Penjelasan Singkat mengenai Global Warming dan Efek Rumah Kaca 1.

Bumi kita menerima banyak sekali energi, yang disebut radiasi dan berasal dari matahari.

2. Energi ini adalah radiasi elektromagnetik dalam spectrum yang tampak dengan jumlah IR dan radiasi sinar UV dengan jumlah yang kecil.

3. Tenaga surya yang datang mempunyai panjang gelombang yang sangat pendek, kemudian melewati gas atmosfir berefek menuju permukaan bumi.

4. Permukaan bumi menyerap energi surya tersebut, dan melepaskannya kembali ke atmosfer sebagai radiasi Infra Merah (panas). Sebagian yang lain kembali lagi ke luar angkasa.

5. Beberapa radiasi IR yang dipancarkan oleh bumi diserap oleh gas di atmosfer yang kemudian dipancarkan kembali energi tersebut ke permukaan bumi sebagai panas.

6. 3 gas utama di atmosfir kita yang berkontribusi untuk efek rumah kaca adalah karbon dioksida (CO2), metana (CH4) dan air (H2O)

7. Gas-gas tersebut menyerap radiasi infra merah yang dipancarkan oleh bumi dan meradiasi kembali energi itu sebagai panas kembali ke bumi, menyebabkan kondisi hangat yang dikenal dengan nama efek rumah kaca.

8. Dengan semakin meningkatnya emisi karbon dioksida dari manusia, efek rumah kaca menjadi semakin berlebihan.

9. Proses ini semua yang telah menyebabkan proses pemanasan global yang berbahaya dan mengancam lingkungan kita saat ini dengan pelelehan es di kutub dan meningkatkan permukaan air laut di seluruh dunia.

....Thanxx..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful