehat. Artinya, begitu ia kelaparan, maka ia akan makan. Tetap kreatif mengolah & menyajikan makanan, bina komunikasi yg baik, terus belajar menjadi ortu & memahami kondisi anak, dan bersabar.

Luluk Lely Soraya Ditulis bebas & dirangkum dari berbagai sumber. sumber : milis SEHAT

Pengaruh Musik pada Anak
By Staff FFI Wednesday, 19-September-2007, 15:49:00 3748 clicks

Penelitian membuktikan bahwa musik, terutama musik klasik sangat mempengaruhi perkembangan IQ (Intelegent Quotien) dan EQ (Emotional Quotien). Seorang anak yang sejak kecil terbiasa mendengarkan musik akan lebih berkembang kecerdasan emosional dan intelegensinya dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik. Yang dimaksud musik di sini adalah musik yang memiliki irama teratur dan nada-nada yang teratur, bukan nada-nada miring. Tingkat kedisiplinan anak yang sering mendengarkan musik juga lebih baik dibanding dengan anak yang jarang mendengarkan musik.

Grace Sudargo, seorang musisi dan pendidik mengatakan, Dasar-dasar musik klasik secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia sehingga ia berperan besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter, bahkan raga manusia. Penelitian menunjukkan, musik klasik yang mengandung komposisi nada berfluktuasi antara nada tinggi dan nada rendah akan merangsang kuadran C pada otak. Sampai usia 4 tahun, kuadran B dan C pada otak anak-anak akan berkembang hingga 80 % dengan musik. Musik sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Musik memiliki 3 bagian penting yaitu beat, ritme, dan harmony, demikian kata Ev. Andreas Christanday dalam suatu ceramah musik. Beat mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmony mempengaruhi roh. Contoh paling nyata bahwa beat sangat mempengaruhi tubuh adalah dalam konser musik rock. Bisa dipastikan tidak ada penonton maupun pemain dalam konser musik rock yang tubuhnya tidak bergerak. Semuanya bergoyang dengan dahsyat, bahkan cenderung lepas kontrol. Kita masih ingat dengan head banger, suatu gerakan memutarmutar kepala mengikuti irama music rock yang kencang. Dan tubuh itu mengikutinya seakan tanpa rasa lelah. Jika hati kita sedang susah, cobalah mendengarkan musik yang indah, yang memiliki irama (ritme) yang teratur. Perasaan kita akan lebih enak dan enteng. Bahkan di luar negeri, pihak rumah sakit banyak memperdengarkan lagu-lagu indah untuk membantu penyembuhan para pasiennya. Itu suatu bukti, bahwa ritme sangat mempengaruhi jiwa manusia. Sedangkan harmony sangat mempengaruhi roh. Jika kita menonton film horor, selalu terdengar harmony (melodi) yang menyayat hati, yang membuat bulu kuduk kita berdiri. Dalam ritual-ritual keagamaan juga banyak digunakan harmony yang membawa roh manusia masuk ke dalam alam penyembahan. Di dalam meditasi, manusia mendengar harmony dari suara-suara alam disekelilingnya. Musik yang baik bagi kehidupan manusia adalah musik yang seimbang antara beat, ritme, dan harmony, ujar Ev. Andreas Christanday. Seorang ahli biofisika telah melakukan suatu percobaan tentang pengaruh musik bagi kehidupan makhluk hidup. Dua tanaman dari jenis dan umur yang sama diletakkan pada tempat yang berbeda. Yang satu diletakkan dekat dengan pengeras suara (speaker) yang menyajikan lagu-lagu slow rock dan heavy rock, sedangkan tanaman yang lain diletakkan dekat dengan speaker yang memperdengarkan lagu-lagu yang indah dan berirama teratur. Dalam beberapa hari terjadi perbedaan yang sangat mencolok. Tanaman yang berada di dekat speaker lagu-lagu rock menjadi layu dan mati, sedangkan tanaman yang berada di dekat speaker lagu-lagu indah tumbuh segar dan berbunga. Suatu bukti nyata bahwa musik sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup. Alam semesta tercipta dengan musik alam yang sangat indah. Gemuruh ombak di laut, deru angin di gunung, dan rintik hujan merupakan musik alam yang sangat indah. Dan sudah terbukti, bagaimana pengaruh musik alam itu bagi kehidupan manusia. Wulaningrum Wibisono, S.Psi mengatakan, Jikalau Anda merasakan hari ini begitu berat, coba periksa lagi hidup Anda pada hari ini. Jangan-jangan Anda belum mendengarkan musik dan bernyanyi. Staff FFI SUMBER: http://www.iqeq.web.id/anak/anak02.shtml

Makanan tambahan untuk bayi 3 bulan?
halo teman-2, saya mau nanya nih, saya punya bayi yang 5 hari lagi genap 3 bulan. bayi saya laki-2. selama ini minum asinya kuat sekali. dan kayaknya gampang sekai lapar. masalahnya, mama saya ngotot sekali kasih dia tajin (air rebusan beras), walaupun hanya beberapa sendok kecil. tapi nyatanya nggak sampai 5 menit dia udah kepengen 'nenen' lagi. skrg mama saya ngotot lagi mau kasih dia pisang. saya agak bingung, emang boleh nggak sih bayi 3 bulan udah makan pisang. oh iya, info lagi, karena saya kerja, bayi saya minum juga susu formula walaupun cuma 2 kali dalam sehari. minta tolong sarannya ya teman-2.

Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
menurut ilmu kedokteran bayi umur 0-6 bulan hanya boleh diberi susu (paling bagus ASI), bayi 3 bln belum boleh dikasih makanan padat karena ususnya belum bisa mencerna makanan padat, kasihan nanti kalo ususnya penuh dengan pisang, sudah pernah ada kejadian demikian sebagai gantinya boleh dicampur dengan air tajin, tapi cuma sekali dalam sehari. mungkin ada pengertian yg salah setiap bayi menanggis bukan berarti dia lapar, coba cek mungkin dia kepanasan, kencing atau lainnya bayi 0-6 bulan refleknya menyedot, jadi walaupun dia tidak lapar, kalo disodorin dia akan langsung menyedot. tanyakan pada dokter anak sewaktu membawa anak imunisasi, kalo takut lupa bikin catatan dirumah untuk ditanyakan ke dokter. Wah sayang ya bu... masih 3 bulan seharusnya hanya ASI Eksklusive.. Makanan tambahan untuk bayi yang baik seharusnya masa 6 bulan, mulai dengan bubur atau biskuit.. Jika belum sebaiknya tetap memberikan ASI, karena ASI baik untuk daya tahan tubuh terutama ASI Eksklusive Jangaaaaaaan.......... Kasihan sibayi............ Anak saya skrg 7 bln, pas umur 5 1/2 bln lbh baru saya perkenalkan makanan tambahan. takut tidak bisa dicerna. Jika bayi anda minum ASI, saya rasa asi anda yg keluar sedikit sehingga sibayi cepat lapar, atau sibayi baru mimik sebentar sdh ketiduran, itu bukan tanda bahwa sibayi sudah kenyang. melainkan sibayi jadi kebiasaan untuk mencium aroma badan si ibu. bayi saya pada usia 3 bln minum susu formula 90 ml 1 1/2 jam s/d 2 jam sekali. kira " ASI yang dimimik sibayi apakah ada sebanyak ini? jika ada, berarti memang tidak cukup, anda boleh menambahkan lagi hingga 105 - 120 ml. Bayi yang berusia dibawah 5 bulan, diusahakan agar minum susu sebanyak"nya. karena jika sdh ada mknan tambahan si bayi akan cendrung suka mkn dari pada minum susu.

semoga bermanfaat bagi anda..... Sebenarnya memberi pisang kepada bayi 3 bulan tidak masalah, asalkan ususnya kuat, tidak tersendak dan mencret. Buktinya banyak bayi zaman dulu dikasih pisang gak ada masalah, begitulah kata orang. Tetapi akan lebih baik lagi kalau ibu baru memberikan makanan tambahan setelah bayi berumur 6 bulan, setelah ususnya kuat. Karena kekuatan usus tiap bayi itu berbeda, ada yang bisa dan tidak. Kalau yang kuat, gak ada masalah, akan tetapi kalau yang tidak kuat, bisa berakibat fatal hingga kematian karena saluran nafasnya tertutup. Mitos memberikan pisang bisa membuat bayi kenyang adalah mitos belaka. Sebenarnya usus bayi harus bekerja ekstra keras untuk memproses pisang tersebut, sehingga penyerapannya menjadi lambat. Ini yang membuat orang mengira, bayi menjadi kenyang setelahnya. Saya suka membantu di puskesmas, sudah banyak bayi yang diberi makanan tambahan oleh ibunya bahkan sejak 2 minggu kelahirannya. Saya perhatikan, ada efek dari pemberian makanan padat terlalu dini. Setelah anak tumbuh lebih besar, nafsu makannya menjadi berkurang dan susah makan. Mungkin ini efek dari usus bayi yang masih begitu kecil di paksa memproses makanan padat sehingga perkembangan ususnya mengalami gangguan. Sedangkan untuk air tajin, lebih baik tidak diberikan kalau ibu memang masih sanggup memberikan asi dan susu formula kepada bayi ibu. Karena kandungan gizi dari air tajin tidak sebanding dengan asi dan susu formula. Badan bayi ibu boleh gemuk karena air tajin, tetapi perkembangan otak bayi ibu tidak akan bisa sejerdas bayi lain yang diberikan asi exclusive. Berikan asi ibu sebanyak mungkin, ibu bisa menyimpannya di kulkas dan di hangatkan kembali dengan di celupkan di dalam air panas. Atau ibu bisa memberikan susu formula sebagai tambahan asi. Kalau ibu menyentuh pipi bayi, dan ada reflek mengenyot, itu pertanda bayi ibu lapar. Tetapi jika tidak, mungkin bayi ibu kepanasan, kedinginan, ngantuk atau ingin di ajak bermain. Tentunya ibu sudah bisa memilih mana yang terbaik buat bayi mungil ibu. Semoga bermanfaat.... :) pake pisang juga gpp kog. asal si bayi gag nunjukkin reaksi alergy dll setelah maem pisang. tetangga saya juga malah ngashe biskuit milna. 3 keping sekali maem. sebenerny jelekny tuh antara lain obesitas. susu formula?klo asiny banyak. di ttampung ajagh. klo di kulkas bisa ampe 24 jam klo gag salah. tanya dktr ajAgh kay soa; asi inigh
o

Bayi umur 3 bulan sebaiknya belum diperkenalkan makanan tambahan. setelah 4 bulan, biasanya baru diperkenalkan makanan tambahan. untuk memenuhi keinginan makannya saran saya perbanyak saja asi dan susu formula yang diberikan. asi adalah makanan paling baik untuk bayi, dan susu formula telah disesuaikan dengan kondisi tubuh bayi. setelah dia berumur 4 bulan baru berikan tambahan makanan lainnya, seperti pisang ataupun bubur susu. anak laki-laki memang cenderung banyak makan. berikan dia asi sesering mungkin, kalo mbak nggak ada baru kasih susu formula. semoga anaknya tatap sehat ya
o

sebaiknya jgn dl dikasih makan tambahan apapun! ingat sekarangkan ASI Ekslusif itu sampai usia 6 bulan! jadi cuma diberikan ASI saja, itu sangat bagus sekali! klo mau dikasih makan ya setelah umurnya 6 bulan! itu jg cm dikasih bubur susu sama buah2an!
o

Halo............. Sebaiknya jangan diberikan makanan lain selain asi dan susu formula sebelum bayi berumur 4 bulan. karena akan merusak pencernaan bayi dan belum tentu bayi bisa menerimanya salah2 malah mencret. Kalau tajin gak masalah karena berupa air bukan makanan padat jadi tidak masalah kalau diberikan kepada bayi umur 3 bulan. Kalau pisang sudah termasuk makanan padat belum boleh diberikan sebelum 4 bulan. Makanan padat pertama bayi adalah saat usia bayi mencapai 4 bulan dan hanya boleh dikasih : bubur susu, bubur saring, bubur tim. Untuk awal pemberian jangan dikasih sayuran apa2 dulu cukup dengan gula anggur saja, setelah 2 minggu bayi sudah terbiasa, boleh ditambah salah satu jenis sayuran seperti : wortel, tomat, kentang dalam jumlah sedikit dulu kemudian baru ditambahkan sedikit demi sedikit sampai jumlah yang biasa. kalau sudah terbiasa dengan sayuran baru boleh ditambah buah2an. agar bayi tidak mencret semua makanan yang belum pernah dikasih pertama kali harus dikasih dalam jumlah sedikit. 8 bulan bayi boleh makan bubur tanpa disaring dan 12 bulan bayi boleh makan nasi. Semoga bermanfaat.............

Perkembangan Anak:

Bayi 1 - 2 Bulan
al yang penting untuk dikembangkan pada bayi usia 1-2 bulan adalah rasa "percaya". Rasa "percaya ini merupakan syarat penting bagi anak untuk mengembangkan dirinya sendiri. Jika anak "percaya" bahwa kebutuhannya selalu ditanggapi oleh orang tuanya, ia akan semakin berani untuk menjelajahi dunia yang lebih luas dan lebih berani mencoba hal-hal yang baru. Rasa "percaya" ini dapat dimiliki oleh anak yang mempunyai "kelekatan" (attachment) yang kuat dengan orang tuanya. "Kelekatan" itu harus dibina bukan saja pada saat bayi lahir tapi juga selagi masih dalam kandungan.

BAYI 0 - 1 BULAN
"Kelekatan" hanya bisa tercipta jikalau anda mengenal bayi anda dan anda hanya bisa mengenal bayi anda jikalau anda mengurus sendiri bayi anda sejak awalnya. Jika anda sedang menantikan kelahiran bayi pertama, saya anjurkan untuk memilih "lahir normal" (jika memungkinkan). Sekalipun kedengarannya lebih mengerikan dibandingkan dengan operasi, kelahiran normal memberikan µmemory¶ tersendiri antara anda-suami-anak. "Memory" itu dapat mempererat hubungan anda dengan bayi anda dan juga antara suami dan bayi anda. Saya juga anjurkan anda untuk memilih tidur sekamar dengan bayi anda. Jikalau suami tidak keberatan, keberadaan ayah di tengah malam sangatlah menolong. Memang sangat melelahkan. Jikalau kelahiran bayi anda normal anda anda cukup sehat, usahakanlah untuk tidur bersama bayi anda. Paling sedikit ranjang bayi diletakkan di dekat kamar anda. Jangan biarkan baby sitter menikmati kenangan indah yang hanya beberapa bulan saja. Memang pada usia itu si bayi tidak terlalu perduli siapa yang mengurusnya, akan tetapi justru anda yang perlu perduli siapa yang anda urus. Anda perlu membina rasa µsayang¶ kepada bayi anda melalui rasa lelah mengganti popok yang tak berkeputusan, "never ending night feeding" (menyusu terus-menerus) sampai sakit pinggang, menina bobokan si kecil yang matanya masih melotot selagi mata anda tinggal separoh, dll. Tanpa anda menyadari, anda sebenarnya sedang menanamkan bibit cinta kasih pada diri si bayi yang suatu saat akan memberikan respon balik yang positif pada anda. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengembangkan bakat dan memberikan suasana rohani pada bayi anda: y Nyanyikan lagu-lagu rohani yang riang (lagu-lagu sekolah minggu), jangan tawar hati jika si bayi tidak memberikan respond apa-apa. Suami saya senang menyanyikan lagu "Dengar Dia Panggil Nama saya" sambil bermain-main dengannya. Sekarang dia sangat peka kalau mendengar lagu itu. Hampir setiap kali ia mendengar lagu itu, ia memberikan reaksi tersenyum atau tertawa. Bahkan pernah saat dia tidur (usia 2 bulan), papanya menyanyikan lagu itu, ia mulai terbangun dan tersenyum. Putarkan lagu-lagu klasik (Beethoven, Mozart, Bach, dll.) pada saat anda menyusui atau memandikan si bayi. Menurut Sinichi Suzuki, jika lagu-lagu sulit karya tertentu terus diputarkan dalam waktu lima bulan dia akan mengingat lagu tersebut dengan lengkap. Pada usia lima bulan ia akan tersenyum dan mulai bergerak mengikuti irama lagu yang ia kenal 1). Pada saat usia pendidikan musik dimulai, ia dapat dengan mudah menguasainya. Berbicaralah atau karanglah lagu sendiri pada saat menggantikan popok, menjemur, memandikan, menidurkan. Si bayi tidak perduli kualitas lagu anda, yang dia perdulikan adalah suara yang sama

y

y

yang terus berbunyi di dekatnya. Dalam perkembangan selanjutnya nanti dia akan lebih cepat memberikan respond (mengoceh) pada saat anda menyanyi atau mengajaknya berbicara. y Anda juga dapat mengajaknya berdansa. Gendonglah dengan posisi tegak dan saling berhadapan (seperti jika anda ingin membuatnya bertahak). Kemudian nyanyikanlah lagu-lagu rohani yang riang. Berdansalah dengan bayi anda. Pandanglah matanya selama anda berdansa. Kontak seperti ini akan mempererat hubungan anda dan bayi anda 2). Daya lihat bayi yang baru lahir sangatlah terbatas pada jarak yang dekat, yaitu jarak pasangan yang berdansa atau jarak ibu yang sedang menyusui 3). Bayi anda akan menikmati dan kadangkadang ia tertidur sewaktu berdansa. Dan andapun akan bisa lebih menikmati kebersamaan dengan bayi anda. Ucapkan doa-doa singkat dengan bersuara pada bayi anda dalam keadaan segar, khususnya pada saat anda menyusui atau memberi susu botol. Cara ini sekedar membentuk kebiasaan anda untuk mengajaknya berdoa senantiasa. Dengan berdoa, anda juga dapat menyusui dengan hati yang tenang. Menyusui adalah saat yang paling efektif untuk membina kelekatan dengan bayi. Kebanyakan ibu-ibu memekai 70% dari waktu untuk meyusui untuk memandang bayinya. Bayi belum bisa melihat wajah ibu secara lengkap, hanya garis besar yang buram. Akan tetapi gerakan muka dan mata ibu sangat menarik bagi bayi 4). Jika anda tidak bisa memproduksi ASI, andapun dapat tetap menyusui dengan botol dalam jarak yang dekat. Sekalipun menyusui dengan botol merupakan hal sederhana yang bisa dilakukan oleh baby-sitter, usahakanlah seseirng mungkin memberikan susu sendiri. Usahakan untuk berdoa malam bersama suami di dekat bayi anda, setelah anda menidurkannya di malam hari. Nyanyikanlah lagu-lagu rohani pada saat anda menidurkan bayi anda. Jika ini terus menerus dilakukan, bayi anda akan cepat merasa betah berada di gereja yang menyanyikan lagu-lagu yang sudah dikenalnya.

y

y

y

BAYI 1 - 2 BULAN
Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan pada bayi anda sekitar usia ini: y Sekitar usia 6 minggu, sistem penglihatan bayi sudah mulai berkembang. Pada level ini, bayi mulai memasuki level interaksi sosialnya. Ia mulai menatap wajah ibu dan mulai membesarkan matanya. Pada saat inilah untuk pertama kalinya ibu merasa si bayi memandangi wajahnya dan mulai berinteraksi lebih hangat lagi dengan si bayi.

y

Berikan mainan yang berbunyi di dekat mata bayi dan gerakan dari kiri ke kanan dan sebaliknya, jauh - dekat, dan sebaliknya. Hal ini melatih penglihatan bayi anda. Suatu waktu pada usia 2 bulan, anda akan menemukan bayi anda tersenyum manis pada anda. Bukan lagi senyum refleks pada saat tidur, tapi senyum yang memancing respond anda untuk membuatnya tersenyum lebih lebar. Pada saat inilah anda mengetahui bahwa tiba saatnya peran anda dibutuhkan untuk mulai pendidikan sosial bagi bayi anda. Sekalipun pada usia ini senyumannya belum terarah kepada orang tertentu (karena keterbatasan penglihatan), stimulasi anda sangatlah dibutuhkan. Pada sat bayi tersenyum, anda memberikan respond dengan mengajak berbicara, tersenyum kembali, atau menggelitik dagunya. Bayi akan tersenyum kembali, kadang lebih lebar atau bahkan tertawa dan mengeluarkan suara. Respond bayi ini akan mendorong anda untuk memberikan stimulasi kembali. Maka terjadilah interaksi atau komunikasi yang sederhana antara bayi dan anda. Diketemukan bahwa interaksi seperti ini mempengaruhi perkembangan kecerdasan anak. Anak-anak yang mencapai nilai tinggi dalam test intelegensi telah mendapatkan stimulasi yang baik dari orang tua ketika mereka masih bayi: orang tua mengajak berbicara, tersenyum, bermain, mendengarkan, meniru, dan memberikan respon yang konstan kepada senyuman bayi. 1) Pada usia 2 bulan bayi akan menggapaikan tangannya di hadapan mukanya. Pada saat seperti itu anda dapat membiarkannya sendiri di baby box, dan anda pergi mengerjakan hal-hal lain. Atau , letakkan boneka karet di hadapannya untuk disentuh-sentuh olehnya. Kadang-kadang, ketika anda kembali lagi, ia sudah tertidur. Telungkupkan bayi anda pada saat ia tidak tertidur. Pada usia dua bulan ia sudah bisa mengangkat kepalanya untuk beberapa detik. Jikalau ia berhasil mengangkat kepalanya, berikan tepukan tangan, ciuman, dan senyuman. Latihan seperti ini sangat baik untuk memperkuat otot-ototnya. Kadang-kadang dipertengahan usia 2 bulan bayi-bayi tertentu akan mulai memutar badannya untuk tengkurap sendiri dan mengangkat kepalanya lebih lama dan lebih stabil. Jika hal ini terjadi pada bayi anda, dekatkan wajah anda pada wajah bayi sambil tersenyum dan memberikan semangat. Kadangkadang, letakan mainan di depannya untuk diamati dan merangsangnya untuk mulai maju dan menyentuh mainan itu. Letakkan mainan yang menarik di dekat tangannya. Biarkan dia menyentuh atau memukul-mukulnya. Bayi sangat senang melihat garis-garis muka manusia, binatang, atau boneka. Pilih mainan yang riangan dan tidak berbahaya (terbuat dari karet atau kain lembut). Hal ini melatihnya untuk berhubungan dengan obyek di luar dirinya. Di pertengahan atau akhir usia dua bulan, dia akan mulai memegang mainan sejenak dan melepaskan kembali. Anda dapat membantu mendekatkan mainan yang ringan pada telapak tangannya. Berikan senyum lebar padanya ketika ia dapat menggenggam mainan tersebut. Bayi juga senang melihat tangan yang bergerak-gerak. Sekalipun ia belum bisa mempermainkan tangannya, anda bisa mulai menggerakkan tangan anda pada jangkauan pandangannya. Kepada bayi saya, saya mainkan tangan saya dan tangannya sambil menyanyikan lagu.

y

y

y

y

y

y

Sering-seringlah mendekatkan wajah anda sehingga mudah untuk dijangkau oleh tangannya. Dengan menjamah wajah anda, tersenyum pada anda, ia mulai menjalin kontak dengan anda. Kalau dulu anda yang lebih aktif, kini si bayi mulai aktif. Interaksi ini sangat penting untuk membina kelekatan antara anda berdua. Ajaklah bayi anda ngobrol, pada saat ia tersenyum dan mengoceh. Bayi sangat senang berada di sekitar orang-orang yang mencintainya. Dengan banyak kasih sayang dan ketegasan halus yang ia peroleh, ia kaan menjadi orang yang ramah tamah dan tenggang rasa. 2) Pada saat segar, pelihatkanlah buku Alkitab bergambar sambil bercerita dengan singkat. Si bayi tidak akan mengerti apa yang saudara ceritakan, akan tetapi ia kana senang memperhatikan warna dari gambar-gambarnya. Tidak usah ceritakan secara mendetail karena yang penting hanyalah membiasakan dia untuk mengenalkan Alkitabnya. Selain itu, ini merupakan persiapan bagi anda untuk membangun kebiasaan anda untuk menceritakan Firman Tuhan. Letakan gambar yang mempunyai nilai rohani di dekat meja pengganti popok atau di mana biasanya anda memandikan. Pada saat mandi dia bisa memandang dan mulai mengoceh dan memegang-megang gambar itu. Saya meletakkan gambar malaikat yang menjaga dua anak yang sedang menyeberangi jembatan yang rapuh. Setiap kali bayi saya menetap gambar itu, saya mennyanyikan lagu: "Timothy dijaga malaikat, malaikat dari Tuhan. Dijaga dari s¶gala bahaya, Timothy dijaga Tuhan." Jikalau bayi anda sehat, ajaklah jalan-jalan ke luar sore hari setelah mandi. Terlalu banyak menyekapnya dalam kamar tidak terlalu baik. Khususnya di akhir usia dua bulan, bayi perlu melihat lebih banyak objek-objek baru di luar. Ajaklah dia berbicara atau bernyanyi tentang benda-benda ciptaan Tuhan yang ada di luar. Daun-daunan yang bergerak, sedikit sinar sore, kicauan burung, sepoi-sepoi angin sore, semua itu memberikan pengalaman baru bayi bayi anda. Secara kognitif, dia tidak mengerti. Akan tetapi secara afektif, saya yakin ada sesuatu yang ia peroleh dari kegiatan rutin ini. Ajak anak anda ke gereja (kalau anda terganggu, tidak perlu setiap minggu). Jika anda betul-betul ingin mengurus anak sendiri, anda harus melalui masa dimana anda tidak bisa mendengarkan khotbah denga lengkap dan tenang. Tapi masa-masa itupun akan segera lewat. Sekali-kali menitipkan bayi pada mertua atau teman dekat juga baik untuk kesehatan kerohanian anda. Pada umumnya, setelah melalui bulan pertama, masa-masa melelahkan di tengah malam akan berlalu pula. Bayi anda akan terbangun hanya untuk minum lama, sekitar jam 02.00. Anda tidak perlu terburu-buru melatihnya untuk tidur malam. Nikmatilah saatsaat dimana si kecil mengoceh di tengah malam. Anda tidak perlu marah-marah, tersenyumlah, dan bersyukurlah untuk ocehan di malam hari yang tidak akan anda nikmati di bulan-bulan mendatang.

y

y

y

y

y

y

Inilah masa yang datar, waktu keluarga mulai menyesuaikan kehidupan dengan seorang bayi yang baru. Orang tua mulai tertata hidupnya dan bayi mulai masuk

dalam pola perilaku yang dapat dikenali. "Saat-saat tenang" seorang bayi bisa berubah-ubah dengan masa-masa rewel selama waktu ini, dan bayi mungkin bisa menemukan cara untuk menenangkan diri dan tidak menangis terus: mengisap jari, bolak-balik, atau mencari dan menemukan mainan gantung di atas tempat tidur bayi. Nafas Tersumbat. Bayi yang normal pada usia ini tidak akan bernafas melalui mulut kecuali bila ia kekurangan udara. Akan tetapi, bayi mungkin akan mengalami hidung sesak sama seperti orang lain juga, karena udara kering, debu, atau bulu halus dari selimut. Alat pelembab di kamar bayi mungkin dapat membantu. Juga dapat membantu kalau tempat tidur bayi di bagian kepala dinaikkan beberapa inci sehingga bayinya dapat menelan udara yang keluar dari hidung. Kalau banyak lendir mengumpul di hidung, beberapa dokter anak akan menganjurkan agar beberapa tetes larutan garam (1/4 sendok teh garam dalam 240 cc air disterilisasi dengan mendidihkannya selama 3 menit) digunakan untuk membersihkan hidung tersebut. Namun, penanganan seperti ini umumnya belum diterima secara menyeluruh. Beberapa praktisi percaya tindakan ini hanya akan menambah iritasi hidung, dan menyebabkan produksi lendir lebih banyak lagi. Menangis dan kolik. Pada bulan-bulan pertama, menangis sebenarnya hanya merupakan cara seorang bayi untuk berkomunikasi. Menangis sering menandakan rasa lapar, tetapi tidak selalu. Bayi mungkin merasa terlalu panas atau terlalu dingin, basah, takut, atau hanya merasa tidak enak badan. Bayi mungkin sering menangis khususnya selama beberapa hari setelah tiba di rumah dari rumah sakit, karena ia harus menyesuaikan diri dengan rutinitas baru. Bayi yang masih muda sering menangis lama meskipun tidak ada apapun yang terjadi. Beberapa dokter mengatakan bahwa seorang bayi tidak mempunyai cara lain untuk menenangkan diri atau keluar dari proses yang membuatnya lemah karena belajar tentang dunia ini. Bayangkan seperti apa ini, dengan tidak mengerti apapun yang dilihat atau didengar seseorang, tergantung pada orang lain untuk memperoleh setiap rasa nyaman dalam hidupnya. Tentu saja hidup ini melelahkan, dan menangis merupakan cerminan dari kelelahan tersebut. Bayi yang tidak rewel tidak tampak tidur seperti yang lainnya. Di Amerika Serikat, masalah nutrisi serius jarang merupakan alasan mengapa seorang bayi menangis, dan anak yang benar-benar kekurangan gizi akan terlihat lesu dan bodoh. Penyebab bayi menangis yang paling serius ialah infeksi telinga, gangguan pada perut yang mendadak akibat pencernaan yang tidak normal, atau infeksi (khususnya kalau disertai oleh demam). Akan tetapi dalam banyak kasus, ada tanda-tanda lain dari penyakitnya. Bayi tampak sakit dan sering memperlihatkan rasa tidak tertarik tiba-tiba akan makanan. Dalam situasi seperti itu, bayi sering tiba-tiba menangis. Beberapa bayi di bawah usia 4 bulan menangis selama 12 hingga 14 jam per hari. Masalah yang mengganggu ini dikenal sebagai kolik, dan inilah suatu

kondisi yang penyebabnya belum diketahui. Umumnya, kolik mulai pada usia 2 hingga 3 minggu dan menghilang antara bulan ketiga dan keempat. Beberapa bayi yang mempunyai kolik tiba-tiba menjerit; yang lain hanya menangis normal, tetapi selama berjam-jam baru diam. Bayi ini mungkin tampaknya sangat kesakitan, menarik kakinya dan mengeluarkan udara dari perutnya. Dokter anak bahkan tidak setuju tentang apakah kolik ini suatu penyakit atau tidak. Beberapa berpendapat hal ini terjadi karena sistem pencernaan yang belum matang atau gas dalam perut yang kronis; yang lain berpendapat hal ini merupakan kepekaan yang terlalu tinggi terhadap lingkungan yang berisik dan hiruk-pikuk. Memang kolik lebih umum ditemukan pada bayi yang aktif dan peka, dan dapat makin parah akibat ketegangan yang diakibatkannya dalam diri orang tuanya. Kolik jenis ini tidak berbahaya kecuali disebabkan oleh suatu kondisi yang serius. Ini dapat dipastikan dengan melalukan pemeriksaan terhadap bayi, pengukuran suhu badan, kadang-kadang pemeriksaan feses (kotoran) untuk memastikan apakah ada darah, atau pemeriksaan radiologis perut. Salah satu penyebab serius kolik ialah intususepsi, yaitu terselipnya sebagian usus di atas yang lain. Hal ini menyebabkan pembuluh darah yang menyuplai darah ke usus menjadi kaku dan tersumbat dan, kalau tidak dibetulkan, akhirnya mengakibatkan kerusakan jaringan, penyumbatan usus, dan terdapat darah dalam feses. Riset baru-baru ini di Swedia, yang mempelajari kolik pada bayi yang masih menyusui melaporkan bahwa kalau ibu tidak lagi meminum produk susu, kolik bayinya akan hilang, dalam sebagian besar kasus, hilang dalam delapan hari saja. Satu-satunya cara lain untuk menangani sebagian besar kolik ialah tindakan menenangkannya, seperti: Meletakkan bayi tidur di atas perut ibunya Membungkus bayi dengan erat dalam selimut Menggendong bayi tegak atau dekat dengan dada dalam gendongan bayi Membawa bayi naik mobil atau meletakkannya di atas mesin cuci yang sedang dihidupkan agar ia merasakan getarannya. Kadang-kadang, obat diberikan untuk mencegah spasme (kekakuan) pencernaan, tetapi ini tidak selalu berfungsi dan tidak dianjurkan memberi bayi obat karena sebab yang belum jelas. Beberapa dokter secara bercanda merujuk kolik sebagai suatu keadaan yang disebabkan oleh bayi dan yang akan mempengaruhi orang tuanya. Barangkali, salah satu masalah yang serius dengan kolik ialah bahwa keadaan ini mengganggu terbentuknya hubungan yang baik antara orang tua dan bayinya. Penting untuk dapat beristirahat dari stres yang disebabkan oleh bayi yang terus-menerus menangis. Caranya dengan kedua orang tuanya secara bergantian

mengasuhnya atau dengan melibatkan pengasuh yang dapat dipercaya selama beberapa jam untuk beberapa kali dalam seminggu. Juga, cukup membesarkan hati bila kita tahu bahwa masalah ini selalu hilang sendiri hanya dalam beberapa bulan. Bagi orang tua, kunci utama dengan masalah kolik ialah bertahan sampai bayinya mencapai usia empat bulan, dan di sini kepastian dan nasihat dari dokter anak dapat membantu. Disintegrasi ego. Banyak bayi rewel setiap hari pada sore hari menjelang malam atau pada awal-awal malam hari. Ahli psikologi anak Anna Freud merujuk masa ini sebagai "disintegrasi ego", yaitu suatu masa waktu bayi letih karena sepanjang hari mencoba menyesuaikan diri dengan lingkungan dan dirinya sendiri, dan kehilangan kontrol atas keseimbangan emosional. Seorang bayi pada usia ini tidak tahu bagaimana harus rileks, dan dengan demikian akhirnya ia menjadi rewel. Sayangnya, masa-masa keras kepala ini sering terkait dengan masa dimana ibunya dan/atau ayahnya tiba di rumah dari tempat kerja, barangkali mengalami suatu disintegrasi ego mereka sendiri. Orang tua sebaiknya memahami bahwa kerewelan ini tidak ada kaitannya dengan penolakan bayi terhadap mereka; sebaliknya, ini merupakan bagian dari siklus normal dalam 24 jam. Orang tua sebaiknya didorong untuk bermain-main dengan bayinya walaupun mereka rewel. Ini dapat berubah menjadi suatu pertemuan yang menyenangkan, karena masa yang tidak biasa ini sering berubah tiba-tiba menjadi masa yang membahagiakan. Jatuh. Orang tua sebaiknya membiasakan diri untuk tetap memberikan satu tangan pada bayi setiap kali bayi ini berada di meja ganti atau di tempat lain yang memungkinkan bayi ini terjatuh. Sulit mengetahui kapan seorang anak akan belajar membalikkan tubuhnya. Sayangnya, karena tengkorak bayi masih cukup lunak dan sanggup menyerap hantaman karena jatuh, bayi umumnya sanggup menahannya dan tidak terluka meskipun ia jatuh dan sangat menakutkan di mata kita semua. Akan tetapi, kalau seorang bayi tidak memberi tanggapan setelah jatuh atau muntah, atau kalau pupil matanya tidak memberi tanggapan pada sinar langsung yang diarahkan, ia mungkin mengalami gegar otak atau suatu luka lain dalam otak, dan sebaiknya langsung diperiksa oleh dokter. Minum susu. Orang tua mungkin sangat tergoda untuk memberi makanan formula kepada bayi dan memasukkan botol ke mulut bayi dan kemudian meninggalkannya sendirian. Akan tetapi, tindakan ini sebaiknya dihindarkan. Bayi dapat saja tersedak waktu orang tuanya tidak melihatnya dan tidak mendengarnya. Selain itu, hal ini dapat sangat mengganggu peluang anak mengalami perkembangan normal. Minum susu merupakan masa-masa penting untuk melakukan komunikasi yang penuh kasih sayang bagi bayi dengan minum dari botol maupun dengan menyusu, dan kontak mata juga merupakan hal penting. Kalau dibiarkan sendirian bersama botolnya, ini merupakan tindakan dingin dan tidak menggairahkan untuk mendapatkan makanan, dan mungkin akan menyebabkan masalah

perilaku di kemudian hari kalau makanannya menjadi satu-satunya sumber kegembiraan seorang bayi. Ruam kulit. Kadang-kadang pada usia antara minggu keempat dan kesepuluh, banyak bayi mengalami ruam seperti jerawat di muka maupun leher, yang terdiri dari benjolan kecil dengan ujung tengah berwarna putih. Ruam datang dan pergi, kadang-kadang makin buruk kalau bayinya panas atau menangis. Menurut pendapat orang, ruam ada hubungannya dengan perubahan hormon waktu hormon ibu hilang dari sistem tubuh bayi. Orang tua tidak perlu melakukan apapun tentang ruam ini, yang akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Garukan. Beberapa bayi mungkin menggaruk wajahnya, tetapi garukan ini akan cepat sembuh dengan atau tanpa pengobatan. Penglihatan. Para ahli berbeda pendapat tentang apa tepatnya yang dapat dilihat seorang bayi pada usia ini. Beberapa studi mengatakan bahwa bayi pada usia bulan kedua tidak dapat melihat benda sejauh 2 atau 2,5 m, tetapi banyak dokter anak dan orang tua beranggapan bahwa bayi ini sudah sanggup melihatnya, kalau mereka tertarik. Senyum. Pada akhir bulan kedua, sebagian besar bayi senyum pada sesuatu yang menyenangkannya dan mengeluarkan suara karenanya, bukan menangis. Mengisap jari. Bukan hal yang asing dan sangat umum terjadi kalau bayi pada usia ini mulai mengisap jarinya. Jenis perilaku ini merupakan tanda awal dan penting dalam hal kepuasan diri. Isapan jari bukan tanda kurangnya susu atau kurangnya makanan. Hampir setiap bayi perlu bahan isapan tambahan, dan jempol dan jari lainnya merupakan sumber alaminya. Dot merupakan pengganti yang tepat dan, beberapa dokter gigi percaya, lebih baik untuk perkembangan gigi untuk masa depan (tetapi hal ini masih mengundang kontroversi). Vaksinasi. Kunjungan kedua bayi ke dokter sebaiknya terjadi pada bulan kedua. Selain untuk meneruskan pengukuran pertumbuhan bayi, dokter akan memberikan vaksinasi pertama anak pada anak. (Vaksinasi hepatitis B mungkin telah dilakukan di rumah sakit tak lama setelah bayi lahir.) (sumber : satumed.com)
Bayi Ibu mengenali Ibunya

Ibu adalah orang yang paling dikenal oleh bayi Ibu. Lakukan saling berpIbungan muka dengannya, sesering mungkin. Dalam pelukan Ibu, ia merasa nyaman hingga jika diangkat orang lain ia kan menagis. Biasanya ia akan menggerakkan tangannya jika dia senang dan merasa nyaman dengan menghisap jemari jari. Memberi ASI Pada Bayi

Masalah pemberian ASI sering muncul pada bayi dan kolik cenderung menjadi salah satu masalah yang sering muncul ± terjadi pada 1 dari 4 bayi kecil. Namun bayi yang mengalami kolik tidak akan mempunyai masalah lanjutan setelah kolik itu berhenti. Ibu mungkin resah mendengarkan tangisan yang berlangsung lama sekali setiap harinya. Untuk mencari tahu tentang tip menenangkan bayi yang mengalami kolik, lihat artikel kami tentang kolik.

Bayi Ibu Belajar Mengangkat Kepala

Bayi Ibu yang kini berusia usia 2 bulan otot-otot tubuhnya terus menguat dan keterampilannya makin bertambah. Ia akan mulai mampu mengontrol gerakan otot-otot tubuhnya seperti mengangkat kepalanya dan menopang lehernya selama beberapa saat ketika dia dalam posisi tengkurap. Berkomunikasi

Meskipun bayi usia 2 bulan Ibu belum bisa berbicara dengan menggunakan kata-kata, dia punya cara berkomunikasi. Di usia ini ia mulai mampu mengeluarkan suara dari mulut kecilnya. Suara Ibu mungkin jadi suara favoritnya. Saat ias mendengar suara Ibu , maka dia akan merespons secara naluriah dengan membuat jawaban suara. Ibu juga akan menemukan bayi Ibu tersenyum manis pada Ibu. Bukan lagi senyum refleks pada saat tidur, tapi senyum yang memancing respon Ibu untuk membuatnya tersenyum lebih lebar.

Menemukan Tangannya Saat refleks genggamnya berkurang, bayi Ibu akan mulai menganggap tangannya sebagai mainan barunya (serta mulutnya) untuk mengeksplorasi semua benda yang disentuhnya. Karena itu hindarkan benda-benda berbahaya dari si kecil. Tahukah Ibu? Fisik bayi Ibu berkembang dari kepala hingga ujung kaki. Dimulai dengan menguatnya otot lehernya untuk menopang kepala, lalu bahu, dada, punggung bagian bawah sampai otot kaki yang membuat si kecil mampu melangkahkan kaki mungilnya. Kembali ke halaman sebelumnya Kembali ke atas Apa yang harus dilakukan ketika bayi menangis

Sebagian ibu dan ayah baru, khawatir jika mereka merespon terlalu cepat ketika bayi menangis maka bayi akan menjadi manja. Padahal penelitian menunjukkan bahwa bayi yang direspon dengan cepat sebenarnya lebih sedikit menangis ketika batita.

Agar ia merasa aman dan nyaman, segeralah merespon tangisannya dengan dekapan atau pelukan lembut. Beberapa penyebab yang membuat bayi Ibu menangis ‡ Lapar, bayi kecil lebih sering merasa lapar karena itu ia butuh lebih sering menyusu walau dalam jumlah kecil. ‡ Kepanasan atau kedinginan, kenakan pakaian tipis yang menyerap keringat bila kepanasan dan kenakan pakaian

yang menutup lengan dan kaki bila kedinginan. Sesuaikan sush AC di kamar si kecil. ‡ Kolik atau masuk angin membuat bayi kembung dan kesakitan. Pijat lembut perutnya searah jarum jam atau Ibu susui. ‡ Perlu ganti popok, ia tidak betah bila popoknya basah atau kotor. ‡ Kesakitan , karena digigit serangga misalnya ‡ Bosan, ingin diangkat dari tempat tidurnya atau diajak jalan-jalan keluar kamar ‡ Dia ingin dibelai (minta perhatian)

Kebanyakan masalah tersebut bisa diatasi dengan cepat dan mudah, dan begitu bayi Ibu direspon, dia akan dengan cepat tenang kembali namun jika tangisan bayi Ibu terlihat tidak biasa atau berlangsung terlalu lama, maka bicaralah kepada dokter Ibu. Atau tanyakan pada sesame ibu di forum kami. Dan tentu saja, Ibu juga bisa bertanya dengan kami! Kolik Jika bayi Ibu berusia di bawah tiga bulan dan menangis berlebihan, kemungkinan dia menderita kolik . Kolik tidak bisa disembuhkan, tetapi ada beberapa teknik menenangkan bayi yang bisa Ibu coba.

Cara-cara menenangkan bayi yang menderita kolik ‡ Belailah dan lakukan pijatan lembut di perutnya searah jarum jam ‡ Disusui ‡ Sendawakan dia ‡ Mainkan musik lembut atau bernyanyilah untuk dia ‡ Pijat dengan lembut ‡ Mandikan dengan air hangat ‡ Gendong dan ayun-ayunkan ‡ ajak dia jalan-jalan keluar Tangisan bayi di bulan berikutnya Ketika bayi Ibu makin besar dan telah melewati tahap bayi baru lahir, ada beberapa alasan lain yang menyebabkan dia menangis: ‡ Kehilangan selimutnya. Biasanya bayi punya benda atau selimut favorit yang harus dibawanya serta kemana pun pergi. ‡ Ingin ditemani (karena merasa tidak aman atau takut) ‡ Terbentur sesuatu ‡ Sedang tumbuh gigi. TUmbuh gigi pada bayi menimbulkan rasa tidak nyaman yang membuat ia rewel. ‡ Takut berpisah atau ada rasa takut yang baru timbul Belaian sangat manjur untuk menenangkan bayi yang gelisah. Tapi jika bayi Ibu terlihat tidak nyaman dan menderita, lebih baik Ibu konsultasikan pada dokter Ibu. Menangani tangisan yang berlebihan

Bayi tidak akan menangis dalam jangka waktu yang lama. Jika Ibu merasa bahwa tangisannya berlebihan dan sulit sekali ditangani, tenangkan diri Ibu. Secangkir teh hangat bisa membuat Ibu rileks dan berpikir bagaimana mengatasinya. Bicaralah dengan dokter Ibu bila Ibu tak mampu. Mereka ada untuk membantu Ibu dan bayi Ibu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->