P. 1
Peta Konsep Isd Bab 7 Ini

Peta Konsep Isd Bab 7 Ini

|Views: 560|Likes:
BAGAN ISD BAB 7 --> IKA34
BAGAN ISD BAB 7 --> IKA34

More info:

Published by: Nindya Anggi Wulandari on Nov 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/06/2012

pdf

text

original

NINDYA ANGGI WULANDARI KELAS : 1KA34 NPM : 19110055

BAB 7 MASYARAKAT PERDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN

PENGERTIAN MASYARAKAT Definisi adalah uraian ringkas untuk memberikan batasan-batasan mengenai sesuatu persoalan, dalam hal ini beberapa sarjana mendefinisikan masyarakat, seperti : R. Linton : Masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerjasama, M. J. Herkovits : Masyarakat adalah kelompok individu yang diorganisasikan dan mengikuti satu cara hidup tertentu. J. L. Gillin dan J. P. Gillin : Masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar dan mempunyai kebiasaan S. R. Steinmetz : Masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar Hasan Shadily : Masyarakat adalah golongan besar atau kecil dari beberapa manusia, yang dengan pengaruh bertalian secara bergolongan.

MASYARAKAT PERDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN Kelompok yang belum terorganisasikan mengalami proses yang fundamental, yaitu : Adaptasi dan organisasi dari tingkah para anggota. b. Timbul perasaan berkelompok secara lambat laun atau L Esprit De Cerpa. bahwa masyarakat harus mempunyai syarat-syarat sebagai berikut : Harus ada kumpulan manusia, dan harus banyak, bukan kumpulan binatang. b. Telah bertempat tinggal dalam waktu yang lama di suatu daerah tertentu. c. Adanya aturan-aturan atau undangundang yang mengatur mereka untuk menuju kepada kepentingan dan tujuan bersama.

Ada 2 tipe manusia yaitu : Masyarakat kecil yang belum begitu kompleks, yang belum mengenal pembagian kerja, belum mengenal struktur dan aspek-aspeknya. b.Masyarakat yang sudah kompleks, yang sudah jauh menjalankan spesialisasi dalam bidang, karena ilmu pengetahuan modern sudah maju

CIRI MASYARAKAT PERKOTAAN DAN PERBEDAAN MASYARAKAT PERKOTAAN DAN PERDESAAN

Ada beberapa ciri yang menonjol pada masyarakat kota, yaitu : Kehidupan keagamaan berkurang Orang kota pada umumnya dapat mengurus dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain, Pembagian kerja di antara wargawarga kota juga lebih tegas Kemungkinan-kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan juga lebih banyak Jalan pikiran rasional yang pada umumnya dianut masyarakat perkotaan Jalan kehidupan yang cepat di kotakota, Perubahan-perubahan sosial tampak dengan nyata di kota.

PERBEDAAN DESA DAN KOTA Jumlah dan kepadatan penduduk. Lingkungan hidup. Mata pencaharian. Corak kehidupan sosial. Stratifikasi sosial. Mobilitas sosial. Pola interaksi sosial. Solidaritas sosial. Kedudukan dalam hierarki sistem administrasi nasional.

PENGERTIAN DESA/PERDESAAN Menurut Sutardjo Kartohadikusuma, desa adalah suatu kesatuan hukum dimana bertempat tinggal suatu masyarakat pemerintahan sendiri. Menurut Bintarto desa merupakan perwujudan atau kesatuan geografi, sosial, ekonomi, politik dan kultural. Menurut Paul H. Landis : desa adalah penduduknya kurang dari 2.500 jiwa.

MASYARAKAT PERDESAAN

Ciri-ciri masyarakat perdesaan yaitu : a. Didalam masyarakat perdesaan diantara warganya mempunyai hubungan yang lebih mendalam dan erat b. Sistem kehidupan umumnya berkelompok dengan dasar kekeluargaan c. Sebagian besar warga masyarakat perdesaan hidup dari pertanian. d. Masyarakat tersebut homogen, seperti dalam hal mata pencarian, agama, adatistiadat.

UNSUR-UNSUR DESA Daerah dalam arti tanah-tanah yang produktif dan yang tidak beserta penggunaanya, termasuk juga unsur lokasi, luas atau batas Penduduk adalah hal yang meliputi jumlah pertambahan, kepadatan, persebaran dan mata pencaharian penduduk desa setempat. Corak kehidupan di desa didasarkan pada ikatan kekeluargaan yang erat. Masyaakat merupakan sesuatu gemeinschaft yang memiliki unsur gotong royong yang kuat.

Ada beberapa perbedaan pelapisan sosial yang tak resmi ini antara Pada masyarakat kota aspek kehidupannya lebih banyak sistem pelapisannya dibandingkan dengan desa; (b) Pada masyarakat desa kesenjangan antara kelas eskterm dalam piramida sosial tidak terlalu besar dan sebaliknya; (c) Masyarakat perdesaan cenderung pada kelas menengah; (d) Ketentuan kasta dan contoh perilaku.

MOBILITAS SOSIAL Mobilitas berkaitan dengan perpindahan yang disebabkan oleh pendidikan kota yang heterogen, terkonsentrasinya kelembagaankelembagaan. URBANISASI DAN URBANISME DAN JUGA MOBILITAS SOSIAL PERBEDAAN MASYARAKAT PERDESAAN DENGAN MASYARAKAT PERKOTAAN 1. LINGKUNGAN UMUM DAN ORIENTASI TERHADAP ALAM 2. PEKERJAAN ATAU MATA PENCAHARIAN 3. UKURAN KOMUNITAS 4. KEPADATAN PENDUDUK 5. HOMOGENITAS DAN HETEROGENITAS 6. DIFERENSIASI SOSIAL 7. PELAPISAN SOSIAL 8. MOBILITAS SOSIAL 9. INTERAKSI SOSIAL 10. PENGAWASAN SOSIAL 11. POLA KEPEMIMPINAN. 12. STANDAR KEHIDUPAN. 13. KESETIAKAWANAN SOSIAL. 14. NILAI DAN SISTEM NILAI.

penanganan masalah kota sebagai berikut: 1. Menekan angka kelahiran.
2. Mengalihkan pusat pembangunan pabrik 3. Membendung urbanisasi. 4. Mendirikan kota satelit dimana pembukaan usaha relatif rendah. 5. Meningkatkan fungsi dan peranan kota kecil

6. Transmigrasi bagi warga yang miskin.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->