P. 1
STRUKTUR GIGI

STRUKTUR GIGI

|Views: 2,768|Likes:
Published by Daru Qthink

More info:

Published by: Daru Qthink on Nov 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2014

pdf

text

original

1. STRUKTUR GIGI Gigi terbagi dalam dua bagian besar yaitu mahkota dan akar.

Mahkota adalah bagian gigi yang terlihat dalam mulut, sedangkan akar adalah bagian yang tertanam dalam tulang rahang. Sedangkan secara struktur, gigi merupakan salah satu jaringan keras tubuh yang terdiri dari enamel/email, dentin, dan sementum.

Struktur Gigi Untuk enamel/email, sebenarnya bagian ini merupakan bagian gigi yang paling keras. Enamel inilah yang melapisi mahkota gigi dan mempunyai bervariasi ketebalan mulai bagian yang puncak

mahkota dan akan semakin menipis ketebalannya pada dasar mahkota, tepatnya pada perbatasan mahkota dengan akar gigi. Warna enamel gigi pun sebenarnya tidak putih mutlak, kebanyakan lebih mengarah keabu-abuan dan semi translusen. Kecuali pada kondisi enamel yang abnormal seringkali menghasilkan warna yang menyimpang dari warna normal enamel dan cenderung mengarah ke warna yang lebih gelap. Semakin menuju ke bagian dalam dari enamel, kekerasannya akan semakin berkurang. Bagian enamel ini pula yang menjadi awal terjadinya lubang pada gigi, karena sifatnya mudah larut terhadap asam, dan kelarutannya juga meningkat seiring dengan semakin dalamnya lapisan enamel. Untuk itu kenapa kita sering mendengar anjuran untuk sering menggosok gigi adalah agar kondisi enamel gigi kita bisa dicegah dari kondisi asam seminimal mungkin Bagian yang lebih dalam dari enamel adalah dentin. Dentin merupakan bagian yang terluas dari struktur gigi, meliputi seluruh panjang gigi mulai dari mahkota hingga akar. Dentin pada mahkota gigi dentin dilapisi oleh enamel, sedangkan dentin pada akar gigi dilapisi oleh sementum. Kalau kita amati, bagian ini memegang peranan yang sangat penting yaitu sebagai pelindung dari ruang pulpa. Jadi sebenarnya bagian inilah yang menjadi pertahanan kedua gigi kita setelah enamel.

Gigi susu yang terakhir tumbuh adalah gigi taring susu. yang mulai muncul di usia sekitar 6 tahun. baru kemudian geraham kecil. merupakan bagian yang tertanam pada tulang rahang. sementum juga melapisi dentin namun untuk dentin pada bagian akar gigi. merupakan pelindung akar gigi dalam gusi. padahal sebetulnya gigi tetap. sementum akan tampak. Gusi. Terdiri atas: o o Lapisan semen. Pertumbuhan gigi tetap biasanya diawali oleh gigi seri. Sementum ini secara normal tidak tampak dari pandangan kita. Selain itu. Akibatnya. disusul gigi seri bagian atas. namun tertutup oleh tulang dan dilapisi oleh gusi. Ini yang oleh orang-orang sering disangka sebagai gigi susu. 2. Akar gigi atau radiks. Selanjutnya. ada pula geraham tetap. merupakan bagian yang berada di dalam gusi. geraham . y y y y y Lapisan email. merupakan tempat tumbuh gigi. y Semen gigi melapisi akar gigi dan membantu menahan gigi agar tetap melekat pada gusi. Semua struktur jaringan keras gigi akan berintegrasi membentuk struktur yang lebih kuat. baru kemudian tumbuh geraham susu di usia usia 8-9 bulan. yang tumbuh mulai usia 6-12 tahun. Leher gigi atau kolum. Rongga gigi (pulpa). meskipun terkadang lebih. yang tidak menggantikan gigi susu. Pada beberapa kondisi abnormal. Tulang gigi (dentin). Pertumbuhan gigi susu dimulai dengan gigi seri bagian bawah. Pertumbuhan Gigi Pertumbuhan gigi sendiri dimulai dengan munculnya gigi susu sejak usia 2 bulan sampai 2 tahun. di dalamnya terdapat saraf dan pembuluh darah. sehabis gigi seri. geraham kecil atas. merupakan bagian antara corona dan radiks. di usia 8-9 tahun. Semua gigi susu ini nantinya akan digantikan oleh gigi dewasa (gigi tetap).Jaringan keras yang terakhir dari sebuah gigi adalah sementum atau pada gamber di atas dinamakan semen. baru kemudian taring. 10 gigi atas dan 10 gigi bawah. Jumlah gigi susu biasanya 20 buah. tumbuh gigi seri susu ke-2. Akar gigi melekat pada tulang rahang dengan perantaraan semen gigi. dilanjutkan geraham kecil bawah. Jadi. Layaknya enamel yang melapisi dentin pada bagian mahkota. merupakan lapisan yang paling keras.

Gigi tumbuh lengkap antara 2. Kenapa? Karena taring memiliki akar paling panjang. tulang wajah akan berubah karena kempot. yang dicabut biasanya geraham kecilnya. rahang sempit. Jumlah gigi susu 20 buah. kalau sudah rusak.5 ± 3 tahun. Kalau mau diperbaiki. biasanya di usia 9-12 tahun. tidak ada gigi yang menggantikan. Padahal. Gigi yang tumbuh terakhir adalah gigi taring. kiri kanan) gigi seri geraham belakang geraham kecil gigi taring (usia 12-13 tahun) y Gigi geraham terakhir mulai 20 ± 25 tahun. ada juga yang hingga 10 bulan baru tumbuh. dimulai dengan: o o o o o geraham pertama 4 buah (atas bawah. ditambah adanya dorongan. Ini karena tidak ada tempat lagi untuk taring tumbuh. sehingga kalau dicabut. Anak perempuan lengkap lebih cepat. sehingga taring akhirnya tumbuh sebagai gingsul. Sering terjadi. taring ini merupakan sudut estetik wajah seseorang. sehingga memutuskan untuk mencabutnya. Gigi permanent tumbuh mulai umur 6 tahun. Adapun pendapat lain bahwa terdapat beberapa tahapan pada pertumbuhan gigi manusia. Padahal.tetap ini umumnya sudah rusak. sehingga sering jadi kelihatan lebih tua. bukan taringnya. akhirnya muncul gingsul. y y y y y mulai tumbuh usia 6-7 bulan. yaitu : y Periode gigi anak (deciduous dentition ) : Periode ini dimulai dari 6 bulan sampai 7 tahun y Periode gigi bercampur (mix dentition) : Periode ini dimulai dari 7 tahun sampai 12 tahun y Periode gigi dewasa (permanent dentition) : Periode ini dimulai dari 12 tahun ke atas . Orangtua sering menganggap gingsul sebagai sesuatu yang mengganggu.

tumbuh (erupsi) pada usia 6.20 tahun 8. Gigi premolar 1 (geraham kecil) kanan dan kiri atas. tumbuh (erupsi) pada usia 7. incisivus bawah menyentuh cingulum incisivus atas y Permukaan distal gigi-gigi molar kedua atas dan bawah berada pada bidang vertikal yang sama Urutan tumbuhnya (erupsi) gigi pada periode gigi bercampur dimulai dari : 1. Gigi molar 1 (geraham belakang) kanan dan kiri atas. Gigi caninus (taring) kana dan kiri bawah.05 tahun 2.35 tahun 5. tumbuh (erupsi) pada usia 6. tumbuh (erupsi) pada usia 8. tumbuh (erupsi) pada usia 10. Gigi molar 1 (geraham belakang) kanan dan kiri bawah.3 tahun 3.Ciri-ciri tipikal dari kontak (oklusi) yang ideal pada saat gigi susu (decidui) tumbuh seluruhnya adalah : y y Gigi-gigi incisivus (gigi seri) yang renggang Posisi vertikal dari gigi-gigi incisivus (gigi seri). Gigi incisivus 2 (seri lateral) kanan dan kiri atas. Gigi incisivus 2 (seri lateral) kanan dan kiri bawah. tumbuh (erupsi) pada usia 7.35 tahun . Gigi kanan inciivus dan 1 kiri (seri) atas. tumbuh (erupsi) pada usia 6.4 tahun 4. Gigi incisivus 1 (seri) kanan dan kiri bawah.45 tahun 7.5 tahun 6. tumbuh (erupsi) pada usia 10.

9. tumbuh (erupsi) pada usia 17-21 tahun .35 tahun 13.05 tahun 11. Gigi premolar 2 (geraham kecil) kanan dan kiri bawah. Gigi premolar 1 (geraham kecil) kanan dan kiri bawah. Gigi caninus (taring) kanan dan kiri atas. tumbuh (erupsi) pada usia 11.50 tahun 10.90 tahun 14. Gigi molar 3 (geraham paling belakang) kanan kiri dan atas bawah. tumbuh (erupsi) pada usia 11. Gigi molar 2 (geraham belakang kedua) kanan dan kiri atas. tumbuh (erupsi) pada usia 11.20 tahun 12. tumbuh (erupsi) pada usia 12. tumbuh (erupsi) pada usia 11. tumbuh (erupsi) pada usia 10. Gigi premolar 2 (geraham kecil) kanan dan kiri atas. Gigi molar 2 (geraham belakang kedua) kanan dan kiri bawah.25 tahun 15.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->