10 Sahabat Di Jamin Masuk Surga Dari Sahabat Abu Dzarr Ra,bahwa Rosulullah Saw,masuk ke rumah Aisyah dan

bersabda: “Wahai Aisyah inginkah kau mendengar kabar gembira?” Aisyah menjawab,”tentu,ya Rosulullah.”Lalu Rosulullah Saw bersabda:”ada sepuluh orang yang mendapat kabar gembira masuk surga,yaitu : (1).Ayahmu masuk surga dan kawanya adalah Ibrahim;(2).Umar masuk surga dan kawanya Nuh;(3).Utsman masuk surga dan kawanya aku ;(4).Ali masuk surga dan kawanya yahya bin zakariya;(5).tholhah masuk surga dan kawanya Daud;(6)Azzubair masuk Surga dan kawanya Ismail;(7) Sa’ad bin Abi Waqos masuk surga dan Kawanya Sulaiman; (8) Said bin Zaid masuk surga dan kawanya Musa bin imran; (9) Abdurrahman bin Auf masuk surga dan kawanya Isa bin Maryam; (10) Abu Ubaidah ibnul Jarrah masuk surga dan kawanya Idris Alaihissalam.

Ilustrasi Gambar : 1 1. Abu bakar Assiddiq Ra, Dia seorang Quraisy,Ia seorang pedagang yang kaya raya dan memiliki akhlaq mulia,belum pernah ada orang yang menyaksikan dia minum arak apalagi menyembah berhala,Abu bakar adalah orang (Pria) yang pertama menyambut Islam. Ilustrasi Gambar : 2 Rasulullah Saw bersabda:”Jika di timbang keimanan Abu bakar Assiddiq Ra,dengan keimanan seluruh ummat akan lebih berat keimanan Abu bakar Assiddiq Ra”(HR.AlBaihaqi dalam Asyyiib),bahkan Abu bakar Assiddiq Ra,memberikan seluruh hartanya untuk perjuangan Islam,ketika ditanya Oleh Rosulullah Saw, apa yang kau tinggalkan untuk keluargamu? Abu bakar menjawab aku tinggalkan untuk keluargaku Alloh dan Rosulnya.

Ilustrasi Gambar : 3( Setelah wafatnya Rosulullah Saw,Abu bakar adalah orang pertama yang di inginkan penduduk Mekkah atau kaum muslimin menjadi Khalifah yang memimpin ummat islam selama dua tahun tiga bulan lebih sepuluh hari. Ilustrasi Gambar : 4 ( Abu bakar Assiddiq Ra, wafat pada tanggal 22 Jumadil Akhir tahun 13 Hijriah dalam usia 63 tahun sama dengan usia Rosululloh Saw.dia meninggalkan lima orang anak,3 laki-laki dan 2 perempuan,yaitu Abdullah,Abdurrahman,Muhammad,Aisyah dan Asmaa.Abu bakar dimakamkan bersebelahan dengan kuburan Nabi kita Muhammad Saw.

Ilistrasi Gambar: 1 2. Umar Ibnul Khottob.Ia berasal dari kabilah Quraisy yang mewarisi beberapa kekhususan dari unsur-unsur Arab,Dia berasal dari Bani Hasyim.semasa kanak-kanak dia menggembala domba milik ayahnya.
Ilustrasi Gambar : 2 Umar Ibnul Khottob sebelum masuk Islam adalah orang yang senantiasa memusuhi Rosul Saw. wataknya keras,kasar dan kalau bicara suaranya keras sekali bahkan Rosulullah Saw sempat akan dibunuhnya.Umar Ibnul Khottob ditakuti oleh penduduk Mekkah.

Ilustrasi Gambar : 3 Rosulullah Saw,pernah berdoa kepada Alloh agar diturunkan hidayah kepada salah satu orang yang dia inginkan yaitu Abu Jahal dan Umar Ibnul Khottob,lalu Alloh mengabulkan doa Rosulullah Saw,dan Umar Ibnul Khottob yang diberikan hidayah oleh Alloh swt. Ilustrasi Gambar : 4 Ditengah jalan bertemu dengan Nu’aim dan berkata,”hai Umar sebaiknya kamu kembali ke Keluargamu sebelum menyakiti Rosulullah Saw,karena adikmu ,Iparmu dan anak pamanmu Said Bin Zaid telah masuk Islam”.setelah mendengar ucapan Nu’aim Umar sangat marah dan bergegas ke rumah adiknya Fatimah Binti Khottob. Ilustrasi Gambar : 5 Umar memanggil Ftimah dengan suara keras sampai adik Ipar dan Khabbab yang berada di rumah itu sangat ketakutan,lalu Umar bertanya kepada mereka Syair apa yang kau baca,Umar menyerang Said Bin Zaid,melihat kejadian itu. Fatimah langsung membela sampai terkena pukulan yang sangat keras dan wajahnya berlumuran darah Ilustrasi Gambar : 6 Melihat hal itu Umar merasa kasihan dan bertanya pada adiknya apa yang sedang kau baca?,Fatimah pun menjelaskan ini adalah Al Quran lalu Umar membacanya dan mengatakan keinginanya untuk masuk Islam. Ilustrasi Gambar : 7 Dihadapan Rosululloh Saw,Umar mengucapkan Syahadat,semua sahabat bertakbir dan sangat bersyukur,karena orang yang gagah berani dan ditakuti telah masuk Islam.Umar Ibnul Khottob Ra masuk Islam pada bulan Dzulhijjah,tahun keenam sesudah kenabian dan kerosulan Muhammad Saw.sebelumnya telah ada 39 pria dan 23 wanita yang masuk Islam. Ilustrasi Gambar : 8 Umar Ibnul Khottob menaklukkan Persia dan Romawi dan kerajaan yang tercatat dalam sejarah.setelah wafatnya Abu Bakar Assiddiq Ra,Umar di inginkan kaum muslimin untuk menjadi Khalifah ke dua untuk menjalankan amanah selama 10 tahun 6 bulan 5 hari. Ilustrasi Gambar : 9 Umar Ibnul Khottob Ra wafat,Ia dibunuh oleh Abu Lu’luah atau Fairus berasal dari Parsi bertempat tinggal Romawi.Umar dibunuh sedang Sholat Subuh pada hari rabu,26 Zulhijjah tahun 23 Hijriah dan meninggal 3 hari setelah itu pada usia 63 tahun . Umar Ibnul Kottob Ra meninggalkan 13 orang anak,9 Laki-laki dan 4 Perempuan.

Utsman sedang tertidur ia bermimpi mendengar suara yang menyeru agar segera bangun karena orang yang bernama ”AHMAD” telah muncul di kota Mekkah. Al Imam Ali Karamallahu Wajhahu. Ilustrasi Gambar : 1 4.Ilustrasi Gambar : 1 3. Ilustrasi Gambar : 2 Utsman Ibnul Affan seorang yang kaya raya pedagang yang sukses.menyerukan da’wah Islam kepada masyarakat Mekkah mereka menolaknya kecuali Ali Bin Abi Tholib dia seorang remaja yang paling muda usianya dan sangat berani untuk menerima seruan Rosul Saw. Ilustrasi Gambar : 4 Rosululloh Saw menikahkan putrinya. .Ummu Kalthum dengan Utsman Ibnul Affan.rupanya telah sampai kabar gembira kepada Utsman tentang hadirnya seorang Nabi.Ia berdagang dari Negri satu ke Negri yang lain. menyusun dan membukukan Al Quran yang tertulis dalam lembaran-lembaran pada masa Abu Bakar Asiddiq Ra dan masa Umar Ibnul Kottob Ra. Ilustrasi Gambar : 2 Ali bin Abi Tholib masuk Islam pada usia 10 tahun ketika Rosul Saw. dia menjadi Khalifah selama 11 tahun 11 bulan dan 14 hari.seluruh biaya di tangung olehnya Ilustrasi Gambar : 3 kaum Muslimin kesulitan air di Madinah.Ia meninggalkan 16 orang anak.oleh karena itu Rosulullah Saw.putri Rosulullah yang kedua.mengharapkan ada sahabat yang mampu membeli sumur air tersebut.tanggal 17 Dzulhijjah dalam usia 80 tahun dalam riwayat lain 82 tahun.dalam kepemimpinanya Ia memberikan kemajuan terhadap Islam.Said bin Aash dan Abdurrahman bin Haarits bin Hisyah sebagai anggota.tapi telah wafat.Setelah menyatakan keislamanya Utsman langsung membantu perjuanagan kaum muslimin diperang Al ’Usra.sebelumnya Utsman beristrikan Ruqoyyah.9 lakilaki dan 7 perempuan. Ilustrasi Gambar : 6 Utsman Bin Affan Ra wafat dan di kubur pada hari jum’at tahun 35 Hijriah.hanya ada sumur milik orang yahudi.Ra.Bahkan dapat dikatakan di lahirkan muslim.mendengar hal itu Utsman membeli sumur air yang bernama ”Raumah” dan di berikan secara gratis kepada kaum muslimin. Utsman Ibnu Affan Ra Rombongan kafilah dagang sedang beristirahat karena perjalan jauh dari Syam.kemudian membentuk Kepanitian yang diketuai oleh Zais bin Tsabit dengan Abdullah bin Zubair.Utsman Ibnul Affan Ra di juluki ”Dzannurain”(memiliki dua cahaya) Ilustrasi Gambar : 5 Utsman Ibnul Affan menjadi Khalifah. dia dihirkan di dalam Ka’bah dan Alloh telah memuliakan wajahnya (Karramallahu Wajhahu) Ali hampir dilahirkan sebagai Muslim.

Perang Uhud adalah harinya Tholhah.istrinya bernama Su’ad Binti Auf.kepalanya di pukul dengan pedang . Ilustrasi Gambar : 6 Khalifah Ali Bin Abi Tholib sedang Sholat Subuh.ia dikuburkan di Kufah pada malam hari.di papahnya rosul Saw sampai keatas bukit.Khalifah telah memegang amanah selama 4 tahun 8 bulan. Ilustrasi Gambar : 3 Ketika Hijrah ke Madinah Tholhah mendapat kehormatan untuk mengawal ummu kalthum.menjadi Khalifah. Ilustrasi Gambar : 4 Tholhah adalah salah seorang dari kaum muslimin yang kaya raya dan sangat pemurah serta dermawan.Tholhah wafat pada usia 60 tahun dan di kubur dekat . Tholhah Bin Ubaidillah seorang lelaki yang gagah berani. Ilustrasi Gambar : 5 Sewaktu terjadi perang ”Aljamal”sebuah panah mengenai betisnya maka dia segera di pindahkan ke Bashra dan tak lama kemudian wafat. Ilustrasi Gambar : 4 Ali Bin Abi Tholib Ra. Ilustrasi Gambar : 2 Tholhah masih sanggup untuk membantu Rosulullah Saw menaiki bukit.ia mempunyai anak berjumlah 33 orang. Ilustrasi Gambar : 1 5.Ilustrasi Gambar : 3 Ali Bin Abi Tholib orang yang pertama bersedia berkorban untuk Rosulullah Saw ketika tidur di tempat Nabi Saw.pada malam 17 Ramadhan mereka akan melaksanakan pembunuhan masingmasing mengasah dan memberikan racun pedangnya.dia wafat pada 17 Ramadhan tahun 40 hijriah.pada waktu rumah beliau dikepung dan akan dibunuh menjelang hijrah ke Madinah. Ilustrasi Gambar : 5 Abdurrahman Bin Amru dan Amru Bin Bakar Attamimi mereka berikrar untuk membunuh khalifah Ali Bin Abi Tholib.kaum kafirin dan musyrikin yang benci pada islam.masa kepemimpinannya adalah masa yang sangat sulit karena banyak fitnah yang bertebaran di kalangan kaum muslimin.15 laki-laki dan 18 perempuan.Rosulullah Saw berkata : Lihatlah Tholhah di tubuhnya terdapat lebih dari tujuh puluh anak panah bersarang menembus tubuhnya dan jari tanganya putus karena mempertahankan dan membela aku di perang Uhud ini.semua fitnah yang di sebarkan oleh kalangan munafik.di sekujur tubuh Rosul Saw penuh dengan luka tusukan dan sabetan pedang serta anak panah yang menancapnya.Tholhah merasa kasihan dan di cium kaki tangan Rosul Saw.Fatimah dan istri Rosulullah Saw ummul mukminin yaitu Saudah Binti Zum’ah dan ummu Aiman Ra sampai ke kota Madinah.

Abdurrahman Bin Auf sangat mahir berdagang.selama hidupnya di tidak pernah absen dalam berjihad (mengikuti peperangan).kuat .bukan hanya karena dia anak bibi Rosulullah Saw atau karena suami dari Asma (Putri Abu bakar Asiddiq Ra). lalu kakinya digantung diatas dan dibawah kepalanya ditaruh api yang membara.jujur. Ilustrasi Gambar : 4 Azzubair Ibnul Awwam ketika sedang melaksanakan Sholat menghadap Alloh Swt.Rosulullah Saw pernah berkata seorang syahid berjalan di atas muka bumi lihatlah Tholhah Bin Ubaidillah.hijrahnya ini dilakukan karena kekejaman kaum kafir semakin mengganas. Ilustrasi Gambar : 2 Kecintaan Rosulullah Saw.Ia selalu menghiasi dirinya dengan adab sopan islami sehingga Allh memberkahi nya.setelah kembalinya dari Habasyah dia mendapat siksaan dan gangguan yang semakin parah sehingga dia berhijrah dua kali ke Habasyah.dia selalu mengikuti petunjuk Rosul Saw dalam tata cara berdagang.wafatlah sahabat yang paling setia dalam memperjuangkan kebenaran dan menjaga Islam.taufik dan hidayah.berani. Ilustrasi Gambar : 4 Abdurrahman bin Auf berwasiat agar setiap kaum muslimin diberi empat ratus dinar dari harta warisanya dan sejumlah besar uangnya diberikan kepada ummatul mukminin (istrinya Nabi Saw) Ia wafat dalam usia 75 tahun dan di makamkan di pemakaman Albaqi.ia menguasai perekonomian dan keuangan. .padang rumput di Basra.tidak di duga dia dibunuh oleh kaum yang membenci Islam.oleh karena itu Azzubair Ibnul Awwam selalu mengikuti peperangan bersama Rosulullah Saw. masuk Islam dalam usia lima belas tahun dan dia hijrah dalam usia delapan belas tahun sesudah menderita penganiayaan dan siksaan bertubi-tubi karena mempertahankan keimananya.tetapi karena memang Azzubair pemuda yang setia. Ilustrasi Gambar : 2 Setelah gangguan dan siksaan dari kaum kafirin mengganas Abdurrahman Hijrah ke Habasyah. Ilustrasi Gambar : 3 Abdurrahman bin Auf adalah seorang pilar da’wah islamiah dan salah seorang yang dibina juga dipersiapkan Nabi Saw.Azzubair di gulung kedalam tikar.dia juga tercatat dalam rombongan yang pernah Hijrah ke Habasyah sebelum Hijrah ke Madinah.untuk membawa panji dan penyebaran agama islam.murah tangan (suka membantu) dan telah menjual dirinya serta hartanya kepada Alloh Swt. Ilustrasi Gambar : 1 9.hidupnya selalu disertai dengan kemujuran. Ilustrasi Gambar : 3 Bila diseru Berjihad maka di orang yang pertama datang menyambut seruan itu. Azzubair Ibnul Awwam.pamannya sendiri yang menyiksanya. Ilustrasi Gambar : 1 6.ikhlas.

Ilustrasi Gambar :2 Setiap kali dicalonkan menjabat tugas pemerintahan selalu menolak.kuat menahan diri dari berbagai macam hawa nafsu. .tidak takut celaan. Ilustrasi Gambar :4 Ibnu Hajar meriwayatkan dari Amir bin Sa’ad yang berkata.tawaran untuk menjadi gubernur Damaskus di tolak dan menyarankan agar menunjuk orang lain saja.”kafanilah aku dengan kain wol ini karena waktu berperang melawan kaum musyrikin pada perang Badar aku memakainya.hal ini disebabkan karena dia ingin melanjutkan karir kemiliteranya dan ingin mati syahid di medan perang fisabilillah . Sa’ad bin Abi waqqosh adalah salah seorang sahabat yang ke tujuh dijamin masuk surga .termasuk orang yang dikabulkan doanya.dia benci pada orang yang suka menzholimi dirinya sendiri dan menzholimi orang lain. adalah orang yang pemberani. 1 8. Ilusrasi Gambar : 3 Sa’id bin Zaid sangat di hormati dan di sayangi oleh penduduk kota Madinah.dan memang aku sengaja menyimpanya untuk keperluan jika aku wafat agar menggunakan wol ini untuk mengkafaniku Ilutrasi Gambar .dirumah Sa’id bin Zaid mereka selalu mendapatkan makanan.banyak dari kalangan lemah dan miskin berkumpul di rumahnya untuk mencari ketentraman.Sa’ad bin Abi waqqosh berasal dari kabilah Zurroh sama dengan ibu Rosululloh Saw dan Sa’ad anak paman Aminah (Ibunda Rosululloh Saw) Ilustrasi Gambar : 2 ibunya begitu marah mengetahui Sa’ad masuk islam dan bersumpah tidak akan bicara dengan Sa’ad. Sa’id bin Zaid. Ilustrasi Gambar : 3 Sa’ad bin Abi waqqosh di tawarkan oleh Umar ibnul khottob memegang amanah kekhalifahan akan tetapi ia menolak.Ilustrasi Gambar : 1 7.ibunya juga tidak mau makan sampai menderita sakit dan Sa’ad di suruh menjenguk ibunya dengan harapan Sa’ad mau meninggalkan agama islam.Sa’ad selalu menolak jika di berikan sebuah jabatan pemerintahan dia lebih senang menjadi masyarakat biasa. Sa’ad berkata walaupun ibu mempunyai 10 nyawa dan Alloh cabut nyawanya satu persatu maka aku tidak akan pernah meningnggalkan islam.Ia juga murah tangan dan dermawan.yang dia lakukan hanya Jihad dan da’wah.

Umar Ra sampai meneteskan air mata .dia mencabut dengan gigidepan untuk mencabut panah yang menancap di rahang Rosul Saw sampai gigi depan Abu Ubaidah lepas.Rosululloh Saw terkena panah yang mengenai rahang atas wajah Rosul Saw .Aku berusaha mendekati Rsul Saw tetapi sudah di dahului oleh seseorang yang dengan cepat bagaikan kilat menghampiri Rosul Saw Ilustrasi Gambar: 3 Setelah Abu bakar mendekati Rosul Saw ternyata dia adalah Abu Ubaidah Ra. Ilustrasi Gambar: 4 Rosulullah Saw mengutus Abu Ubaidah untuk mengajarkan Syari’at islam pada penduduk Najran Ilustrasi Gambar: 5 Umar ibnul Khottob sedang menangani pemerintah dikejutkan dengan wafatnya Abu Ubaidah bin Jarrah Ra.yaitu Persi dan Romawi. Ilustrasi Gambar: 2 Abu bakar Asiddiq menyampaikan kisah Abu Ubaidah pada waktu perang Uhud.aku dan Rosul Saw begitu salut dan bangga pada Abu Ubaidah yang begitu setia dan saying pada Rosulnya Saw. . sehingga kepingan besi itu meutup wajahnya.Abu Ubaidah bin Jarrah Ra wafat di Negri Urdun di wilayah Syam dan jenazahnya di kubur di tempat yang pernah di bebaskanya dari cengkraman kerajaan penyembah api dan berhala.dari wajah Rosul Saw darah terus bercucuran.dalam pertempuran ayahnya selalu ingin membunuh anaknya yaitu Abu Ubaidah akan tetapi Abu Ubaidah selalu menghindar karena dia tidak mau berhadapan dengan ayahnya sendiri.Ilustrasi Gambar:1 10. Abu Ubaidah Ibnul Jarrah ikut memperkokoh perang Badar.sedangkan ayahnya ikut barisan kaum kafir Quraisy.

Pasar Minggu. Buku.No Hal Lamp SURAT PERJANJIAN KERJA SAMA : 02/SPK/05/2008 : Surat Perjanjian Kerja Sama : 1 – Lampiran. : Syafi’ih ‘Azami : Jakarta. Rt02/05.Al Qur’an dan semua Produk “Sanggar Buku Anak Muslim” untuk sediakan kepada jama’ah yang ingin memiliki disetiap kegiatan yang diadakan oleh Az-Zikra dengan rincian : 2.Al Qur’an dan semua Produk dengan tujuan mempermudah jama’ah mendapatkan. Nama Lembaga : YAYASAN Al –Amru Bittaqwa : Pesantren YATAMA Az-Zikra Alamat : Perumahan Mampang Indah II – 8 -19. . Jakarta Selatan 12540 : 0813.1465 8527 / 021 9145 8090 Di sebut sebagai Pihak Pertama. Pihak pertama meminta kepada pihak kedua untuk mengizinkanpengadaan (Buku Bacaan.Al Qur’an dan semua Produk. Bismillahirrohmanirrohim Yang Bertanda tangan di bawah ini : Nama Lengkap Tempat Tanggal Lahir Alamat No Tlp. No. 03 Oktober 1987 : Jl Kebagusan Besar. Pihak Ke Dua Memberikan ketentuan sebagai berikut : 2.Depok No Tlp. 4. Pasal 2 1.Al Qur’an dan semua Produk kepada jama’ah yang hadir. Pihak Pertama Memberikan Laporan tertulis disetiap selesai Acara kepada Pihak Ke Dua 3.Syukur Di sebut sebagai Pihak Kedua Surat ini merupakan Surat Perjanjian Kerja Sama Dari Pihak Pertama Kepada Pihak Kedua Dengan Ketentuan Sebagai Berikut : Pasal 1 1.97 Kebagusan. Pihak Pertama Memberikan Bagi hasil kepada Pihak Ke Dua sebesar 20%. Pihak Ke Dua Membrikan Tempat Khusus kepada pihak Pertama dalam pendisplayan Buku. Pihak Pertama Memberikan/Menyebarkan Brosur Informasi Buku. : 021 77882188 Atas Nama : Ust.

”Lalu Rosulullah Saw bersabda:”ada sepuluh orang yang mendapat kabar gembira masuk surga.sadar dan tidak dalam tekanan apapun dari pihak lain.masuk ke rumah Aisyah dan bersabda: “Wahai Aisyah inginkah kau mendengar kabar gembira?” Aisyah menjawab.bahwa Rosulullah Saw.Surat Perjanjian Kerja Sama ini dibuat atas dasar kesepakatan ke dua belah pihak baik pihak pertama maupun pihak kedua. (10) Abu Ubaidah ibnul Jarrah masuk surga dan kawanya Idris Alaihissalam.(6)Azzubair masuk Surga dan kawanya Ismail.untuk sahabat .Ali masuk surga dan kawanya yahya bin zakariya.Syukur) COPY 2 10 Sahabat Di Jamin Masuk Surga Dari Sahabat Abu Dzarr Ra. (8) Said bin Zaid masuk surga dan kawanya Musa bin imran. Jakarta.Umar masuk surga dan kawanya Nuh.”tentu. (Ilustrasi Gambar 4 sahabat yang menjabat sebagai khalifah wajah dan telapak tangan ditampilkan bercahaya berpakaian dua jubah dengan warna serba putih. Surat Perjanjian Kerja Sama ini di buat dalam keadaan sehat.(4).(5). 5 Februari 2008 PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA (Syafi’ih ’Azami) (Ust.tholhah masuk surga dan kawanya Daud. (9) Abdurrahman bin Auf masuk surga dan kawanya Isa bin Maryam. Demikian Surat Perjanjian Kerja Sama ini dibuat dan ditanda tangani kedua belah pihak.yaitu : (1).(3).(2).ya Rosulullah.Ayahmu masuk surga dan kawanya adalah Ibrahim.(7) Sa’ad bin Abi Waqos masuk surga dan Kawanya Sulaiman.Utsman masuk surga dan kawanya aku .

Ilustrasi Gambar : 5 (Abu baker ditutupi kain putih berbaring di atas tempat tidur sedangkan kaum muslimin berda di sekelilngnya merah sedih dan duka) Sahabat muslim akhirnya kita harus berduka karena tauladan kita dalam hidup telah dipanggil Alloh SWT.untuk selamanya.setelah kita megetahui sabda dari Nabi kita Muhammad Saw.istri serta anak fakir miskin sangat gembira) Abu bakar Assiddiq Ra adalah seorang Quraisy dia seorang pedagang yang selalu memelihara kehormatan dan harga dirinya.berada di rumah.hartanya begitu banyak Ia sebagai orang yang kaya raya dan memiliki akhlaq mulia.bahkan Abu bakar Assiddiq Ra. wafat pada tanggal 22 Jumadil Akhir tahun 13 Hijriah dalam usia 63 tahun sama dengan usia wafatnya Rosululloh Saw. apa yang kau tinggalkan untuk keluargamu? Abu bakar menjawab aku tinggalkan untuk keluargaku Alloh dan Rosulnya.sandal bertali depan silang) Ilustrasi Gambar : 1 (Abu baker sedang duduk menghadap jamaah seperti sedang menyampaikan sebuah berita atau sedang menyampaikan ceramah.Abu bakar adalah orang pertama yang di inginkan penduduk Mekkah atau kaum muslimin menjadi Khalifah yang memimpin ummat islam di dunia selama dua tahun tiga bulan lebih sepuluh hari.Abu bakar adalah orang (Pria) yang pertama yang menyambut dan masuk kedalam Islam.AlBaihaqi dalam Asyyiib).tidak tertandingi.pernah di pinta hartanya untuk membantu perjuangan ummat Islam beliau memberikan seluruh hartanya kepada Rosulullah Saw untuk perjuangan Islam.semuanya bepenampilan berwibawa. Ilustrasi Gambar : 2 (Abu baker sedang membagikan hartanya. fakir miskin berpakaian dengan tambalan sedang menerima uang dalam kantong kain.tentu Sahabat Muslim sudah mengenalnya tapi adakah diantara kita yang mengetahui apa yang menyebabkan Abu bakar Assidiq di jamin masuk surga? Mari sama-sama kita cari tahu apa yang menyebabkan dia di jamin masuk surga. Ilustrasi Gambar : 3 (Pasukan perang berbahagia dan bersemangat karena mendapatkan bantuan. Ilustrasi Gambar : 4 (Abu baker berada di mihrab memperhatikan ribuan ummat yang berkumpul di lapangan dengan senang dan bahagia serta berharap ada seorang khalifah) Setelah wafatnya Rosulullah Saw.lainya wajah terlihat pakaian dua jubah berwana.berada didalam masjid) Nah Sahabat muslim yang di Rahmati Alloh.Abu bakar Assiddiq Ra.mereka menerima kuda-kuda dan onta serta perlengkapan perang lainya) Keimanan Abu bakar Assiddiq Ra.belum pernah ada orang yang menyaksikan dia minum arak apalagi menyembah berhala.dengan keimanan seluruh ummat akan lebih berat keimanan Abu bakar Assiddiq Ra”(HR.untuk jenggot rapi .ketika ditanya Oleh Rosulullah Saw.bahwa sahabat yang pertama disebutkan masuk surga adalah Abu bakar Assiddiq Ra.gandum sekarung kecil dan beberapa pakaian sambil tersenyum bahagia.dia meninggalkan lima .Rasulullah Saw bersabda:”Jika di timbang keimanan Abu bakar Assiddiq Ra.tidak terlalu lebat .

yaitu Abdullah.tiga laki-laki dan dua perempuan.setelah mendengar ucapan Nu’aim Umar sangat marah dan langsung menghunuskan pedangnya lalu bergegas menuju rumah adiknya Fatimah Binti Khottob.lalu Alloh mengabulkan doa Rosulullah Saw.Abdurrahman.Dia berasal dari Bani Hasyim. Ilustrasi Gambar : 2 (Umar sedang berjalan dengan pedang di pinggang dan orang ada yang ketakutan juga ada yang berlarian) Umar Ibnul Khottob sebelum masuk Islam adalah orang yang senantiasa memusuhi Rosul Saw dan para pengikutanya.karena adikmu Fatimah Binti Khottob. Ilustrasi Gambar : 4 (Umar sedang marah memegang pedang bertemu di jalanan dengan sahabat yang dengan berani berbicara keras sambil menunjuk kearah rumahnya fatimah dan di sekelilingnya ada beberapa orang yang ketakutan) Umar Ibnul Khottob awalnya ingin membunuh Rosulullah Saw.wataknya keras. setelah kita mengenal dan mengetahui sahabat Rosululloh Saw.semasa kanak-kanak dia menggembala domba milik ayahnya. Ilustrasi Gambar : 6 (Kaum muslimin dengan berpakaian Haji sedang berdoa di sampim kuburan Rosul dan Abu baker) Bila Sahabat Muslim pergi Haji atau Umroh jangan lupa menziarahi kuburan Rosulullah dan para sahabatnya serta mendoakanya.”hai Umar sebaiknya kamu kembali dan luruskan keluargamu sebelum kau membunuh Rosulullah Saw.siapa namanya dan apa yang menyebabkan dia di jamin masuk surga mari kita lanjutkan kisahnya Seperti yang di uraikan dalam hadits Rosululloh Saw bersabda bahwa sahabat yang ke dua di sebutkan oleh Rosul Saw adalah Umar Ibnul Khottob (Al Faruq).Abu bakar dimakamkan bersebelahan dengan kuburan Nabi kita Muhammad Saw. Ilustrasi Gambar : 1 (Orang tua dan anak kecil sedan memperhatikan domba-domba yang jumlahnya banyak di rerumputan hijau dekat perkebunan kurma) Umar Ibnul Khottob berasal dari kabilah Quraisy.dia mewarisi beberapa kekhususan dari unsurunsur Arab.pernah berdoa kepada Alloh agar ditunkan hidayah kepada salah satu orang yang dia inginkan yaitu Abu Jahal dan Umar Ibnul Khottob.Umar Ibnul Khottob ditakuti oleh penduduk Mekkah.Iparmu dan anak pamanmu Said Bin Zaid telah masuk Islam”.Umar tidak segan-segan membunuh bagi siapa yang berani melawanya Ilustrasi Gambar : 3 (Tulisan Muhammad bercahaya di atas sajadah berada dalam masjid dan ada beberapa jamaah di belakangnya) Rosulullah Saw.dan Umar Ibnul Khottob yang diberikan hidayah oleh Alloh swt.Aisyah dan Asmaa. sekarang kita akan mengenal dan mengetahui sahabat selanjutnya.kasar dan kalau bicara suaranya keras sekali bahkan Rosulullah Saw sempat akan dibunuhnya. di jamin masuk surga.orang anak.Muhammad.lalu ditengah jalan bertemu dengan seorang sahabat Nabi yang bernama Nu’aim dan berkata. .

kemudian Umar menyerang Said Bin Zaid.dengan izin Alloh Umar menaklukkan dua negara besar Persia dan Romawi dan semua kerajaan yang sejarah.karena orang yang gagah berani dan ditakuti telah masuk Islam.akhirnya Umar Ibnul Khottob Ra wafat dibunuh oleh Abu Lu’luah atau Fairus pembunuh itu berasal dari Parsi dan bertempat tinggal diwilayah Romawi.abu bakar dan Umar.semua sahabat yang menyaksikan dan mendengar bertakbir dan sangat bersyukur.tahun keenam sesudah kenabian dan kerosulan Muhammad Saw. para sahabat serta kaum muslimin sedang berdoa disampingnya) Sahabat Muslim kita harus kehilangan lagi tauladan baik kita.Umar Ibnul Ilustrasi Gambar : 9 (3 kuburan disamping kuburan Rosulullah. Ilustrasi Gambar : 7 (Umar dihadapan Rosul Saw. di belakang fatimah ada suaminya yang ketakutan.Umar di sahabat.sambil duduk mengucapkan Syahadatain dan disaksikan para sahabat mereka senang bersyukur dan bertakbir.berada di dalam ruangan rumah ) Dihadapan Rosululloh dan disaksikan para sahabat Umar menyatakan masuk Islam kemudian mengucapkan Syahadat.melihat kejadian itu.berada di dalam rumah ada beberapa benda yang jatuh dan pecah) Sesampainya di rumah Fatimah Umar memanggil adiknya dengan suara yang sangat keras sampai adik Ipar dan Khabbab yang berada di rumah itu sangat ketakutan.Alloh Ta’ala telah mengabulkan doa rosulnya Saw. Ilustrasi Gambar : 8 (Psukan berkuda dengan bendera syadatain paling depan Umar di hadapan mereka puing-puing bangsa persi/romawi yang porak poranda dengan kepulan asap di sekitarnya) Semenjak itulah Islam semakin bertambah besar.Ilustrasi Gambar : 5 (Umar sedang menampar fatimah yang bercadar memegang lembaran Al Quran.sebelumnya telah ada 39 pria dan 23 wanita yang masuk Islam.setelah wafatnya Kalifah pertama Abu Bakar Assiddiq Ra.lalu Umar bertanya kepada mereka Syair apa yang kau baca.Penduduk Mekkah dan kaum muslimin di dunia untuk menjadi Khalifah ke Khottob menjalankan amanah menjadi Khalifah selama 10 tahun 6 bulan 5 hari.26 Zulhijjah tahun 23 Hijriah dan meninggal 3 hari setelah itu pada usia 63 tahun sama dengan usia .saya mendapat kabar bahwa kalian telah mengikuti agama Muhammad.Umar Ibnul Khottob Ra masuk Islam pada bulan Dzulhijjah.Fatimah pun menjelaskan ini adalah Al Quran lalu Umar membacanya dan mengatakan keinginanya untuk masuk Islam.Umar dibunuh sedang melaksanakan Sholat Subuh pada hari rabu. Fatimah langsung membela sampai terkena pukulan yang sangat keras dan wajahnya berlumuran darah Ilustrasi Gambar : 6 (Umar sedang menerima dan membaca lembaran Al Quran di kertas bertuliskan Al Quran dan bercahaya di saksikan suami fatimah dan 1 orang sahabat mereka senag dan gembira) Melihat hal itu Umar merasa kasihan dan bertanya pada adiknya apa yang sedang kau baca?. Ibnul Khottob tercatat dalam inginkan semua dua.

Umar Ibnul Kottob Ra meninggalkan 13 orang anak.mendengar hal itu Utsam langsung membeli separo sumur itu.ketika Rosul Saw.rupanya telah sampai kabar gembira kepada Utsman tentang hadirnya seorang Nabi.dari Negri satu ke Negri yang lain dengan membawa semua rombongan Kafilahnya. Ilustrasi Gambar : 3 (Kaum muslimin sedang mengambil air disebuah sumur yang cukup besar dengan senang dan gembira ada yang membawanya di panggul dan ada di pikul) Ketika kum Muslimin hijrah dari Mekkah ke Madinah. Ilustrasi Gambar : 4 (Acara pesta pernikahan.itulah kedermawanan Utsman Ibnul Affan Ra.ketika Utsman sedang tertidur tiba-tiba ia bermimpi mendengar suara yang menyeru agar segera bangun karena orang yang bernama ”AHMAD” telah muncul di kota Mekkah.Utsman sebagai orang yang kaya raya hartanya berlimpah ruah.mengharapkan ada sahabat yang mampu membeli sumur air tersebut.tentu Sahabat Muslim telah mengenalnya.Rosulullah dan Abu Bakar Assiddiq Ra. Ilustrasi Gambar : 2 (tulisan Muhammad di samping Ustman sedang memperhatikan ribuan pasukan yang berbaris siap untuk berjuang ) Utsman Ibnul Affan adalah seorang pedagang yang sukses.banyak makanan dan buah-buahan juga para sahabat yang berdatangan) .9 Laki-laki dan 4 Perempuan.sedang mempersiapkan pasukan Al ’Usra.tidak ada keraguan pada diri Utsman untuk langsung bertemu dengan Rosulullah dan menyatakan keislamanya.mereka mendapatkan kesulitan air. Pada giliran Utsman kaum muslimin bergegas mengambil kebutuhan air untuk dua hari kedepan dan lama-kelamaan orang yahudi itu bangkrut kemudian menjualnya kepada Utsman.rombongan berteduh (beristirahat) antara Ma’an dan Azzarqo.setelah kita membaca kilas sejarah Khalifah Umar Ibnul Khottob sebagai salah seorang sahabat yang di jamin masuk surga kini kita akan berjumpa dengan Sahabat yang pemalu dia telah disebutkan namanya pada urutan ke tiga oleh Rosulullah SAW. Ilustrasi Gambar : 1 (Rombongan Onta dengan membawa barang dagangan yang cukup banyak dan orang-orang sedang beristirahat dibawah pohon kurma yang teduh) Pada saat rombongan kafilahnya sedang beristirahat karena perjalan yang cukup jauh dari Syam dan sangat melelahkan.Utsman berdagang dari tempat satu ke tempat yang lain.di sana hanya ada sumur akan tetapi milik orang yahudi dan airnya sengaja di perjual belikan dengan harga yang sangat mahal.akhirnya sumur air yang bernama ”Raumah” di berikan secara gratis kepada kaum muslimin.beliau di kuurkan disebelah kuburan Rosulullah Saw dan Abu bakar Assiddiq Ra.dengan julukan ”Dzunnurain”.Setelah menyatakan keislamanya Utsman yang terkenal dengan sifat dermawanya langsung membantu perjuanagan kaum muslimin.oleh karena itu Rosulullah Saw.setelah tawar menawar akhirnya Utsman behasil membelinya dengan perjanjian satu hari Yahudi satu hari Utsman.Utsman salah seorang sahabat dalam rombongan pertama yang mendapat Hidayah dan masuk Islam.Dia adalah Utsman Ibnu Affan Ra. Sahabat Muslim.itulah awal mula Utsman dapat hidayah dan masuk kedalam Islam.seluruh biaya di tangung oleh Utsman seorang diri.Sahabat yang di jamin masuk surga.

sebelumnya Utsman beristrikan Ruqoyyah. Sebab itulah.Said bin Aash dan Abdurrahman bin Haarits bin Hisyah sebagai anggota. .kaum muslimin memilih Utsman Ibnul Affan untuk menjadi Khalifah menggantikan Khalifah Umar Ibnul Kottob Ra.dalam kepemimpinanya Utsman memberikan kemajuan terhadap perkambangan ummat Islam saat itu.Utsman Ibnul Affan Ra di juluki ”Dzannurain”(memiliki dua cahaya) yang di maksud telah menikahkan dua orang putri Rosulullah Saw. salah satunya adalah pengumpulan ayat-ayat Al Quran yang tertulis dalam lembaran-lembaran pada masa Abu Bakar Asiddiq Ra dan yang tersimpan di rumah Hafsah setelah wafatnya Umar Ibnul Kottob Ra.Rosululloh Saw menikahkan putrinya.putri Rosulullah yang kedua.bahkan diancam ingin di bunuh.tanggal 17 Dzulhijjah dalam usia 80 tahun dalam riwayat lain 82 tahun.banyak kalangan dari Orang-orang munafik dan musuh ummat islam yang ingin menghancurkan Islam secara terang-terangan.kaum muslimin pun berduka dengan wafatnya Khalifah dan menguburkanya di pekuburan Albaqii pada hari jum’at tahun 35 Hijriah.tepat pada sore hari Khalifah Utsman Ibnul Affan di bunuh oleh pembangkang yang berkhianat pada Khalifah Utsman Ra.Ra.kedua Khalifah ini wafat karena di bunuh oleh kaum munafik.dalam pertengahan kepemimpinanya. Utsman Ibnul Affan Ra mengemban amanah sebagai Khalifah selama 11 tahun 11 bulan dan 14 hari. Ilustrasi Gambar : 7 (4 Kuburan berbaris rapi disamping kuburan rosul dan 2 sahabat di sekelilingnya kaum muslimin yang sedang berdoa dan berduka) Setelah selesai menjalankan tugas-tugas beratnya Khalifah Utsman Ibnul Affan Ra.Setelah peristiwa tersebut. Ilustrasi Gambar : 5 (Khalifah Utsman sedang memegang Al Quran yang bercahaya di hadapan para sahabat dan kaum muslimin) Setelah wafatnya Umar Ibnul Kottab. Kepanitian ini di ketuai oleh Zais bin Tsabit dengan Abdullah bin Zubair.kemudian Khalifah Utsman membentuk panitia untuk menyusun rapi dan membukukan Al Quran.yang kita kenal saat ini dengan sebutan ”Al Quran Utsmani”. Ilustrasi Gambar : 6 (Kaum muslimin sedang membaca Al Quran di dalam masjid ada yang sedang sholat) Kini ummat Islam mendapat kemudahan dan memiliki Al Qur’an yang sudah berbetuk Kitab dengan susunan dan tulisan yang sanagat indah serta mudah untuk di baca dan kita pun merasakan bahkan memiliki Al Quran tersebut.fitnah dan berbagai macam pembangkangan kepada Khalifah Utsman Ibnul Affan Ra.tapi telah wafat.diteror.Ummu Kalthum dengan Utsman Ibnul Affan. Semenjak wafatnya Nabi kita muhammad Saw.kini semangkin berat bagi Khalifah berikutnya untuk melanjutkan amanah yang harus di jaga.Ia meninggalkan 16 orang anak. Pada suatu hari para pembangkang menyerbu kediaman Khalifah Utsman Ibnul Affan Ra dengan maksud ingin membunhnya.sudah terlihat dari masa Khalifah Umar Ibnul Khottob sampai Khalifah Utsman Ibnu Affan.9 laki-laki dan 7 perempuan.

Khalifah Ali Bin Abi Tholib wafat pada . Ilustrasi Gambar : 6 (Ali sedang berbaring dan berbicara dengan seorang sahabat di sekelilingnya ada beberapa sahabat) Ketika Khalifah Ali Bin Abi Tholib sedang melaksanakan Sholat Subuh.pada waktu rumah beliau dikepung dan akan dibunuh menjelang hijrah ke Madinah.masa kepemimpinannya adalah masa yang sangat sulit karena banyak fitnah yang bertebaran di kalangan kaum muslimin.pada malam 17 Ramadhan mereka akan melaksanakan pembunuhan masing-masing mengasah dan memberikan racun pedangnya. Ilustrasi Gambar : 3 (Ali sedang tidur dan di sekelilingnya kaum kafir yang siap menghunuskan padang ke tubuh ali. Ilustrasi Gambar : 2 (Masyarakat Makkah berkumpul menghadap muhammad dengan cahaya.Bahkan dapat dikatakan di lahirkan muslim bila di pandang dari segi Aqidah dan kejiwaan.wajah kaum kafir muram sedangkan ali sambil mengangkat satu tangan menerimanya) Ali bin Abi Tholib masuk Islam ketika usia sepuluh tahun karena pada usia itulah di umumkan da’wah Islam. Ilustrasi Gambar : 4 (Kaum munafik dan kafir sedang tertawa melihat Ali bejalan di tengah keramaian) Ali Bin Abi Tholib Ra.sebelum wafat khalifah berpesan untuk membunuh orang yang telah membunuhnya.menjadi Khalifah setelah di amanahkan oleh kaum muslimin untuk menggantikan Khalifah Utsman Bin Affan.Ubun-ubun kepalanya di pikul dengan pedang sehingga darah mengalir dan membasahi jantungnya.kaum kafirin dan musyrikin yang benci pada islam.Dia diasuh dan dididik di rumah yang menjadi pusat da’wah Islamiah.semua fitnah yang di sebarkan oleh kalangan munafik. Ilustrasi Gambar : 5 (Seorang Munafik dan kafir bertampang jahat sedang menaburkan Racun di pedangnya) Kejahatan para pembangkang semakin menjadi-jadi.ketika Rosul Saw.Ali hampir dilahirkan sebagai Muslim.di adalah Khalifah pertama dari keluarga Hasyim.tentang 10 sahabat di jamin masuk surga adalah Al Imam Ali Karamallahu Wajhahu.menyerukan da’wah Islam kepada masyarakat Mekkah mereka menolaknya kecuali Ali Bin Abi Tholib dia seorang remaja yang paling muda usianya dan sangat berani untuk menerima seruan Rosul Saw.kaum kafir yang dekat ali kaget pedangnya terlepas) Ali Bin Abi Tholib orang yang pertama bersedia berkorban untuk Rosulullah Saw ketika tidur di tempat Nabi Saw.Ilustrasi Gambar : 1 (Ibu sedang menggendong bayi wajahnya bercahaya di depan kabah dan orang –orang senang sambil menghampiri dari kalangan wanita ingin melihatnya) Berikutnya yang di sabdakan Nabi kita Muhammad Saw.Abdurrahman Bin Amru dan Amru Bin Bakar Attamimi mereka berikrar untuk membunuh khalifah Ali Bin Abi Tholib.Ali dilahirkan di dalam Ka’bah dan Alloh telah memuliakan wajahnya (Karramallahu Wajhahu) untuk tidak bersujud pada berhala-berhala disekitar Ka’bah.

ia di kenal sebagai orang jujur.Perang Uhud adalah harinya Tholhah.17 Ramadhan tahun 40 hijriah.Tholhah masuk islam melalui anak pamanya.dengan di sertai Abu bakar Asiddiq Ra.tidak pernah menipu apalagi berkhianat.Ia siap berkorban membela Nabi Saw sampai tubuhnya di hujani anak panah dan sabetan pedang .keimanan yang teguh dan keikhlasan pada agama Alloh. Ilustrasi Gambar : 7 (kuburan yang berbaris di papan nisannya ada tulisan masing –masing sahabat .Ia memang pantas di tempatkan di barisan terdepan karena Alloh telah memberikan tubuhnya yang kuat dan kokoh.Tholhah pergi menemui Rosulullah Saw dan mengucapkan du kalimat syahadat.janjinya selalu tepat. kaum muslimin sedang berdoa dan ber duka) Sahabat Muslim yang di rahmati Alloh semua kisah dari Khalifah Abu bakar Asiddiq Ra sampai Khalifah Ali Bin Abi Tholib Ra. Ilustrasi Gambar : 1 (Tholhah bersama Abu bakar di hadapan rosulullah Saw bersyahadat) Tholha Bin Ubaidillah merupakan salah seorang dari delapan orang yang pertama masuk islam.tidak takut menghadapi kesulitan.ia mempunyai anak berjumlah 33 orang.Ia orangnya kokoh dalam mempertahankan pendirian. Sahabat Muslim yang di rahmati Alloh tenyata ada sahabat-sahabat yang lain yang di jamin masuk surga oleh Alloh Swt yang mereka itu tidak memegang amanah kekhalifahan seperti yang di sebutkan dalam hadits Rosul Saw pada awal kisah ini.Tholhah merasa kasihan dan di cium kaki tangan Rosul Saw.Khalifah telah memegang amanah kekhalifahanya selama 4 tahun 8 bulan. .15 laki-laki dan 18 perempuan.walaupun dalam keadaan luka berat Tholhah masih sanggup untuk membantu Rosulullah Saw menaiki bukit.ia dikuburkan di Kufah pada malam hari.di sekujur tubuh Rosul Saw penuh dengan luka tusukan dan sabetan pedang serta anak panah yang menancapnya. Ilustrasi Gambar : 2(Tholhah yang gagah sambil mengangkat kaum kafir dalam peperangan seakan-akan ingin di bantingnya di hadapan nya orang kafir ketakutan pedang terlepas) Tholhah Bin Ubaidillah adalah seorang lelaki yang gagah berani.Abu bakar Asiddiq Ra.Rosulullah Saw berkata : Lihatlah saudaramu ini (Tholhah)di tubuhnya terdapat lebih dari tujuh pulu anak panah bersarang menembus tubuhnya dan jari tanganya putus karena mempertahankan dan membela aku di perang Uhud ini.sipakah dia dan kenapa dia di sebutkan salah satu sahabat di jamin masuk surga mari kita pelajari kisahnya. Ilustrasi Gambar : 3 (Di perang Uhud Tholhah tubuhnya penuh dengan anak panah dan sabetan pedang tanganya di bentangkan di belakangnya ada Rosulullah Saw) Tholhah memang merupakan salah satu seorang pahlawan dari barisan tentara perang Uhud.kesakitan dan segala macam ujian lainya.siapa nama sahabat selanjutnya setelah Khalifah Ali Bin Abi Tholib Ra.dia adalah Tholhah Bin Ubaidillah.sejak awal keislamanya sampai akhir hayat hidupnya di tidak pernah mengingkari janji.di papahnya rosul Saw sampai keatas bukit.adalah 4 sahabat yang sangat dekat dan sangat kuat pembelaanya pada perjuangan da’wah yang di lakukan oleh Rosulullah Saw sampai akhir hayatnya sehingga mereka di kuburkan saling berdampingan di kuburan Rosulullah Saw.

Rosulullah Saw pernah berkata seorang syahid berjalan di atas muka bumi lihatlah Tholhah Bin Ubaidillah.semua terlihat dari atas bukit) Ketika Hijrah ke Madinah Tholhah mendapat kehormatan untuk mengawal ummu kalthum.berani. Ilustrasi Gambar : 4 (Sedang sholat berjamaah ada beberapa orang bertopeng menyerang jamaah sholat) .Ilustrasi Gambar : 4 (3 Onta dengan tedungan karena di dalamnya ada Istri Rosul Saw. Ilustrasi Gambar : 6 (Pedang tetap di tangan ia meronta sambil bertakbir karena kakinya terkena panah) Sewaktu terjadi perang ”Aljamal”sebuah panah mengenai betisnya dan tak lama kemudian karena lukanya yang cukup parah Tholhah Bin Ubaidillah akhirnya wafat.dan beberapa kuda berbaris memanjang.selama hidupnya di tidak pernah absen dalam peperangan).jujur.tapi Azzubair menjawab ”saya tidak akan kembali kafir selama-lamanya”.dia juga tercatat dalam rombongan yang pernah Hijrah ke Habasyah sebelum Hijrah ke Madinah.istrinya bernama Su’ad Binti Auf. Ilustrasi Gambar : 3 (Tulisan Muhammad Saw.kuat .dan Zubair sedang meminta barang yang di pinggulnya oleh bapak tua) Kecintaan Rosulullah Saw.murah tangan (suka membantu) dan telah menjual dirinya serta hartanya kepada Alloh Swt. Ilustrasi Gambar : 5 (Tholhah dan istrinya sedang memberikan sedekah pada kaum dhuafa di rumah dhiafa anak-anak dhuafa senang) Tholhah adalah salah seorang dari kaum muslimin yang kaya raya dan sangat pemurah serta dermawan. Ilustrasi Gambar : 1 (Azzubair di ikat di tiang jubahnya compang camping karena cambukan dan wajahnya memar) Azzubair Ibnul Awwam masuk Islam dalam usia lima belas tahun dan dia hijrah dalam usia delapan belas tahun sesudah menderita penganiayaan pamannya sendiri yang menyiksanya.ikhlas.oleh karena itu Azzubair Ibnul Awwam selalu mengikuti peperangan bersama.Azzubair di gulung kedalam tikar.pamanya berkata kembalilah kepada penyembah berhala. lalu kakinya digantung diatas dan dibawah kepalanya ditaruh api yang membara.bersama Azzubai bersama pasukan perang) Bila diseru Berjihad maka dia orang yang pertama datang menyambut seruan itu.Tholhah wafat pada usia 60 tahun dan di kubur di suatu tempat dekat padang rumput di Basra.Fatimah dan istri Rosulullah Saw ummul mukminin yaitu Saudah Binti Zum’ah dan ummu Aiman Ra sampai ke kota Madinah. Ilustrasi Gambar : 2 (Tulisan Muhammad Saw.bukan hanya karena dia anak bibi Rosulullah Saw akan tetapi karena memang Azzubair pemuda yang setia.

setelah kembalinya dari Habasyah Abdurrahman mendapat siksaan dan gangguan yang semakin parah sehingga dia berhijrah dua kali ke Habasyah.Dia juga berwasiat agar sejumlah besar uangnya diberikan kepada ummatul mukminin (istrinya Nabi Saw) Ia wafat dalam usia 75 tahun dan di makamkan di pemakaman Albaqi.Azzubair Ibnul Awwam ketika sedang melaksanakan Sholat menghadap Alloh Swt.ia menguasai perekonomian dan keuangan.hijrahnya ini dilakukan karena kekejaman kaum kafir semakin mengganas. Ilustrasi Gambar : 1(Pemandangan kota mekkah dari kejauhan) Sa’ad bin Abi waqqosh adalah salah seorang sahabat yang ke tujuh dijamin masuk surga.Abdurrahman Bin Auf langsung menerimanya.musrikin mengganas Abdurrahman Hijrah ke Habasyah.untuk membawa panji dan penyebaran agama islam.dalam sejarah islam dia orang yang ke delapan masuk kedalam islam dan orang kelima yang di islamkan oleh Abu bakar Asiddiq Ra.wafatlah sahabat yang paling setia dalam memperjuangkan kebenaran dan menjaga Islam. Ilustrasi Gambar : 5 (Abdurrahman bin Auf sedang berbaring sambilberpesan pada sahabatnya) Abdurrahman bin Auf berwasiat agar setiap kaum muslimin diberi empat ratus dinar dari harta warisanya.Ia selalu menghiasi dirinya dengan adab sopan islami sehingga Allah memberkahi nya.tidak di duga dia dibunuh oleh kaum yang membenci Islam.ia sambil memmegang Al Qur’an) Abdurrahman bin Auf adalah seorang pilar da’wah islamiah dan salah seorang yang dibina juga dipersiapkan Nabi Saw. Ilustrasi Gambar : 3 (Rombongan kaum Muslimin ada yang berjalan dan menunggang kuda berangkat hijrah ke Habasyah) Setelah gangguan dan siksaan dari kaum kafirin. ketika Abu bakar Asiddiq menawarkan Islam kepadanya. Ilustrasi Gambar : 4 (Abdurrahman bin Auf sedang menyampaikan ceramahnya dihadapan kaum muslimin.dia selalu mengikuti petunjuk Rosul Saw dalam tata cara berdagang.Sa’ad bin Abi waqqosh berasal dari kabilah Zurroh sama dengan ibu Rosululloh Saw dan Sa’ad anak paman Aminah (Ibunda Rosululloh Saw) . Ilustrasi Gambar : 1 (Abu bakar sedang duduk bersama Abdurrahman di teras rumah sedang minum teh hangat dan sepiring buah) Abdurrahman Bin Auf adalah kawan akrab Abu bakar Asiddiq Ra. Ilustrasi Gambar : 2 (Abdurrahman berada di pasar sedang bejualan dan banyak pembelinya) Abdurrahman bin Auf sangat mahir berdagang.

Ilustrasi Gambar : 1 (Sa’ib dan Istrinya sedang berdoa) Sa’id bin Zaid memeluk agama islam sebelum Umar ibnul Kottob.disekitarnya para sahabat yang sedang berduka) Ibnu Hajar meriwayatkan dari Amir bin Sa’ad yang berkata.Ilustrasi Gambar : 2 (Seorang wanita sedang marah yang sangat pada Sa’ad.termasuk orang yang dikabulkan doanya.helm besi dan pedang di tangan Setiap kali dicalonkan menjabat tugas pemerintahan selalu menolak.sedang kan Sa’ad berusaha tenang) ibunya mengetahui Sa’ad masuk islam begitu marah dan bersumpah tidak bicara dengan Sa’ad.kuat menahan diri dari berbagai macam hawa nafsu. Ilutrasi Gambar .yang dia lakukan hanya Jihad dan da’wah.banyak dari kalangan lemah dan miskin berkumpul di rumahnya untuk mencari ketentraman. Ia sangat dermawan.Sa’ad selalu menolak jika di berikan sebuah jabatan pemerintahan dia lebih senang menjadi masyarakat biasa. Ilustrasi Gambar :3 (Sa’b bin Zaid sambil tersenyum.tawaran untuk menjadi gubernur Damaskus di tolak dan menyarankan agar menunjuk orang lain saja.karena dia ingin melanjutkan karir kemiliteranya dan ingin mati syahid di medan perang fisabilillah .dan memang aku sengaja menyimpanya untuk keperluan jika aku wafat agar menggunakan wol ini untuk mengkafaniku.ibunya tidak mau makan sampai menderita sakit . Ilusrasi Gambar : 4 (Sa’id sedang berbicara dengan beberapa anak-anak sambil memeganggang pundak si anak.yaitu Fatimah binti Naufail.dirumah Sa’id bin Zaid mereka selalu mendapatkan makanan.si anak dalam posisi berdiri sedangkan Sa’id posisi sama tinggi dengan anak-anak) . 2 (sedang membagikan hartanya kepada fakir miskin) Said bin Zaid orang yang pemberani.istrinya adalah adik Umar sendiri.”kafanilah aku dengan kain wol ini karena waktu berperang melawan kaum musyrikin pada perang Badar aku memakainya.Sa’ad di suruh menjenguk ibunya dengan harapan Sa’ad mau meninggalkan islam.) berpakaian baju besi. Ilustrasi Gambar :4 (Sa’ad sedang berbaring di selimuti kain kafan putih. Sa’ad berkata walaupun ibu mempunyai 10 nyawa dan Alloh cabut nyawanya satu persatu maka aku tidak akan meningnggalkan agama islam Ilustrasi Gambar : 3 (Sa’ad sedang menolak jabatan yang di berikanya) Sa’ad bin Abi waqqosh di tawarkan oleh Umar ibnul khottob memegang amanah kekhalifahan akan tetapi ia menolak.

Rosululloh Saw terkena panah yang mengenai rahang atas wajah Rosul Saw .dan pemegang amanat ummat ini ialah Abu Ubaidah ibnu Jarrah” Ilustrasi Gambar:2(Pasukan berkuda yang berhadap hadapan di tengah gurun pasir dengan ber bagai macam panji-panji yang mereka bawa) Abu Ubaidah ikut memperkokoh perang Badar. Rosululloh Saw pernah bersabda: “Tiap-tiap ummat ada orang pemegang amanat.Aku berusaha mendekati Rosul Saw tetapi sudah di dahului oleh seseorang yang dengan cepat bagaikan kilat menghampiri Rosul Saw Ilustrasi Gambar:3 (Abu Ubaidah menggigit kuat patahan anak panah yang baru di cabutnya ) Ternyata dia adalah Abu Ubaidah Ra. Abu Ubaidah bin Jarrah Ra wafat di Negri Urdun di wilayah Syam dan jenazahnya di kubur di tempat yang pernah di bebaskanya dari cengkraman kerajaan penyembah api dan berhala.aku dan Rosul Saw begitu salut dan bangga pada Abu Ubaidah yang begitu setia dan sayang pada Rosulnya Saw.mana yang akan dia pilih ayahnya yang kafir atau keislamanya yang di ridhoi Alloh.sedangkan ayahnya ikut barisan kaum kafir Quraisy. Ilustrasi Gambar: 4(Abu Ubaidah sedang menyampaikan ceramahnya di hadapan penduduk Najran) Rosulullah Saw mengutus Abu Ubaidah untuk mengajarkan Syari’at islam pada penduduk Najran.yaitu Persi dan Romawi.dia benci pada orang yang suka menzholimi dirinya sendiri dan menzholimi orang lain.dia mencabut dengan gigidepan untuk mencabut panah yang menancap di rahang Rosul Saw sampai gigi depan Abu Ubaidah lepas. sehingga kepingan besi itu meutup wajahnya dan darah terus bercucuran. Ilustrasi Gambar: 1(Ayahnya membujuk dengan merangkul untuk menyembah berhala sedangkan Sa’id menunjuk Al Quran dengan cahaya) Abu Ubaidah ibnul Jarrah dihadapkan pada dua pilihan.pada waktu perang Uhud.Abu Ubaidah memilih keislaman dengan keyakinan yang sangat dalam.Sa’id bin Zaid sangat di hormati dan di sayangi oleh penduduk kota Madinah. . Ilustrasi Gambar: 5(Abu Ubaidah sedang berbaring di atas tempat tidur yangdi tutupi kafan) Umar ibnul Khottob sedang sibuk menangani pemerintah dikejutkan dengan wafatnya Abu Ubaidah bin Jarrah Ra.Umar Ra sampai meneteskan air mata merasa kehilangan. ayahnya selalu ingin membunuh anaknya akan tetapi Abu Ubaidah selalu menghindar karena dia tidak mau berhadapan dengan ayahnya sendiri. Ilustrasi Gambar: 3(Abu baker menhampiri Rosul Saw tapi di dahului oleh Abu Ubaidah) Abu bakar Asiddiq menyampaikan kisah Abu Ubaidah.

Rusa dan zebra adalah santapan kesukaanya. .MENGENAL DUNIA HEWAN Karnivora (Binatang Pemakan Daging) Ilustrasi Gambar :1 (Singa dan Harimau sedang memegang sendok dan garpu di taman sambil lesehan sedang menyantap daging yang berada di atas piring) Singa dan Harimau adalah Binatang yang sangat Buas panjangnya mencapai 3 meter dan sangat berbahaya.Singa dan Harimau memiliki kecepatan lari yang sangat kencang.hingga dengan mudah menangkap binatang buruanya.

Islam melarang Manusia menyentuh dan memakan binatang berjenis Anjing.Unta juga sebagai Hewan Qurban. Cheetah adalah keluarga kucing yang sama buasnya dengan keluarga kucing lainya seperti Harimau dan Singa. Ilustrasi Gambar : 4 (Ular Kobra sedan keluar dari Keranjang dan Ular Phython /Anaconda melilit kambing dan akan memangsa) Panjang Ular beragam ukuranya dari 15 Cm sampai 11 Meter. Ilustrasi Gambar : 3 (3 Serigala sedang menyerang Pemburu yang ketakutan sambil menaiki pohon dan Anjing buldog yang sedang menjilati tulang di depan rumah anjing ) Serigala adalah keluarga Anjing berbahaya.Unta biasa di gunakan Orang Arab sebagai alat transportasi dan Dagingnya dapat di makan. Ilustrasi Gambar : 6 (Kerbau sedang membajak sawah yang di belakangnya ada petani dan sapi sedang di perah susunya oleh petani) .Cheetah memiliki lari yang lebih kencang di banding Singa dan Harimau sedangkan Kucing yang ada di sekitar kita tidak buas bahkan banyak manusia yang memeliharanya sebagai binatang kesayangan.atau sebagai pemangsa Tikus-tikus di rumah kita. Herbivora (Binatang Pemakan Tumbuhan) Ilustrasi Gambar : 5 (Unta punuk satu sedang memakan reruputan yang di sampingnya ada gentong air minum dan Unta berpunuk dua sedang di tunggangi anak kecil muslim dan muslimah) Unta Arab bepunuk satu dan Unta Bactria berpunuk dua Unta adalah Hewan yang sangat kuat berada di tempat yang panas dan tandus Unta dapat menyimpan air dalam tubuhnya untuk persediaan kebutuhanya.Ilustrasi Gambar : 2 (Cheetah sedang mengejar Rusa yang lari menggunakan 2 kaki dengan wajah ketakutan dan Kucing sedang mengagetkan tikus si tikus kaget sambil ketakutan dan ada tempat sampah sampai tutupnya terpental ke atas). Keluarga Anjing ada juga yang di pelihara Manusia akan tetapi harus di jinakan terlebih dahulu.Serigala suka memangsa binatang santapan kesukaanya adalah Kelinci dan Kuda hutan.Ular Kobra adalah jenis yang berbahaya Bisa Kobra beracun dan mematikan sedang kan Ular Phython dan Anaconda jika ingin memangsa buruanya caranya dengan melilit terlebih dahulu setelah mangsanya mati dan hancur tulang-tulangnya baru di telanya.

Ilustrasi Gambar :7 (Kambing yang sedang menyeruduk pantat orang dan kaget serta kesakitan sedangkan domba berkelompok berada di lapang rumput yang luas bersama penggembala) Kambing dan Domba sangat suka makan dedaunan hijau.000 Kg.kulit dan bulunya berwana hitam dan makanan keseharianya adalah memakan rerumputan Sapi juga Hewan bertanduk kulit dan bulunya ada yang berwarna hitam.Kerbau dan Sapi adalah Hewan yang menyusui juga jinak walau sedikit galak. belalai yang panjang gunanya untuk mencium bau-bauan juga digunakan untuk menggapai makanan dan Gading yang sangat kuat.coklat dan putih.ketiganya baru keluar dari airdan ada beberapa Kodok yang bertengger di atas daun juga ada yang berenag dan melompat) .Kerbau Hewan yang bertanduk.sedangkan bulu domba dapat dijadikan benang wol untuk pakaian.dagingnya Halal di makan dan sebagai hewan Qurban.makananya daun-daunan dan buah-bahan.Kambing dan Domba dagingnya Halal untuk di makan dan dapat di jadikan sebagai Hewan Qurban.sedangkan Jerapa mempunyai leher yang panjang hingga dengan mudah makan daun-daunan yng tinggi usianya sampai 20 tahun lebih Keluarga Kadal Ilustrasi Gambar : 9 (Cecak sedang menyantap nyamuk dengan lidahnya dan Tokek hanya melihat saja sedangkan Komodo ingin memangsa landak). Ilustrasi Gambar : 8 (Gajah sedang menyemprotkan air ke Huzdaifah dan Fiyka mereka berdua menggunakan payung sedangkan Jerapa sedang memetik mangga dan di sebelahnya Fiyka menggunakan tangga yang sama sedang memetik mangga) Gajah mempunyai badan tinggi mencapai empat meter sedangkan beratnya kurang lebih 6. Cecak dan Tokek adalah binatang yang mampu berjalan di dinding dengan menggunakan pelekat yang ada pada jari-jarinya.jaket dan Tas.sedangkan Komodo jenis kadal raksasa yang buas karena suka memakan daging hidupnya di daratan dan semak blukar Binatang juga dapat Hidup di Dua Alam Ilustrasi Gambar : 10 dan 11 (Buaya dengan nafsunya akan memakan Kura-kura berlari tumpang tamping sambil memegang jaring yang siap menangkap Kepiting mengunakan jurus 1000 langkah kabur.makananya adalah serangga.Kambing dan Domba adalah Hewan yang menyusui jinak tapi juga galak kedua kulit Hewan ini dapat digunakan untuk membuat sepatu.

Binatang yang hidup di atas pohon Ilustrasi Gambar :12 (Bunglon sedang berada dibatang pohon menangkap serangga ada 3 Ulat Bulu sedang berjalan dan 3 anak Burung dalam sarang dan Induknya sedang memberi makan) Bunglon Binatang yang hidupnya di pepohonan ketika ada bahaya warna kulitnya dapat berubahubah.makanya Adik-adik harus Sholat karena kalo tidak kita jadi keluarga Kera. Ilustrasi Gambar : 13 (2 Tupai sedang berada di dalam rumah pohon yang di lobangin dan ada Sarang lebah yang menempel di batang pohon.Asia dan Australia (Ccrocodile).Lebah banyak manfaatnya bagi Manusia karena Lebah dapat menghasilkan Madu yang banyak mengandung kasiat untuk menyehatkan tubuh manusia.monyet.Buaya Afrika.tempat tinggalnya ada yang di dalam tanah atau membuat rumah dari tanah. Binatang Dapat Hidup Dalam Tanah Ilustrasi Gambar : 15 (Gerombolan Semut memegang tombak ingin menyerang Kelabang mengejar cacing. .makanan nya adalah buah-buahan.sedangkan Kelabang Serangga berkaki Seribu hidupnya suka di tanah yang lembab kalau Cacing hidupnya di dalam tanah yang basah.Ada tiga kelompok Buaya :1.sedangkan Burung selalu membuat sarang yang jauh dari jangkauan manusia dan sangat suka hidup di pepohonan.Buaya India (Gharial).sedangkan jenis kura-kura dan Kepiting ada yang di lautan dan di sungai .Ulat bulu juga hidup di pepohonan makananya adalah dedaunan.Serangga adalah santapan kesukaanya.lutung dan Gorila hidupnya berada di atas pepohonan.ada 3 lebah yang sedang berterbangan di sekelilingnya) Tupai hidup di pepohonan.2.dan Kalajengking menyerang tikus lari mengejar Semut adalah jenis Serangga.Buaya Amerika (Aligator) dan 3. Ilustrasi Gambar: 14(Keluarga kera sedang bergelayutan di atas pohon) Orang Hutan.Aligator dan Crocodile jenis yang sangat buas sedangkan Gharial tidak menyerang manusia.Tupai pandai sekali melompat dari pohon ke pohon untuk bermain dan mencari makan. selama 10 hari Lebah selalu menolong memberi makan adik-adiknya.makanan yang di gemari Buah-buahan dedaunan mereka semua dari keluaraga berjenis Kera hampir mirip dengan Mnusia bedanya kalau Keluarga Kera tidak melaksanakan Sholat sedangkan Manusia mengerjakan Sholat.Lebah adalah Serangga yang selalu berkerja keras dalam hidupnya.

Udang.Kumpulan Ikan kecil sedang berenang di dasar laut bersama tumbuhan dasar Laut) Hampir semua jenis Ikan bernapas dengan insang tapi ada ada juga yang bernapas dengan Paruparu misalnya Ikan Paus.Bintang.Kerang.Serangga Yang Indah Ilustrasi Gambar : 16 (3 Kupu-kupu yang satu sedang berada di atas bunga yang dua berterbangan di sekitarnya.) Kupu-kupu diberi sayap yang indah oleh Alloh Swt.Kuda Laut.Piranha sedang begerombol dengan tampang yang sadis) Ikan Paus Pembunuh suka memburu Pinguin untuk di jadikan santapanya.Lumba-Lumba.Ikan Buntel.ada juga jenis Ikan air tawaryang buas dan ganas di dunia dan hidup di perairan Sungai Amazon namanya Ikan Firanha.jumlahnya banyak sekali sampai 140.sedangkan Ikan Hiu suka menyerang Manusia sebagai santapanya.Ikan tidur di sembarang tempat yang penting nyaman dan cocok untuk istirahat.Kura-Kura. Ilustrasi Gambar :21(Gurita sedang melilit Kapal Laut dan Cumi-cumi sedang menyerang lawan dengan menembakan Tinta) .Hiu sedang menyerang penyelam.Gurita.000 jenis.Kupu-kupu selalu menghisap sari pati bunga Serangga Kecil tapi berbahaya Ilustrasi Gambar : 17 ( Lalat sedang berterbangan di atas makanan sedangkan nyamuk dengan tampang geram memegang tombak ingin menggigit si kecil tidur) Lalat jenis Serangga yang berbahaya.Ikan juga tidur sebagaimana Manusia. Binatang Yang Hidup Di Air Ilustrasi Gambar : 18 dan 19 (Cumi-cumu.Firanha sering menyerang binatang atau Manusia untuk di jadikan santapanya.Kepiting. Ilustrasi Gambar : 20 (Paus pembunuh sedang memegang pisau dan garpu mengejarPinguinyang keluar dari dalam air untuk menghindar.karena Lalat dapat membawa Bakteri penyakit jika hinggap pada makanan yang terbuka saedangkan nyamuk menyebarkan penyakit pada tubuh manusia seperti demam berdarah.

........................................................................................... Sebutkan 3 Hewan yang tidak berbulu? a.. Ilustrasi Gambar:25(Wajah Bu guru menhada ke pembaca) 1......................Masih banyak lagi Hewan-hewan ciptaan Alloh Swt yang belum tercantum dalam buku ini coba Adik-adik tuliskan jenis Hewan yang tidak ada dalam buku ini........ 2............... b.....................Hampir semua Burung Juga dapat mengeluarkan suara yang indah seperti Burung Kutilang dan yang Lainya....................................................Beo.................................................................... Sebutkan 3 Hewan yang berbulu? a..............pungsinya untuk menyerang lawan................ Hewan yang bisa Terbang Ilustrasi Gambar : 22(Elang sedang berada di sarangnya bersama anak-anaknya dan burung yang lain sedang bertengger di dahan dan ada yang berterbangan) Elang adalah jenis burung yang berbahaya ia suka tinggal dan membuat sarang di tebing gunung yan tinggi................semoga Adik-adik terus belajar hingga dapat mencarinya sampai mengenal semua jenis Binatang yang Alloh ciptakan...... Belajar Mengenal Hewan Ilustrasi Gambar : 24(Bu Guru sedang menjelaskan kepada murid-murid yang sedang santai sambil belajar) Nah Adik-adik yang baik ................ ........................Gurita....................................................Cumu-cumi dan Kelinci Laut dapat mengeluarkan Tinta dari tubuhnya...........................Burung ada yang bisa menirukan suara manusia seperti burung Kakak Tua............ c...............................................................................

..................... c.......................... 3............................................................................................................... .......................................................................................................................................................................................................................................................................... b....................................................................................................................... Sebutkan 3 Hewan yang ada dalam Al Qu’an? a................................... c.....................................................b...............................

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful