MAKALAH PKN

KETERBUKAAN
dan

KEADILAN

KELOMPOK 2
KETUA ANGGOTA: ILHAM HIDAYATULLOH DINE RAHMAWATI EVIE AFRIANI GERY .P. IHSAN SAFARI THAUFAN A.R. WILANI WIJAYANTI

-

Tidak lupa pula. Pemaparan Keterbukaan dan keadilan yang akan kelompok kami sampaikan antara lain meliputi : 1) 2) 3) KETERBUKAAN DAN JAMINAN KEADILAN KETERBUKAAN KEADILAN MENURUT PARA AHLI : a) Keadilan menurut Plato b) Keadilan menurut Aristoteles 4) 5) 6) 7) PENTINGNYA KETRBUKAAN DAN KEADILAN DAMPAK PENYALAHGUNAAN PEMERINTAH YANG TIDAK TRANSPARAN MENGEMBANGKAN KETERBUKAAN DAN KEADILAN DALAM KEHIDUPAN UPAYA PENINGKATAN JAMINAN KEADILAN Walaupun pemaparan ini baik materi walaupun tata cara penulisannya jauh dari sempurna. Dalam rangka memenuhi tugas mata pelajaran kewarganegaraan yang telah di tugaskan oleh ibu kepada kami. Kami dari kelompok II akan memaparkan tentang Keterbukaan dan keadilan beserta penjelasannya. Yang mana telah memberikan Rahmat dan hidayahnya kepada kami. Amiin. supaya dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Tim penyusun 2 . yang telah memberi kami kesempatan agar dapat menyelesaikan tugas ini dengan sebaik – baiknya.PENDAHULUAN Alhamdulillah. Kami berharapmakalah ini dapat bermamfaat adanya. puji syukur kehadirat Allah SWT. mengingat waktu yang cukup singkat dan kemampuan kami yang masih sangat terbatas. kami ucapkan terima kasih kepada Ibu guru mata pelajaran PKN. Dan semoga kami senantiasa mendapat bimbingan dan perlindungan dari Allah SWT.

.............................4 *) Keadilan menurut Aristoteles ............................................8 4............... Dampak penyalahgunaan Pemerintah yang tidak transparan.....5 2....................................................... Keterbukaan dan Jaminan Keadilan .............................. KETERBUKAAN DAN JAMINAN KEADILAN Keterbukaan dan keadilan merupakan salah satu cra untuk mewujudkan suatu negara yang stabil...3 Pemaparan keterbukaan dan keadilan meliputi : 1.5 *) Keadilan menurut Plato...................................................................................................................................13 1..............4 A) Keterbukaan ...........4 B) Keadilan ...............................................................9 5.......................................................................................Daftar isi Pendahuluan........................ Upaya meningkatan jaminan keadilan ....... kuat dan demokratis (good governance)...........................................................11 Kesimpulan .....2 Daftar isi..................... Pentingya Keterbukaan dan Keadilan .............. Namun untuk menerapkan keterbukaan dan keadilan dalam 3 .................................................................................6 3............. Mengembangkan Keterbukaan dan Keadilan dalam kehidupan ............................................................

B). KEADILAN Kata Keadilan berasal dari kata “adil”. Tapi. Jadi. berbangsa. 4 . Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal. sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran". Tapi. Tidak hanya pejabat saja yang sadar hukum. filsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20. dan tidak memihak yang salah dan benar. dan banyak gerakan sosial dan politis di seluruh dunia yang berjuang menegakkan keadilan. Hak dan kewajiban ini harus seimbang atau adil dalam penerapannya. melainkan pula semua lapisan dan golongan masyarakat. makna adil berarti seimbang. keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar. menyatakan bahwa "Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial. John Rawls. dan bernegara. baik menyangkut benda atau orang. menurut kebanyakan teori juga. Menurut sebagian besar teori. keadilan belum lagi tercapai: "Kita tidak hidup di dunia yang adil”. Bahkan kata adil dapat diartikan sebagai sesuatu yang harusnya terjadi. Keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus memiliki tanggung jawab dan berhak dalam kehidupan masyarakat sesuai kehidupan di masyarakat sesuai dengan hak dan kewajiban terhadap ketertiban keamanan dalam masyarakat. tidak berat sebelah. tidak sewenang – wenang. A) KETERBUKAAN Makna terbuka atau transparan memiliki arti jernih. Kebanyakan orang percaya bahwa ketidakadilan harus dilawan dan dihukum. jelas nyata dna mudah dipahami keterbukaan atau transparansi menunjukan pada tindakan berbagai kebijakan dalam suatu persoalan dengan tujuan memberikan informasi actual.kehidupan bernegara tersebut harus dilakukan oleh semua komponen bangsa yang sadar akan hukum dan aturan.

Keadilan perbaikan. yaitu keadilan yang diberlakukan terhadap seseorang yang mencemarkan nama baik orang lain. Dr. baik sebagai pejabat negara. Menurut Prof. keadilan intinya adalah meletakan segala sesuatunya pada tempatnya.banyaknya jumlah dan variasi teori keadilan memberikan pemikiran bahwa tidak jelas apa yang dituntut dari keadilan dan realita ketidakadilan. yaitu adil jika sesuai hukum 2. Menurut Aristoteles. yaitu keadilan yang mampu memberikan perlakuan seimbang (selaras) dengan hak dan kewajibannya. yaitu: a) b) c) d) e) kemadilan komutatif. yaitu perlakuanterhadap seseorang atau lebih sesuai jasa – jasa yang telah diberikannya. Kadilan moral. Keadilan kodrat alam. Keadilan konvensional. Sedangkan keadilan prosedural yaitu apabila perbuatan yang dilakukan sesuai dengan tata car dan prosedur yang ditentukan. 5 . PENTINGNYA KETERBUKAAN DAN JAMINAN KEADILAN Keterbukaan dan jaminan keadilan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Menurut plato. keadilan di bagi dua yaitu keadilan moral dan keadilan prosedural. yaitu pelakuan terhadap seseorang tanpa melihat jasa – jasanya. adal lima pebuatan yang dapat di golongkan adil. Notonagoro. Hasilnya adalah tindakan dan sikap yang adil dan bijaksana. kelima jenis keadilan tersebut. Keterbukaan (transparansi) bertolak dari kejujuran dalam melaksanakan hak dan kewajiban. Selain menyutujui pendapat aristoteles. karena definisi apakah keadilan itu sendiri tidak jelas. SH. yang berlaku. yaitu perlakuan terhadap seseorang sesuai dengan jasa – jasa yang di berikannya. Keadilan distributive. dia menambahkan adanya legalitas. yaitu keadilan yang diberlakukan bila kita menaati peraturan perundangan yang berlaku.

Pada dasarnya kebijakan publik dan peraturan pelaksanaan yang mengikutinya memuat arahan umum serta ketentuan yang mengatur masyarakat. Selain itu. Sikap Yang Dilakukan Untuk Mencapai Keterbukaan dan Jaminan Keadilan Selain keterbukaan dalam hidup berbangsa dan bernegara. semua kebijaksanaan publik dan dan peraturannya membutuhkan dukungan masyarakat untuk bisa efektif. tetapi rakyat tidak tau arahnya sehingga mereka akan mudah kehilangan kendali dan emosianal. persatuan akan lebih mudah terwujud. Aspirasi dan pendapat itu ditampung dan diseleksi. tidak kalah pentingnya adalah menciptakan keadilan. Berbagai aspirasi yang telah menjadi keputusan bersama dapat menjadikan bangsa ini mudah mencapai suatu keadilan. tujuan. Sehubungan dengan itu. Persatuan bangsa dan keutuhan 6 . masyarakat akan lebih mudah dalam menyampaikan aspirasi dan pendapat yang membangun. Jika hal itu dibiarkan begitu saja maka makin besar keinginan rakyat untuk selalu mengadakan pembaharuan. kemudian dijadikan suatu keputusan bersama yang bermanfaat. jika keterbukaan dan jaminan keadilan selalu dipupuk dan diperhatikan akan menghasilkan suatu kebijakan publik dan peratruran umum yang mengatur masyarakat dengan baik. dan peranan yang sama ketebukaan yang mensyaratkan kesediaan semua pihak untuk menerima kenyataan merupakn pluralitas. Rakyat cenderung ingin membentuk suatu wadah dengan kebijakan sendiri. di dalamnya juga muncul perbedaan pendapat. Jika masyarakat suatu bangsa telah ikut berperan dan munyumbangkan aspirasi dan pendapatnya. timbul konflik yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.Dengan keterbukaan dan jaminan keadilan. Penentangan oleh masyarakat tehadap sejumlah kebijaksanaan dan peraturan yang ada secar empirik lebih banyak dikarenakan oleh kurangnya keterlibatan publik dalam tahap kebijaksanaan. Sebaliknya. Akibatnya. Hal itu dikarenakan mereka merasa mempunyai cita-cita.

keadilan adalah prasyarat bagi terwujudnya persatuan bangsa dan keutuhan negara. Semua orang berharap mendapatkan jaminan dan rasa keadilan. Ketidakadilan dapat menciptakan kecemburuan. Jika kita amati lebih jauh keadaan negara kita ini. Dengan demikian. 7 . pertentangan antar suku bangsa dalam perpecahan wilayah bersumber dari ketidakadilan. antara anak bangsa dapat bertikai dan antar golongan saling berseteru. musuh terbesar bangsa adalah ketidakadilan. Dalam kehidupan sekarang. pertentangan dan disintegerasi bangsa.negara hanya akan terwujud jika tedapat keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena diperlakukan tidak adil. Keadilan merupakan unsur yang sangat esential dalam kehidupan manusia. kesenjangan.

terjadi pelanggaran HAM. Dampak utama yang ditimbulkan dari penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan adalah korupsi dan penyalahgunaan jabatan publik untuk kepentingan pribadi atau kelompok di berbagai aspek – aspek kenegaraan. dan ibadah keagamaan hanya sebagai symbol. DAMPAK PENYALAHGUNAAN PEMERINTAH YANG TIDAK TRANSPARAN Pemerintahan yang demokratis seharusnya dilaksanakan secara terbuka. yudikatif dan eksaminatif tidak berfungsi dengan optimal. pers di bungkam. hal itu akan berdampak negatif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. 2. mungkin akan menikmatinya karena tidak ada pertanggung jawaban kepada rakyat. korupsi dan nepotisme). dan jelas hal seperti itu sangat merugikan rakyat kecil. kontrol dan dan keterlibatan langsung dari rakyat pun tidak ada atau sangat kecil. rakyatlah yang paling merasakan dampak pahitnya penderitaan dari sistem yang tertutup (tidak transparan ini). Apabila sistem pemerintahan demokrasi dilakukan secara tertutup. Akan tetapi. legislative. 8 . BIdang Politik Lembaga eksekutif. 3. Setiap ada kebijakan yang diusulkan menjadi proyek untuk memperkaya diri sendiri. Ketimpangan sosial makin meningkat. Bagi pemerintah yang berkuasa.3. yaitu sebagai berikut: 1. serta tidak ada pembagian kekuasaan yang jelas di pemerintahan. Bidang Sosial budaya Tindakan menyimpang dari nilai – nilai agama dan budaya dikesampingkan. Bidang pertahanan dan keamanan Profesionalitas aparat rendah. tidak sesuai dengan tuntutan zaman dan keinginan rakyat. BIdang Ekonomi dan Lingkungan Semua kegiatan ekonomi selalu dikaitkan dengan birokrasi dan menjadi lapangan usaha tambahan untuk memperkaya diri setiap birokrat. 4. yang muncul adalah budaya KKN (kolusi.

Bahkan hampir semua negara di dunia menyatakan demikian. hal ini berarti pula menentang terwujudnya demokrasi. Prinsip dasar kehidupan masyarakat madani sebenarnya sama dengan masyarakat demokrasi. e. Menghargai tindakan pemerintah dan berbagai pihak yang konsisten dengan pelaksanaan prinsip keterbukaan. Wujud dari keterbukaan dapat terlihat dalam kehidupan demokrasi yang dikembagkan dengan tujuan untuk menampung aspirasi yang timbul. Sikap positif terhadap keterbukaan dapat dilakukan dengan cara – cara sebagai berikut: a. Mendukung secara aktif kebijakan – kebijakan yang menjungjung terwujudnya keterbukaan dalam kehidupan demokrasi. Mengamati dan menilai perkembangan kondisi keterbukaan dalam kehidupan bebangsa dan bernegara. sikap keterbukaan dan kehidupan berbangsa dan bernegara Keterbukaan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara serta adanya jaminan keadilan dalam kehidupan merupakan awal dari pemerintahan yang benar dan baik. berarti telah menghambat kehidupan masyarakat madani. Tidak membiasakan diri atau terlibat ke dalam perilaku KKN. d. f.4. Memahami bentuk – bentuk dari KKN g. c. MENGEMBANGKAN DALAM KEHIDUPAN KETERBUKAAN DAN KEADILAN Keterbukaan dan jaminan keadilan memungkinkan terwujudnya suatu kehidupan masyarakat madani (civil society). Mengajukan usulan berupa kritik dan saran terhadap tindakan – tindakan yang bertentangan dengan prinsip – prinsip keterbukaan. 9 . b. pihak yang menekan atau menghambat terwujudnya keterbukaan dan jaminan. 1. tumbuh dan berkembang di masyarakat. Saat ini. demokrasi menjadi suatu system pemerintah yang popular di muka bumi. Mengajukan solusi alternative untuk mewujudkan adanya jaminan terhadap keterbukaan. Dengan demikian.

2. Untuk memangku amanah teguhnya supremasi hukum yang didambakan diperlukan pemimpin yang mampu serta mengerti seluk beluk dunia hukum dan pengadilan.Memang sangatlah sulit mencari sosok yang demikian itu. tetapi yang dalam proses rekrutmen calon pemimpinnya. Hubungan pemerintah dan rakyat harus benar-benar sasling terkait dan menyatu hendaknya jangan sampai terjadi penegakan hukum. Salah atu cara yang efektif adalah membenahi dan memperbaiki sistem yang sudah ada.” Selain itu. karena Negara kita ini tidak memerlukan pemimpin yang hanya bisa berteriak dan memerintah tanpa pernah sekalipun mau diperintah. masih diperlukan waktu dan perjuangan extra. Sering tejadi antara keduanya terjadi tarik menarik yang samgat kuat sekali. Di satu sisi. sikap Adil dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Masyarakat adalah salah satu komponen yang dapat menunjang terciptanya kondisi atau iklim yang kondusif dalam rangka penegakan hukum. Pemimpin memang harus memberi contoh dari suri tauladan yang baik. kandidat haruslah seseorang yang intelektual. bisa bermasyarakat dan berakhlak yang baik . Artinya. karena kondisi saat ini masih memprihatinkan. Jika kita serius melakukan penyeleksian maka hasil yang baik itu akan diperoleh. Tampaknya hal itu memang harus digiring dan tentunya diperhatikan contoh oleh pemimpin. 10 . dimana pengadilan sebagai tempat untuk menemukan keadilan belum mencapai tujuannya. Untuk itu .wakil rakyat mengingatkan semua kandidat ketua mahkamah agung harus lulus fit and proper test agar dikemudian hari tidak muncul istilah” membeli kucing dalam karung. Untuk memperbaiki sistem hukum dan peradilan. Untuk membenahi situasi yang cenderung tidak sehat itu.Diantara sistem juri yang sudah banyak diterapkan adalah uji kelayakan (fit and proper test) memperhatikan pendidikan formal.dimensi hukum di politik saling pengaruh mempengaruhi dan tidak dapat dihindari.maka diperlukan sosok para pemimpin yang bertanggungjawab. masyarakat menginginkan terlaksananya penegakan hukum (supremacy of law) bukan sebaliknya. yaitu memberi rasa keadilan kepada rakyat.

Kita menyadari bahwa manusia banyak kelemahan dan kekurangan. 11 . betapapun benar dan berbahaya pendapat itu. apalagi sebagai pemimpin yang baik yang diharapkan oleh orang banyak dalam masyarakat. Orang yang beriman harus mempunyai wawasan yang mendalam sesuai dengan hati nurani manusia sebagai makhluk ciptaan tuhan. menganalisis pendapat orang lain itu.berbangsa dan bernegara.. dan tidak baik atau tidak sesuai dengan norma kehidupan dalam masyarakat kita tinggalkan. Jika sifat dan sikap keterbukaan ini kita terapkan dalam kehidupan bermasyarakat . maka kita tidak perlu khawatir untuk menyampaikan kebenaran karena adanya jaminan hukum bahwa yang benar itu adalah benar walaupun pahit untuk diterima pemimpin / pemuka masyarakat harus mau dan mampu untuk memberikan contoh tauladan walaupun yang berbuat tidak baik dan tidak benar itu adalah diri sendiri atau anggota keluarga sendiri.Pemimpin masyarakat harus mau dan mampu untuk menerima dan melaksanakan pendapat orang lain yang baik dan bermanfaat. mana yang baik sudah selayaknya dapat kita ambil dan diikuti. UPAYA PENINGKATAN JAMINAN KEADILAN Ketebukaan atau sikap terbuka merupakan pertanda adanya hidayah dari Tuhan bahwa manusia itu harus senantiasa bersedia mendengarkan dan menerima pendapat ornaglain dan kemudian memeriksa. hal itu merupakan satu cara untuk mrnutupi kelemahan yang terdapat dalam diri kita sendiri.5. Sikap dan sifat ketertutupan adalah pertanda kelemahan dan kesesatan yang menganggap diri sempurna serta tidak dapat menerima pendapat orang lain . Tentunya kita berpedoman pada ajaran dasar / pokok manusia sebagai makhluk Tuhan.

berbangsa dan bernegara. 12 . bukan jaminan hukum dan keadilan orang/golongan kelompok tertentu saja. Terutama dari aparat penegak hukum itu sendiri.Hal ini hendaknya tampil dalam kehidupan sehari-hari. jelas bagi kita. Kita bersedia untuk memberi dan menerima pikiran dan perasaan serta pendapat orang lain. Kita semua sebagai makhluk ciptaannya dapat dan mampu berpartisipasi dalam upaya peningkatan jaminan hukum dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari. dalam kehidupan bermasyarakat. baik sebagai anggota masyarakat maupun sebagai warga Negara kesatuan Republik Indonesia. terhadap tumbuhnya masyarakat yang madani. apabila kita mampu menyadari bahwa makhluk ciptaan Tuhan maka masing-masing mempunyai kelemahan dan kelebihan. Tentunya tidak lepas dari adanya jaminan hukum dan keadilan. Jadi. Apabila hal ini dapat kita tumbuhkembangkan..Hal ini mencerminkan adanya jaminan hukum dan jaminan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

hal itu akan berdampak negatif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. - Makna terbuka atau transparan memiliki arti jernih. Apabila sistem pemerintahan demokrasi dilakukan secara tertutup. dan tidak baik atau tidak sesuai dengan norma kehidupan dalam masyarakat kita tinggalkan. Kata Keadilan berasal dari kata “adil”. Keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus memiliki tanggung jawab dan berhak dalam kehidupan masyarakat sesuai kehidupan di masyarakat sesuai dengan hak dan kewajiban terhadap ketertiban keamanan dalam masyarakat.Kesimpulan Keterbukaan dan keadilan merupakan salah satu cara untuk mewujudkan suatu negara yang stabil. tidak berat sebelah. - - - - - 13 . Hasilnya adalah tindakan dan sikap yang adil dan bijaksana. Prinsip dasar kehidupan masyarakat madani sebenarnya sama dengan masyarakat demokrasi. makna adil berarti seimbang. Bagi pemerintah yang berkuasa. Bahkan kata adil dapat diartikan sebagai sesuatu yang harusnya terjadi. Jadi. Hak dan kewajiban ini harus seimbang atau adil dalam penerapannya. Keterbukaan dan jaminan keadilan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar. Dengan demikian. jelas nyata dna mudah dipahami keterbukaan atau transparansi menunjukan pada tindakan berbagai kebijakan dalam suatu persoalan dengan tujuan memberikan informasi actual. berbangsa. menganalisis pendapat orang lain itu. pihak yang menekan atau menghambat terwujudnya keterbukaan dan jaminan. kuat dan demokratis (good governance). Keterbukaan (transparansi) bertolak dari kejujuran dalam melaksanakan hak dan kewajiban. Namun untuk menerapkan keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan bernegara tersebut harus dilakukan oleh semua komponen bangsa yang sadar akan hukum dan aturan. Pemerintahan yang demokratis seharusnya dilaksanakan secara terbuka. dan bernegara. berarti telah menghambat kehidupan masyarakat. Keterbukaan dan jaminan keadilan memungkinkan terwujudnya suatu kehidupan masyarakat madani (civil society). baik sebagai pejabat negara. dan tidak memihak yang salah dan benar. mana yang baik sudah selayaknya dapat kita ambil dan diikuti. Menurut sebagian besar teori. mungkin akan menikmatinya karena tidak ada pertanggung jawaban kepada rakyat. baik menyangkut benda atau orang. tidak sewenang – wenang. Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal. Keterbukaan atau sikap terbuka merupakan pertanda adanya hidayah dari Tuhan bahwa manusia itu harus senantiasa bersedia mendengarkan dan menerima pendapat ornaglain dan kemudian memeriksa.