RASA TAKUT MURID SMA INSAN KAMIL TERHADAP BINATANG TERTENTU DAN CARA MENGATASINYA Oleh Ghalih Wirahadi

Akbari, Muhamad Iqbal

SMA INSAN KAMIL BOGOR 2010

1

18 Agustus 2010 Penulis 2 . Penulis memohon maaf atas segala kesalahan yang diperbuat.Kata Pengantar Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah menganugrahkan segala nikmat dan petunjuk-Nya. sehingga penulis mampu menyelesaikan karya ilmiah ini dengan seizin-Nya. Laporan karya ilmiah ini membahas mengenai rasa takut murid SMA INSAN KAMIL terhadap binatang tertentu dan cara mengatasinya dan penulis mencoba membahas hal tersebut dalam lapora berjudul “Rasa takut murid SMA INSAN KAMIL terhadap binatang tertentu dan cara mengatasinya” Pada kesempatan ini penulis dengan hati tulus ikhlas ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada umi Neti sebagai pengajar serta pembimbing kami. Akhirnya semoga laporan ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Sholawat serta salam senantiasa terlimpah pada junjungan Nabi besar Muhammad SAW. Bogor.

DAFTAR ISI 3 .

RASA TAKUT MURID SMA INSAN KAMIL TERHADAP BINATANG TERTENTU DAN CARA MENGATASINYA Oleh Ghalih Wirahadi Akbari.2. Salah satunya rasa takut terhadap hewan tertentu.2 Apa sajakah jenis-jenis hewan yang umumnya ditakuti oleh murid SMA Insan Kamil? Bagaimana cara mengatasi rasa takut terhadap hewan tertentu? BAB II LANDASAN TEORI 2.2. untuk : 1.2 Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan. Dengan karya ilmiah ini.1 Latar Belakang Setiap orang pasti memiliki rasa takut atau fobia terhadap suatu hal. ingin diketahui apa sajakah hewan yang umumnya ditakuti oleh murid SMA Insan kamil. 1. Muhamad Iqbal BAB I PENDAHULUAN 1.3.1 1.1 Pengertian dari Rasa Takut atau Fobia 4 . tertentu.2 Mengetahui jenis-jenis hewan yang umumnya ditakuti oleh murid Mengetahui bagaimana cara mengatasi rasa takut terhadap hewan SMA Insan Kamil. Rasa takut ini dapat muncul karena trauma terhadap pengalaman buruk. Namun sebenarnya rasa takut tersebut dapat diatasi bahkan dihilangkan.1 1.3.3 Rumusan Masalah 1. dan bagaimana cara mengatasinya? 1. atupun datang dengan sendirinya.

Berikut ini adalah istilah dari beberapa jenis fobia khususnya fobia terhadap hewan . Seseorang yang pertumbuhan mentalnya mengalami fiksasi akan memiliki kesulitan emosi (mental blocks) dikemudian harinya. Pengamat fobia menggunakan bahasa logika sementara seorang pengidap fobia biasanya menggunakan bahasa rasa. perasaan takut seorang pengidap Fobia sulit dimengerti. terjebak lift dan sebagainya. “pola” respon tersebut akan dipakai terus menerus untuk merespon masalah lainnya. Fiksasi adalah suatu keadaan dimana mental seseorang menjadi terkunci. Itu sebabnya. 5 . Sementara dibayangan mental seorang pengidap fobia subjek tersebut menjadi benda yang sangat besar. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. sangat menjijikkan ataupun menakutkan. Pola respon negatif tersebut dapat berkembang terhadap subjek subjek fobia lainnya dan intensitasnya semakin meningkat. Dalam keadaan normal setiap orang memiliki kemampuan mengendalikan rasa takut. Ada perbedaan "bahasa" antara pengamat fobia dengan seorang pengidap fobia. hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya fiksasi. Bagi pengamat dirasa lucu jika seseorang berbadan besar. Setiap kali orang tersebut berinteraksi dengan sumber Fobia secara otomatis akan merasa cemas dan agar "nyaman" maka cara yang paling mudah dan cepat adalah dengan cara "mundur kembali"/regresi kepada keadaan fiksasi. Akan tetapi bila seseorang terpapar terus menerus dengan subjek Fobia. Kecemasan yang tidak diatasi seawal mungkin berpotensi menimbulkan akumulasi emosi negatif yang secara terus menerus ditekan kembali ke bawah sadar (represi). yang disebabkan oleh ketidak-mampuan orang yang bersangkutan dalam mengendalikan perasaan takutnya. berwarna. Itu sebabnya seseorang penderita fobia menjadi semakin rentan dan semakin tidak produktif.Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Hal tersebut dikarenakan orang tersebut tidak memiliki saluran pelepasan emosi (katarsis) yang tepat. pengidap tersebut sering dijadikan bulan bulanan oleh teman sekitarnya. takut dengan hewan kecil seperti kecoak atau tikus. Walaupun terlihat sepele. Bagi sebagian orang. Fobia merupakan salah satu dari jenis jenis hambatan sukses lainnya. Penyebab lain terjadinya fiksasi dapat pula disebabkan oleh suatu keadaan yang sangat ekstrim seperti trauma bom.

takut binatang tertentu. * Zoophobia .2 Pengertian dari Hewan Hewan atau binatang atau margasatwa atau satwa saja adalah kelompok organisme yang diklasifikasikan dalam kerajaan Animalia atau Metazoa.takut / tidak suka kuda (juga dikenal sebagai Hippophobia). yaitu hewan bertulang belakang dan hewan tanpa tulang belakang. * Cynophobia . 2. kuda.takut / tidak suka cacing.takut / tidak suka kucing. * Fobia Hewan . Contoh: anjing. * Equinophobia .takut / tidak suka ikan. * Arachnofobia . Hewan yang memakan tumbuhan dikenal sebagai hewan herbivora. • • Hewan yang bertulang belakang disebut Vertebrata. • Hewan yang memakan daging dikenal sebagai hewan karnivora. harimau.takut / tidak suka anjing.takut / tidak suka kelelawar.takut / tidak suka serangga. suatu kategori fobia spesifik. adalah salah satu dari berbagai makhluk hidup yang terdapat di alam semesta. * Scoleciphobia . * Herpetophobia . Para ilmuwan mengklasifikasikan hewan kepada dua kelompok besar.takut / tidak suka laba-laba. * Musophobia . * Entomophobia . • 6 . * Ophidiophobia .istilah generik untuk fobia binatang.takut / tidak suka lebah (juga dikenal sebagai Melissophobia).takut / tidak suka ular.takut / tidak suka reptil. * Ornithophobia . Hewan tanpa tulang belakang disebut Invertebrata atau Avertebrata. Hewan juga diklasifikasikan menurut makanan mereka.takut / tidak suka tikus.* Ailurophobia . * Chiroptophobia . * Ichthyophobia .takut / tidak suka burung. Contoh: kambing. * Apiphobia . kucing. Hewan dapat terdiri dari satu sel (uniselular) atau pun banyak sel (multiselular).

69% 7.69% 7. alasan mengapa mereka bisa takut terhadap binatang tersebut juga bermacam-macam.07% 7.69% 15. katak.69% 23.69% 7.• • Hewan yang memakan daging dan tumbuhan dikenal sebagai hewan omnivora.69% 7 . BAB III PEMBAHASAN 3. Dan sebagian besar para responden juga mengakui telah mengalami pengalaman buruk yang berkaitan dengan hewan yang mereka takuti. kami mendapatkan data yaitu terdapat beberapa jenis hewan yang ditakuti oleh murid SMA Insan Kamil. Namun tingkat rasa takut terhadap hewan tersebut juga tidak sama. tikus.1 Jenis-Jenis Hewan yang Umumnya Ditakuti oleh Murid SMA Insan Kamil Dari hasil wawancara yang kami lakukan terhadap beberapa responden. dan ada juga yang hanya sekedar jijik atau merasa geli melihatnya.69% 7. Jumlah Murid yang Takut 1 1 1 1 1 3 1 2 1 1 No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Jenis Hewan Anjing Bunglon Cacing Cecak Katak Kecoa Tawon Tikus Got Tokek Ulat Persentase 7. Rincian data dapat dilihat pada tabel di bawah ini . dan lain-lain.69% 7. Hewan yang memakan serangga dikenal sebagai hewan insektivora.38% 7. Selain itu.ulat. ada yang sangat takut hingga melihat gambarnya pun mereka tidak mau. Mulai dari kecoa.

Dan penyebab munculnya rasa takut terhadap kecoa ini juga bervariasi. bahkan ada pula yang sampai dikencingi matanya oleh kecoa saat dirinya sedang tidur. Dalam beberapa kasus.07%. ada yang hanya dilewati kakinya oleh kecoa. Bahkan kecoa tersebut sering merayap hingga naik ke badan. 8 . Mulai dari jijik. Selain itu. Terdapat berbagai macam alasan yang mendasari rasa takut para responden terhadap binatang ini. Pengalaman para responden yang berkaitan dengan kecoa ini juga bermacam-macam. Orang fobia lebih banyak menghindari sumber ketakutannya tapi sebenarnya diperlukan perawatan untuk melawan takut yang berlebihan.3. binatang kotor. ada responden yang mengakui bahwa dirinya lebih takut apabila melihat kecoa pada saat terbang dibandingkan pada saat merayap.2 Jenis Hewan yang Paling Ditakuti oleh Murid SMA Insan Kamil Dari data pada tabel di atas. bisa terbang. baik itu makanan.3 Cara Mengatasi Rasa Takut Terhadap Hewan Tersebut Beberapa orang memiliki ketakutan yang luar biasa terhadap sesuatu. Rata-rata fobia yang dialami bisa disembuhkan meski diakui tak ada satu pengobatan yang efektif untuk menyembuhkan semua fobia. Diperlukan perawatan untuk melawan ketakutan yang berlebihan tersebut. ada yang sampai naik ke badan dan leher. dan ada juga yang berawal dari pegalaman buruk yang mereka alami oleh kecoa tersebut. Karena belum tentu orang tersebut bisa menghindari penyebab fobianya seumur hidup. Menghindari sesuatu yang ditakutkan tidak akan menyelesaikan permasalahan. barang atau sifat. penyembuhan fobia dilakukan melalui kombinasi perawatan. 3. Ada yang muncul dengan sendirinya. dapat disimpulkan bahwa hewan yang paling ditakuti oleh murid SMA Insa Kamil adalah kecoa dengan persentase 23. ada yang sejak pertama kali melihat. dan ada pula yang mengatakan bahwa kecoa seperti bisa tahu terhadap orang yang takut terhadapnya dan suka menghampiri.

penggunaannya dizinkan untuk mengatasi fobia yang berhubungan dengan sosial (social phobia). Namun. Psikoterapi: seorang psikoterapis akan menggunakan pendekatan secara mendalam untuk menemukan penyebabnya dan memberi saran bagaimana cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. 9 . yaitu: Terapi berbicara. Konseling: konselor biasanya akan mendengarkan permaslahan seseorang. Terapi pemaparan diri (Desensitisation) . Kadang-kadang dikombinasikan dengan pengobatan dan terapi perilaku. yaitu: 1. 3. Setelah itu konselor akan memberikan cara untuk mengatasinya.Seperti dikutip dari NHS. obat-obatan ini dipergunakan untuk mengatasi efek dari fobia seperti cemas yang berlebihan. 2. perasaan dan perilaku seseorang dalam rangka mengembangkan cara-cara praktif yang efektif untuk melawan fobia. Penggunaan obat sebenarnya tidak dianjurkan untuk mengatasi fobia. Rabu (6/1/2010) ada beberapa perawatan utama untuk mengatasi fobia. Terapi ini dilakukan secara bertahap selama periode waktu tertentu dengan melibatkan objek atau situasi yang membuatnya takut. Antidepresan: obat ini sering diresepkan untuk mengurangi rasa cemas. seperti ketakutannya saat berhadapan dengan barang atau situasi yang membuatnya fobia. Jenis terapi bicara yang bisa digunakan adalah: 1. Perawatan ini seringkali efektif untuk mengatasi berbagai fobia. Terdapat 3 jenis obat yang direkomendasikan untuk mengatasi kecemasan. Menggunakan obat-obatan. Orang yang mengalami fobia sederhana bisa diobati dengan menggunakan bentuk terapi perilaku yang dikenal dengan terapi pemaparan diri. Secara perlahan-lahan seseorang akan mulai merasa tidak cemas atau takut lagi terhadap hal tersebut. karena biasanya dengan terapi bicara saja sudah cukup berhasil. Terapi perilaku kognitif (Cognitive Behavioural Therapy/CBT): yaitu suatu konseling yang akan menggali pikiran.

yaitu anjing. Karena berguna untuk mengurangi kecemasan yang disertai detak jantung tak beraturan BAB IV PENUTUP 4. Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi kecemasan yang parah. 4. dan menggunakan obat-obatan. tikus got.2. kecoa. Ini dikarenakan obat tersebut berhubungan efek ketergantungan. • • Terdapat 10 jenis hewan yang umumnya ditakuti oleh murid SMA Insan Kamil. Obat penenang: biasanya menggunakan obat yang mengandung turunan benzodiazepines. cecak. katak. tapi dosis yang digunakan harus serendah mungkin dan penggunaannya sesingkat mungkin yaitu maksimal 4 minggu. 3. terapi pemaparan diri (desensitisation). ulat. Beta-blocker: obat ini biasanya digunakan untuk mengobati masalah yang berhubungan dengan kardiovaskular. walaupun sebenarnya tidak terlalu dianjurkan. seperti masalah jantung dan tekanan darah tinggi (hipertensi) . cacing.07%. tawon. tokek. Dari 10 jenis hewan yang secara umum ditakuti oleh murid SMA Insan Kamil tersebut.2 Saran Berdasarkan hasil-hasil penelitian di atas.1 Kesimpulan Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut. bunglon. peneliti menyarankan : 10 . dapat disimpulkan bahwa hewan yang paling banyak ditakuti oleh murid SMA Insan Kamil adalah kecoa dengan persentase 23. • Terdapat beberapa cara atau metode utama untuk mengatasi fobia tersebut yaitu diantaranya melalui terapi berbicara.

11 . Mereka biasanya tidak dapat beraktivitas secara normal karena faktor yang ia takuti tersebut. maka yang bersangkutan dapat terjebak pada kondisi fiksasi yaitu terkunci mentalnya akibat tidak dapat mengatasi rasa takutnya tersebut. Karena secara umum. rasa takut ini amat menghambat hidupnya. bagi para murid yang memiliki rasa takut yang sangat tinggi terhadap hewan tertentu tidak membiarkan rasa takut tersebut dan tidak menghindari binatang yang ditakutinya tersebut. Penderita penyakit phobia ini biasanya menjadi tidak produktif. Rasa takut adalah wajar dan lumrah bagi setiap orang. • Bagi para penderita fobia yang tingkat rasa takutnya sangat tingi hendaknya jangan menganggap remeh dan lantas membiarkan saja rasa takut tersebut.• Sebaiknya. Namun bila dirasa berlebihan dan terus menerus. melainkan lebih sering mengekspos diri dengan hewan yang ditakutinya tersebut.

DAFTAR PUSTAKA 12 .