Penerapan Perpustakaan Digital di Perguruan Tinggi

Lomba Penulisan Artikel

Peran Perpustakaan di Era Globalisasi

PENERAPAN PERPUSTKAAN DIGITAL DI PERGURUAN TINGGI

Disusun Oleh : MUHAMMAD JEVI RIAN AIPASHA ( A2D008040 )
Jurusan / Prodi ( S1 ) Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro 2009

copyright©muhammad jevi rian aipasha

Page 1

copyright©muhammad jevi rian aipasha Page 2 .

serta penelitian. sedang dalam bahasa Inggris. Disisi lain kebujakan baru pemerintah tentang Kurikulum berbasis Kompetensi. Dalam kaitan inilah pengembangan paradigma baru perpustakaan yang berbasis Aplikasi Teknologi Informasi. dan bahasa Perancis bibliotheque. Anggapan ini tidak terlalu salah. mendesak untuk segera dipersiapkan dan diterapkan dari sekarang.yang bersal dari kata latin liber atau libri yang artinya Buku. perpustakaan adalah Library. kitab. yang memberikan wewenang dan hak bagi setiap Perguruan Tinggi untuk mengembangkan kurikulumnya masingmasing akan mendorong munculnya dinamika baru dalam teaching dan learning. Namun kondisi perpustakan di Indonesia khususnya diberbagai Perguruan Tinggi saat ini. copyright©muhammad jevi rian aipasha Page 3 . Dalam bahasa belanda perpustakaan disebut juga bibliotheek. sebagai solusi alternatif.Penerapan Perpustakaan Digital di Perguruan Tinggi Perpustakaan menempati posisi yang sangat penting dalam suatu kehidupan Perguruan Tinggi. Kedepan perpustakaan dituntut untuk mengembangkan kultur baru. Sehingga terlihat jelas bahwa kebutuhan sarana dan prasarana layana secara tekhnis semakin meningkat dimasa mendatang. Semua istilah ini berasal dari kata biblia dari bahasa Yunani yang artinya tentang buku. karena kata dasar perpustakaan adalah Pustaka. belum sebagaimana yang diharapkan. Yang dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia berarti Kitab/buku. Kecendrungan baru ini akan menyebabkan mahasiswa dan dosen harus akrab dengan perpustakaan. Dari perpustakaanlah diharapkan akan muncul dukungan bagi kesuksesan teaching dan learning. Kebanyakan orang beranggapan bahwa perpustakaan adalah sebuah gedung atau ruangan yang didalamnya dipenuhi dengan jajaran rak-rak yang terisi dengan buku-buku. Dengan demikian tidaklah aneh apabil istilah perpustakaan selalu dikaitkan dengan buku atau kitab.

Jenis copyright©muhammad jevi rian aipasha Page 4 . prosiding. kerjasama beberapa universitas di Amerika dengan perusahaan Elsevier Science. Tahun 1991 : Proyek TULIP (The University Licensing Project). 1991 dalam www. 4. majalah. Perpustakaan masih berkembang semi modern dengan menggunakan katalog indeks. Katalog mengalami metamorfosis menjadi katalog elektronik yang lebih mudah dan lebih cepat dalam pencarian kembali koleksi yang disimpan di perpustakaan.com) SEJARAH PERPUSTAKAAN 1. slide. semua bahan cetak (buku. mikrofis dan lainlain. 5. Tahun 1990 : berkembang teknologi internet yang mampu mengakses informasi dengan cepat. September 1995 : Proyek NSF/ARPA/NASA merupakan lanjutan penelitian Proyek TULIP. meneliti tentang sistem pengumpulan dan penyimpanan data serta teknik pengaksesan perpustakaan digital. Pertengahan tahun 1960-1988 : perkembangan teknologi informasi dan jaringan yang dapat mengolah dokumen menjadi lebih mudah dan efisien dengan menggunakan perangkat lunak pengolah kata. Sebelum tahun 1960: Perpustakaan Tradisional. Istilah perpustakaan digital digunakan untuk pertama kali dalam bidang pendigitalan dokumen dan pembangunan sistem untuk dokumen digital. Dalam pengertian buku dan terbitan lainnya termasuk didalamnya. kaset. laporan.Bisa kita tarik kesimpulan bahwa batasan perpustakaan adalah sebuah ruangan atau bagian sebuah gedung yang digunakan untuk menyimpan buku atau terbitan lain yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca.(Sulistyo-Basuki. Perpustakaan digital (Inggris: digital library atau electronic library atau virtual library) adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer. berbagai karya media audio-visual seperti film.wordpress. 3. pamphlet. 2.

yang tepatnya kita kenal dengan perpustakaan digital. Dalam pengembangan informasi dan teknologi yang semakin maju. film mikro (microform dan microfiche). dan lain sebagainya. Begitu juga para petugas dan pustakawan perpustakaan di era global. pengguna akan ketinggalan dan sulit untuk melakukan pemanfaatan layanan serta fasilitas yang dimiliki oleh perpustakaan dimaksud. mobilitas informasi adalah peroiritas untuk menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam bekerja. maka pengguna dan pustakawannya pun harus mampu menggunakan komputer dan internet. video. belajar. Tanpa menguasai semuanya itu. dll. Istilah perpustakaan digital pertama kali diperkenalkan lewat proyek NSF/DARPA/NASA: Digital Libraries Initiative pada tahun 1994. Untuk memanfaatkannya. ataupun kumpulan kaset audio.perpustakaan ini berbeda dengan jenis perpustakaan konvensional yang berupa kumpulan buku tercetak. Perpustakaan di era globalisasi dewasa ini serba digital. Isi dari perpustakaan digital berada dalam suatu komputer server yang bisa ditempatkan secara lokal. maupun di lokasi yang jauh. namun dapat diakses dengan cepat dan mudah lewat jaringan komputer. Saya ambil contoh dalam pengembangan perpustakaan digital di Perguruan Tinggi (PT). copyright©muhammad jevi rian aipasha Page 5 . Perpustakaan digital yang dapat di kembangkan di Perguruan Tinggi tidak hanya dapat manfaaat dari kalangan intern Universitas / Institut / Sekolah tinggi lainya. Tetapi juga memiliki manfaat yang banyak bagi masyarakat di luar Perguruan Tinggi karena mereka dapat mengakses informasi dan koleksi Perguruan tinggi tersebut melalui internet. Dengan demikian kemampuan dan profesionalisme pustakawan sangat menentukan dalam melaksanakan kiprahnya di dunia PERPUSDOKINFO era global. aktivitas dan produk serta macam koleksi yang dirnilikinya diolah dalam bentuk serba digital.

memasukkan digital dokumen ke database. Hak cipta dokumen di jaringan komunikasi. perpustakaan digiatal dalam Perguruan tinggi juga bisa sebagai media promosi terhadap masyarakat di luar Perguruan tinggi tersebut. Hak Cipta Hak cipta pada dokumen yang didigitalkan yang berupa mengubah dokumen menjadi digital dokumen. Yaitu : • 1. Solusi masalah ini akan dikembangkan pada system electronic money. khususnya dalam pembuatan perpustakaan digital dengan dokumen dari perpustakaan umum atau dari grey literature • 2. Solusi masalah hak cipta telah dikembangkan dalam ECSM (Electronic Copyright Management System) yaitu sistem monitoring penggunaan digital dokumen oleh pengguna secara otomatis. copyright©muhammad jevi rian aipasha Page 6 . berupa kertas atau buku.Dan selain itu. Masalah muncul pada saat dokumen yang diterima berupa file non-elektronik. Hal ini merupakan masalah utama yang dibahas pada proyek-proyek penelitian. Tetapi sekali lagi perpustakaan digital juga memiliki beberapa kekurangan. Digitalisasi Dokumen Pembuatan perpustakaan digital tidak menemui masalah selama dokumen yang diterima berupa file elektronik. mengubah digital dokumen ke hypertext dokumen. Penarikan Biaya Masalah yang terjadi pada perpustakaan digital swasta yang menarik biaya setiap mengakses dokumen. Karena masyarakat dapat mengakses informasi dan koleksi tersebut dengan mudah melalui internet. • 3.

Sebagai salah satu solusi akan dibentuk Katalog Induk. Dengan tetap menyepakati peraturan tentang keamanan data. maka pembangunan jaringan perpustakaan berbasis elektronik yang memungkinkan kerjasama setiap perpustakaan dapat saling bertukar informasi melalui jaringan global. segera membuat server katalog induk bersama. Yang mana yang harus di berikan kepada publik dan yang mana harus di simpan secara baik. Dari segi telekomunikasi. Masing-masing Perpustakaan Digital Perguruan Tinggi diharapkan untuk menyiapkan format pertanggungjawaban dalam penggunaan koleksi digital serta membuat kesepakatan internal. dengan tidak menghilangkan kualitas kandungan informasinya. terutama untuk hal-hal yang sudah disepakati. Mengusulkan kepada DIKTI agar pengembangan Perpustakaan Digital diberikan tempat khusus dalam kerangka proyek INHERENTS dan copyright©muhammad jevi rian aipasha Page 7 . Berdasarkan alasan tersebut. Salah satu tugas Perpustakaan Digital di Perguruan Tinggi adalah sebagai sarana pengelolaan dan penyebaran informasi ilmiah di lingkungan Perguruaan Tinggi dan akan di sebar informasi tersebut dalam bentuk digital kepada intern maupun eksetrn kampus. dan itulah tugas pustakawan yang harus bisa menyaring berbagai macam informasi. Terus menerus berkomunikasi dan berbagi-pengalaman. maupun multilateral. setiap pengembangan Perpustakaan Digital Perguruan Tinggi telah memakai standar dan protokol yang memungkinkan pertukaran data secara mudah. bilateral. hak milik intelektual/hak cipta dan hak akses.Sangat terbukanya informasi. Masing-masing Perpustakaan Digital diharapakan dapat memfasilitasi pertukaran dan pemindahan data. mengadakan pertemuan teknis untuk membahas kemungkinan pengembangan teknologi distributed retrieving dan harvesting.

mulai dari sekolah menegah atas sampai sekolah dasar. copyright©muhammad jevi rian aipasha Page 8 . Selanjutnya perpustakaan digital juga dapat di terapkan di Perpustakaan Sekolah. Memang sudah ada beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia yang sudah menerapkan perpustakaan digital. Dengan Perguruaan adanya perpustakaan satu digital yang di terapkan dalam dalam bidang Tinggi menjadi kemajuan khususnya pandidikan. yaitu standar pendidikan Nasional Republik Indonesia. Bila proses penerpaan perpustakaan digital ini berhasil di lingkup Perguruan Tinggi secara menyeluruh. tetapi hanya Perguruan Tinggi yang sudah memiliki nama besar dan yang Perguruaan tinggi yang berada di Kota Besar saja.dalam pengembangannya dimasukkan penelitian atau percobaan yang berkaitan dengan teknologi retrieval.

www. 1999.php.com/ PERPUSTAKAAN DIGITAL. perpustakaandigital.id/ Perpustakaan Digital Indonesia .www.blog-atwordpress.html (13 Desember 2009). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Shopy (2009). “Pengembangan Jaringan Perpustakaan Digital Menuju Perpustakaan Perguruan Tinggi Bertaraf Internasional”.com/ index.com/ Perpustakaan_digital. “Perpustakaan Digital Sebagai Solusi Alternatif”.wikipedia. Sebagai solusi alternatif. “Perpustakaan Digital”. Ramadiani (2007).html (12 Desember 2009).”Perpustakaan Digital”. « Shofy’s Weblog. copyright©muhammad jevi rian aipasha Page 9 .web.html (13 Desember 2009).www. SULISTYO-BASUKI.Direktori Download. Jakarta: Universitas Terbuka.html (13 Desember 2009).perpustakaan-digital. Wikipedia Bahasa Indonesia (2009). www.Daftar Pustaka Black Paper (2009).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful