PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA INDONESIA

Wilayah Indonesia memiliki kekayaan fauna yang sangat beragam. Keragaman fauna ini karena berbagai hal : 1. Terletak di daerah tropis, sehingga mempunyai hutan hujan tropis (trophical rain forest) yang kaya akan tumbuhan dan hewan hutan tropis. 2. Terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia 3. Merupakan negara kepulauan, hal ini menyebabkan setiap pulau memungkinkan tumbuh dan dan menyebarnya hewan dan tumbuhan khas tertentu sesuai dengan kondisi alamnya. 4. Indonesia terletak di dua kawasan persebaran fauna dunia, yaitu Australis dan Oriental. Karena berbagai kondisi tersebut maka wilayah Indonesia kaya akan keanekaragaman fauna. Berbagai jenis fauna yang meliputi 1. 2. 3. 4. 5. Mamalia (lebih dari 500 jenis) Kupu-kupu (lebih dari 100 jenis) Reptil (lebih dari 600 jenis) Burung (lebih dari 1.500 jenis) Amfibi (lebih dari 250 jenis)

Persebaran fauna dikelompokkan dalam 3 wilayah geografis yaitu fauna Indonesia Barat, fauna Indonesia Tengah dan fauna Indonesia Timur.

Gambar Wilayah Persebaran Fauna di Indonesia Fauna yang terdapat di wilayah Indonesia Barat bertipe Asiatis, di wilayah Indonesia Tengah merupakan fauna khas/fauna asli Indonesia sedangkan wilayah fauna Indonesia Timur bertipe Australis.

kerbau. tapir. meliputi gajah. Kepulauan Riau dll) 2. ajag.Badak .Harimau . rusa. Belitung. Fauna Indonesia Barat disebut juga wilayah fauna dangkalan Sunda. garis khayal yang membatasinya dinamakan Garis Wallacea.FAUNA INDONESIA BARAT Fauna yang terdapat di wilayah Indonesia Barat merupakan fauna yang bertipe Asiatis atau memiliki kemiripan dengan fauna-fauna yang tedapat di benua Asia. Madura. banteng. Persebaran wilayah fauna Indonesia Barat ini meliputi : 1. Nusa Barung. tikus. bajing. harimau. monyet. orang utan. Gajah . Kepulauan Seribu. Pulau Kalimantan 4. Pulau Vulkan Krakatau dll) 3. Pulau Jawa dan pulau-pulau kecil di sekitarnya (Nusa Kambangan. Bangka. badak bercula satu. Jenis mamalia.Tupai . Pulau Bali Wilayah fauna Indonesia Barat berbatasan dengan wilayah Indonesia Tengah. Pulau Sumatera dan pulau-pulau kecil di sekitarnya (Nias. Enggano. kelelawar. landak dan babi hutan.Tapir Orang Utan . kijang. Beberapa jenis fauna yang terdapat di wilayah fauna Indonesia Barat antara lain : 1.

tokek.Rusa . Biawak .Banteng Kelelawar Jawa . kura-kura.Kadal . ular. kadal.Landak .5 tinggi manusia dewasa yang ditangkap penduduk.Kerbau . biawak. bunglon.Trenggiling . meliputi buaya.Tokek . Jenis reptil. dan trenggiling.Bunglon Kura-kura .Babi Hutan 2. Buaya besar dengan panjang 4 .

jalak. misalnya kumbang Badak (kumbang Jawa) Kumbang Badak (kumbang Jawa) 5. Jenis ikan air tawar. kutilang dan berbagai macam unggas.3. Jenis burung. meliputi burung hantu. merak.Elang Jawa . elang.Sejenis lumba-lumba air tawar yang hidup di sungai Mahakam Kalimantan .Kutilang . misalnya ikan pesut (sejenis lumba-lumba air tawar di sungai Mahakam) Pesut Mahakam . Jenis serangga. Burung Hantu .Burung Merak 4.

Lombok Komodo dan pulau-pulau kecil disekitarnya Wilayah fauna Indonesia Tengah terletak diantara Garis Wallace dan Garis Webber. Selain itu juga sering disebut sebagai wilayah fauna peralihan. yaitu wilayah yang memisahkan antara wilayah fauna Indonesia Barat dengan wilayah fauna Indonesia Timur.Kuskus . seperti Flores. meliputi anoa. monyet hitam. ikan duyung. Pulau Timor 3. Anoa . kuda. kuskus. Garis Wallace memisahkan wilayah fauna Indonesia Tengah dengan Indonesia Barat. Wilayah fauna Indonesia Tengah meliputi daerah: 1. sapi dan banteng. monyet saba. Beberapa jenis fauna yang hidup di wilayah fauna Indonesia Tengah antara lain : 1.babirusa .monyet hitam Ikan Duyung . beruang tarsius.Tarsius . Sumba. Kepulauan Nusa Tenggara.Monyet Saba .FAUNA INDONESIA TENGAH Wilayah persebaran fauna Indonesia Tengah juga sering disebut dengan wilayah fauna Kepulauan Wallacea atau cukup fauna Wallacea saja. Mamalia. babi rusa. Pulau Sulawesi 2. Garis Webber memisahkan wilayah fauna Indonesia Tengah dengan Indonesia Timur.

maleo.Reptil raksasa asli Indonesia yang merupakan hewan endemik yang hanya terdapat di pulau Komodo dan pulau-pulau kecil disekitarnya 3.kuda liar di pulau Sumba 2. . nuri dan merpati. Amfibia.Katak Air . katak pohon dan katak terbang Katak Pohon . buaya.Katak Terbang 4. ular dan reptil raksasa khas Indonesia yaitu komodo Komodo . raja udang.Kuda Sumba . mandar. meliputi burung dewata (burung cendrawasih). Berbagai macam burung. Reptil. rangkong. meliputi biawak. kura-kura. burung pemakan lebah. kakaktua. meliputi katak air.

Papua (Irian) dan sekitarnya.Beruang Madu . Kepulauan Maluku dan kepulauan kecil di sekitarnya 2.Burung Nuri . Wilayah fauna Indonesia Timur berbatasan dengan Wilayah Fauna Indonesia Tengah dan dibatasi oleh garis khayal yaitu Garis Webber. oposum layang (pemanjat berkantung). dan termasuk dalam kelompok fauna dunia zona Australis.Maleo . Beberapa jenis fauna yang hidup di wilayah Fauna Indonesia Timur antara lain : 1. beruang.Walaby . Kanguru . Jenis-jenis fauna yang terdapat di wilayah ini bertipe Australis. kangguru pohon dan kelelawar.Burung Merpati . kuskus.Rangkong Burung Kakaktua .Mandar . Mamalia. maksudnya jenis fauna yang hidup mirip dengan fauna-fauna di Australia. Persebaran wilayah fauna Indonesia Timur meliputi : 1.Burung Cendrawasih (burung dewata) .Burung Raja Udang FAUNA INDONESIA TIMUR Wilayah fauna Indonesia timur disebut juga wilayah fauna dangkalan Sahul. terdiri atas kangguru. walaby. nokdiak (landak Irian).

ular. Burung.Oposum Layang . biawak. cendrawasih.Kangguru Pohon 2.Nokdiak (landak Irian) . Reptilia. katak terbang dan katak air 4. kadal dan kura-kura 3.Kasuari 5. Berbagai jenis ikan 6. raja udang. terdiri atas katak pohon. Berbagai macam serangga .Raja udang . terdiri atas nuri. Amfibia. terdiri atas buaya. kasuari dan namudur Cendrawasih .

Bunga bangkai adalah bunga resmi bagi Provinsi Bengkulu. ental (Sd. dun tal (Sas. Di alam tumbuhan ini hidup di daerah hutan hujan basah. meskipun catatan menyebutkan bahwa kerabatnya.). taal (Md.). Bunga bangkai juga sering digunakan sebagai julukan bagi patma raksasa Rafflesia arnoldii. Di banyak daerah..Amorphophallus titanum Becc. flabellifer menjadi flora identitas Provinsi Sulawesi Selatan. dan lain-lain Bunga bangkai Bunga bangkai atau suweg raksasa atau batang krebuit (nama lokal untuk fase vegetatif). lontoir (Ambo n). Jenis tanah 3. tala(Sulsel). [1] Namanya berasal dari bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk. Indonesia. merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dariSumatera. gigas (juga endemik dari Sumatera) dapat menghasilkan bunga setinggi 5m. Bal. manggitu (Sumba) dan tua (Timor).).). jun tal (Sumbawa). lontara (Toraja). Siwalan Siwalan (juga dikenal dengan nama pohon lontar atau tal) adalah sejenis palma yang tumbuh diAsia Selatan dan Asia Tenggara. yang dimaksudkan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat penyerbuk bagi bunganya. .. Jw. Jenis hutan 4. Iklim 5. yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia. Pengaruh manusia. Tinggi rendah dari permukaan laut 2. pohon ini juga dikenal dengan nama-nama yang mirip seperti lonta (Min.Kondisi flora dan fauna di setiap daerah dipengaruhi oleh banyak hal seperti : 1. A. Juga manggita.[1] B..

dan orang-orang dekatnya.I. Kebanyakan tumbuhan ini berasal dari daerah tropis. dan untuk menghilangkan rasa cemas. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan. kayu cendana dari Timor juga sangat dihargai. Sebagai gantinya sejumlah pakar aromaterapi dan parfum menggunakan kayu cendana jenggi (Santalum spicatum).[2] Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal. Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah. yang sangat mahal dalam bentuknya yang murni. Konon di Sri Lankakayu ini digunakan untuk membalsam jenazah putri-putri raja sejak abad ke-9. Anggotanya di seluruh dunia mencapai sekitar 450500 spesies pohon dan perdu yang selalu hijau atau sebagian ada pula yang menggugurkan daun. aromaterapi. yang kedua. karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad. campuran parfum. Kayu yang berasal dari daerah Mysoram di India selatan biasanya dianggap yang paling bagus kualitasnya.Cendana Cendana. khususnya di Pulau Timor. meskipun sekarang ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulaupulau Nusa Tenggara lainnya. Kedua jenis kayu ini berbeda konsentrasi bahan kimia yang dikandungnya. digunakan terutama untuk penyembuhan cara Ayurveda. Eboni Diospyros adalah nama marga kayu eboni atau kayu hitam. bahan dupa. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya. dan hanya beberapa spesies yang tumbuh di daerah beriklim sedang. Di Indonesia. dan oleh karena itu kadar harumnya pun berbeda. Kayu cendana dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur. Jakarta Pusat. Minyak dasar kayu cendana. serta sangkurkeris (warangka). kata "cendana" sering digunakan oleh pers untuk menyebut sesuatu yang berkaitan denganSoeharto. presiden R. Alasannya karena rumah pribadi Soeharto beserta beberapa anaknya terletak di Jalan Cendana. . atau cendana wangi. Di Indonesia. Di Indonesia. merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana.

Anggrek epifit dapat hidup dari embun dan udara lembab.Marga ini mencakup banyak spesies yang memiliki nilai komersial. Dua di antara yang paling terkenal adalah kayu eboni hitam (D. namun terutama untuk kayunya yang berkualitas tinggi. celebica). Anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. ebenum. Kebanyakan anggota suku ini hidup sebagai epifit. Organ-organnya yang cenderung tebal dan "berdaging" (sukulen) membuatnya tahan menghadapi tekanan ketersediaan air. dan beberapa spesies lainnya) dan kayu eboni bergaris alias kayu-hitam Sulawesi (D. Rafflesia Rafflesia adalah genus tumbuhan bunga parasit. baik untuk buahnya yang dapat dimakan (misalnya kesemek atau bisbul). Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar. meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika. terutama yang berasal dari daerah tropika. Buah kepel digemari puteri kraton-kraton diJawa karena dipercaya menyebabkan keringat beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam. Ia ditemukan di hutan hujan Indonesia oleh seorang pemandu dari Indonesia . Kepel Tumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah pohon penghasil buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta.Kayu teras (hati kayu) biasanya keras dan berwarna hitam legam. sehingga di banyak daerah di Indonesia dinamai sebagai kayu arang. Orchidaceae Suku anggrek-anggrekan atau Orchidaceae merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak.

dan dinamai berdasarkan namaThomas Stamford Raffles. Rafflesia adalah bunga resmi negara Indonesia. Rafflesia merupakan endoparasit pada tumbuhan merambat dari genus Tetrastigma (famili Vitaceae). yang membawa serbuk sari dari bunga jantan ke bunga betina. Terlebih lagi. bunganya berdiameter 20 cm. Nama "bunga bangkai" yang dipakai untuk Rafflesia membingungkan karena nama umum ini juga digunakan untuk menyebut Amorphophallus titanum (suweg raksasa/batang krebuit) dari famili Araceae. daun ataupun akar yang sesungguhnya. sementara palem Talipot (Corypha umbraculifera) memiliki perbungaan bercabang terbesar.Amorphophallus titanum mempunyai perbungaan tak bercabang terbesar. dan Filipina. Bunganya tampak dan berbau seperti daging yang membusuk. yang artinya tiap individu mati setelah berbunga. Tumbuhan ini tidak memiliki batang. Sumatra. tumbuhan ini monokarpik. Ia terdiri atas kira-kira 27 spesies (termasuk empat yang belum sepenuhnya diketahui cirinya seperti yang dikenali oleh Meijer 1997). setidaknya bila orang menilai dari beratnya. Masyarakat awam di Indonesia mengenal pakis haji dari . karena Amorphophallus mempunyai perbungaan tak bercabang terbesar di dunia. begitu pula provinsi Surat Thani. Rafflesia arnoldii mempunyai bunga tunggalterbesar di dunia dari seluruh tumbuhan berbunga. Rafflesia manillana. pemimpin ekspedisi itu. di semenanjung Malaya. menyebarkan haustoriumnya yang mirip akar di dalam jaringan tumbuhan merambat itu. dan beratnya hingga 10 kg. Baik Rafflesia maupun Amorphophallus adalah tumbuhan bunga. ia kadang-kadang secara salah kaprah dianggap sebagai bunga terbesar di dunia. namun hubungan kekerabatan mereka jauh. Sedikit yang diketahui mengenai penyebaran bijinya. Thailand. semua spesiesnya ditemukan diAsia Tenggara. Bahkan spesies terkecil. terdiri atas ribuan bunga.yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold tahun 1818. Kalimantan. Namun. Bau bunganya yang tidak enak menarik serangga seperti lalat dan kumbang kotoran. karena itulah ia disebut "bunga bangkai" atau "bunga daging". seperti Rafflesia arnoldii. diameter bunganya mungkin lebih dari 100 cm. Pada beberapa spesies. Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yang dapat dilihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima. Pakis haji Pakis haji (aji) atau populer juga dengan nama sikas adalah sekelompok tumbuhan berbiji terbukayang tergabung dalam marga pakishaji atau Cycas dan juga merupakan satu-satunya genus dalam suku pakishaji-pakishajian (Cycadaceae). tupai dan mamalia hutan lainnya ternyata memakan buahnya dan menyebarkan biji-bijinya.

Sagu sendiri dijual sebagai tepung curah maupun yang dipadatkan dan dikemas dengan daun pisang. walaupun secara ekonomis kurang menguntungkan (menyulitkan distribusi). tepung sagu yang relatif sulit diperoleh sering diganti dengan tepung tapioka. Sagu dimakan dalam bentuk papeda. Kondisi ini memiliki keuntungan ekologis tersendiri. yaitu C. Malaysia. Semua pakis haji berumah dua (dioecious) sehingga terdapat tumbuhan jantan dan betina. semacam bubur. Kamboja. Amerika Tengah. Karibia .Indonesia. Rambutan Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae. . Selain itu. Thailand dan Sri Lanka. Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika. Walaupun ia disebut "pakis". Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Maluku dan Papua yang tinggal di pesisir. javana. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Pakis haji berhabitus mirip palem. Tepung sagu memiliki ciri fisik yang mirip dengan tepung tapioka. Kemiripan ini berasal dari susunan anak daunnya yang tersusun berpasangan. C. sagu memiliki keunikan karena diproduksi di daerah rawa-rawa (habitat alami rumbia). meskipun keduanya sebenarnya berbeda. atau dalam bentuk-bentuk yang lain. Serbuk sari dihasilkan oleh tumbuhanjantan dari runjung besar yang tumbuh dari ujung batang. Sagu Sagu adalah butiran atau tepung yang diperoleh dari teras batang pohon sagu atau rumbia(Metroxylon sago Rottb. berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. rumphii. Filipina. saat ini sagu juga diolah menjadi mi dan mutiara. pakis haji sama sekali bukan anggota tumbuhan berspora tersebut. Sebagai sumber karbohidrat. Alat betina mirip daun dengan biji-biji tumbuh dari samping. serta C. Dalam resep masakan. revoluta (sikas jepang). namun sebenarnya sangat jauh kekerabatannya.beberapa spesies yang biasa ditanam di taman-taman menyerupai palem. India. Alat betina tumbuh dari sela-sela ketiak daun.). dan daun mudanya juga mlungker sebagaimana pakis sejati.

kutejensis). sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. sebagian yang lain muak dengan aromanya. graveolens).[1] Namun demikian. yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). oxleyanus). dulcis).Durian Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari Asia Tenggara. tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio. Untuk selanjutnya. Sesungguhnya. uraian di bawah ini mengacu kepada D. durian kura-kura atau kekura (D. Meskipun banyak yang menyukainya. dan durian adalah buah yang kontroversial. kerantungan(D. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadangkala ditemukan di pasar tempatan di Asia Tenggara di antaranya adalah lai (D. serta lahung (D. zibethinus. . Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri.