P. 1
PENDAHULUAN KEWARGANEGARAAN

PENDAHULUAN KEWARGANEGARAAN

|Views: 35|Likes:

More info:

Published by: Abdurrachman Ali Shaleh Bana'mah on Nov 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/11/2010

pdf

text

original

PENDAHULUAN

‡ Pengertian Pendidikan Kewargaan (civic education) Secara substantif tdk hanya untuk mendidik menjadi warga negara yg cerdas dan sadar akan hak dan kewajibannya dlm konteks keh.bermasy dan bernegara tapi juga membangun kesiapan warga negara menjadi warga dunia

Selain itu pendidikan kewarganegaraan merupakan pendidikan demokrasi yang bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat berpikir kritis dan bertindak demokratis. Demokrasi merupakan suatu learning process yg tidak dapat begitu saja meniru dari masyarakat lain.

yg paling menjamin hak-hak warga masy. ± Mendidik generasi muda menjadi warga negara yang demokratis dan partisipatif melalui suatu pendidikan yang dialogial. masy. melalui aktivitas menanamkan kesadaran bahwa demokrasi adlh bentuk keh. .‡ Tujuan Kuliah Pendidikan Kewargaan (civic education) ± Mempersiapkan warga masy berpikir kritis dan bertindak demokratis.

Proses pemilu yang sangat demokratis. hal ini ditandai dengan beberapa hal a. yakni proses transisi dari otoriter menjadi demokratis. Lahirnya kepemimpinan politik nasional yang dipilih melalui jalan demokrasi yakni pemilu b. .Urgensi pendidikan kewargaan (Civic Education) dalam membangun demokrasi berkeadaban Runtuhnya rezim orba merupakan babak baru dalam bernegara.

IDENTITAS NASIONAL NEGARA KEWARGANEGARAAN Pokok Bahasan KONSTITUSI DEMOKRASI .

OTONOMI DAERAH GOOD GOVERNANCE (Tata Pemerintahan yang Baik) Pokok Bahasan HAK ASASI MANUSIA MASYARAKAT MADANI .

tanda-tanda atau jati diti yang melekat pada seseorang atau sesuatu yg membedakannya dengan dg yg lain Sifat khas yang menerangkan dan sesuai dengan kesadaran diri pribadi sendiri. agama dan bahasa maupun non fisik seperti keinginan. golongan sendiri. dan tujuan. Dlm term antropologi Identitas Nasional Nasional Identitas yang melekat pada kelompok-kelompok yang lebih besar yang diikat oleh kesamaan-kesamaan. atau negara sendiri. cita-cita. . komunitas sendiri. kelompok sendiri.Scr harfiah Identity Ciri-ciri. baik fisik seperti budaya.

agama. dan budaya. etnis. dan pemerintahan yang permanen yang disebut negara. bahasa. Para penganut nasionalisme secara khas menggunakan retorika anti kolonialisme dan anti imperialisme para pengikut nasionalisme berkeyakinan bahwa persamaan cita-cita yang mereka miliki dapat diwujudkan dalam sebuah identitas politik atau kepentingan bersama dalam bentuk sebuah wadah yang disebut bangsa (nation).Nasionalisme Sebuah situasi kejiwaan di mana kesetiaan seseorang total diabdikan langsung kepada negara bangsa atas nama sebuah bangsa. Dengan demikian bangsa atau nation merupakan suatu badan atau wadah yang di dalamnya terhimpun orangorang yang memiliki persamaan keyakinan dan persamaan lain lain seperti ras. Munculnya nasionalisme terbukti sangat efektif sebagai alat perjuangan bangsa Indonesia. Tujuan bersama ini direalisasikan dlm bentuk sebuah entitas organisasi politik yang dibangun berdasarkan geopolitik yang terdiri dari atas populasi. geografis . . Unsur persamaan tsb dpt dijadikan sebagai identitas politik bersama atau untuk menentukan tujuan bersama.

Menurutnya nasionalisme yang dikembangkannya bersifat toleran. atau berwatak chauvinisme. .NASIONALISME INDONESIA Soekarno Nasionalisme yang disuarakannya bukanlah nasionalisme yang berwatak sempit. tiruan dari Barat. bercorak ketimuran. dan tidak agresif sebagaimana nasionalisme yang dikembangkan di Eropa.

karenanya perlu diciptakan tradisi saling menghormati agama-agama yg ada agar tdk terjadi disintegrasi Agama Kebudayaan Seperti banyaknya suku bangsa. dg bbrapa agama yg tumbuh & berkembang di nusantara. yg sama coraknya dg golongan umur & jenis kelamin. Di Indonesia trdpt bnyk suku bangsa/klmpk etnis dg tdk kurang dari 300 dialek bhs Indonesia diknl sbg masyarakat agamis.Unsur-unsur Pembentuk Identitas Nasional Suku Bangsa Golongan sosial yg khusus yg bersifat askriptif (ada sjk lahir). demikian dg juga dg kebudayaan Bahasa Dipahami sbg sistem perlambang yang secara arbiter dibentuk atas unsur-unsur bunyi ucapan manusia dan yang digunakan sbg sarana berinteraksi antar manusia. .

.

Negara ‡ Dari State (inggris) . etat (prancis) kata statum sesuatu yg memiliki sifat yg tegak dan tetap ‡ Scr terminologi organisasi tertinggi di antara satu klmpk masy yg memp cita-cita untk bersatu. hidup di dlm daerah tertentu dan memp pemerintahan yg berdaulat. . staat (bld & jrman).

Pemerintah ‡ ‡ ‡ .Tujuan negara Memperluas kekuasaan semata Meyelenggarakan ketertiban umum Mencapai kesejahteraan umum Unsur2 Negara 1. Rakyat 2. Wilayah 3.

Teori terbentuknya negara ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Teori kontrak sosial Teori ketuhanan Teori kekuatan Teori organis Teori historis .

Rousseau . JJ. John Locke.Teori kontrak sosial ‡ Negara dibentuk berdasarkan perjanjian masy ‡ Tokohnya Thomas Hobbes.

Teori ketuhanan ‡ Negara dibentuk oleh Tuhan dan pemimpin2 negara ditunjuk oleh Tuhan. ‡ Tokohnya Thomas Aquinas . Raja dan pemimpin2 negara hanya bertanggung jawab kpd Tuhan dan tdk kpd siapa pun.

.Teori kekuatan ‡ Negara yg pertama adlh hasil dominasi dari kelompok yg kuat thd kelompok yg lemah. Negara terbentuk dg penaklukan dan penundukan kelompok yg kuat thd kelompok yg lemah.

Schelling dan Hegel . Kehidupan korporal dari negara dpt disamakan sbg tulang belulang manusia.Teori organis ‡ Negara dianggap atau disamakan dg makhluk hidup. UU sbg urat syaraf. raja (kaisar) sbg kepala dan para individu sbg daging makhluk hidup itu. Individu yg merupakan komponen negara dianggap sbg sel-sel dari makhluk hidup itu. ‡ Tokohnya Fichte.

Teori historis ‡ Lembaga-lembaga sosial tdk dibuat. . tetapi tumbuh secara evolusioner sesuai kebutuhan2 manusia.

negara kesatuan sistem desentralisasi daerah diberi kewenangan untk mengurus kekuasaannya sendiri (otonomi) . negara kesatuan sistem sentralisasi segalanya terpusat b.Bentuk negara ‡ Negara kesatuan bentuk negara yg merdeka dan berdaulat dg satu pemerintah pusat yg berkuasa dan mengatur seluruh daerah a.

berdaulat dan berdiri sendiri. negara bagian melepaskan sebagian kekuasannya dan menyerahkannya kpd negara serikat . ‡ Setelah menggabungkan diri dg negara serikat.Negara serikat (federasi) ‡ Merupakan bentuk negara gabungan dari beberapa negara bagian. Negara-negara bagian itu pada awalnya merupakan negara yg merdeka.

‡ Kekuasaa asli dlm negara federasi merupakan tugas negara bagian ‡ Negara federasi hanya menjalankan hub luar negeri.‡ Penyerahan tsb disebut limitatif (sebuah demi sebuah) ‡ Hanya kekuasaan yg disebut oleh negara bagian saja yg menjadi kekuasaan negara serikat. pertahanan negara. keuangan .

‡ Negara oligarki negara yg dipimpin oleh beberapa orang ‡ Negara demokrasi negara yg kekuasaan tertinggi ada pada rakyat .Bentuk negara dilihat dari jumlah orang yg memerintah ‡ Negara monarki negara yg hanya dikuasai dan diperintah (berhak memerintah) oleh satu orang saja.

Negara dan agama ‡ Menurut paham teokrasi ± Negara menyatu dg agama. bangsa dan negara dilakukan atas titah Tuhan ‡ Menurut pahan sekularisme ± norma hukum ditentukan atas dasar kesepakatan manusia & tdk berdasarkan agama atau firman Tuhan. karena pemerintahan dijalankan berdasarkan firman2 Tuhan. meskipun mungkin norma-norma tsb bertentangan dg norma agama. segala tata kehidupan dlm masy. .

dan agama merupakan keluhan makhluk tertindas. ± Nilai yg tertinggi dlm negara adalh materi.‡ Menurut paham komunisme ± Kehidupan manusia adlh dunia manusia itu sendiri yg kemudian menghasilkan masy negara. ± Agama dipandang sbg realisasi fantastis makhluk manusia. . karena manusia pd hakekatnta adlh materi.

Terima Kasih .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->