TENTANG HAKIKAT AGAMA DI SUSUN OLEH : FITRIANI NOVITA SARI WINDI ASTUTI

ISLAM AGAMA UNIVERSAL F. ISLAM AGAMA RAHMATAN LIL ALAMIN . PENGERTIAN AGAMA B. UNSUR-UNSUR AGAMA C. KLASIFIKASI AGAMA D.DAFTAR ISI : A. HAKIKAT AGAMA ISLAM E.

A. PEGERTIAN AGAMA y Definisi agama islam adalah wahyu yang diturunkan oleh ALLAH SWT kepada RosulNya untuk segenap umat manusia yang merupakan suatu sistem yang mengatur segala aspek hidup untuk mewujudkan kebahagiaan dan akhirat dalam rangka mencapai keridhaan Allah SWT .

Keyakinan manusia c.Unsur-unsur Agama Unsur-unsur penting yang terdapat dalam agama ialah : a.B.Kekuatan gaib Manusia sering merasa dirinya lemah dan berhajat pada kekuatan gaib sebagai tempat memohon pertolongan.Respon yang bersifat emosional dari manusia d.Paham adanya yang kudus dan suci. . b.

.kepada rosul-rosul penerima wahyu dan kepada kitab-kitab kumpulan wahyu serta pesanannya disebarkan kepada seluruh umat manusia.tidak memandang penyerahan kepada Tuhan dan menaati aturan-aturan Nya sebagai suatu hal yang esensial.Agama wahyu dan bukan wahyu.Klasifikasi Agama Agama dapat diklasifikasikan kepada tiga kategori. .Agama bukan wahyu.C.Agama wahyu adalah agama yang menghendaki iman kepada tuhan pemberi wahyu. 1. .yaitu.

2. Agama misionari dan agama bukan misionari -Agama misionari adalah agama yang menurut ajarannya harus di sebarkan kepada seluruh umat manusia -Agama bukan misionari tidak ada kewajiban dalam ajarannya untuk menyebarkan kepada seluruh umat. .

seperti islam.3.nasrani dan yahudi -agama non semitik pada umumnya yaitu arya dan mongolia.Agama ras geografis dan agama universal dari segi ras geografis agama dibagi menjadi: -agama semitik pada umumnya adalah agama wahyu. .

-william james menyatakan bahwa kendatipun benar pernyataan bahwa hal-hal fisik dan material merupakan sumber tumbuhnya berbagai keinginan batin. . -Einstein menyatakan bahwa sifat sosial manusialah yang pada gilirannya merupakan salah satu faktor pendorong terwujudnya agama.D.Berbagai pendapat mengenai kefitrian agama ini dapat dikaji pada beberapa pemikiran. Hakikat Agama Islam Agama bagi manusia merupakan kebutuhan alamiah.

[13]:28).Ingatlah.Dari beberapa pendapat itu dapat dipahami bahwa manusia terutama orang dewasa memiliki perasaan dan keinginan untuk melepaskan diri dari wujud terbatas mereka. (Q. AlRa d.seperti diungkapkan dalam firman Allah Q.S ArRa d [13]:28: Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tentram dgn mengingatAllah. .S.hanya dengan mengingat ALLAH-lah hati menjadi tentram .

Secara garis besar. b. c.yaitu: a.ruang lingkup agama Islam menyangkut 3 hal pokok.sesama manusia dan dengan alam semesta.aspek keyakinan yang disebut aqidah.yaitu aspek keimanan terhadap Allah dan semua difirmankan Nya untuk diyakini.Aspek norma atau hukum yang disebut syariah yaitu aturan-aturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan Allah.Aspek perilaku yang disebut akhlak yaitu sikap-sikap atau perilaku yang tampak dari pelaksaan aqidah dan syariah .

dan janganlah kamu turuti langkah-langkah setan.sedangkan akhirat adalah hasil dari kehidupan dunia islam menunjukan jalan dan arah yang ditempuh untuk mencapai kebahagiaan yang hakiki dadunia dan akhirat. seperti firman Allah Q.ISLAM AGAMA UNIVERSAL Agama islam sering dipandang secara sempit sebagai agama dogma dan berisi ibadah ritual saja.islam diturunkan untuk menata kehidupan manusia didunia. Al-baqarah [2]:208: hai orang-orang yang beriman.E.S.sesungguhnya setan itu musuh nyata bagimu .masuklah kamu kedalam islam keseluruhannya. .

kebenaran agama bersifat mutlak dari Allah.karena itu.obyektif. Agama islam datang dan diturunkan melalui wahyu Allah. .sedangkan kebenaran ilmu bersifat relatif karena disusun dan ditemukan oleh manusia.sedangkan ilmu pengetahuan merupakan hasil olah fikir dan akal budi manusia ciptaan Allah.disatu sisi agama dipandang sebagai hal yang statis.dan irrasional.keduanya seringkali ditempatkan pada titik yang berseberangan.subyektif dan irrasional dan ilmu pengetahuan dipandang sebagai dinamis.Agama dan ilmu pengetahuan merupakan dua hal yang sering disalah pahami.kebenaran ilmu pengetahuan dan agama berbeda.

kecuali jika mereka berpegana pada tali Allah dan tali dengan manusia.F.dan mereka kembali mendapat kemurkaan dari Allah dan mereka diliputi kerendahan.(Q.S. Allah membimbing manusia dengan firmanNya surat Ali Imran Mereka diliputi kehinaan dimana saja mereka berada.ISLAM AGAMA RAHMATAN LIL ALAMIN Agama islam bukan saja agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW melainkan seluruh agama yang dibawa oleh para nabi sebelumnya adalah agama islam yang bertujuan menyelamatkan manusia dari segala kegiatan kemaksiatan kesengsaraan.Ali Imran[3]:112) .

Ukhuwah atau persaudaraan sesama umat islam disebut dengan ukhuwah islamiyah dan juga berlaku pada semua umat manusia secara universal tanpa membedakan agama dan suku atau aspek-aspek lain yang menjadi identitas kekhususannya. . Persaudaraan islamiah tidak asing bagi umat islam namun persaudaraan sesama manusia yang berbeda agama yang dilandasi oleh ajaran bahwa semua umat manusia adalah makhluk Allah.

=TERIMA KASIH= .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful