P. 1
Sistem Pemerintahan SWISS

Sistem Pemerintahan SWISS

|Views: 7,557|Likes:
Published by Namikaze Kurniawan

More info:

Published by: Namikaze Kurniawan on Nov 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2013

pdf

text

original

Sistem Pemerintahan SWISS

Oleh : • Alfiyatus Sholicha • Almaidah • Amirotul Khasanah • Anggi Pratama Angti Suari • Aulia Istiqomah • Baitul Bustomi • Dewi Evie Yanti • Lailatul Mufaricho • Liza Noor Zaimah • Lukmanul Hakim •

MA. SUNAN AMPEL Jl. Jambe 13 Baujeng

Liechtenstein dan Austria. Oleh karena itu. Perancis. yaitu bahasa Jerman. yang menjadi lokasi berbagai badan internasional seperti PBB. Mengenal SWISS Konfederasi Swiss (Schweiz. namun banyak mendirikan kantor di wilayah ini. Austria dan kerajaan kecil Liechtenstein. dan Jenewa. ia dijadikan tuan rumah pelbagai organisasi internasional seperti PBB yang.BEJI A. ILO. Ibukota negara ini adalah Bern. Italia. . Swiss berbatasan dengan Jerman. Ia merupakan negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen. dan UNHCR. Italia. Masyarakatnya menuturkan banyak bahasa dan terdapat empat bahasa resmi. Suisse. enam diantaranya terkadang dianggap sebagai "separuh kanton" karena berawal dari pemisahan tiga kanton dan dampaknya hanya ada satu wakil dalam Dewan Negara. meskipun markas besarnya ada di New York City. Perancis. adalah sebuah negara federal berisi 26 canton di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman. Ia dikenal sebagai negara netral namun tetap memiliki kerjasama internasional yang kuat. Italia dan bahasa Romansh yang kurang populer. Svizra) atau dalam bahasa Latin Confoederatio Helvetica. Swiss terbagi atas 26 kanton. Svizzera. Swiss kaya dengan sejarah sebagai sebuah negara yang netral tanpa memandang masa perang atau damai (dan tidak pernah terlibat dalam perang terhadap pemerintahan asing sejak tahun 1815). Kota-kota penting lainnya adalah Zurich. Perancis. yang merupakan kota terbesar (yang dinobatkan sebagai kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia pada tahun 2006 dan 2007. WHO.

Sebagai negara federal. suku Keltik kuno yang pernah menduduki pegunungan Alpen. bahasa Italia (Confederazione Svizzera) dan bahasa Romansh (Confederaziun svizra). Perancis. dan Romansh). Nama Latinnya "Confœderatio Helvetica" (Konfederasi Helvwtia) dan TLD negaranya "ch" untuk internet dan plat mobil berkaitan dengan Helvetii. . Schweizerische Eidgenossenschaft merupakan istilah bahasa Jermannya yang terdapat pada dokumen resmi. tapi diwakili oleh Majelis Federal. bahasa Inggris juga banyak digunakan. dan Italia. Presiden digilir setiap tahun! Swiss terletak di antara berbagai kebudayaan Eropa yang kemudian mempengaruhi negara ini. Swiss menandai 1 Agustus 1291 sebagai hari kemerdekaannya. Karena banyaknya penduduk dan pekerja asing (sekitar 20%). 1 Agustus dijadikan cuti umum yang mana bank dan kantor pos serta juga kantor administrasi umum ditutup. kemudian menjadi persekutuan sejak tahun 1848. Sebutan yang sering dipakai untuk menyebut wilayah ini dalam bahasa Perancis (Confédération suisse). Parlemen ini memilih tujuh orang untuk menjadi "pemerintah". bahasa Romansh. demokrasinya bersifat "langsung". serta satu bahasa resmi lokal. mengikut sejarah negara ini yang awalnya merupakan suatu negara gabungan. mengepalai departemen. Sistem pemerintahan swiss sangat bagus. Confoederatio Helvetica yang berarti Konfederasi Helvetika. Tiap pelajar harus mempelajari salah satu bahasa resmi yang lain sehingga kebanyakan penduduknya bilingual. dipilih untuk menghindari pemilihan salah satu dari keempat bahasa resminya (bahasa Jerman. benar-benar mencerminkan dan menyerap keanekaragaman penduduknya. Perancis.Nama Swiss dalam bahasa Latin. Italia. Pemerintah federal diwajibkan menggunakan ketiga bahasa resmi tersebut dan di parlemen disediakan penerjemah. dan salah satunya menjadi presiden selama satu tahun secara bergiliran. Terdapat tiga bahasa resmi nasional yaitu bahasa Jerman. Ketujuhnya berstatus menteri.

B. Ketujuh orang itu sekaligus memimpin departemen utama. Menjadi negara federal sejak 1948. 3 canton bilingual Perancis-Jerman. Yang menarik. Presiden sebagai kepala negara juga merangkapa sebagai kepala pemerintahan (Perdana Menteri). Ada 26 kanton yang kini berhimpun menjadi Swiss. 1 canton berbahasa Itali (Ticino). 4 canton Swiss-Romande (berbahasa Perancis). dan pemerintahannya terdiri oleh 7 anggota yang dipilih oleh Federal Assembly. Swiss menganut sistem demokrasi langsung. dan satu canton (Graubünden) trilingual Jerman. Swiss dipimpin secara kolektif oleh presidium yang teridi dari tujuh orang. negara federalnya disebut canton. Italia dan Rumantsch. Status mereka bisa juga disebut menteri. Canton-canton ini mempunyai otonomi luas seperti hal sistem negara federal. Mereka menentukan secara penuh aturan daerah.Agama yang paling banyak dianut di Swiss adalah Katolik Roma yang dianut oleh 43% dari populasi. Masalah internasional. Dengan sistem federal. Sebanyak 17 canton adalah canton Swiss-Jerman (berbahasa Jerman). Terdapat juga Protestan sekitar 35% dan imigrasi telah membawa masuk Islam dan Ortodoks Timur masing-masing 4% dan 2%. Sistem Demokrasi Pemerintahan Sistem pemerintahan Swiss memang unik. Jabatan sebagai presidennya masing-masing selama satu tahun. Ketua presidium yang digilir itu memegang jabatan presiden. Mereka inilah yang menentukan tujuh menetri utama yang akan menjadi presiden secara bergiliran. . kehakiman. pertahanan. Itulah sebabnya bahasa nasional di Swiss ada empat. Sedangkan anggota parlemen (Federal assembly) berasal dari utusan canton. keuangan negara dipegang oleh pemerintahan pusat. ketujuh orang pilihan itu secara bergantian menjadi presiden.

C. Swiss ini ada persamaannya dengan TNI yaitu “netral”. Swiss tidak pernah punya musuh . maka Angkatan Perang Swiss tidak memiliki unsur Angkatan Laut. Sistem keamanan di Swiss sangatlah ketat. Dengan kondisi itu. baik pekerja maupun mahasiswa yang tinggal dan belajar di Swiss. World Trade Organisation memilih Swiss sebagai basis kegiatannya. D. Negara ini mempertahankan ke netralan nya sejak tahun 1815. Itu sebabnya banyak sekali organisasi internasional yang merasa nyaman untuk ber “home base’ di Swiss. Swiss memiliki beberapa kota besar yang . Demokrasi Ragam Budaya dan Bahasa Masyarakat Sekitar 20-30% dari jumlah total populasi Negara Swiss tersebut adalah pendatang asing. menjadikan Swiss sebagai salah satu negara terkecil di dunia.dengan demikian tidak pernah terlibat dalam peperangan apapun. Dengan luas negara kurang lebih 41. walaupun mempunyai beberapa danau yang cukup besar. International Red Cross dan juga WTO. Komunikasi sesama penduduk terbiasa untuk saling menyapa pada saat bertemu di jalan. Negara Swiss. Tidak kurang dari 2 organisasi dibawah naungan PBB bermarkas di Swiss. Sebagian besar pertemuan Internasional di dunia lebih senang memilih Swiss sebagai tempat penyelenggaraannya. terkecuali mendapatkan ijin dari pihak Kepolisian setempat. Dan juga aturan tata cara hidup serta kebudayaan Swiss yang tidak memperbolehkan keributan/hingar bingar setelah jam 10 malam di wilayah manapun di Swiss. Tingkat kejahatan dan kriminalitas di Swiss bisa dikatakan sangat rendah dan keramah-tamahan antara penduduk terjalin dengan erat hampir di setiap pelosok daerah di Swiss. Demokrasi Pertahanan dan Keamanan Negara Selain negara terkaya.285 km2. yang dengan demikian sampai hari ini. hal ini yang menjadikan Swiss sebagai salah satu negara paling aman di dunia. tidak mempunyai daerah perairan laut lepas. meskipun mereka tidak kenal satu sama lain.

Aguste Piccard. sebagai wujud dari pemerintahan yang semata-mata hanya mendahulukan kepentingan orang banyak. Beliau antri membeli tiket kereta sebagaimana yang dilakukan rakyatnya. seorang jagoan Aeronautika. diantaranya: Zurich.terkenal di dunia. Basel dan kota pusat pemerintahan Bern. seperti Albert Einstein. dikenal sebagai orang yang sering bepergian dengan menggunakan fasilitas pelayanan publik. Mereka sangat menghormati warganya yang berprestasi. E. Kekayaan bahasa inilah yang menjadikan nilai tambah bahwa negara Swiss sangat terkenal akan kebudayaan masyarakatnya yang beraneka ragam. Para orang tuanya memperoleh perhatian yang tinggi dari generasi mudanya. juga memiliki penduduk yang sangat bersahabat terhadap siapa saja yang datang mengunjunginya. Bahasa Romawi (1% dari total populasi) dan beberapa bahasa lainnya. Demokrasi Kewarganegaraan di Swiss Negara yang terkenal akan kebersihannya ini. Dapat dikatakan. Tidak ada satu pejabatpun yang berkeliaran dijalan raya menggunakan sirene. . Jenewa (Geneva). pengawalan dan duduk di gerbong yang juga umum digunakan sebagai angkutan masa biasa. Swiss memiliki beberapa bahasa yang digunakan sehariharinya oleh penduduk setempat. Mereka terdiri dari orang-orang yang sangat menjaga nilai-nilai kekeluargaan. Martina Hingis dan Stephane Lambiel yang menguasai tenis dunia dan juga Andre Bossert sang jagoan golf. Bahasa Perancis (20% dari total populasi). ahli fisika kenamaan. Bahasa Itali (10% dari total populasi). tanpa ajudan. sudah dapat merasakan keadilan merata diantara mereka. Fasilitas pelayanan umum sangat “prima”. Ini menjadi suatu bukti indahnya suatu demokrasi yang tak sekedar nama. di Swiss nyaris tidak dikenal istilah “rumah jompo”. Roger Federer. yakni Bahasa Jerman (65% dari total populasi). apalagi mobil pengawal. Beberapa dapat disebutkan disini. Bahkan Presiden Swiss. Seluruh penduduk.

2005.co.ch di Unduh 29/09/2009 Unname.Daftar Pustaka Budiyanto.indomarketer. Olahraga: Swiss.com/ di Unduh 29/09/2009 .id/home/modules. Switzerland. www. http://www. Kewarganegaraan.kompasiana.pundimas.2008.php di unduh 29/09/2009 Chapy Hakim.jambi-independent.com/2009/06/30/switzerland di unduh 29/09/2009 Unname. Erlangga : Jakarta Jpnn.swissuniversity. 2009. Posting di www. Negeri Mini dengan Demokrasi Unik.chappyhakim. www.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->