Uji Reliabilitas

Uji Reliabilitas Suatu pengukuran disebut andal, apabila dapat memberikan hasil yang sama ataupun hampir sama

apabila pemeriksaan dilakukan berulang-ulang.12 Uji reliabilitas yang akan digunakan adalah internal consistency, yaitu dengan menggunakan rumus KuderRichardson (KR) 20.10 Uji reliabilitas Test – retest dan alternative form, tidak dilakukan karena alat ukur ini masih baru. Reliabilitas statistik diperlukan untuk memastikan validitas dan ketepatan analisis statistik. Ia mengacu pada kemampuan untuk mereproduksi hasil lagi dan lagi sesuai kebutuhan. Hal ini penting karena akan membangun tingkat kepercayaan dalam analisis statistik dan hasil yang diperoleh. Misalnya, Anda sedang meneliti tentang loyalitas konsumen terhadap produk susu merk tertentu. Anda ingin melakukan sejumlah survey terhadap pelanggannya, dan jika hasil yang ditemukan menunjukkan bahwa konsumen bersikap loyal, Anda mungkin akan mendapatkan gambaran pasti bahwa produk lain yang dikeluarkan oleh perusahaan susu tersebut akan tetap laku di pasaran. Sebaliknya, jika nilai reliabilitas statistik loyalitas konsumen rendah, maka konsumen tidak akan percaya dengan produk-produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Dalam SPSS 17.0, langkah-langkah pengujian reliabilitas adalah sebagai berikut: 1. Setelah data diinput ke dalam worksheet SPSS, maka cukup dengan menjalankan command Analyze – Scale – Reliability Analysis seperti berikut ini:

scale. 3.2. . item. Semua data variabel/atribut kemudian dimasukkan ke dalam boks item. dan scale if item deleted kemudian continue. Setelah itu klik Statistic di bagian kanan bawah kemudian checklist descriptive for .

Kemudian klik OK maka akan ditampilkan hasil seperti berikut: 5. Interpretasi: Berdasarkan uji reliabilitas yang dilakukan. Nilai corrected item-total correlation mengindikasikan bahwa item no. Dengan demikian data yang digunakan adalah valid dan memiliki reliabilitas yang baik.450 dan 0.6 pada selang kepercayaan 5%.(yoz) .3 dan item no. nilai Uji Statistik Cronbach Alpha adalah sebesar 0.5 memiliki tingkat reliabilitas yang baik dengan nilai berturutturut sebesar 0.30 (azwar.4. dengan demikian skala yang akan digunakan untuk mewakili reliabilitas skala dalam penelitian. 1999).607. artinya bahwa hasil tersebut lebih besar daripada 0.372 karena lebih dari 0.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful