DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB 1
1.1 1.2 1.3 1.4 1.5 1.6 i ii

PENDAHULUAN
Latar Belakang Penelitian Permasalahan Tujuan Penelitian Metode Penelitian Kegunaan Penelitian Sistematika Penelitian

1 1 2 2 3 3 3 4 4 5 5 6 6 ii

BAB 2
2.1 2.2

PEMBAHASAN
Wudhu Shalat

BAB 3
3.1 3.2

KESIMPULAN & SARAN
Kesimpulan Saran

DAFTAR PUSTAKA

Semoga dengan karya tulis ini dapat memberikan dampak baik. Tetapi. Solawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammad saw beserta keluarga. kepada para sahabat dan teman-teman atas kritik dan saran. Jadi. sangat bermanfaat untuk tubuh kita khususnya organ terpenting dan terluar kita yaitu kulit. saya ucapkan terima kasih atas dorongan dan semangatnya. para sahabat dan pengikutnya yang senantiasa ikhlas menjalankan sunahnya. jantung. pengerjaan karya ilmiah SHALAT & WUDHUMU UNTUK KESEHATANMU telah selesai dan dapat langsung diserahkan kepada Bpk. Tanpa kalian semua. seperti. Dalam karya ilmiah ini penulis mencoba menyampaikan beberapa pengetahuan tentang gerakan shalat yang tak hanya bermanfaat untuk amal ibadah kita nanti di dunia akhirat. otak. pengerjaan karya ilmiah ini tidak akan terselesaikan. Tak hanya shalat tetapi kegiatan yang kita sering laksanakan sebelum shalat yaitu bersuci atau berwudhu itu. Iwan Purnama. saya ucapkan terima kasih. Dan juga tak lupa. Anyer.KATA PENGANTAR Segala puja dan puji hanya milik Allah swt. paru-paru. kegiatan-kegiatan yang sering kita laksakan setiap lima kali sehari yaitu sholat dan berwudhu itu sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Kepada bapak guru yang berupaya untuk membantu untuk menyusun karya ilmiah ini. saya ucapkan terima kasih. kepada penulis tentunya juga kepada para pembaca umumnya. khususnya organ-organ terpenting yang ada didalam tubuh kita ini. bermanfaat juga untuk kesehatan tubuh kita. 06 Maret 2008 Penulis . Sehingga. peredaran darah dan pencernaan kita. Kepada keluarga saya.

Karena kita belum bersih dan siapa tahu sebelum kita menunaikan shalat kita menginjak. selain do¶a. Salat memilki syarat. Jika kita belum berwudhu kita tidak diperbolehkan shalat dan shalat kita tidak akan diterima oleh yang Maha Kuasa yaitu Allah swt. Dan salat pun bisa kita sebut alat kita untuk berhubungan dengan yang Maha Kuasa yaitu Allah swt. Kegiatan ini biasa kita laksanakan sebelum kita shalat. dzuhur. ashar. Shalat dan wudhu itu memiliki manfaat secara kesehatan tubuh kita.BAB 1 PENDAHULUAN 1. dan isya. . salah satunya adalah bersuci atau berwudhu. subuh. Dibalik manfaat secara pahala ternyata shalat memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubth kita ini. salat adalah suatu kewajiban yang harus dilaksanakan seorang muslim setiap lima waktu yaitu. memegang atau sebagainya kotoran binatang yang hukumnya najis untuk umat Islam. ternyata dibalik semua itu.1 Latar Belakang Penelitian Seorang muslim & muslimah memiliki beberapa kewajiban kepada Allah swt. karena do¶a alat kita untuk meminta segala suatu kepada Allah swt. Tetapi. Salah satunya salat. Itulah sebagian uraian tentang salat dan wudhu. Salat bukan kegiatan biasa yang bisa kita permainkan atau ditunda-tunda. magrib. Tetapi do¶a pun penting. Tetapi do¶a pun tidak akan dikabulkan bila kita tidak menjalankan kewajiban kita yaitu salat.

pada saat mereka tahiyyat awal atau akhir tangan mereka di putar-putar. Selain itu ada lagi. jika kita wudhu dengan baik dan benar. Ada yang setelah takbir tangan mereka diputar-putar dulu sebelum mereka taruh di bawah dada. Aneh sekali ya !. Dan gerakan salat mereka sangat beragam. Dan jika kita shalat dengan gerakan yang benar tubuh kita akan merasakan manfaat yang sangat luar biasa. Khususnya organ terpenting dan terluar kita yaitu kulit. 1. Selain itu.1. Khususnya untuk organ terpenting yang ada di dalam tubuh kita.cepat. Padahal.2 Permasalahan Kebanyakan orang muslim melaksanakan salat dengan sungguhsungguh dan dari hati.3 Tujuan Penelitian Banyak para muslim & muslimah tidak tahu akan manfaat luar biasa yang terkandung didalam gerakan-gerakan shalat dan manfaat basuhan air wudhu. Ada juga yang menaruh tangannya sangan pas di bagian dada bagaikan melindungi dada mereka. Banyak para musil berwudhu asalasalan dan cepat. setelah kita ke ruangan tempat beribadah atau shalat kita langsung ke tempat wudhu. Begitu pula dengan wudhu. peneliti ingin memberi tahu . Tetapi. Ternyata semua gerakan mereka itu salah. jika kita sering pergi ke sebuah Mesjid yang sangat besar kita sering melihat banyak para muslimah sedang melaksanakan salat. tubuh kita akan merasakan manfaat yang sangat luar biasa. bagaimana shalat dan berwudhu yang benar agar bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita? .

6 Sistematika Penelitian Peneliti menggunakan langkah-langkah penelitian sebagai berikut : 1. Berkait dengan kegunaan penelitian yang peneliti lakukan antara lain : 1.4 Metode Penelitian Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode yang sangat sederhana.5 Kegunaan Penelitian Setiap gagasan atau ide pemaparan yang peneliti lakukan tentu berdasarkan pada kegunaan dari penelitian itu sendiri. Berawal dari suatu seminar tentang manfaat gerakan shalat. 1. Selain itu peneliti melakukan penelitian melalui study internet. Dapat mengetahui beberapa manfaat yang ditimbulkan oleh gerakan-gerakan shalat dan wudhu yang baik dan benar? 1. Melakukan pengamatan terhadap objek yang akan diteliti. Dapat mengetahui bagaimana gerakan shalat dan wudhu yang baik dan benar sehingga bermanfaat untuk kesehatan kita? 2. Setelah itu peneliti mengembangkan dengan cara mencari beberapa sumber dan study pustaka. lalu peneliti merasa tertarik dan peneliti pun menganakat masalah itu melalui karya ilmiah ini. Membuat sketsa atau kerangka penelitian. 2. Menyalin dan merapihkan tulisan dari penelitian tersebut.1. . 3.

Mereka pun serta merta ikut berpuasa untuk kesehatan diri dan pasien mereka. Sang Maha Pencipta. 2.BAB 2 PEMBAHASAN Allah. tapi juga gerakan-gerakan shalat adalah gerakan yang paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. merupakan ibadah yang paling tepat untuk metabolism. Takbiratul Ihram Berdiri tegak.1 SHALAT Shalat ternyata tidak hanya menjadi amalan utama di akhirat nanti. . tahu persis apa yang sangat dibutuhkan oleh ciptaanya. mengankat kedua tangan sejajar telinga. Berikut adalah rincian dari manfaat ±manfaat gerakan shalat : 1. Bahkan dari sudut medis. perintah Allah di rukun Islam ketiga ini sangat diakui manfaatnya oleh para medis dan ilmuwan dunia barat. khususnya manusia. getah bening limfe dan kekuatan otot lengan bawah. Gerakan ini melancarkan aliran darah. Misalnya. Saat mengankat kedua tangan. puasa. tekstur tubuh manusia dan kesehatan kulita manusia. lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah. shalat adalah gudang obat dari berbagai jenis penyakit. tapi juga mempunyai manfaat besar bagi tubuh manusia itu sendiri. otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Semua perintahNya tidak hanya bernilai ketakwaan. Begitu pula dengan shalat dan wudhu .

I¶tidal 4. panas. Berikut adalah rincian dari manfaat-manfaat berwudhu : 1. Kalau kulit sering kering akan sangat berbahaya bagi kesehatan kulit terutama mudah terinfeksi kuman. sentuhan serta tekanan. fungsi eksresi (tempat pembuangan dari zat-zat yang tak berguna melalui pori-pori) dan media komunikasi antar sel syaraf untuk rangsang nyeri. Salam 2. racun.2. Duduk 6.2 WUDHU Kulit merupakan organ yang terbesar pada tubuh kita yang fungsi utamanya membungkus tubuh serta melindungi tubuh dari berbagai ancaman kuman. Membasuh Kedua Tangan 2. Membasuh Hidung . Begitu besar fungsi kulit maka kestabilannya ditentukan oleh pH (derajat keasaman) dan kelembaban. radiasi juga mengatur suhu tubuh. Ruku¶ 3. Sujud 5. Berkumur-kumur 3. Bersuci atau berwudhu merupakan salah satu cara untuk menjaga kestabilan tersebut khususnya kelembaban kulit.

setelah kita telusuri dengan baik-baik shalat dan wudhu itu memilki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan luar ataupun dalam tubuh. Semua perintahNnya akan sangat bernilai kesehatan jika perintahNya itu dilaksanakan oleh para ciptaannya dilakukan dengan sungguh-sungguh. Membasuh Wajah 5. Sang Maha Pencipta. Dan manfaat itu bisa kita rasakan jika melaksanakan shalat dan wudhu dengan baik dan benar. Semua perintahNya tidak hanya bernilai ketakwaan. baik dan benar. tapi juga mempunyai manfaat besar bagi tubuh manusia itu sendiri.2 Saran Ternyata. Membasuh Telinga 8.4. Membasuh Kedua Tangan 6. ternyata tahu persis apa yang sangat dibutuhkan oleh ciptaanya. Membasuh Rambut 7.1 Kesimpulan Allah. 3. . Membasuh Kedua Kaki BAB 3 KESIMPULAN & SARAN 3.

lakukanlah dan laksanakanlah shalat dan wudhu se cara rutin. DAFTAR PUSTAKA . dan benar. baik.Jadi.

ia bersekolah di SD N 1 Anyer yang di selingi dengan Sekolah Sore di Madrasah Dinniyah Anyer. ia sering di tunjuk untuk mewakili Sekolah Dasarnya untuk mengikuti beberapa lomaba maupun suatu di tingkat kecamatan. Gudang Kopi Rt/Rw 03/06 No. film itu berjudul Lord of The Ring. Selama ini ia memilki beberapa prestasi yang cukup membanggakan. Serang Provinsi Banten bersama orang tuanya. Sebelum ia duduk di sekolah yang sekarang ia menjalani perjalanan pendidikannya di beberapa sekolah. Selain itu. Sewaktu ia duduk di Sekolah Menengah Pertama ia pernah mendapatkan beberapa prestasi yang cukup membanggakan juga. sewaktu ia duduk di Sekolah Dasar ia sering mendapatkan Juara 1 dan 2 dalam Perlomabaan Membaca Puisi atau Membacakan Terjemahan Ayat Al -Qur·an. saai ia duduk di kelas satu ia pernah mendapatkan Juara 1 Loma Membaca Puisi tingakat kecamatan dan pada saat itu lawan-lawannya adalah beberapa pelajar SMU dan beberapa pelajar SMP. Rowling dan film yang dimainkan seorang actor hebat dan terkenal yaitu Elijah Wood.masa kecilnya kita langsung ke masa-masa beliau di masa remajanya. Ia dilahirkan di Kabupaten Serang pada tanggal 12 Januari 1993. Pertama ia bersekolah di TK Pembangunan Anyer yang di selingi dengan Sekolah Sore yaitu TK/TPA Anyar. Selain itu. . Sekarang Beliau sedang melaksanakan perjalanan pendidi kannya di SMP N 1 Anyer dan duduk di kelas 3 tepatnya di kelas 3A. ia pernah mewakili sekolahnya untuk mengikuti Lomba Perkemahan Tingkat Provinsi di Taman Rekreasi Wulandira yaitu Perkemahan Jugalang. Kab. 27. Beliau memilki cita-cita yang sangat tidak mudah untuk digapai yaitu ingin mengibarkan Bendera Duplikat Pusaka Indonesia di Istana Negara Indonesia yang lang sung disaksikan oleh orang nomor satu di negeri ini yaitu Presiden RI. Kec. Setelan itu.RIWAYAT HIDUP PENULIS Penulis karya ilmiah ini bernama Aditya Mustaqim. Anyer. Salah satunya. Saat ia kelas lima SD ia pernah mengikuti suatu Perkemahan Pramuka di Pantai Pal yaitu Perkemahan DIANPINRU. Setelah di masa. Dan kini. Anyar. ia sedang menjalani perjalanan pendidikannya di SMP N 1 Anyer. Sekarang beliau tinggal di Kp. Ia memilki beberapa film kesukaannya salah satunya film Harry Potter yang novelnya dikarang oleh seorang wanita yaitu JK. Salah satunya. Kel.Ia sangat menyukai computer dan menonton film.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful