P. 1
Meresensi Novel Remaja

Meresensi Novel Remaja

|Views: 1,387|Likes:
Published by Omy Soraya Abubakar

More info:

Published by: Omy Soraya Abubakar on Nov 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2012

pdf

text

original

Meresensi Novel Remaja Judul Asli Judul versi Bahasa Pengarang Penerbit Halaman Terbit : Harry Potter and

The Order of Phoenix : Harry potter dan Orde Phoenix : J.K. Rowling : Gramedia Pustaka : ± 1200 halaman : 2003

SINOPSIS Tidak banyak penyihir yang percaya bahwa Voldermort telah kembali, termasuk Kementerian Sihir. Harry dan Dumbledore dianggap menyebar kabar bohong dan dianggap terganggu jiwanya. Meskipun demikian, masih banyak orang yang percaya pada Dumbledore, dan mereka inilah yang tergabung dalam Orde Phoenix. Namun karena situasi belum memungkinkan, mereka bergerak secara diam-diam untuk menghindari kecurigaan dari Kementerian. Mereka menggunakan kediaman Sirius, Grimmauld Place nomer 12 sebagai Markas Besar, sehingga Sirius tidak lagi dalam pelarian (tapi tetap bersembunyi karena pihak kementrian masih mencarinya). Mimpi buruk Harry masih berlanjut. Untuk pertama kalinya dalam 5 tahun, Harry diajar oleh seorang guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam yang berasal dari Kementerian Sihir, Dolores Umbridge. Harry berulang kali mendapat detensi karena mengatakan bahwa Voldermort telah kembali. Klimaks dari seri ke5 ini adalah pertempuran di Kementerian Sihir. Harry dipancing untuk pergi ke Kementerian Sihir, di mana ternyata di sana sudah menunggu para Pelahap Maut. Mereka menjebak Harry untuk mengambil Ramalan di Departemen Misteri. Ramalan tentang dirinya dan Voldermort. Harry, Ron, Hermione, Luna dan Neville berusaha menyelamatkan diri dari serangan para Pelahap Maut, ketika sejumlah anggota Orde Phoenix datang membantu. Terjadilah pertempuran sengit, dimana akhirnya Sirius terbunuh. Di akhir cerita Dumbledore memberitahu Harry tentang Ramalan tersebut, yang ternyata dibuat oleh Professor Trelawney, bahwa untuk bertahan hidup, ia dan Voldermort harus saling membunuh, karena yang satu tidak bisa bertahan bila yang satu tetap hidup.

KELEBIHAN NOVEL Sang penulis, J.K Rowling dapat menuliskan cerita dengan detail detail yang apik sehingga membuat para pembaca merasa berada di tengah tengah dunia sihir. Cerita ini dikemas dalam gaya British (Inggris lama) hingga membuat pembaca merasa tertarik untuk membaca novel ini. Hal hal yang berbau sihir dan mistis diubah menjadi hal hal yang mengagumkan dan dikemas bagai urutan keajaiban. Sehingga sihir yang biasa dianggap sebagai suatu hal yang mengerikan berubah menjadi suatu hal yang hebat dan indah. J.K Rowling juga lihai mencari bahan cerita sehingga para pembaca merasa penasaran dengan cerita ini dan terus membaca hingga selesai. Isi cerita yang tidak berat namun memberi kesan dan tidak monoton.

KEKURANGAN NOVEL Isi cerita yang merupakan pengalaman seorang anak remaja yang masuk ke dunia sihir memanglah merupakan suatu tema yang amat menarik, akan tetapi buku ini mengajak pembaca untuk mengkhayal. Pembaca diajak untuk berimajinasi dan menggambarkan suatu negeri sihir yang tidak pernah ada. Selain itu cerita ini juga banyak memberitahukan tentang konflik dan taktik dalam merebutkan kekuasaan atau berperang yang bertolak belakang dengan asas perdamaian. Di dalam novel ini terdapat satu tokoh yaitu ³Voldemort´ yang merupakan musuh bebuyutan ³Harry Potter´ (tokoh utama) yang berusaha ³membersihkan´ dunia sihir dari kaum muggle atau keturunan muggle ( penyihir kelahiran manusia biasa).

Karya kelima J.K Rowling ini merupakan bacaan yang sangat bagus. Terbukti dengan diraihnya penghargaan sebagai BEST SELLER BOOK¶S (penjualan terbaik) dan merupakan buku yang mempunyai isi yang amat menarik dan amat kental dengan budaya pengetahuan Inggris kuno. Sebaiknya para pembaca dapat menelaah hikmah cerita, dan dapat memahami sisi negatif dari buku ini.Karena buku ini memiliki banyak hikmah yang dapat dipetik dari kisahnya, dan juga memiliki beberapa sisi negatif.Secara garis besar buku ini memang pantas mendapat gelar BEST SELLER.

Created by: Sahira Shahiba XI IPA 2

sumber : google - wikipedia

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->