BAHASA INDONESIA

EDY PRIHANTORO, SS., MMSI FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS GUNADARMA

Bahasa haruslah merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. simbol. yaitu vokal yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan arti atau makna bunyi dengan sesuatu yang diwakilinya. . Aspek Bahasa Bahasa merupakan sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer (manasuka). Bahasa memberikan kemungkinan yang jauh lebih luas dan kompleks daripada yang dapat diperoleh dengan menggunakan media tadi. Bahasa mencakup dua bidang. dan lain sebagainya. Mungkin ada yang mengatakan bahwa ada alat komunikasi lain selain bahasa. misalnya penggunaan alat.BAB I. namun hal ini banyak sekali kelemahannya. yang dapat diperkuat dengan gerak-gerik badaniah yang nyata. FUNGSI BAHASA Pengertian Bahasa Bahasa menurut Gorys Keraf (1997 : 1) merupakan alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

sehingga tidak dirasa perlu untuk mendalami dan mempelajari Bahasa Indonesia. yaitu sebagai alat untuk mengekspresikan diri. alat untuk berkomunikasi. Begitu dekatnya kita dengan bahasa. . Pada dasarnya bahasa memiliki fungsi tertentu yang digunakan berdasarkan kebutuhan seseorang. alat untuk mengadakan integrasi. dan beradaptasi sosial dalam lingkungan atau situasi tertentu. baik bahasa lisan maupun bahasa tulis. salah satu alatyang paling sering digunakan adalah bahasa. Kita akan kesulitan pada saat akan menggunakan bahasa tulis atau bahasa yang lebih standar dan teratur.Fungsi Bahasa Menurut Felicia (2001:1) dalam berkomunikasi sehari-hari. dan sebagai alat untuk melakukan kontrol sosial (Keraf. 1997 :3). . Komunikasi lisan atau non standar yang sangat praktis menyebabkan kita tidak teliti berbahasa. terutama Bahasa Indonesia.

Contoh : Seorang anak menggunakan bahasa untuk mengekspresikan kehendaknya atau perasaannya pada sasaran yang tepat. Bahasa sebagai Alat Ekspresi Diri Bahasa merupakan sarana atau alat yang digunakan seseorang untuk mengekspresikan keinginan atau kehendaknya. Suatu hasil pemikiran dan renungan seseorang akan disampaikan atau ditujukkan ke orang lain dengan menggunakan bahasa. Hal ini menjadi tantangan terhadap perkembangan dan pertumbuhan Bahasa Indonesia.PerkembanganTeknologi Informasi dan Komunikasi membuat dunia seakan tanpa batas. . Konsep-konsep dan istilah baru secara tidak langsung memperkaya khasanah Bahasa Indonesia. yaitu kepada ayah dan bundanya.

(Gorys Keraf. 1997 : 4). Bahasa sebagai Alat Integrasi dan Adaptasi Sosial Bahasa disamping sebagai salah satu unsur kebudayaan. melahirkan perasaan kita dan memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan sesama . Sehingga kita sering mendengarkan istilah “ Bahasa Komunikatif”. Bahasa mengatur berbagai macam aktivitas kemasyarakatan.Bahasa sebagai Alat Komunikasi Bahasa sebagai alat komunikasi merupakan saluran perumusan maksud kita. Misalnya : Kata Makro hanya dapat dipahami oleh golongan masyarakat tertentu Besar atau luas mudah dipahami oleh semua lapisan masyarakat. . merencanakan dan mengarahkan masa depan kita. Pada saat kita menggunakan bahasa untuk berkomunikasi. antara lain kita juga mempertimbangkan apakah bahasa yang kita gunakan laku untuk dijual. memungkinkan pula manusia memanfaatkan pengalaman-pengalaman mereka untuk mempelajari dan mengambilnya untuk kemudian dipergunakan berinteraksi dengan orang/bangsa lain.

Sebagai alat adaptasi. Bahasa yang Benar Bahasa yang benar berkaitan dengan aspek kaidah. Hal ini harus disesuaikan dengan unsur umur. status sosial. pilihan kata. Bahas Indonesia Yang Baik dan Benar Bahasa Yang Baik Penggunaan bahasa yang baik (sesuai aspek komunikatif) adalah sesuai dengan sasaran kepada siapa bahasa tersebut di sampaikan. agama. tanda baca. dan ejaan). maka kita harus menggunakan bahasa yang tepat dalam beradaptasi dengan lingkungan yang kita hadapi. . Sebagai kontrol sosial bahasa diterapkan sebagai alat penerangan. maupun pendidikan. dan sudut pandang khalayak sasaran kita. yaitu peraturan bahasa (tata bahasa. lingkungan sosial. Bahasa sebagai Kontrol Sosial Sebagai kontrol sosial bahasa sangat efektif. informasi.

Jelaskan dengan contoh “ menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar “! 2. Berikanlah contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi ! .Tugas Kerjakan Tugas dibawah ini dengan tepat dan upload-lah ke Student Portofolio Tugas anda masing-masing! 1.

Menurut Felicia (2001 : 8) ragam bahasa dibagi berdasarkan : 1. Sedangkan ragam bahasa tulisan memanfaatkan tulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya. yaitu ragam bahasa lisan dan ragam bahasa tulis. Media Pengantarnya atau sarananya a. Ragam bahasa lisan adalah bahasa yang dihasilkan melalui alat ucap (organ of speech) dengan fonem sebagai unsur dasar. Ragam tulisan . yang berbeda menurut topik yang dibicarakan.RAGAM DAN LARAS BAHASA • Ragam dan Laras Bahasa Ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian. Ditinjau dari media atau sarana yang digunakan untuk menghasilkan bahasa. Ragam lisan b.

Berdasarkan situasi dan pemakaian Ragam bahasa baku lisan didukung oleh situasi pemakaian sehingga kemungkinan besar terjadi pelesapan (penghilangan) kalimat.2. Namun hal ini tidak mengurangi ciri kebakuannya. Walaupun demikian ketepatan dalam pilihan kata dan bentuk kata serta kelengkapan unsur-unsur di dalam struktur kalimat mempengaruhi dalam memahami makna gagasan. Contoh : perbedaan ragam bahasa lisan dan ragam bahasa tulis berdasarkan tata bahasa dan kosa kata adalah sebagai berikut : Tata Bahasa Ragam Bahasa Lisan : Mereka Tinggal di Bekasi Ragam Bahasa Tulis : Mereka bertempat tinggal di Bekasi Kosa Kata Ragam Lisan : Arini bilang kalau kita harus belajar Ragam Tulisan : Arini mengatakan bahwa kita harus belajar .

dan pengertian yang digunakan. 3. Harus singkat. Penyampaian karya ilmiah bukan hanya mengekspresikan pikiran saja tetapi menyampaikan hasil penelitian. tidak remang nalar atau mendua makna 2. semi standar. atau non standar. peristiwa. sifat. Harus secara tepat mendefinisikan setiap istilah.• Laras Ilmiah Laras bahasa adalah kesesuaian antara bahasa dan pemakaiannya. gejala dan pendapat. Setiap laras dapat disampaikan secara lisan atau tulis dan dalam bentuk standar. Harus tepat dan tunggal makna. fakta. agar tidak menimbulkan kerancauan atau keraguan. Laras ilmiah menggunakan ragam standar. Sebuah karya tulis ilmiah merupakan hasil rangkaian gagasan yang merupakan hasil pemikiran. Setiap laras memiliki ciri dan gaya sendiri. Karya ilmiah memiliki tiga ciri : 1. . berlandaskan ekonomi bahasa.

dan non ilmiah.Tugas Kerjakan Tugas dibawah ini dengan tepat dan upload-lah ke Student Portofolio Tugas anda masing-masing! Carilah wacana yang membedakan pemanfaatan bahasa Indonesia pada tataran ilmiah. Uploadlah dalam tiga judul yang berbeda ! . semi ilmiah.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.