P. 1
Tabel Perbedaan Vektor Dan Bitmap

Tabel Perbedaan Vektor Dan Bitmap

|Views: 1,635|Likes:
Published by dianyoucee

More info:

Published by: dianyoucee on Nov 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/23/2012

pdf

text

original

Tabel Perbedaan vektor dan Bitmap Vektor Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis

Sifatnya resolution independent Pengaruh perbesaran tidak pecah, blur atau rusak Ukuran penympanan relatif kecil Digunakan untuk ilustrasi dengan bentuk geometris sederhana, warna solid atau gradasi tanpa terlalu banyak variasi warna. Cocok untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan bentuk. Format yang digunakan pada gambar vektor antara lain : • Ai(Adobe Ilustrator) • CDR (Corel Draw) • CMX (Corel Exchange) • CGM Computer Graphics Metafile • DRW (Micrografx Draw) • DXF AutoCAD • WMF Window Metafile. Bitmap Disusun oleh objek yang disebut pixel Sifatnya resolution dependent atau dipengaruhi resolusi Pengaruh perbesaran pecah, blur dan rusak jika melewati batas toleransi tampilan Ukuran penympanan relatif besar Digunakan untuk gambar kompleks, berupa ragam warna dan bentuk yang beraneka, seperti foto dari hasil bidikan kamera. Format yang digunakan pada gambar bitmap antara lain : • BMP • GIF • JPEG/JPG • PNG • PICT (macintosh) • PCX • TIFF • PSD (Adobe Photoshop)

Program yang digunakan adalah CorelDraw, Adobe Software yang digunakan adalah Adobe Photoshop, Illustrator, Macromedia Freehand Corel Photopaint, MS Paint

Nama Kelas

: Rizky ahmad nor : XII IA 2

Contoh software yang termasuk bitmap : • Corel Photopaint Corel Photopaint ini mudah digunakan karena beberapa aplikasi pengolahan bitmap mendukung untuk dilakukan kompilasi pada aplikasi berbasis vektor pada coreldraw.0. Selain itu juga Photoshop dapat merubah foto seseorang menjadi sebuah gambar kartun. Paint adalah image editor yang sangat sederhana namun powerful dan hemat resource. . beberapa diantaranya yaitu: menciptakan efek-efek tertentu dan bisa menggunakan banyak variasi dari fasilitas yang disediakan oleh . dan juga dengan berkembangnya versi • Microsoft Paint Microsoft Paint (atau Paint saja) merupakan salah satu image editor yang sudah cukup tua di dunia digital. Kelebihan Adobe Photoshop Adobe Photoshop mempunyai banyak fasilitas yang memungkinkan seorang DesainerAdobe Photoshop. Paint sudah ada sejak zaman Windows 1. Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas. Dengan Photoshop kita dapat merubah gambar kita jelek menjadi bagus ataupun sebaliknya. hal ini bisa anda coba ketika digunakan untuk memotong gambar yang mana pada garis tepi potongan akan tampak kasar. dan langsung jatuh cinta). dan authoring buatan Adobe lainnya. dan hingga versi 6 (Windows Vista). hanya bisa digunakan untuk menciptakan Image yang statis. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh Fotografer Digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar. untuk keperluan tersebut.0 (pertama kali saya menggunakan Paint. tidak tampak banyak perubahan pada Paint. sempat berubah nama menjadi Paintbrush di Windows 3. Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan. animasi. Adobe ImageReady.Mengedit foto dan gambar yang sudah ada. Pada aplikasi ini memiliki kekurangan untuk pengolahan bitmap dimana gambar akan menghasilkan resolusi yang rendah dengan kapasitas file yang besar. Kelemahan Adobe Photoshop Kelemahan Adobe Photoshop dalam menciptakan Image adalah bahwa Adobe PhotoshopPhotoshop sekarang ini spesifikasi Komputer untuk menjalankan program Adobe Photoshop juga harus sudah tinggi dan yang pasti akan diimbangi oleh harga yang tinggi pula. Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Untuk memudahkan pengguna pada menu bar atas coreldraw telah disediakan application launcher semacam tombol cepat untuk mengakses aplikasi photo paint dengan cepat. walaupun demikian photo paint layak digunakan untuk mengolah gambar pendukung pada aplikasi coreldraw berbasis vektor. Adobe Photoshop Adobe Photoshop adalah software yang dibuat oleh perusahaan Adobe System. yang di khususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan effect. Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media. Atau dalam Design Grafis disebut vector and vexel.

Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout) Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur.Quark Xpress 2.Adobe PageMaker . Pemaketan dan sejenisnya. bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya. baik berupa garis lurus maupun lengkung. 2. Macromedia Fireworks : software ini sangat mirip dengan Adobe Photoshop. namun tool ini berbasis vektor.Corel Ventura . tulisan.Adobe Illustrator . poster.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan. DVD. booklet.Contoh software berbentuk vector : 1. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis. Sebagai tambahan. booklet. pamflet. perfilman. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah: . majalah. 3. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. dan arsitek taman. desain arsitek. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Software ini mengijinkan semua elemen dapat diedit kembali dan dapat berintegrasi dengan Macromedia Dreamweaver. foto. dan lain yang sejenis. 5.Microsoft Publisher .CorelDraw . leaflet. dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. flyer.Micrografx Designer . Kategori Desain Grafis Secara garis besar. CD multimedia untuk promosi. Film termasuk CD. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). periklanan. 1. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah: . poster. desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori: 1. 2. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku. EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis. dan lain-lain. Program Pengolah Grafis Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untuk mengolah pun berbedabeda. oleh karena seluruh produk Macromedia diakuisisi oleh Adobe maka namanya berubah menjadi Adobe Macromedia Fireworks. menciptakan.Beneba Canvas .Metacreations Expression . Web Desain: desain untuk halaman web. pamflet. Definisi Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih. atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi. Desain Produk. 4. packaging. 3. desain industri. Adobe Illustrator : software ini digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor dan dapat digunakan untuk membuat ilustrasi. Identifikasi (Logo). dan publikasi lain yang sejenis.Macromedia Freehand .Adobe In Design . Macromedia Flash : software ini dapat digunakan untuk membuat animasi dan berbasis vektor untuk website.Adobe FrameMaker .

program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis.Element Premier . profil perusahaan. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis.Hyper Studio .Metacreations Painter .QFX .3. Umumnya.Wright Image 4.Macromedia Authorware . dll) juga dapat diolah menggunakan program ini.Adobe After Effect . Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah: . ombak. Yang termasuk dalam kategori ini adalah: . desingan peluru.Power Director . Pemberian judul teks (seperti karaoke. teks terjemahan.Microsoft Photo Editor . Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie.Easy Media Creator . dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini.Metacreations Live Picture .Macromedia Xres . foto. Aplikasi Pengolah Film/Video Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format.Show Biz DVD .Nero Ultra Edition 5. misalnya. animasi. akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah: . setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan.Macromedia Flash . dan suara yang dirancang sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik.Ulead Video Studio .Adobe Photoshop .WinDVD Creater .Ovation Studio Pro . gambar. Meskipun begitu. Aplikasi Pengolah Multimedia Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching).Macromedia Director . teks. maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD.Pinnacle Studio Plus . Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu.Corel Photo Paint .Ezedia .Micrografx Picture Publisher .Multimedia Builder .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->