Arti & Tujuan Hijrah

      

Afiani Rania Denny Much. A Intan Ayuningtyas Lisa Amalina M. Zulham A. Rachmatika A. Zuhda Nur P.

( X-4 / 02 ) ( X-4 / 06 ) ( X-4 / 13 ) ( X-4 / 15 ) ( X-4 / 18 ) ( X-4 / 22 ) ( X-4 / 36 )

Ingin mencairkan suasana kota Mekkah yang sangat mencekam. 3. . Ingin memperoleh ketenangan dalam beribadah dan berdakwah. Situasi kota Mekah yang tidak memungkinkan lagi Rasulullah berada disana. 2.Latar Belakang Rasul Hijrah 1.

dan kekerasan sehingga tidak memiliki kebebasan dalam beribadah atau berdakwah. Kedua.Arti Hijrah :   Pertama. . meninggalkan semua perbuatan yang dilarang Allah SWT dan melakukan perbuatan baik yang diridhoiNya. ancaman. berpindah dari negeri kafir karena di negeri itu Islam selalu mendapat tekanan.

Tujuan Hijrah :   Menyelamatkan diri dan umat Islam dari tekanan. ancaman. Agar memperoleh keamanan dan kebebasan dalam berdakwah dan beribadah. dan kekerasan kaum kafir Quraisy. .

. ancaman dan kekerasan dari kaum Quraisy juga menjadi penyebab hijrahnya Rasulullah ke Madinah.Permasalahan   Keadaan kota Mekkah yang sangat tidak memungkinkan untuk Rasulullah berdakwah atau beribadah mendorong Rasulullah untuk hijrah ke Madinah. Banyaknya tekanan.

Rasulullah menyebarkan agama Islam di Madinah supaya Islam dapat berkembang luas dan mendorong kaum kafir Quraisy pula untuk masuk Islam. .Pemecahan Masalah   Rasulullah berhijrah ke Madinah untuk beberapa waktu supaya kota Mekkah bisa tenang dan kondusif kembali.

. Hijrahnya Rasulullah ke Madinah merupakan upaya untuk menenangkan situasi kota Mekkah dan mencari keamanan dan keselamatan dalam beribadah dan berdakwah.Kesimpulan   Hijrahnya Rasulullah ke Madinah bukan berarti Rasulullah takut untuk menghadapi kaum kafir Quraisy.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful