tahun 1250, ditemukan sebuah kamera bernama OBSCURA.

tahun 1250-1895, disebut dengan masa pra sejarah film karena itu merupakan masa dimana terdapat penemuan" baru yg disebabkan obsesi" besar orang eropa. contoh: terciptanya sebuah alat yang bisa merekam gerak (yg hingga kini digunakan untuk membuat sebuah film)

tahun 1895, dikenal sebagai tahun dimana awal adanya sebuah sinema. kenapa?? =kira" pada tanggal 28 des 1895, lumiere bersaudara (frere) yaitu Louis dan Augustemempertunjukan cinematograph untuk pertama kalinya kpd masyarakat paris di sebuah cafe hanya dengan membayar 1 franc. jd hingga saat ini hal itulah yang dianggap menjadi hari dimana sebuah sinema itu ada.

orang" yg menemukan/menciptakan alat perekam gerak selain Lumiere & Melies: 1. Thomas A. Edison (USA), 1880-an 2. Max Skladandwsky (Jerman) 3. Friese Green (Inggris)

Kinetograph: alat perekam gerak kinetoscope: alat untuk memproyeksikan gerak phonograph: alat perekam suara

nama" gambar bergerak pada zaman dahulu: 1. Flicker: "bersemut" 2. Film: Biasanya berhubungan dengan sosial dan politik 3. Movie: Biasanya berhubungan dengan industri dan bersifat komersil (uang) 4. Cinema: Biasanya berhubungan dengan estetika

keunggulan cinematograph(Lumiere) dibandingkan dengan alat perekam lain: 1. Gambar yang dihasilkan lebih tajam 2. Intermittent movement (gerak sendat) 3. Proyektor 4. Fleksibel (kamera ringan & kecil)

PERBEDAAN *Lumiere Frere org yg sebenarnya ga punya ketertarikan dlm film, tp tertarik pada alat yg bisa merekam gambar bergerak): 1. filmnya merupakan kejadian sehari" 2. filmnya merupakan kejadian yg sudah ada 3. Fakta 4. "dokumenter"

*George Melies (sutradara teater yg tertarik memfilmkan sebuah teater ketika melihat alat perekamnya Lumiere): 1. Filmnya merupakan cerita khayalan 2. Filmnya merupakan kejadian yg diciptakan 3. Fiksi (impresionisme,ekspresionisme,surealisme,etc) 4. "cerita"
DIPOSKAN OLEH MISS SUNSHINE DI 12.39

1 KOMENTAR:

beta mengatakan... hueyyyy..salam kenal gw beta, oia gw boleh nanya ga? sumber tulisan lo di atas dapet dari mana yach? heheheheh soalnya buat artikel majalah gw hhehehe ato lo mau bantuin jadi kontributor gw ^_^ :) sory2 agak2nyeleneh nih.. kirim ke email gw yah dad_yagi@yahoo.com ato FB gw bec_yups@hotmail.com thanks bangeeeeett...
24 Februari 2009 03.11

Dengan kata lain. Entah itu film-film dari ranah Hollywood. Bahkan berkat kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat. ya paling tidak mendekati konsep film-film yang sudah ada saat ini. Contohnya. Dari ke-16 gambar kuda yang sedang berlari ini dirangkai dan digerakkan secara berurutan menghasilkan gambar bergerak pertama yang berhasil dibuat di dunia. namun lahir dari sebuah pertanyaan unik: Apakah keempat kaki kuda berada pada posisi melayang pada saat bersamaan ketika kuda berlari? Pertanyaan ini dijawab oleh Eadweard Muybridge dari Stanford University dengan membuat 16 gambar atau frame kuda yang sedang berlari. 3. hingga kelas film horor murahan Indonesia. 2. Dari sinilah ide membuat sebuah film muncul. Sepuluh tahun setelah penemuan gambar bergerak (1888). Seperti apa film Monkeyshines No. film Titanic yang harus membangun tiruan . Muybridge menggunakan kamera foto biasa untuk menghasilkan gerakan lari kuda. Film ini dikenal dengan nama Roundhay Garden Scene yang di'sutradarai' oleh Louis Le Prince yang berasal dari Prancis. 1. Setahun kemudian(1889). barulah muncul film (bukan sekedar gambar bergerak) pertama di dunia. Namun tahukah kamu. Film berdurasi sekitar 2 detik ini menggambarkan sejumlah anggota keluarga Le Prince sedang berjalan-jalan menikmati hari di taman. Memproduksi sebuah film yang spektakuler (seperti yang dilakukan oleh kalangan sineas Hollywood) tentu saja membutuhkan biaya yang sangat besar. kita orang awam pun mampu membuat film ala kadarnya hanya melalui handphone. Karena pada saat itu teknologi kamera perekam belum ada. Amerika Serikat barulah memproduksi film pertamanya yang berjudul Monkeyshines No. sejarah gambar bergerak yang pertama muncul di dunia justru muncul bukan di Hollywood.Poskan Komentar Posting Lebih BaruPosting LamaBeranda Siapa sih yang tidak suka film? Pasti rata-rata dari kita paling tidak pernah menonton film. diperlukan pengambilan gambar beberapa kali agar memperoleh gerakan lari kuda yang sempurna saat difilmkan.1? Gambar orang yang 'blur' dengan latar hitam yang sedang melakukan gerakan-gerakan tangan dalam beberapa detik. Mungkin fakta-fakta berikut ini bisa dijadikan informasi yang menarik bagaimana sebuah produk film memiliki sejarah yang cukup unik untuk disimak: 1. Kejadian ini terjadi pada tahun 1878. Sejarah film sebenarnya sama tuanya dengan penemuan perangkat fotografi. Bollywood.

Pembicara utama : Prof. Itulah film Cleopatra yang diproduksi oleh 20th Century Fox . Beberapa Pendekatan Penting.. War and Peace yang ditulis oleh penulis terkenal Rusia Leo Tolstoy...000 tentara. film ini berharga 700 juta dollar! Luar biasa. Kondisi ini tentunya sangat memberatkan 20th Century Fox sehingga hampir membuatnya gulung tikar.. 18-22 Desember 2006 Workshop merupakan kerjasama antara Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta dan Faculte du Cinema et de l¶Audiovisuel Universite de Paris 3/Sorbonne Nouvelle. ada satu film yang bisa dianggap sebagai salah satu film termahal di dunia yang pernah diproduksi. Tapi siapakah sebenarnya pemegang rekor film termahal di dunia? Ternyata film termahal yang pernah dibuat adalah film yang merupakan adaptasi dari novel dari Rusia. Dr. Michel Marie (Guru Besar Universitas Paris .. IKJ. tahukah kamu. Film Titanic itu sendiri menghabiskan dana sebesar 200 juta dollar atau kalau kita rupiahkan bisa mencapai angka 2. angka tersebut sama dengan nilai 295 juta dollar di tahun 2007. namun entah mengapa membengkak hingga 44 juta dollar. bila dikonversikan dengan tahun sekarang plus hitunghitungan inflasi.coba bandingkan dengan biaya pembuatan filmPirates of the Caribbean: At World's End yang mencapai angka 300 juta dollar atau sekitar hampir 4 triliun rupiah! Luar biasa. Film yang dibuat pada tahun 1961 dan diproduseri oleh Mosfilm Studios milik USSR ini menghabiskan dana sebesar 100 juta dollar atau kalau dikonversi dengan inflasi dan segala macam.! Lalu apa yang membikin film ini menjadi sangat mahal? Ternyata ada sebuah adegan film perang yang harus mengerahkan pasukan sebanyak 120. dan film ini diproduksi pada tahun 1963.. dan itu adalah scene atau adegan perang terbesar yang pernah dibuat! Sumber: wikipedia.kapal Titanic itu sendiri. Metodologi Dan Aplikasinya. Perlu diketahui bahwa angka 44 juta dolar ini adalah angka di tahun 1963.org Proceeding Dari Workshop Sejarah Film Dunia. Namun. dengan kata lain di tahun 2009 bisa menembus angka 300 juta dollar! 4.5 triliun rupiah! Tapi itu masih belum seberapa lo. Awalnya film ini hanya diberi anggaran 2 Juta Dollar.

Le Fanfaron. tradisi dan modernitas:L¶Aventura. Pong Masak Senin. Suatu Sejarah Filsafat.3/Sorbonne Moderator Struktur Acara: Nouvelle) : Dr. Dokumenter dengan Pendekatan Baru: Etre et avoir. . antara realisme dan ekspresionisme. Eisenstein dan Montase Intelektual (October). film-film Lumiere. Sinema Italia tahun 1960-an. Kamis. Asal-Usul Sejarah Film. Penelitian dalam Sejarah Sinema. Sinema Soviet. Feuillade.Status ekonomi dari seorang star: Joan Crawford dalam sebuah western baroque:Johnny Guitarre. Menuju suatu pendeakatan yang terintegrasi. Realisme Puitis Perancis. La Lucarne de l¶Infini dari Noel BÜrch (Paris dilihat oleh para early cineast). Keaton dan burlesque. Realisme Puitis di Perancis:Hotel du Nord. Jumat. y Beberapa contoh early cinema dari Lumiere sampai Feullade. Berkarya dalam Sejarah melalui tulisan sejarah. y Contoh-contoh Murnau dan Sunrise. Aliran Estetika Utama: Ekspresionisme Jerman. Sinema Asia: In The Mood for Love. Le Maudit. Le Mecano de la General. Pathe. Pendekatan Teknologis y y Peralihan ke Film Bicara di USA dan di Eropa. cinema verite Amerika. 18 Desember 2006 : Darimana Datangnya Sejarah Film Dunia? 1. La Nouvelle Vague di Perancis. Melies. Gaumont. 19 Desember 2006: Pendekatan Utama. M. Contoh-contoh: Godard dan La Nouvelle Vague: A bout de Soufle atau Une femme est une femme atau Le Mepris. 21 Desember 2006: Pendekatan Ekonomi dan Sosiologi y y Genre-genre utama di Hollywood: Music Hall dan sistem studio: Singing in the Rain. Cinema Direct di Perancis dan diQuebec. Bergman dan Modernitas:Persona. Selasa. Fritz Lang. Contoh-contoh: Awal Industri Film di AS. Tanete A. Contoh-contoh: Histoire(s) du Cinema dari Jean-Luc Godard. 22 Desember 2006: Suatu Pendekatan Sejarah yang Baru untuk Sinema y y Sejarah dan Teori.

2005. Faire l¶Histoire du Cinema (Film History. ----------------. Paris: INHA. Jullier. MSH. Marie. 2006.Referensi yang dipakai: Allen. Dictionnaire Theoritique et Critique du Cinema. Paris: Arman Colin. Le Cinema Muet. Paris: Michel. Professor ini merupakan ahli dalam teoritisasi film. Paris: Nathan. Douglas. De Cinema. Problematique des Sources. Michel Marie merupakan arsitek jurusan Kajian Film di Universitas Sorbonne yang merupakan pusat kajian film di Perancis dengan jumlah professor paling banyak. ---------------. Michel. Prof. 1985). 2004. 1992. Paris. 18 Desember 2006. La Nouvelle Vague. Guide des Etudes Paris: Cinematographiques. Paris 1. . 1991. Aumont. Hari Pertama. Lagny. Laurent. Irene dan Gili. Bessiere. Paris: Armand Colin. Senin.. Robert dan Gomery. 1997. Cahiers du Cinema. Jacques dan Marie. Paris: Armand Larousse. les Images de l¶Histoire du Cinema. Jean A. Histoire du Cinema. Lire Michel. Colin. 2007. 2001.

3. pen. Sejarah film tidak pernah populer seperti Ecole du annales (salah satu jenis aliran sejarah yang diperkenalkan oleh Frauden Baudel. Penulisan sejarah tergantung dan hanya menyangkut kenangannya saja. sejarah film akan dibahas secara kronologis: 1. Sejarah film baru dimulai dan baru sedikit orang yang bekerja di sini sehingga sejarah film memiliki keterbatasan teoritik. Pendekatan sejarah film selama ini terlalu kategorik. Padahal sejarah tidak harus linear.Sesi I Dalam workshop kali ini. Pengertian gerakan film dan aliran film tidak membantu banyak dalam penulisan sejarah film. Penulisan sejarah film biasanya menggunakan biografi klasik (kelahiran.). Contohnya. Pendekatan baru dalam sejarah film menggunakan lebih banyak data. dll. bukan hanya kesaksian actor. perkembangan. sutradara. Ada 4 pendekatan dalam sejarah sinema seperti yang ditulis di atas. Sejarah film pernah tidak populer pada tahun 1960-1970-an ketika semiotika sedang populer. pen. Film merupakan sesuatu yang sangat kompleks. tidak mengikuti skema Negara. Tujuan film kan dikembangkan untuk seluruh dunia. Selama ini pendekatan sejarah film dilakukan dengan pendekatan yang sulit diadaptasi. Nouvelle vague itu gerakan atau hal yang semu semata? Bentuknya stereotip. 2. y Jadi kesalahan penulisan sejarah film dunia selama ini adalah: . bukan pendekatan sejarah yang µbenar¶. dan kejatuhan). Referensi: La Theorie du Film dan tulisan dalam Cahiers du Cinema. Penulisan sejarah dilakukan dengan menggunakan sumber sutradara atau actor tanpa sikap kritis. Selama ini sejarah film: y y y y y Terlalu ditekankan pada TV dan film itu sendiri. 4. dengan Jean Luc-Godard sebagai salah satu eksponennya. karena sejarah ini ditulis oleh para kritikus.) yang memiliki sejarah panjang hingga 2 abad. nouvelle vague (new wave: gerakan baru sinema Perancis di tahun 1960-an. Sejarah teknik Sejarah estetik Sejarah ekonomi Sejarah sosiologi.

Dengan adanya peningkatan data-data. Bahkan dikatakan bahwa sejarawan tradisional bukanlah sejarawan. Pada tahun 1960-an. bukan lagi buta. Di kalangan generasi baru. Metode pendekatannya. Sekarang ini film Melies yang bisa ditonton mencapai 200 film sehingga bisa dikatakan stok film ini berlimpah (akibat kemajuan teknologi penemuan dan transfer film. Ada cirri-ciri siklis. Eropa. Mitos bersifat sangat romantis. bekerja dengan sangat lamban. Mereka tidak lagi bersikap seperti sejarawan tradisional yang naïf.y y y y Obyek kajiannya. Sejarah memang dekat dengan mitos dan penuh stereotip. Contohnya: film-film Melies.). baik stereotip moral maupun politik. Sejak tahun 1920-an ada 15 film yang bisa ditonton dari total 500 filmnya. muncul kegelisahan epistemologis. Penulisan sejarah film tidak selalu konsekutif dan tidak mutlak sebab-akibat. Sejarah film tahun 1960-an didorong oleh: y Lebih banyak karya yang ditemui di mana saja (soal ketersediaan) dan lebih banyak karya yang bisa diterima. pen. banyak kritik muncul berkenaan dengan metodanya yang masih konsekutif dan sebab-akibat. melainkan kritikus. ada persoalan bagaimana menuliskannya. y Dalam persoalan dimensi kronologis dalam penulisan sejarah. Genre dan style. Misalnya tentang konsep peristiwa di dalam film. Penemuan baru juga menyajikan film-film bisu yang dibuat khusus untuk pasar Amerika. Adasejarah yang cepat. . Oleh sejarawan hal itu kini dilihat secara kritis. Sampai saat ini masih sulit mempelajari arsip dari perusahaan film meski banyak perusahaan film menyediakan data-data produksi filmnya untuk universitas. Ada pengaruh langsung dan tidak langsung dalam jangka waktu tertentu. Penulisannya sendiri. Pandangannya. ada sejarah yang lambat. misalnya. ada 100 filmnya yang bisa ditonton dan dianalisis karena semakin banyak yang bisa ditemukan. Perubahan sejarah terjadi dengan sangat kompleks dan tergantung dengan konteks. dan selalu mendudukan produser yang membiayai film sebagai orang jahat. dll.

Sejarah merupakan hasil rekonstruksi bukan apa adanya. Fakta sejarah tergantung pada formulasi kita atas sejarah. sejarah social dalam film. dll) film. dengan tujuan untuk mengetahui kelas social yang direpresentasikan dalam film. bukan terpecah-pecah. . Misalnya soal statistic dan dokumen hokum di bidang film. Sejarawan umum tidak mengenal aspek-aspek lain selain itu. Sejarawan merekonstruksi wacananya. menulis sejarah Perancis. Kini sejarah sinema mulai tertarik dengan sinema sebagai artefak dan dimensi ramalan dari filmfilm. Maka sejarah baru ini: y y mendefinisikan konsep keakuratan sejarah. Sejarah tradisional film hanya mencakup: 1.y Gaya representasi sejarah juga menjadi masalah. Hal ini menyangkut sejarah politik dan bisnis (distribusi. 2.) yang hendak menyelesaikan persoalan-persoalan sejarah (kesadaran sejarawan). Keempat ini didekati secara integral. sejarah estetika sejarah teknik Pendekatan baru (nouvelle histoire) menambahkan: 1. social politik. Mereka menganggap sejarah sastra sebagai sampah karena tidak melakukan pendekatan ekonomi. sejarah ekonomi. Film mencerminkan rekonstruksi public. Sejarah bukan hanya bersifat kronologis. Mengembangkan metodologi penulisan sejarah. Keempat aspek itu dibahas secara integral tetapi tidak harus selalu bersamaan. Mereka menulis sejarah yang selalu berkaitan dengan orang-orang dan hal-hal yang luar biasa. sejarah social yang bisa mempengaruhi public. Di sinilah muncul histoire problem (salah satu pokok pemikiran dalam penulisan sejarah histoire du annales. pen. 2. Sejarah tidak bertujuan. Persoalan-persoalan ini melambangkan kegelisahan masyarakat. tapi tidak mutlak seperti itu. Brades dan Braziac (1930-an). tapi juga kausalitas.

Padahal terlihat bahwa WB memang sengaja melakukan investasi besar-besaran untuk film bersuara ini. Produsernya Central Foto. Sejarah baru: y y Kembali ke data primer: ada gerakan internasional untuk pengumpulan data-data primer industri film. Sekarang ini muncul sejarah khayal/imajinasi yang berasal dari analisis Lacan. . Sejarah imajinasi ini memperlebar konteks penulisan sejarah.Dulu sejarawan merupakan para penulis kronik. misalnya. Ada pertanyaan dari peserta. Biasanya menemui kesulitan di fase interpretasi sejarah. bernama AOL-Time Warner. Pathe bahkan pernah membuat film di Garut di tahun 1910-an. µPenemuan¶ seperti ini perlu dibuktikan. Tetapi film ini tidak ada dalam sejarah film Indonesia (filmIndonesia pertama diakui sebagai Loetoeng Kasaroeng. pen. Wartawan mengembangkan mitos persoalan WB ini.). Contohnya. Pathe memproduksi 15. Prof. sampai sejarah film primitive. sejarawan adalah para wartawan/kritikus film. Tahun 1950-an. Apakah fenomena ini karena kita tidak tahu µorigin¶ film? Kita tidak bisa mengejar arsip sehingga kita mending interpretasi? Sejarah film Indonesia. Faktanya sekarang WB menjadi konglomerasi media raksasa. Contoh: Film bersuara keluar pertama kali dari studio Warner Brothers karena kondisi studio itu yang terdesak dan hampir merugi. berawal dari tahun 1924 dengan adanya film di Sumatera.000 film. Marie menekankan bahwa menulis sejarah harus dari sumber sejarah. tapi yang bisa dianalisis hanya 500 film. Refleksi mendalam tentang metodologi yang digunakan. 1926.

Sesi II Sesi diawali dengan menonton film-film Lumiere dan Noel B rch. era film bisu selesai di tahun 1929. Di China. Seni film bisu versi tradisional berasal dari tahun 1920-an. Perancis mulai µmenemukan¶ film Amerika. dll? Penulis sejarah kebanyakan berasal dari filsafat. sosiologi. tapi bukan film primitif. tahun 1941. Pengertian primitif dalam film sebenarnya terpengaruh oleh terminologi seni primitif yang mengacu pada seni Afrika. Kapan early cinema berakhir? Noel B rch sendiri sangat unik. Tahun 1918 saat berakhirnya PD I. Ia menganalisis: y y y y y y Frame Point of view Logika urutan shot Artikulasi spasio-temporel Tokoh-tokoh yang ditampilkan dalam film Manajemen tatap mata. film masih bisu meski diiringi oleh musik.Pertanyaan kedua. Early cinema digunakan untuk menyebuat sinema awal. Lalu istilah ini dipakai untuk menyebut film-film Melies. Contohnya Deleuze yang berupa pemikiran. Film bisu merupakan early cinema. Ini tentu saja bukan sejarah. Apakah pembatasan waktu dalam sejarah primitif masih ada gunanya? Bagaimana membaca sejarah film bisu? Pembacaan sejarah film bisu ini bermasalah di berbagai Negara. . Ia sudah menghadirkan pemahaman psikoanalisis tenatng dorongan primitif. apakah sejarah film ingin mandiri setelah gagal mencoba berbagai pendekatan seperti sastra. Pemikir-pemikir seperti ini menulis dari sumber kedua. Ia terinspirasi oleah pouviar primitive yang dikenalkan oleh psikoanalisis Freudian. Di Amerika. bukan sejarah. Harus ada penulisan sejarah yang berasal dari sumber-sumbear primer. Tahun 1913-1914 merupakan periode sejarah yang kompleks.

pengambilan gambar. Estetika Lumiere berasal dari fotografer yang dilatih untuk membuat film. Tak mengherankan mengingat Lumiere memiliki industri negative film dan pabriknya ini menyediakan material khusus untuk film-film Lumiere.Dalam sinema primitif. tatapan mata pada kamera itu wajar. lighting dan subyek. Kinetoscope Edison berbeda dengan Lumiere yang layar leabr. Griffith mengembangkan adegan kejar-mengejar ini dari Pathe. Penonton berada di luar frame. Di film Griffith ini mulai terjadi peralihan ruang. ada adegan kejar-mengejar yang menampakkan cirri film comic. Pada tahun 1918. sementara ia juga menggunakan gambar telepon dan surat yang silih berganti. (Pemenggalan film baru terjadi sekira tahun 1916-1918). Harus dibedakan: y y y Estetika tatapan/pandangan Estetika lukisan Estetika shot: baru muncul ketika film itu mulai diedit/pemenggalan.W. Dari sinilah muncul scenario dan munculnya scenario ini didorong oleh munculnya editing film. Ini yang disebut model representasi primitive (Noel Br ch). Gambar ini beraasl dari film Goumount. Parameter estetika Lumiere: . Dalam salah satu film Melies. Setiap tableu bersifat otonom. Periode tahun 1902-1908. Estetika ini sangat khas dan logis. Pengambilan gambar diambil dalam bentuk general shot. dan bisa dilihat dari frame. D. Estetika yang Lumiere yang paling menonjol adalah estetika yang dipantulkan pada layar lebar. Unsure-unsur ini memiliki kepaduan. gambar ditampilkan dalam bentuk lukisan (model Melies). kita bisa menganalisis estetika Lumiere dari estetika tatapannya. Konsep tentang penglihatan merupakan punctuality unik (pilihan sudut pandang). Kinestocope Edison membuat orang harus µmengintip¶. ada fenomena yang berdampak ganda pada film seni. Lumiere menggunakan kemampuan kamera dan presisi optic serta kepekaan film negatifnya. Contoh lain. Yang menarik. Film naratif tidak berfungsi sebagai kesatuan logika naratif.

Sinema perlu berangkat dari rekonstruksi di dalam studio. Ada hal yang menarik dari parameter ini. Kamera hanya bisa merekam hingga panjang film negative 17 m.)sehingga kita bisa memperolehdepth of field sebaik mungkin. Film primitif memiliki kesamaan dengan film-film eksperimental yang muncul kemudian. Lumiere mengambil gambar saat siang hari saat cahaya bagus untuk film. 3. Memutar film ³Un Histoire´ dan ³Kenyataan dan Mimpi´ (1901. Melies) yang menggunakan estetika seni rupa. Baru kita memperoleh narasi di dalam film. Model framing Lumiere akan digantikan oleh model Melies.1. Pembatasan waktu. Ada oposisi dialektis antara di studio. ada penonton di luar pertunjukan cinema interaction (Eisenstein). contohnya film bisu yang tidak mengintegrasikan penonton. Melies melakukan pengambilan gambar berdasarkan kenyataan yang sedang berjalan. yaitu antar deakor yang bersifat fixed dan gerak. Noel Br ch memformulasikan: 1. Karena parameter-parameter ini. ada penonton yang terintegrasi dalam narasi film film naratif (Andre Bazin) penonton mengidentifikasi dirinya dengan film. ie. ada beberapa cirri yang muncul: y y y ada pengambilan gambar ¾ (setelah kamera. sehingga ada duasi shooting. pen. di luar studio dan di alam. 2. . penguasaan pencahayaan. Adanya oposisi yang menarik. 2. sudah ada editing µprimitif¶. Voyage le Lune (1902. pembatasan ruang sehingga harus mampu menguasai ruang melalui frame. Contoh: Magic Show (Melies). Pathe Freires). kemudian di alam secara natural.

Film-film ini µditemukan¶ oleh sinematek Inggris. 19 Desember 2006. Pathe memproduksi produk sinematografi. Kalau melihat asal-muasal film.Film ini merupakan flashback pertama dalam sejarah. Selasa. perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang iflm mulanya adalah perusahaan fotografi. tidak sesuai dengan silabus yang telah dituliskan di hari pertama). kita mengetahui bahwa pada tahun 1908 profesi sutradara belum µseterhormat¶ sekarang. sejarah sinema adalah hal baru. Dari temuan itu. Setiap tahun Pathe memproduksi sekira 100 film. Marie agak mengkritik Deleuze yang membuat tulisan berdasarkan karya-karya tulisan sebelumnya. Ia mendominasi tapi tidak memiliki hak eksklusif. Tetapi baru pada tahun 1947 buku tentang sejarah ekonomi film baru muncul. Berkembang secara otonom pada awalnya. Baru pada tahun 1970-an muncul soal ekonomi industri yang tidak hanya berpendekatan Marxist. Penulisan sejarah ekonomi film dimulai oleh orang Swiss bernama Pieter Bachlin. perusahaan-perusahaan AS mulai mendominasi. Federasi Arsip Film mengadakan kongres di Brighton dan mempertontonkan 500 film early cinema. Pada tahun 1903-1905. School of Brighton adalah sebuah kolokium historiografi film. Ahli-ahli yang berkonsentrasi pada early cinema ini kirakira 350-an orang. Sejak tahun 1905. Film ini baru ditemukan di tahun 1980. jadi mirip daengan periode yang sedang berlaku di bidang lain. sinema sudah menjadi industri sehingga orang bisa mempelajari sejarah ekonomi. Hari Kedua. padahal tradisi Swiss saat itu bukan Marxist. Padahal ini sangat superficial. . Prof. (Catatan: workshop akhirnya berjalan tidak urut. Penulisan pertama ini sangat bersifat Marxist. Hari ini akan membahas sinema Amerika. Penulisan sinema Hollywood pada tahun 1950-1960an juga cenderung menggunakan pendekatanpendekatan Marxist. Pathe sendiri merupakan perusahaan [perekaman] suara. Pada tahun 1978. Pada tahun 1912. Menurut Bachlin. Pathe merupakan perusahaan oligopoly film pertama. Hal ini membuktikan bahwa sejarah film harus terus-menerus ditulis.

Asuransinya. distribusi. Sistem Taylorisme dipakai di industri sinema terutama untuk penataan organisasinya (organisasi ekonomi). kebijakan Negara terhadap perusahaan-perusahaan film. Membuat film memiliki risiko yang tinggi. Pada tahun 1905-1912 perusahaan Pathe banyak memproduksi film. nasional. Industri eksebisi merupakan industri film yang paling rendah risikonya. Mulai tahun 1914. vs. Perusahaan-perusahaan ini berasal dari perusahaan keluarga yang kemudian berubah menjadi perusahaan trust besar. Bagaimana cara mengurangi risiko ini? Sejak dulu. eksebisi/konsumsi). Dan para produser menyadari ini. film sebagai produk industri 2. ia mulai banyak membeli film-film Amerika. Tahun 1910-an. Lumiere menggunakan 200 pekerja. ex. Konsep ini terlihat misalnya pada tahun 1950-an. 2. ketika kita melihat pertukaran produk. Melies 50 pekerja. dominasi dipegang oleh sirkuit bioskop. 3. Bachlin meminjam konsep Karl Marx tentang nilai tukar. internasional. Pathe mengambil hak distribusi film Amerika di Eropa. Film sebagai karya seni. Tetapi banyak dari filmfilm ini tidak bisa mengambil untung. Bachlin mengembangkan pembahasan sejarah ekonomi dalam 2 konsep: 1. . tidak seperti produk budaya yang lain. public pasar strategi politik: swasta.Pembagian kerja di dalam film bersamaan dengan adanya sistem Fordisme (Taylorisme) di industri otomotif. Yang dipelajari: 1. Bachlin mempelajari risiko pembuatan film. sehingga tahap-tahap perkembangan industri sinema sama dengan tahap-tahap kapitalisme. proses konsumsi dan distribusi (produksi. para kapitalis film Perancis sebenarnya sudah mulai memilih menjual film-film AS daripada film-film dalam negeri. Perang Dunia I berpengaruh pada industri film Perancis.

Dalam ekonomi sinema selalu ada konfrontasi antara untung vs. Contohnya mempelajari sirkuit bioskop yang selalu dinamis. Analisis ini mencakup analisis hubungan kekuatan karena ada jalur yang ingin selalu memaksakan kehendaknya. Politik sinema ini tergantung dari struktur sinema. Ekonomi sinema mempelajari strategi bisnis. Padahal film dokumenternya berbudget rendah. Politik sinema tiap Negara khas.Masalah sejarah ekonomi sinema: 1. Teori ekonomi sinema Selama 20 tahun terakhir mulai banyak karya-karya besar dunia tentang subyek ini. dan mekanisme distribusi via DVD. di Chicago sudah ada bioskop berkapasitas besar. kebijakan. Pada tahun 1925. Contohnya film-film Luc-Besson yang berbudget rendah. 5. dulu Edison dengan kinetoscopnya. bagaimana mendapatkan keuntungan. dan inovasi. Apakah perusahaan-perusahaan berkonsentrasi dan bagaimana Negara ikut campur? Bagaimana kebijakan pajak? Apa peran Negara? Analisis pasar atau strategi eksploitasi. Dia memproduksi film documenter yang memberikan keuntungan 200 kali lipat dari film fiksinya. Jalur ini bersifat internasional. hubungan dengan kondisi politik. budaya. Dari segi ekonomi. dll. Analisis Struktur sinematografi. bagaimana meningkatkan pasar dan audience share. 2. lalu penonton melihat yang lain. Saat itu mulai ada efisiensi marketing. System multiplex diperkenalkan oleh kapitalis Belgia di tahun 1980-an. Analisis industri mempelajari struktur perusahaan produksi. inovasi dan standarisasi. Contoh. Teori Marxist bisa menerangkan evolusi dari yang lebih Marxist menuju yang lebih industri dengan tujuan mencari keuntungan. perilaku. film dibuat untuk ditonton sekali saja. Industri Hollywood sendiri memulai dinamismenya sendiri sekira tahun 1910 (ekspor). . 3. 4. Manajemen aktivitas ekonomi. Lalu producer mulai berkonsentrasi membuat film dengan budget rendah. bahkan sampai 8000 seats dilengkapi dengan restoran dan playground untuk anak-anak.

sebuah sector yang sangat menarik. representasi perempuan dalam film-film AS atau dalam nouvelle vague. 2.Sosiologi sinema memperbandingkan bentuk-bentuk perkembangan sinema. Contohnya. Semakin lama usia menonton ternyata semakin muda. Hal ini terjadi karena adanya system multiplex. CNC. Analisis ini bersifat sosiologis. 6. 3. 5. Pada tahun 1945. misalnya. Contoh analisis yang lain adalah peran orang Negro dalam industri film tahun 1970-an. Eisenstein menggunakan 5000 figuran tapi filmnya gagal karena susah dimengerti. Contohnya perkembangan bioskop yang mencerminkan evolusi konsumsi secara material. kelas social dan televise. 4. Awal mulanya Pierre Bordieau yang membahas tentang lukisan. Dari film bisa dipelajari ekonomi lain. dll). setiap tahun membuat angket tentang penonton (gender penonton. industri mobil.Sosiologi sinema bisa menjadi studi representasi yang berkenaan dengan public. organisasi Perancis. menunjukkan perubahan perilaku penonton dari menonton di luar (layer tancap) berpindah ke dalam ruangan (rumah).Sosiologi sinema membahas tema-tema social yang berhubungan dengan periode di mana film itu diproduksi. Sosiologi sinema µbisa¶ meramalkan kejadian yang akan datang. Contoh. Sosiologi bisa menganalisis lingkungan produser dan lingkungan social film. SOSIOLOGI DAN SINEMA Sejarah sosiologi sendiri baru-baru saja focus ke film/sinema. berapa kali menonton dalam setahun. Peran sosiolog menggambarkan perilaku para penonton/public (ini merupakan analisis pertama para sosiolog terhadap sinema). yakni sekitar tahun 1950-an.Sinema merupakan industri audiovisual. Terlihat kan kalau film-film nouvelle vague itu sangat maskulin. fotografi. dll. 1. . diperbandingkan dengan sudut pandang histories dan geografis. Analisis system penjualan dan penyewaan. film October (Eisenstein). misalnya. fashion.

Ia belajar dari lingkungan orang tuanya. Griffith lalu membuat film berdurasi menengah (1 jam). Editing parallel merupakan turunan hirarkis dari film. Film ini sangat provokatif dan rasis. Keaton memparodikan film-film besar. Di Italia. Pada tahun 1913 muncullah Caberia yakni film tentang perang di Tunisia. jadi bukan seorang sekolahan. Buster Keaton menggunakan teknik ini dan mendramatisasinya. Ia diserang kaum Puritan karena komedi-komedinya.SEJARAH FILM HOLLYWOOD µIndustri¶ film AS sebelumnya dikuasai oleh Pathe tetapi industri film AS membuat perlawanan. Film The General sendiri disponsori oleh militer AS dan perusahaan kereta api. karena sebelumnya film hanya berdurasi max. para pembuat film membuat film-film yang penuh dengan dekor. Ia menjadi alcoholic untuk menyembuhkan sakit kepalanya. Keaton bisa membuat scenario panjang yang cukup bagus. Pada PD I orang Eropa focus pada perang. Ia sendiri tidak tahu manajemen/ekonomi. Tetapi pada tahun 1914 film-film AS masuk Eropa. 1 jam. Orang tuanya adalah pemain acrobat. Sebelum tahun 1919. . misalnya Intolerance (DW Griffith) menjadi Seven Foolishness. Ia sengaja menghilangkan heroisme militer (tidak menempatkan militer sebagai hero). Pokok bahasan : Buster Keaton (The General) Buster Keaton membuat plesetan film DW Griffith. Film Birth of A Nation merupakan film big budget/film mahal yang menghasilkan keuntungan besar. Film The General ini merupakan puncak karirnya. komedi bersifat lebih subversive. Buster Keaton lahir sebelum Chaplin dan karirnya terhenti di tahun 1919-an. Film DW Griffith merupakan film panjang pertama. Film ini memberi arti penting pada bahasa film dan editing parallel. Setelah itu film-filmnya memburuk padahal usianya waktu itu baru 31 tahun. Sebelumnya Buster Keaton merupakan actor komedi selama 10 tahun.

Walt Disney membuat film serius tentang perang saudara tetapi lebih menguntungkan pihak utara. apalagi dalam hal analisis stilistik dan mise en scene. FILM RUSIA Sesi diawali dengan pemutaran film October karya Eisenstein. Kita bisa belajar dari rush cut tentang proses penyutradaraan para sutradara. seperti Chaplin. tapi tidak secara sekuens. Setelah tahun 1926. pen. Dalam film The General. Sinema Rusia sangat berpengaruh pada perkembangan sinema dunia. Tokoh Keaton tidak pernah tertawa dan selalu kena agresi fisik. Sangat berbeda dengan film October (Eisenstein). Ia menggunakan banyak repetisi scene. . Ekspresionisme Jerman misalnya. 21 Desember 2006. Ia sendiri tidak memihak utara maupun selatan (kubu dalam perang sipil di Amerika. tidak panjang tapi juga tidak terlalu pendek. Meski demikian. terutama Dr. Caligari-nya Murnauw (1918) sangat terpengaruh oleh sinema Rusia dan film Pathe Rusia. film ini lebih menguntungkan pihak selatan. Keluarga dalam film Keaton selalu dilihat secara sinis. Hal ini berasal dari disiplin keluarganya (makanya ia sering mengalami sakit kepala). Hari Ketiga. Ia justru menyindir perang itu. Film ini dibuat pada tahun 1927 untuk memperingati 10 tahun revolusi Bolshevik. Film ini dibuat berdasarkan kejadian sehari-hari dan kenyataan yang tragis. Kamis. Film The General sendiri berbicara lewat montage. Keaton lebih klasik dan seimbang. ia menggunakan metafora tentang seragam.).Film yang mempengaruhi Keaton adalah film-film serius. pihak utara lebih diuntungkan sehingga film-film Keaton bisa disebut simetris. Pada tahun 1950-an. Film Eisenstein terdiri dari 18-20 detik/shot. Selain Eisenstein. tokoh film Rusia antara lain Dziga Vertov dan Khulesov. Ia sangat sedikit menggunakan close up.

Ia sangat tertarik dengan sinema karena montage. kebebasan itu terhenti karena Stalin mulai berkuasa. Film ini seperti orkestra dan menganalisis semua hal tentang bagaimana melihat dengan kamera. Pada tahun 1921. Saat itu telah ada sineas-sineas avant garde. Ia sendiri membuat film tanpa fiksi dan tanpa actor professional. Menurut Vertov. banyak teknisi sinema Rusia bermigrasi ke Perancis dan mendirikan studio. Khulesov baru dikenal setelah tahun 1960-an. Pada tahun 1920-an. sinema sudah menjadi hal yang sangat penting di Rusia. ia membuat film tentang ulang tahun rezim komunis. antara lain Al Batroz. Ia µmenemukan¶ teori yang disebut sinemamata (cinemaglass). memiliki banyak pengalaman pembuatan film. Pada tahun 1929. Pada tahun 1918. Ia adalah dosen film di Moscow. angle kamera. Vertov sendiri meninggal dunia di tahun 1950-an. ia menjadi direktur propaganda partai dan memimpin shooting-shooting. Khulesov berjiwa Stalin. dll. Sebelum ke sinema ia membuat laboratorium akustik (suara). misalnya. cameraman adalah pekerja. Kamera sebagai alat untuk mengenali sesuatu. seperti kecepatan. Dziga Vertov merupakan cineaste paling penting dalam perkembangan film documenter dan propaganda. Setelah revolusi Bolshevik pada tahun 1917. Orang-orang politik di Rusia memiliki ide tradisional tentang seni. Di banyak Negara barat. Dua film ini merupakan 2 film penting akar sinema kontemporer. Tetapi Lenin memberi kebebasan berekspresi bagi para sineas. Pada saat Lenin berkuasa. yang kemudian dikembangkan oleh Alfred Hitchcok dan film Peeping Tom. berarti kebenaran). Film Vertov bersifat vouyeris. Bagi Vertov. dll). Lenin. Ia tertarik pada persepsi sonor. Film menjadi lebih klasik dan naratif. Film ini merupakan film yang sangat didaktik tentang kuasa cameraman. sama dengan pekerja tambang menggunakan alatnya. Filmnya yang berhasil adalah Man with A Movie Camera. Film ini mengajarkan bagaimana membuat film (shot. muncullah feature. Pada tahun 1929. ia memimpin . sinema sebelum dia masih sinema borjuis.Pada tahun 1920-an. montage. Saat inilah ia memulai jurnal sinematografi kinopravda (Pravda: judul buku. film-film Vertov banyak yang disensor. menyukai film-film klasik. Vertov sendiri merupakan bagian dari gerakan futuris. cross cutting. ia adalah pemimpin redaksi kinopravda.

Pada tahun 1910. tapi banyak mengalami masalah. . Pada tahun 1925. Film ini bercerita tentang episode kapal perang yang kemudian disebut Battleship Potemkin. Pada tahun 1927. Film ini menggunakan budget besar dan mendapat bantuan dari tenara Rusia. film pesanan pemerintah selesai. pemerintah memesan 12 film kepada Eisenstein. pemerintah Rusia membuat 10 film lagi tentang revolusi 1917. Pemeran yang sering muncul adalah Kerenski (kepala pemerintahan baru) dan Trotsky (yang ikut komite revolusioner) tetapi dipotong oleh sensor. sehingga ia sangat dipengaruhi konstruktivisme (bentuk-bentuk bangun). lampu-lampu dimatikan pada malam hari agar pengambilan gambar bisa berlangsung. sementara Eisenstein sendiri anggota tentara merah). Pada tahun 1923. Eisenstein juga seorang insinyur yang berperan di bagian decorator. dan dramaturgi. Film ini laris dan terkenal di Jerman. Eisenstein memfilmkan revolusi 1917 dan ia sangat terpengaruh Waren Beatty. Eisenstein sendiri bertentangan dengan Vertov. Ia terpengaruh pendekatan DW Griffith. pencahayaan. Khulesov banyak bekerja di laboratorium eksperimental. Eisenstein menulis tentang editing. Ia menggunakan montage parallel. Ia memimpin teater revolusioner. 10 tahun kemudian. tempat pengambilan gambar film ini.jurnal tentara merah. seperti juga Eisenstein (ayah Eisenstein adalah pengikut tsar. Di Petrograd. Lenin sendiri hanya muncul selama 2 menit. Contohnya adegan gunung es yang mencair. Pada tahun 1919. Eisenstein tidak memuja seseorang. Pudovkin adalah seorang pembuat film yang membaut film terakhir tentang kota St. Padahal saat itu musim dingin. Film ini banyak mengalami persoalan lighting. Ia masuk bagian propaganda di partai. ia menulis sebuah artikel tentang peran montage. Ia membuat film tentang pemogokan. Pada mulanya ia membuat scenario tentang reformasi pertanian. Khulesov dididik sebagai insinyur bangunan. Pada tahun 1917. Lalu ia menggubah scenario lagi.Petersburg. Film ini tidak memiliki tokoh utama. sudah ada sekolah film yang berada di bawah kekuasaan tsar. Film October dilarang di Perancis sebelum tahun 1965.

Text sangat penting. ada latarbelakang hitam (malam. film ini menguatkan penguasaan simbolis. Film Eisenstein ini penuh dengan kekerasan. yakni pembawa bendera yang berlari. Text tertulis menjadi dominant. Tidak ada continuity. Pemimpin Bolshevik tidak paham dengan 3 hal di atas. Apa yang ingin ditunjukkan oleh Eisenstein: y y y y Banyak kunci untuk interpretasi. Petersburg. kereta dengan kuda putih. Patung pecah. Demonstran dengan tali-tali. Secara keseluruhan. dengan artificial light) dan kubah gereja. Rusia tidak diambil di St. petaninya tidak kelihatan) metonimi. Saat patung jatuh. misalnya jatuhnya patung dan adegan gereja yang tidak continue. mayat seorang gadis pirang di tengah jembatan. talinya tidak ada. tetapi ia menonjolkan 3 orang. peristiwa di bulan Juli diambil di St.Scene: tentang revolusi Februari 1917 (1) dan orang Jerman vs. sangat kelihatan pada scene patung. Ia memfilmkan demonstrasi secara kolosal. Ada latar belakang petani (senjatanya saja. . Bolshevik setuju gencatan senjata dengan Jerman). Petersburg. Eisenstein memang memakai metode sastra (metafora-metafora) yang tidak dimengerti sendiri oleh orang-orang Rusia.Ada bagianbagian yang tidak tersambung. 2 pencahayaan yang berbeda: shot malam hari (terang) dan siang (available light). Scene di jembatan menduduki posisi penting. Gambar: patung jatuh peristiwa Juli. Berkisar tentang pemerintahan sementara. (Peristiwa sejarah yang diacu. Eisenstein menggunakan: y y y y y y y y y Montage intelektual Ada kesewenangan dalam sekuens-sekuens film October. Ada kemiripan dengan continuity-nya. Saat patung jatuh.

Eisenstein menggunakan passion personalnya dalam film propaganda. Dia menulis artikel tentang Freud dan sejarah seni sepanjang 15. Inilah yang disebut dimensi seksual dalam film tentang revolusi. Eisenstein sendiri sangat menguasai psikoanalisis Freud. Banyak µjam¶ yang menunjukkan waktu di kota-kota besar di dunia. Film ini merupakan adaptasi novel (1928). Dengan psikoanalisis. Ada shot-shot documenter. Padahal semuanya dibuat di dalam studio. film ini seperti seorang anak yang memergoki orang tuanya. tsar yang sangat berkuasa 2. Sesi II 21 Desember 2006 Sesi diawali dengan menonton film Hotel du Nord. beberapa diambil di lokasi asli. Akhir film menunjukkan sangat sukar mengubah kekuasaan yang simbolis. beberapa dibuat di studio. dalam bentuk patung. Apakah Kerensky akan menjadi tsar yang baru? Patung-patung digunakan untuk kepentingan montage. Eisenstein sendiri tidak menampilkan korban-korban revolusi. Film ini terkenal karena lokasinya. . Ia hanya menggambarkan adegan pembunuhan secara terputus-putus. patung jatuh dan pecah. Eisenstein menampilkan tema-tema kastrasi (seperti juga novel Germinal karya Emile Zola).Para borjous telah memperkosa para revolusioner. Hal ini menunjukkan penguasaan atas waktu. Shot-shot sebelumnya.000 halaman teks. Adegan di kanal. Hotelnya sendiri sudah diruntuhkan.Tema besar yang ingin diangkatnya adalah penguasaan simbolis: 1. Kerensky kembali ke tahtanya. Gambar kuda dan gadis banyak diprotes para politisi.

Film ini menampilkan pekerjaan-pekerjaan µbiasa¶ di Paris. Dialog-dialognya masih bergaya teater. pelacur. Nama Le couvreur dalam film berarti yang melindungi/menatap anak-anak yatim piatu dari Spanyol. Film ini mendeskripsikan kehidupan sosial Paris di tahun 1928. Produser tidak mau berpolitik sehingga menyensor beberapa bagian. Di dalam film ini. Skenario didasarkan atas perbedaan usia tokoh-tokoh perempuan. dll. Annabela. Hal ini menunjukkan transformasi realitas di dalam sinema. Pusat perhatian film ini adalah keberangkatan Pierre ke Marsellies. orang tua (ayah) mengambil beban bunuh diri sehingga pasangan bisa kumpul kembali. Bunuh diri merupakan bukti cinta/kebahagiaan. pelayan. Ia banyak terpengaruh ekspresionisme Jerman. Arsiteknya meniru arsitekturnya dari film. Dalam studi psikoanalitis. Ia µmembuat¶ realitas puitis yang sangat sukses. Peristiwa-peristiwa ini benar-benar tipikal keluarga Perancis. sebuah sinkronisasi. Diakhiri dengan pesta 14 Juli. Bintang filmnya. Film ini kena sensor karena Perancis tidak mau berpihak dalam kasus Spanyol. ada hotel yang dibangun di tempat yang sama. Hotel du Nord merupakan gambaran keluarga Perancis waktu itu. Film ini bermula dari anak kecil yang mendapat komuni pertama dan pesta keluarga. Film ini merupakan film keempat Marcel Carne yang saat itu baru berumur 30 tahun. Gambar anggur merah yang melambangkan darah juga terdapat di seluruh film. Bandingkan dengan gambar Carne yang karto pos. dengan menggunakan sound artificial ketika shooting. antara kaum republic dan fascist Franco. profesi orang-orang tidak dianggap serius. Perancis merupakan tempat berlindung bagi orang-orang yang melarikan diri. hari kemerdekaan Perancis. .Pada tahun 1960-an. Anak kecil ketakutan mencari perlindungan ke ibu karena ia yatim piatu akibat perang di Spanyol. Sebelumnya ia seorang wartawan. merupakan aktris terkenal Perancis. seperti polisi. Pada tahun 1938 terjadi perang di Spanyol. Film ini mengungkap perubahan pasangan muda menjadi lebih dewasa. Carne banyak menulis film-film ekspresionis Jerman dan mendapat penghargaan sebagai kritikus film.

Sesi dibuka dengan menonton film Singing in the Rain. Hari Keempat. Film ini autoreferensi. Arthur Freed. Bandingkan dengan film Jean Luc-Godard. 22 Desember 2006. Jumat. Film ini merupakan plagiat dari film Perancis (bukan film musical). Film ini menampilkan Broadway di tahun 1940-an. Don dan Kelly yang menjadi protagonist memulai debut dengan film One Day in NY yang merupakan komedi musical. . ada 20 lagu. Pengaruh ekspresionisme Jerman terlihat dari sini. ia banyak membuat lagu. Film ini sederhana dan well-developed.Realisme puitik menampilkan orang kebanyakan yang dibawakan dengan pesimis dan berakhir tragis. Proses produksinya sangat lama. Meski Dr. semiautobiografi dari penulis skenarionya. yakni film yang menyindir orang-orang film sendiri (parody). salah satunya Singin in the Rain yang dipakai dalam film ini. Realisme puitik menggambarkan sesuatu secara ideal dengan cara pesimis. Singing in the Rain berasal dari ide produser. bos MGM. Film ini merupakan salah satu film musical Hollywood terbaik. Scene menyanyi di tengah hujan merupakan 9 shots yang bersambungan. Film-film ekspresionisme menertawakan diri sendiri dalam film-filmnya. Pada tahun 1925-1930an. tapi produsernya bahkan tidak mengetahuinya. Film realisme puitik banyak mengungkap kematian dan asmara. Sejarah Teknologi. Caligari sebagai contoh ekspresionisme Jerman bersifat lebih ketat dan gelap. Women is a Women yang bercermin pada film-film Hollywoodtahun 1950-an. Di skenario. Gaya dialog liris dengan dekor dan cahaya artificial dan penokohan yang stereotip.

Thomas A.Film Perancis itu dibuat pada tahun 1945. Woman is a Woman. Debbie Reynolds menunjukkan tipikal perempuan AS yang tidak berbakat menari. atau 7 tahun sebelumnya. disebut dengan masa pra sejarah film karena itu merupakan masa dimana terdapat penemuan" baru yg disebabkan obsesi" besar orang eropa. Film ini dibuat pada masa peralihan dari film bisu ke film berbicara. 7/1994 tentang Lembaga Sensor Film Next: OUT OF THE BLUE: DOCUMENTARY FILMMAKING IN INDONESIA tahun 1250. Prev: Peraturan Pemerintah No. 1880-an 2. tahun 1250-1895. Max Skladandwsky (Jerman) 3. Edison (USA). dengan sutradara Marcel. Film itu diproduksi oleh Lumiere. Dalam film Singin in the Rain. Bagian terpenting film adalah adegan di apartemen yang dibuat di studio. ex. Dalam film-film Godard.nostalgia terhadap masa lampau. Apartemen berangkat dari pengalaman personal Godard. lumiere bersaudara (frere) yaitu Louis dan Auguste mempertunjukan cinematograph untuk pertama kalinya kpd masyarakat paris di sebuah cafe hanya dengan membayar 1 franc. Film ini menjadi mitologi Hollywood. Lagu dipotong. orang" yg menemukan/menciptakan alat perekam gerak selain Lumiere & Melies: 1. Sesi II Menonton film Jean Luc-Godard. kenapa?? =kira" pada tanggal 28 des 1895. ditemukan sebuah kamera bernama OBSCURA. Film ini merupakan film musical yang dibuat di tengah rakyat jelata. jarang ada sekuens percintaan. dikenal sebagai tahun dimana awal adanya sebuah sinema. contoh: terciptanya sebuah alat yang bisa merekam gerak (yg hingga kini digunakan untuk membuat sebuah film) tahun 1895. jd hingga saat ini hal itulah yang dianggap menjadi hari dimana sebuah sinema itu ada. Lagu-lagu dalam film Singin in the Rain sangat terkenal hingga dibuat versi jazznya. Film ini bersifat retro. penggunaan suara sangat istimewa. Godard menampilkan representasi kekanak-kanakan perempuan yang dibenci oleh banyak feminis reaksioner. Friese Green (Inggris) Kinetograph: alat perekam gerak .

Film: Biasanya berhubungan dengan sosial dan politik 3. Filmnya merupakan kejadian yg diciptakan 3. Filmnya merupakan cerita khayalan 2. Fiksi (impresionisme.surealisme. filmnya merupakan kejadian sehari" 2. "dokumenter" *George Melies (sutradara teater yg tertarik memfilmkan sebuah teater ketika melihat alat perekamnya Lumiere): 1. filmnya merupakan kejadian yg sudah ada 3. Fleksibel (kamera ringan & kecil) PERBEDAAN *Lumiere Frere org yg sebenarnya ga punya ketertarikan dlm film. Gambar yang dihasilkan lebih tajam 2.kinetoscope: alat untuk memproyeksikan gerak phonograph: alat perekam suara nama" gambar bergerak pada zaman dahulu: 1. Movie: Biasanya berhubungan dengan industri dan bersifat komersil (uang) 4. Flicker: "bersemut" 2. Fakta 4. Cinema: Biasanya berhubungan dengan estetika keunggulan cinematograph(Lumiere) dibandingkan dengan alat perekam lain: 1. Proyektor 4. tp tertarik pada alat yg bisa merekam gambar bergerak): 1. Intermittent movement (gerak sendat) 3. "cerita" replyshare .ekspresionisme.etc) 4.