METODOLOGI PERENCANAAN BOX CULVERT

UMUM Box culvert atau gorong -gorong adalah sebuah bangunan yang dibangun di bawah jalan, jalan kereta api atau tanggul-tanggul yang dipergunakan sebagai jalur penghubung yang ditempatkan di bawah tanah seperti saluran air, jalan lintasan, kabel telpon, pipa kabel listrik atau pipa gas. Ada beberapa jenis bentuk gorong-gorong seperti diperlihatkan dalam gambar di bawah ini sesuai dengan bentuk serta bahan-bahan yang dipergunakannya. Dari jenis-jenis ini gorong-gorong bundar dan gorong-gorong persegi yang paling banyak dipergunakan, Gorong-gorong dengan penampang bundar dipergunakan bila tanah pondasi cukup kuat dan luas penampang gorong -gorong terpaksa melebar, atau bila pelaksanaan pelat lantai terlalu sukar untuk memba ngun gorong-gorong persegi mengingat keadaan setempat.

Macam Gorong-gorong

DASAR PERENCANAAN Diperlukan pemeriksaau terhadap gorong-gorong persegi ditiujau dari segi pembebanan yaitu gaya-gaya samping dan gaya arah memanjang. Tetapi bila panjang dari gorong-gorong kurang dari 15 meter, dan bila dipakai tiang pancang, biasanya pemeriksaan terhadap gaya-gaya dalam arah memanjang boleh diabaikan.

Pada gorong-gorong persegi yang biasa. sedangkan ukuran dari sumbu pusat di tiap-tiap bagian (B0 dan H0 disebut garis sumbu "kerangka kaku") dipergunakan dalam perhitungan tegangan. Kemudian untuk analisa "kerangka kaku" ada hanyak metode di antaranya "Metode" slope deflection "metode" distribusi dari Kani. Dengan tujuan untuk mempermudah perhitungan mengingat dalam kenyataan bahwa pengaruh beban hidup berkurang jika te bal tanah penutup di atas gorong gorong lebih besar dad 3.Untuk perencanaan gorong-gorong karena gaya-gaya dari samping dimensi dari pada bentuk luar (B dan H pada Gambar berikut) dipergunakan dalam perhitungan beban.05 m) . Kombinasi beban (bila tebal tanah penutup kurang dari 3.50 meter. beban hidup di atas gorong -gor ong dan gaya -gaya reaksi. tekanan tanah mendatar yang diberikan oleh tinggi timbunan di samping gorong-gorong.50 meter. apakah lebih tinggi atau lebih rendah dari 3 . metode distribusi momen dari Cross dan metode "peralihan". Garis Sumbu rangka kaku BEBAN YANG DIGUNAKAN DALAM PERENCANAAN Beban yang bekerja pada gorong -gorong persegi adalah tekana n tanah vertikal yang berasal dari tanah di alas gorong -gorong. perubahan-perubahan kombinasi pembebanan tergantung dari pada tinggi tanah penutup di at as gorong-gorong.

Bila Tebal Tanah Penutup Kurang Dari 3.50 m .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful