MAKALAH

SIKAP POSITIF TERHADAP PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA

Di Susun Oleh Kelompok 2 XII TI2

Nama Kelompok - Azizah Mutiara - Aulia R - Arief K - Cecep Hamdan - Bagus P - Chamarul I G

SMK BINA WARGA 1 KOTA BOGOR

Semester 1

29 Oktober 2010 Penyusun SMK BINA WARGA 1 KOTA BOGOR Page 2 XII TI 2 . Bogor. Kepada Semua yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan makalah ini kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya sehingga makalah ini dapat di selesaikan dengan baik.kami memberanikan diri untuk menyusun makalah ini di mana di dalamnya menyajikan penjelasan-penjelasan mengenai Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka.>KATA PENGANTAR< Puji syukur kami panjatkan pada tuhan yang maha esa sehingga penyusunan makalah PKn yang berjudul Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka dapat terwujud.Berdasarkan keadaan tersebut . Penyusunan makalah ini merupakan tugas PKn SMK kelas XII.

14 Daftar Pustaka««. 4 Kesimpulan«««««««««««««««.. 1 Kata Pengantar«««««««««««««««.«« 2 Daftar Isi««««««««««««««««««««.DAFTAR ISI Cover «««««««««««««««««««««...««««««««««««««« 15 SMK BINA WARGA 1 KOTA BOGOR Page 3 XII TI 2 ... 3 Isi«««««««««««««««««««««««..«««.

ISI SIKAP POSITIF TERHADAP PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA Sikap positif warga Negara terhadap nilai-nilai Pancasila terlihat dalam sejarah perjuangan bangsa dan Negara Republik Indonesia. Pancasila hanya akan berkembang kalau segenap komponen masyarakat bersedia bersikap proaktif. dan dasar Negara Kesatuan RI benar-benar sesuai dengan kepribadian bangsa dan jiwa bangsa Indonesia serta merupakan sarana untuk mengatasi dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh bangsa dan Negara Indonesia. pandangan hidup bangsa. Kedua. karena terbuka untuk ditafsirkan oleh siapa saja. Pertama. terus-menerus melakukan reinterpretasi (penafsiran ulang) terhadap Pancasila dalam suasana dialog kritis ±konstruktif. Sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 telah terbukti bahwa Pancasila yang merupakan ideologi. SMK BINA WARGA 1 KOTA BOGOR Page 4 XII TI 2 . Pancasila akan makin kehilangan relevansinya. Atau. Bila masyarakat bersikap pasif. karena penafsirannya didominasi oleh penguasa atau kelompok masyarakat tertentu. bias terjadi Pancasila sematamata ditafsirkan sesuai dengan kepentingan si penafsir. bias pula Pancasila berubah menjadi ideology tertutup.

bernegara menggunakan berbagai jalur dan penciptaan suasana yang menunjang.Sikap positif itu terutama adalah kesediaan segenap komponen masyarakat untuk aktif mengungkapkan pemahamannya mengenai Pancasila. dan bernegara seharihari. Pendidikan Informal Pemerintah berusaha meningkatkan kualitas lembaga pendidikan yang diselenggarakan. berbangsa. baik oleh masyarakat maupun pemerintah untuk memantapkan system pendidikan yang efektif dan efisien dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan. dan seni. Sesuai dengan Undang-Undang No. SMK BINA WARGA 1 KOTA BOGOR Page 5 XII TI 2 . 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. kegiatan pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan secara mandiri. Jalur Pendidikan Pasal 6 ayat (1) menyatakan ³Setiap warga Negara yang berusia tujuh tahun sampai dengan lima belas tahun wajib mengikuti pendidikan dasar´. Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Sikap positif lain adalah kesediaan segenap komponen bangsa menjadikan nilai-nilai Pancasila makin tampak nyata dalam kehidupan bermasyarakat. Sikap positif yang paling dibutuhkan untuk menjadikan Pancasila sebagai ideologi terbuka yang berwibawa adalah terus ± menerus secara konsisten berjuang memperkecil kesenjangan antara ideal-ideal Pancasila dengan kenyataan kehidupan berbangsa sehari-hari. a. yang PP No. berbangsa. 1. Setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan. 20 Tahun 2003. teknologi. perlu dimasyarakatkan dan dibudayakan dengan cara antara lain sebagai berikut.

ketoprak. Terciptanya suasana belajar yang didasari oleh nilai luhur Pancasila sangat diperlukan di sekolah. Pendidikan formal terdiri atas pendidikan dasar. menuju terciptanya manusia Indonesia berkualitas tinggi dengan peningkatan anggaran pendidikan secara berarti. dan perguruan tinggi. Pendidikan Formal Pemerintah harus mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu tinggi bagi seluruh rakyat Indonesia. ludruk. dan pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. radio. b. Penampilan media massa diarahkan untuk membawa misi permasyarakatan dan pancasila sebagai dasar Negara dan nilai-nilai demokrasi. seperti aneka macam kesenian rakyat. baik media modern seperti pers. dan dolanan anak-anak. 2. Pendidikan Nonformal Undang-Undang No. penambah.Keluarga merupakan tempat pendidikan yang utama dan pertama bagi semua anak. SMK BINA WARGA 1 KOTA BOGOR Page 6 XII TI 2 . wayang. pendidikan menengah. Di sekolah terjalin hubungan yang harmonis dan penuh rasa kekeluargaan antara guru. Jalur Media Massa Media massa dapat dijadikan wahana bagi pendidikan Pancasila yang demokrasi. televise. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. bahwa pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan serta berfungsi sebagai pengganti. karyawan dan siswa. dan internet maupun media tradisional. c. Keluarga harus menjadi wadah pembentukan insane Pancasila dan sekaligus menjadi pangkal pembentukan masyarakat Pancasila.

A. Sila ketuahanan yang maha esa Nilai-nilai sila ketuhanan yang maha esa meliputi dan menjiwain sila yang lainnya . Memperjuangkan keadilan dan kebenaran. peranan pers nasional adalah a. 1. Mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat. niali yang terkandung dalam sila ketuhanan yang maha esa .Menurut Undang-Undang No. koreksi. Perilaku Yang Sesuai Nilai-nilai Pancasila Pancasila Sebagai pandangan hidup bangsa di harapkan dapat di wujudkan dalam kehidupan seari-hari di berbagai bidang kehidupan serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Percaya dan takwa kepada tuhan yang maha esa 2. Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui b.keserasian. serta menghormati kebhinekaan. Menegakkan nilai-nilai dasar demokratis. kritik.a dengan pemeluk agama lain SMK BINA WARGA 1 KOTA BOGOR Page 7 XII TI 2 . akurat. Melakukan pengawasan. c.serta keselarasan dalam kedudukannya sebagai insane panasila. di antaranya : 1. e. Pada dasarnya manusia mempunyai kemampuan serta mampu menjaga keseimbangan. Hormat menghormati dan bekerja sam. dan benar. dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum. Pancasila di harapkan menjadi pedoman dalam melaksanakan bidang kehidupan politik. d. mendorong terwujudnya supremasi hokum dan hak asasi manusia. 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Oleh karena itu .3. dalam kehidupan kenegaraan terutama dalam peratruran perundang-undangan . Mengakui persamaan derajat. terhadap sesama manusia maupun terhadap lingkungannya . Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing 4. agama. Sila persatuan Indonesia Dalam sila persatuan Indonesia terkandung niali bahwa Negara merupakan penjelmaanm sifat kodrat manusia monodualis .saling asih . ras. di antaranya : 1. Tidak memaksakan salah satu agama kepada orang lain B. Negara merupakan suatu persekutuan hidup bersama di antara elemenelemen yang membentuk Negara . di antaranya : 1. Suka member bantuan kepada korban bencana alam C. 2. 4. 3. 5. antar golongan Mengembangkan sikap saling asah. Wujud pengamalan sila kemanusiaan yang adil dan beradab. Negara harus mewujudkan tercapainya tujuan ketinggian harkat dan martabat manusia. Mengembangkan sikap saling menghargai antar suku. 4. 2. Wujud pengalaman sila persatuan Indonesia . 3.terutama hak-hak kodrat manusia sebagai hak dasar yang harus di jamin di dalam perundang-undangan Negara . harkat. dan saling asuh Tidak membedakan warna kulit dan suku serta etnik Membina persatuan dan kesatuan demi terwujudnya kemajuan bangsa dan Negara SMK BINA WARGA 1 KOTA BOGOR Page 8 XII TI 2 . dan martabat manusia Saling mencintai sesama manusia Mengembangkan sikap tenggang rasa Tidak semena-mena terhadap orang lainsuka member i bantuan kepada korban bencana alam. kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung nilai suatu kesadaran sikap moral dan tingkah laku manusia . Sila kemanusian yang adil dan beradab Dalam sila kemanusiaan yang beradil dan beradab terkandung nilai-nilai bahwa Negara harus menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai mahluk yang beradab .

D. Wujud pengalaman sila kerakyatan yang di pinpin oleh hikmat dalm permusyawaratan atau perwakilan . Memajukan perbuatan yang luhur Bersikap adil terhadap sesame manusia Menjungjung tinggi nilai kebenaran dan keadilan Berani bertanggung jawab atas semua perilaku yang telah di lakukan Membiasakan hidup sederhana. serta hubungan manusia dengan tuhannya . 2. Negara adalah dari . Sila kerakyatan yang di pinpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan Nilai filosofis yang terkandung di dalam sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan adalah hakikat Negara sebagai penjelmaan sifat kodrat manusia sebagai mahluk individu dan mahluk social. Sila keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia Dalam sila keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia terkandung nilai-nilai yang merupakan tujuan Negara sebagai tujuan hidup bersama . Mau menerima hasil keputusan demi kepentingan bersama E. Oleh karena itu rakyat merupakan asal mula dari kekuasaan Negara sehingga dalam sila kerakyatan terkandung nilai demokrasi yang secara mutlak harus di lakukan dalam kehidupan Negara . 3. diantara nya : 1. Hakikat rakyat adalah sekelompok manusia sebagai mahluk tuhan yang maha esa yang bersatu . bangsa dan negaranya. manusia dengan masyarakat . serta hemat guna menciptakan keseimbangan hidup SMK BINA WARGA 1 KOTA BOGOR Page 9 XII TI 2 . Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain 3. diantaranya : 1. Mengembangkan sikap demokratis 4. manusia dengan manusia lain . dan untuk rakyat . Menghargai perbedaan pendapat 2. oleh . yang bertujuan mewujudkan harkat dan martabat manusia dalam satu wilayah Indonesia . Nilai-nilai yang terkandung dalam sila keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia . 4. 5. yaitu keadilan dalam kehidupan manusia dengan dirinya sendiri . keadilan kemanusiaan . Rakyat merupakan subjek pendukung Negara .

Menjaga kenyamanan serta kebersihan lingkungan e. Menjunjung tinggi nilai-nilai luhur kelurga dengan penuh ketulusan sehingga terbina suasana keluarga yang sakinah mawadah dan warohmah 2. baik moral maupun material g. Membantu korban bencana alam h. Adanya harmonisasi antara semua warga sekolah b. Menjaga nama baik lingkungan warga d. Sikap saling menghargai antara anggota keluarga b. Menjadi warga Negara yang taat beribadah SMK BINA WARGA 1 KOTA BOGOR Page 10 XII TI 2 . Menghindari perbuatan-perbuatan tercela f. Membantu teman yang sedang mengalami musibah. di antaranya : a. 1. Tidak menyakiti perasaan teman f.Dari penjelasan di atas dapat di uraikan contoh sikap atau perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila adalah sebagai berikut . Setiap anggota keluarga melaksanakan kewajibannya f. Senantiasa semua permasalahan di antara tetangga di selesaikan dengan baik c. Giat mengikuti system keamanan lingkungan i. Senantiasa membina kerukunan di antara tentangga b. Menjaga nama baik keluarga serta mengembangkan rasa kasih sayang antara anggota keluarga d. Musyawarah dan gotong royong dalam membangun sarana umum 4. Di lingkunagn masyarakat Contoh sikap di lingkungan sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila di antara nya : a.diantaranya : a. Berani mengemukakan pendapat jika merasa pendapatnya positif c. Di lingkungan sekolah Contoh sikap di lingkungan sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila di antaranya : a. Di lingkunagn bangsa dan Negara Contoh sikap di lingkungan bangsa dan Negara yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Menjunjung tinggi nasehat orang tua e. Menjunjung tinggi kesopanan dalam pergaulan antar teman sekolah 3. Menggalang kegiatan social j. Mematuhi tata tertib dan peraturan sekolah d. Menghormati bapak-ibu guru e. Melaksanakan pembagian tugas kerja dan di laksanakan dengan penuh tanggung jawab dan ikhlas c. Berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan di masyarakat g. Di lingkungan keluarga Contoh sikap di lingkungan keluarga dengan nilai-nilai pancasila .

b. Taat hokum dan bertanggung jawab c.maka akan semakin terbuka lebar adanya pengaruh asing untuk memasuki wilatyah Indonesia. Mengutamakan kepentingan bersama atau bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi dan golongan e. Penyusupan ideologi. pengalaman ini sangat penting .hal tersebut dapat dilakukan.antara lain dengan mengamalkan nilai-nilai pancasila dan mengamankan pancasila dalam kehidupan. komitmen yang kuat dan bersikap positif terhadap pancasila sebagai ideologi terbuka Dengan semakin berkembangnya tekhnologi dan system informasi. Pemaksaan kepentingan. Secara umum dapat di rumuskan bahwa pengalaman pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah apabila kita mempunyai sikap mental.pengaruh tersebut dapat berupa : a. Mengamalkan nilai-nilai pancasila Mengamalkan pancasila sebgai pandangan hidup bangsa (falsafah hiduyp bangsa) berarti melaakksanakan pancasila dalam kehidupan sehari-hari.baik kepentingan ekonomi maupun politik dari Negara maju c. karena dengan demikian di harapkan adanya tata kehidupan yang serasi (harmonis) antara kehidupan kenegaraan dan hidup bermasyarakat . Memiliki jiwa patriotism dan nasionalisme d.pola piker. a. menggunakan pancasila sebagai petunjuk hidup sehari-hari .baik dari asing maupun dari dalam negeri yang ingin kembali menerapkan ideologi yang pernah di terapkan oleh pendahulunya Melihat kondisi yang demikian maka sudah seharusnya pemerintah dan seluruh warga Negara Indonesia memiliki komitmen yang kuat dan bersikap positif terhadap pancasila sebagai ideologi terbuka. Penyebaran nilai-nilai budaya yang tidak jarang berttentangan dengan tradisi ketimuran b. dan tingkah laku (amal perbuatan ) SMK BINA WARGA 1 KOTA BOGOR Page 11 XII TI 2 . Memiliki wawasan kebangsaan dan nusantara.

komunisme. dan menegakan pancasila secara benar agar tidak dig anti dengan ideologi lain . Upaya preventif ini dapat di lakukan dengan cara. Membina keadan wawasan nusantara b.yaitu: 1.termasuk di dalamnya kewaspadaan yang setinggi-tingginya dan gterus menerus terhadap berbagai kemungkunan adanya upaya yang dapat menggantikan panmcasila.norma kesopanan dan adat ke biasaan. Melaksanakan system hankamrata d. d. Oleh karena itu. masalah pengamalan pancasila menjadi tanggung jawab kita bersama. Pengkhianatan. liberalisme. persaingan ideology Negara-negara telah menimbulkan peperanagan. Pendidikan kewarganegaraan e.Jadi . ekstrim kiri dan kanan.yang dijiwai oleh sila-sila pancasila secara bulat . c.dan tidak bertentangan dengan norma hukum yang belaku . Subversi idologi/kebudayaan. Membina kesadaran ketahanan nasional c. serta h. Preventif (berifat pencegahan) Upaya preventif merupakan upaya yang lebih mendasar. seperti : a.norma kesusilaan. Pelanggaran hukum. Invasi. mengamankan Negara berarti mengamankan pancasila karena sebagai dasar Negara.tidak bertentangan dengan norma agama. antara lain : a. b. Secara garis besar.mengamankan pancasila pada hakikatnya adalah mengamankan Negara. Penjajahan atau impprelialisme f. Perongrong ideology Negara. Reprensif ( bersifat penindakan) Upaya yang bersifat penindakan ini di lakukan untuk membasmi bahaya yang mengancam baik dari yang dalam maupun luar negri. Pemberontakan. Menanamkan pendidikan bela Negara 2. seperti liberalism. usaha pengamanan pancasila dapat di lakukan dengan dua cara. Lebih-lebih dalam dunia modern seperti sekarang ini. b. SMK BINA WARGA 1 KOTA BOGOR Page 12 XII TI 2 . Mengamankan pancasila Mengamankan pancasila berati menyelamatkan. Inviltrasi g. jika dasar Negara terancam berarti Negara terancam.Sebaiknya . seperti paham. komunisme. Fassisme dan agama. e.

Melarang paham atau ideology yang bertentangan dengan pancasila 3. Menyeleksi berkembang atau masuk nya nilai-nilai yang dapat membahayakan nilai-niali pancasila . SMK BINA WARGA 1 KOTA BOGOR Page 13 XII TI 2 . Menindak pelanggaran-pelangaran hukum. penghianatan. dan kerongrong pancasila 2. pemberontakan.Upaya pengamanan yang bersifat penindakan dapat di lakukan dengan cara-cara sebagai berikut : 1.

SMK BINA WARGA 1 KOTA BOGOR Page 14 XII TI 2 . dan dasar Negara Kesatuan RI benarbenar sesuai dengan kepribadian bangsa dan jiwa bangsa Indonesia serta merupakan sarana untuk mengatasi dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh bangsa dan Negara Indonesia. keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 1.KESIMPULAN Sikap positif warga Negara terhadap nilai-nilai Pancasila terlihat dalam sejarah perjuangan bangsa dan Negara Republik Indonesia. 4. Yang terkait dengan sila-sila pancasila yang berisi Ketuhanan yang maha esa Kemanusiaan yang adil dan beradab Persatuan Indonesia kerakyatan yang di pinpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan 5. Sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 telah terbukti bahwa Pancasila yang merupakan ideologi. Pada dasarnya manusia mempunyai kemampuan serta mampu menjaga keseimbangan. 2.serta keselarasan dalam kedudukannya sebagai insane panasila. Sikap positif yang paling dibutuhkan untuk menjadikan Pancasila sebagai ideologi terbuka yang berwibawa adalah terus menerus secara konsisten berjuang memperkecil kesenjangan antara ideal-ideal Pancasila dengan kenyataan kehidupan berbangsa sehari-hari. pandangan hidup bangsa. 3.keserasian.

DAFTAR PUSTAKA 1.com/doc/21380704/sikap-positifterhadap-pancasila-sebagai-ideologi-terbuka-2 LKS PKn Kelas XII Semester 1 SAKTI SMK BINA WARGA 1 KOTA BOGOR Page 15 XII TI 2 . http://www. 2.scribd.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful