Rumus-Rumus Fisika Lengkap/Kalor

Dari Wikibooks Indonesia, sumber buku teks bebas berbahasa Indonesia < Rumus-Rumus Fisika Lengkap Langsung ke: navigasi, cari Kalor adalah bentuk energi yang berpindah karena perubahan suhu ( t).

Daftar isi
[sembunyikan]
y y y y y

1 Kalor jenis 2 Kapasitas kalor 3 Kalor lebur 4 Kalor uap 5 Asas Black

[sunting] Kalor jenis
Rumus:

dengan ketentuan:
y y y y

= Kalor yang diterima suatu zat (Joule, Kilojoule, Kalori, Kilokalori) = Massa zat (Gram, Kilogram) = Kalor jenis (Joule/kilogram°C, Joule/gram°C, Kalori/gram°C) = Perubahan suhu (°C) (t2 - t1)

Untuk mencari kalor jenis, rumusnya adalah:

Untuk mencari massa zat, rumusnya adalah:

[sunting] Kapasitas kalor
Kapasitas kalor adalah banyaknya kalor yang dibutuhkan oleh benda untuk menaikkan suhunya 1°C. Rumus kapasitas kalor:

Kilogram) = Kalor lebur zat (Joule/kilogram. jika kalor uap 2.000 J/Kg = 11.300. Kilokalori) = Massa zat (Gram. Kilojoule/kilogram. ? Jawab Q = m x U = 5 Kg x 2.t1) [sunting] Kalor lebur Rumus: dengan ketentuan: y y y = Kalor yang diterima suatu zat (Joule. Kilokalori) = Massa zat (Gram.260..000 J/Kg Ditanyakan : Q =. Kilojoule. Kilojoule. Kalori. Kilojoule. Kilogram) = Kalor uap zat (Joule/kilogram. Joule/gram) Contoh Soal : Berapa energi kalor yang diperlukan untuk menguapkan 5 Kg air pada titik didihnya. Kalori.3 x 106 J .000 Joule/Kilogram ? Jawab : Diketahui : m = 5 Kg U = 2. Kilokalori) = Kapasitas kalor (Joule/°C) = Massa zat (Gram. Kalori. Joule/gram) [sunting] Kalor uap Rumus: dengan ketentuan: y y y = Kalor yang diterima suatu zat (Joule.000 J = 11. Joule/gram°C. Kilogram) = Kalor jenis (Joule/kilogram°C.260.260.dengan syarat: y y y y y = Kalor yang diterima suatu zat (Joule.. Kalori/gram°C) = Perubahan suhu (°C) (t2 .. Kilojoule/kilogram..

BEBERAPA PENGERTIAN KALOR 1 kalori adalah kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 gram air sebesar 1ºC. Jika suatu benda menerima / melepaskan kalor maka suhu benda itu akan naik/turun atau wujud benda berubah.ºC atau kkal/kg ºC). kalor uap.(t Q = m . Kalor jenis (c) adalah banyaknya kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan 1 gram atau 1 kg zat sebesar 1ºC (satuan kalori/gram.kalor embun. kalor lenyap) p X/kg Jadi kalor yang diserap ( ) atau yang dilepas ( ) pada saat terjadi perubahan wujud benda tidak menyebabkan perubahan suhu benda (suhu benda konstan ).24 kalori Kapasitas kalor (H) adalah banyaknya kalor yang dibutuhkan oleh zat untuk menaikkan suhunya 1ºC (satuan kalori/ºC). c .L m = massa benda kg L = kalor laten (kalor lebur.(t H=m. 1 kalori = 4.c Q = kalor yang di lepas/diterima H = kapasitas kalor (t = kenaikan/penurunan suhu m = massa benda c= kalor jenis Kalor yang diserap/dilepaskan (Q) dalam proses perubahan wujud benda: Q=m.18 joule 1 joule = 0. . kalor beku. kalor sublim.[sunting] Asas Black Rumus: Asas Black : Jumlah kalor yang diterima sama dengan jumlah kalor yang dilepas Kalor adalah bentuk energi yang berpindah dari suhu tinggi ke suhu rendah. Kalor yang digunakan untuk menaikkan/menurunkan suhu tanpa mengubah wujud zat: Q = H .

Digagas oleh James Prescott (1818 . Teori Kalor Dasar : 1. Kalor yang diterima sama dengan (=) kalor yang dilepas : Azas/asas Black . Kalor adalah salah satu bentuk energi .Penemu adalah Joseph Black (1720 . Kalor merupakan suatu kuantitas atau jumlah panas baik yang diserap maupun dilepaskan oleh suatu benda.1794).1889) .Kalor adalah suatu bentuk energi yang diterima oleh suatu benda yang menyebabkan benda tersebut berubah suhu atau wujud bentuknya.1799) dari Inggris.1814) dari Amerika Serikat 3. Kalor berbeda dengan suhu. Kalor dapat terjadi akibat adanya suatu gesekan . 2. Dari sisi sejarah kalor merupakan asal kata caloric ditemukan oleh ahli kimia perancis yang bernama Antonnie laurent lavoiser (1743 . Kalor memiliki satuan Kalori (kal) dan Kilokalori (Kkal). Kesetaraan antara satuan kalor dan satuan energi disebut kalor mekanik.Ditemukan oleh Robert Mayer (1814 .1878) 4. 1 Kal sama dengan jumlah panas yang dibutuhkan untuk memanaskan 1 gram air naik 1 derajat celcius. . karena suhu adalah ukuran dalam satuan derajat panas.Penemunya adalah Benyamin Thompson (1753 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful