P. 1
Hindu Buddha

Hindu Buddha

|Views: 115|Likes:
Published by Irwin Ardiyafsya

More info:

Published by: Irwin Ardiyafsya on Nov 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/30/2012

pdf

text

original

Masuk dan berkembangnya Agama Hindu Buddha di Indonesia

A. Munculnya agama Hindu Agama Hindu berawal dari percampuran kepercayaan dari bangsa Dravida dan bangsa Arya yang pada saat itu tinggal di daerah sekitar sungai Gangga dan Sungai Yamuna di India. Dari percampuran kepercayaan antara kedua bangsa tersebut timbul bangsa Hindu. Bangsa inilah yang akhirnya melahirkan agama Hindu. Karena kesamaan kepercayaan mereka yaitu dengan memuja banyak dewa polytheisme. Adapun kitab yang dipakai oleh agam a Hindu adalah kitab Weda. Kitab ini terbagi menjadi 4 kitab, yaitu Regweda, Samaweda, Yajurweda, dan Atharwaweda. Ada tiga dewa utama dalam agama Hindu disebut Trimurti, yang terdiri dari Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa. Di ajaran agama Hindu mengenal kasta yaitu, Brahmana(pendeta), Ksatria(raja,dll), Waisya(pedagang,dll), dan Sudra(petani). B. Munculnya Agama Buddha Agama Buddha ini lahir karena perlawanan atau reaksi dari ajaran Hindu yang memiliki kasta kasta. Jadi, agama ini tidak mempercayai adanya kasta, semua dianggap sederajat. Pembawa ajaran ini adalah Sidharta Gautama. Ia adalah seorang putra dari raja di kerajaan Kapilawastu. Ia meninggalkan kerajaannya dan melepas semua kemewahannya untuk mendapat penc erahan hidup. Kemudian, ia bertapa di bawah pohon (seperti beringin) dan akhirnya mendapat Bodhi (penerangan sempurna). Sejak saat itu pohon itu dinamakan pohon Bodhi. Pohon ini berada di kota Bodhi-Gaya. Pertama kali Sidharta mengajarkan agamanya yaitu di Tama Rusa di Desa Sarnath. Kitab yang digunakan agama Buddha adalah Tripitaka (tiga keranjang). Kitab ini mempunyai tiga bagian, yaitu Vinayapitaka(aturan kehidupan), Suttapitaka(dasar pelajaran) , dan Abdidharma-pitaka(filsafat agama). Kelahiran, menerima bodhi, dan wafatnya Sidharta Gautama terjadi pada saat yang sama,yaitu pada bulan purnama di bulan Mei.

juga ditemukannya arca arca Buddha yang terbuat dari perunggu di daerah Sempega. yaitu : i Teori Waisya Teori ini menyatakan bahwa ajaran agama Hindu dilakukan oleh kaum kasta Waisya yaitu kaum pedagang. Teori ini yang paling memungkinkan tersebarnya agama hindu di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan penemuan patung Buddha terbu at dari perunggu di Jember. i Teori Arus Balik Teori ini maksudnya adalah para pedagang Indonesia yang berlayar ke India dan mengambil ajaran agama Hindu dan menyebarkan di tanah air.C. Jawa timur dan di Sulawesi Selatan. i Teori Ksatria Teori ini menyatakan bahwa ajaran agama Hindu dilakukan oleh kaum kasta Ksatria. Proses masuk dan berkembanganya agama Hindu di Indonesia Proses masuknya agama Hindu ke wilayah Indonesia meniurut para ahli melalui 4 teori. Sulawesi Selatan. D. Yang mana kedatangan mereka diundang o leh kepala suku yang tertarik de ngan ajaran agama Hindu ini. Para ksatria yang kalah melarikan diri ke wilayah Indonesia dan mendirikan kerajaan sekaligus mengajarkan agama Hindu. Selain itu. . i Teori Brahmana Teori ini menyatakan bahwa ajaran agama Hindu dilakukan oleh kaum kasta Brahmana. Proses masuk dan berkembangnya agama Buddha di Indonesia Proses masuknya ajaran Buddha diawali dengan adanya misi yang disebut dharmadhuta. Awal tersiarnya agama Buddha ini diperkirakan sejak abad ke-2 M.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->