P. 1
Format Soal Ulangan Harian

Format Soal Ulangan Harian

|Views: 576|Likes:
Published by el_hamka

More info:

Published by: el_hamka on Nov 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/31/2011

pdf

text

original

YAYASAN AL-MUSLIM JAWA TIMUR SMA INSAN CENDEKIA AL-MUSLIM SIDOARJO Jl.

Raya Wadung Asri 39 F Sidoarjo, Jawa Timur 61256 Ulangan Harian I TAHUN PELAJARAN 2010/2011 LEMBAR SOAL Mata Pelajaran : Fisika Kelas/Semester : X / Gasal Hari/Tanggal : Jumat/ 12 Oktober 2010 Waktu : 45 menit Petunjuk Umum : 1. Bacalah Basmalah, kemudian tulis nama dan nomor tes Anda pada lembar jawaban 2. Periksalah dan bacalah soal-soal dengan teliti sebelum menjawab 3. Dahulukan menjawab soal-soal yang Anda anggap mudah Petunjuk Khusus : Hitamkan bulatan pada lembar jawaban yang anda anggap benar dengan menggunakan pensil 2B

A. Soal Pilihan Ganda Sejarah berasal dari Bahasa Arab, yaitu« a. Syajarotun b. Shajaroh c. Story d. Geschichte e. Pohon Kehidupan 2) Dalam bahasa Yunani terdapat kata historia yang pada mulanya artinya sama dengan .... a. kebudayaan b. kisah c. kronik d. ilmu pengetahuan e. teknologi 3) Peristiwa sejarah adalah peristiwa abadi maksudnya«. a. Belajar sejarah berarti hanya mempelajari peristiwa saja b. Setiap sejarah pasti tidak akan terulang lagi c. Penjajahan hanya satu kali, sesudah itu merdeka d. Sejarah kerajaan hanya satu kali selamanya e. Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa 4) Peristiwa sejarah adalah peristiwa unik maksudnya peristiwa«. a. Aneh 1)

b. c. d. e.

Sepanjang masa Khusus Yang menyangkut seluruh umat manusia Hanya satu kali terjadi dan tidak pernah terulang

5) Peristiwa dalam sejarah dikatakan kekal karena«. a. Peristiwa tersebut hanya sekali terjadi dan bersifat tetap serta dikanang sepanjang masa b. Peristiwa sejarah dapat berubah-ubah sesuai dengan selera penulisnya c. Peristiwa sejarah selalu mengungkapkan kebaikankebaikan yang abadi d. Peristiwa tersebut bisa diulang-ulang e. Peristiwa tersebut memiliki bahasan yang yang jelas 6. Sebuah peristiwa dapat dianggap sebagai sejarah bila . . a. tidak ada yang mencatat peristiwa tersebut b. ada yang mengingatnya c. peristiwa itu lumayan penting d. membuktikan bahwa peristiwa tersebut benarbenar memengaruhi kehidupan masyarakat luas e. dikisahkan oleh seorang abdi istana 7) Hasil kebudayaan perunggu yang ditemukan di Indonesia adalah««. a. Kapak Corong

3. e. 1.5 dan 6 d. Kapak Beliung e. bangsa yang dapat memperkokoh rasa cinta tanah air Kita dapat meramal peristiwa-pristiwa yang akan terjadi pada waktu yang akan dating ilmu dengan 4) e. b. Sejarah sebagai pernyataan pendapat Sejarah sebagai pendidikan penalaran dikategorikan mempelajari sejarah adalah sebagai berikut. Ujung mata panah. 1.4. c.4 dan 5 b.2.2. memiliki objek memiliki empiris memiliki teori d. 1. c. Sejarah dapat menjadi guru yang baik Sejarah merupakan ingatan kolektif suatu d. b. 1. yang menempatkan ciri sejarah dalam keilmuan sebagai pengalaman manusia adalah . . d. e. b.4. Kapak genggam Yang merupakan mesolitikum adalah« a.3. a. . Alat-alat dari tulang dan tanduk rusa 6.3.3. . b.4 dan 6 c. 3. Kapak Penetak c. d. 9) Mesolitikum Paleolitikum Neolitikum Megalitikum Panteolitikum 2) a. Kapak pendek 5.5 dan 6 e. zaman 3) Mempelajari peristiwa yang terjadi pada masa lampau Menyelidiki berbagai peninggalan manusia di masa lampau Dapat dijadikan pedoman hidup suatu bangsa dan Negara Sejarah tidak pernah lepas dari masa lalu Sejarah mempelajari yang dapat kehidupan dipetik dari masyarakat dari masa lampau alat-alat kebudayaan Manfaat-manfaat kecuali«. c. 1) Bersifat empiris Bersifat imajinatif Memiliki objek Memiliki metode Memiliki generalisasi Sejarah bisa beberapa cirinya.5 dan 6 10) Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu adalah«. memilii eksistensi memiliki metode Pengetahuan sejarah manjadi sangat penting di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. e. d. b. Kapak Lonjong d. Kita dapat menilai peristiwa-peristiwa yang merupakan keberhasilan dan peristiwa-peristiwa yang merupakan kegagalan b. Kita dapat memberikan kesadaran akan waktu yang terus berjalan Salah satu guna intrinsic sejarah adalah a. 2. 1. a. c.2. Batu penggilingan (pipisan) 4. c. e. a.3. Flaces (alat serpih) 2. karena«.b. Kapak Persegi 8) Kjokken Moddinger atau bukit-bukit kerang hasil sampah dapur dan Abris Sous Roche merupakan bukti sejarah pada masa« a. .

Burry Dithley Syajaroh Sajaratun History Syajarotun d. 7) Yang bukan merupakan ciri sejarah sebagai ilmu adalah«. dan dapat 4) dipertanggungjawabkan Peristiwa sejarah hakekatnya tidak mungkin diamati sebagai peristiwa Kejadian masa lampau untuk pijakan masa kini Peristiwa disusun secara sistematis dengan metode kajian ilmiah Semua jawaban tidak ada yang benar 5) b. b. c. yaitu« f. Istoria d. b. . d. Shajaroh Geschichte Pohon Kehidupan Semua peristiwa yang akan terjadi Peristiwa pada masa lampau dalam kehidupan manusia yang hanya sekali terjadi c. Pernyataan ini dikemukakan oleh«. Sejarah hasil karya para peneliti yang ditulis b. Polybios Homerus Anaximandros Thucydides e. d. e. g. a.c. b. c. d. e. Bersifat empiris Bersifat imajinatif Memiliki objek Memiliki metode Memiliki generalisasi 8) Sejarah pada intinya adalah«. 8) Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu adalah«. c. a. Syajaratun e. York 6) Sejarah sebagai ilmu memiliki ciri-ciri sebagai berikut. b. Memiliki obyek kajian Memiliki metode kerja Bersifat empiris Bersifat objektif Bersifat imajinatif 6) Kata yang memiliki arti masa lampau adalah«. b. Spencer Powell Comte e. d. Story g. f. d. kecuali« a. h. Sejarah sebagai ilmu adalah«. c. h. a. Story e. Bersifat empiris Memiliki objek Berubah menurut waktu Memiliki metode Memiliki teori 7) Sejarah berasal dari Bahasa Arab. Gesture Tarikh Dari kata-kata berikut yang merupakan padanan dari kata sejarah adalah« a. a. c. e. c. tidak kurang dan tidak lebih. e. j. Herodotus d. 5) Sejarah sebagai pendidikan moral Sejarah sebagai latar belakang Sejarah sebagai pendidikan masa depan 3) Seorang filsuf dan sejarawan yang telah berjasa besar dalam mentransformasi tradisi lisan menjadi tradisi sejarah tulisan sebagai karya sejarah adalah«. a. Istor d.. b. i. c. Cerita tentang masa lampau e. a. Istoria Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan.

a. c. e. c. silsilah manusia b.. . kronik 14) Dalam bahasa Yunani terdapat kata historia yang pada mulanya artinya sama dengan . Spanyol Belanda Italia e. Cerita rakyat yang disampaikan secara turun-temurun Cerita kepahlawanan a. b. . kebudayaan d. . d. Taufik Abdullah Edward Hallet Carr Robert V. 1.d. h. . Swiss Jerman d. a. c. e. . Peristiwa menyangkut tersebut kehidupan 11) Makna harfiah sejarah sebagai sesuatu yang telah terjadi. Bank Muhammad Ali Sir Charles Firth 10) Pernyataan yang tepat tentang sejarah adalah«. a. . . Istilah sejarah berasal dari Bahasa Inggris History Pohon Kehidupan Masa lampau umat manusia Sesuai yang telah terjadi Informasi Pencarian informasi Sejarah berasal dari Bahasa Arab Syajarotun kehidupan b. 9) yang berarti«. teknologi ilmu pengetahuan 15) Tokoh yang menyatakan bahwa sejarah sebagai rekaman kehidupan manusia adalah. d. f. a. Berikut ini ciri-ciri peristiwa yang dapat dogolongkan sebagai peristiwa sejarah. J. e. b. Sejarah merupakan kisah turuntemurun yang bisa digambarkan dalam bagan pohon c. d. syajaratun history geschicht e. . Peristiwa tersebut 12) Sejarawan yang menyatakan bahwa sejarah ialah kenangan pengalaman umat manusia adalah . kronik d. d. Sejarah adalah ilmu yang mempelajari semua peristiwa masa lampau Sejarah berasal dari Bahasa Inggris yang berarti garis keturunan Peristiwa dalam sejarah dapat terjadi berulang-ulang yang berarti pohon g.. c. . kisah e.. Heredotus Ismaun C. a.. a. . Peristiwa tersebut terjadi berulang-ulang 13) Sejarah mempunyai arti terjadi dari kata geschieden yang berasal dari . e. e. . terdapat pada kata . Peristiwa tersebut terjadi pada masa lampau c. b. c. b. Daniels Muhammad Yamin Poerwadarminta berpengaruh besar pada zamannya dan zaman- zaman berikutnya d. kecualai«. b..

Khusus d. yaitu«. Masa lampau. benda hidup tidak bergerak dan benda mati d. Sejarah hanya satu kali terjadi bersifat unik kali. Semua jawaban benar 3. Peristiwa menyangkut keselamatan manusia b. a. sesudah itu merdeka i. Hanya satu kali terjadi dan tidak pernah terulang 6. Semua jawaban benar 5. Penjajahan hanya satu sejarah berarti mempelajari seluruh umat manusia e. Sejarah maksudnya«. a. Peristiwa sejarah adalah manusia 4. Benda hidup. Belajar hanya peristiwa saja g. Sejarah alam. Peristiwa merupakan sejarah peristiwa yang tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa . Sejarah kerajaan hanya satu kali selamanya j. darat dan udara e. a. sekarang dan yang akan dating b. f. Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang penting sebab«. Peristiwa mambawa untuk masyarakat penyelamatan Negara d. Peristiwa momentum mempunyai orang banyak e. Setiap sejarah pasti tidak akan terulang lagi h. Peristiwa tersebut hanya sekali terjadi 2. Dalam Sejarah ada tiga aspek. Sepanjang masa c. Yang menyangkut sejarah unik adalah maksudnya arti menjadi karena bagi peristiwa abadi maksudnya«. a. Alam dalam laut. Sejarah merupakan ilmu pengetahuan b.e. Peristiwa peristiwa peristiwa«. Aneh b. Peristiwa kepentingan dunia c. dan bumi c.

ruang dan waktu c. a. Peristiwa sejarah selalu mengungkapkan kebaikan-kebaikan abadi d. a. Sejarah kembali bisa terulang 9. Lingkungan d. peristiwa penting i. Unsur sejarah adalah«. Ruang. Peristiwa tersebut bisa j. . Peristiwa memiliki bahasan yang yang jelas . Empiris 11. Sejarah pengalaman waktu dan didasarkan manusia. Manusia 10. Apatis c.c. Peristiwa sejarah dapat berubah-ubah sesuai dengan selera penulisnya c. f. Merupakan imajinasi 7. . Sebuah peristiwa dapat dianggap sebagai sejarah bila . Peristiwa tersebut hanya sekali terjadi dan bersifat tetap serta dikanang sepanjang masa b. manusia e. peristiwa d. Manusia. Masa lalu c. Alam. a. Eksperimen b. memengaruhi masyarakat diulang-ulang e. Obyek kajian dalam sejarah adalah«. Peristiwa dalam sejarah e. Alam semesta e. a. tersebut yang peristiwa tersebut benarbenar kehidupan luas dikisahkan oleh seorang abdi istana 12. Kekal d. Manusia. ruang dan lingkup dan sejarah bersifat«. alam dan waktu b. Waktu. Peristiwa b. ada yang mengingatnya h. Tidak berubah-ubah e. Semu lingkungannya 8. Untuk mengungkap kehidupan manusia pada masa lampau. membuktikan bahwa itu lumayan dikatakan kekal karena«. . pada berarti d. tidak ada yang mencatat peristiwa tersebut g.

.. tempat peristiwa terjadi c. adanya hubungan sebab akibat sejarah b. yaitu 3. Sejarah Dunia e. Revolusi Perancis e. a... Sejarah Geografi b. Sejarah Pulau pada masa lampau e. Sejarah Lokal d.sejarah telah menformulasikan dalam lima pertanyaan. a. Ketatanegaraan c. Revolusi Hijau b. peristiwa yang terjadi berikutnya ini merupakan pengertian dari sejarah apa? a. Sejarah Nasional e. . Revolusi Bunga c. sejarah yang mengulas peristiwa yang telah terjadi hanya meliputi suatu daerah dan tidak menyebar ke daerah lain. a. Sejarah Sosial d. salah satunya ialah how. proses terjadinya dalam peristiwa peristiwa sejarah d. Revolusi Agraria 1) Sebutkan 3 syarat sejarah dapat dikatakan sebagai sejarah Nasional ? 2) Sebutkan 3 tujuan periodesasi sejarah ! 3) Sebut dan 3 jelaskan hasil kebudayaan zaman Megalithikum ! 4) Sebut dan jelaskan 3 klasifikasi fakta berdasarkan sifatnya! 5) Sebutkan 3 syarat hal-hal yang diperhaatikan sejarawan untuk medapatkan bukti dan faakta sejarah yang benar! Sejarah . Sejarah Politik b. jadi peristiwanya hanya untuk daerah yang bersangkutan dan masalah yang dimuat biasanya awal suatu daerah seperti asal-usul daerah bersangkutan perkembangan sampai daerah itu kepada masa menunjuk kepada . waktu terjadinya peristiwa sejarah 1. Revolusi Industri d. Di bawah ini adalah salah satu peristiwa sejarah sosial. Jenis sejarah yang mencakup Essay ! kawasan yang lebih luas dari sejarah lokal adalah«. Sejarah Nasional 2.. kecuali.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->