Kesalahan dalam Sholat

:
1. Meninggalkan Sholat, QS Mudatsir:42-43 : Apa yang menyebabkan kamu masuk neraka?Kami tidak termasuk mereka yang mendirikan sholat Menunda Sholat,QS Annisa:103 : Sesungguhnya sudah telah ditetapkan bagi mereka yang telah beriman tepat pada waktunya (mawqut) Tidak sholat berjamah di masjid(bagi laki-laki), Rasulullah SAW: Barangsiapa mendengar panggilan adzan tetapi kemudian tidak menjawabnya dengan mendatangi sholat berjamaah, maka tidak ada sholat baginya kecuali dengan alasan tertentu yang pasti (HR Ibnu Majah, sanad sesuai dengan riwayat Muslim).Rasulullah SAW: Sekiranya jika dalam rumah tersebut tidak ada wanita yang sholatnya lebih baik dilakukan di rumah dan anak-anak yang belum baligh,maka akan aku bakar rumah itu dikarenakan ada seorang laki-laki muslim yang tidak ikut sholat di masjid Tidak tuma`ninah,Ini adalah kesalahan umum yang jarang diperhatikan.Makna tuma`ninah itu sendiri yaitu seseorang yang sholat,diam dalam ruku`,i`tidal ,sujud dan duduk di antara dua sujud.Tidak boleh terburu-buru dua gerakan dalam sholat diman setiap ruas-ruas tulang ditempatkan pada tempatnya dengan sesuai. Tidak Khusu`,Khusu` hanya bisa dilakukan dalam keadaan tuma`ninah di setiap gerakan sholat dan merasa rendah diri di hadapan Allah. Mendahului imam,Hal ini membatalkan sholat bagi siapa saja yang ruku` sebelum imam ruku`,juga untuk rukun-rukun yang lain.Makmum wajib mengikuti imam.Rasulullah SAW: Sesumgguhnya imam untuk diikuti keseluruhannya.Jika dia bertakbir maka bertakbirlah,da janganlah bertakbir sampai dia bertakbir,dan jika dia ruku` maka ruku`-lah da jangan ruku` sampai dia ruku` (HR Abu Dawud) Menyempuranakan sholat sebelum tasyahud,Seseorang yang tertinggal rekaat sholat yang harus menyelesaikan rekaat yang tertinggal itu harus menunggu sampai imam mengucapkan salam ke kanan dan ke kiri. Melafalkan niat,hal ini merupakan bid`ah.Rasulullah SAW tidak melafalkan niat dengan keras.Tidak ada satu riwayat yang shahih yang menjelaskan hal tersebut Tidak membaca Al fatihah,Rasulullah SAW: Siapapun yang mengerjakan sholat tanpa membaca Alfatihah,maka sholatnya batal. Beliau mengulangi itu tiga kali (HR Muslim).Namun dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dijelaskan bahwa selama seorang makmum masih bisa mengikuti ruku` bersama imam(sebelum imam i`tidal) maka makmum tersebut masih termasuk mengikuti rekaat tersebut walaupun belum sempat membaca Al fatihah. 2. 3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10. Membaca Alqur`an ketika ruku` dan sujud.Rasulullah SAW: Saya dilarang membaca Alqur`an selama ruku` atau dalam sujud (HR Muslim)

Pakaian tembus pandang. Menyela orang yang sedang sholat. 14. tertawa. Hal ini dilarang karena akan menggangu. Hal ini mengurangi kekhusyu`an 21. . Tidak mengucapkan takbiratul ikhram.Rasulullah SAW: Hati-hati dengan berputar atau melihat sekeliling dalam sholat karena hal itu adalah perusakan(terhadap sholat). Menutup mata. 20. tidak ikut imam. (HR Tirmidzi) 13. 18. Sujud dengan siku di tanah dan duduk pada satu paha selam sholat.Aurat wanita dalam sholat adalah seluruh tubuhnya kecuali wajahnya.Rasulullah SAW: Jika kamu datang untuk sholat sedang kami sedang sujud maka sujudlah .Dilarang sujud dengan siku menempel di tanah. Makan .11.Ulama ada yang berpendapat bahwa pakaian yang dikenakan jika tipis dan warna kulit terlihat yang mana ini menjadi perhatian bagi orang yang ada di belakangnya. 19. Bersuara keras. Memainkan pakaian .Para ulama berbeda pendapat mengenai menutup mata saat sholat termasuk makruh atau diperbolehkan dengan tujuan agar dapat khusu` saat shalat 22. minum . lalai sholat. Berjalan di depan orang yang sholat.Ini adalah kesalahan besar karena takbiratul ikhram adalah rukun dari sholat. 15. (HR Ahmad).QS Al A`raf:31 : Wahai anak cucu adam!pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap memasuki masjid .Dianjurkan bahwa seseorang cukup bersuara untuk didengarkan oleh dirinya sendiri.Ini adalah dosa bagi orang yang lewat di depan orang yang sedang sholat.Namun tidak masalah jika ia juga menutup wajahnya (memakai cadar). jam .Rasulullah SAW: Cegahlah orang-orang untuk mengangkat pandangan ke atas atau biarkan pandangan mereka tidak kembali lagi (HR Muslim) 12.Rasulullah SAW: Seluruh tubuh wanita adalah aurat 16.duduk di paha seperti seekor anjing . 17. 24. dan sebagainya.Kesibukan apapun yang melalaikan dari sholat maupun menunda atau malas dan sengaja melambat-lambatkan adalah dilarang.Diriwayatkan oleh Abu Dawud. Melihat sekeliling. Terlambat. Sibuk.hal ini dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi.Adalah paling tepat dan paling meyakinkan bagi seseorang yang memasuki masjid untuk mengikuti imam pada posisi yang bagaimanapun juga.maka hal ini dilarang. Menengadahkan muka.Diriwayatkan juga oleh Tirmidzi dan yang lainnya dari Jabir yang disampaikan secara marfu`: Jika kamu sujud maka luruslah dan jangan merenggangkan tangan-tangan seperti duduknya seekor anjing . Perbuatan tersebut membatalakan sholat 23.dan melihat sekeliling seperti seekor rubah. Wanita tidak menutupi kepala dan kaki.Abu Hurairah: Shahabat karibku (Rasulullah SAW) melarangku dalam tiga hal:melarangku menungging seperti ayam jantan (hanya menyentuhkan kepala dalam sujud).

Hal ini bertentangan dengan sunnah Rasulullah yang masyhur yang disampaikan oleh sebagian besar shahabat 29.karena sesungguhnya aku ini melihat kalian dari belakang punggungku.dua telapak tangan .karya Shalih bin Abdul Aziz bin Muhammad Alu Syaikh.Rasulullah SAW telah memerintahkan bersujud dengan tujuh anggota tubuh dan tidak mengangkat rambut atau pakaian dahi (termasuk hidung).Pustaka Arafah . Membunyikan persendian.Hal ini tidak sesuai dengan sunnah karena Rasulullah mencontohkan saat menyedekapkan tangan yaitu berada pada tengah-tengah dada. Ceroboh dalam membaca Al fatihah. Mengangkat tangan sambil takbir ketika sujud. 31. Imam yang tergesa-gesa. menurut sunnah bahwa shof untuk laki-laki adalah di depan wanita.Rasulullah SAW: Dirikanlah (aturlah) shof-shof kalian. shahabat Anas berkata: Dan adalah seorang diantara kami menempelkan pundaknya dengan pundak temannya dan (menempelkan) telapak kakinya denagn telapak kaki temannya. Hal ini dapat menjadikan gerakan sholat makmum menjadi tidak tuma`ninah 30. Ibnu Abbas shahabat Rasulullah SAW: Aku sholat di di samping Rasulullah SAW dan aku membunyikan persendianku. dan dua telapak kaki.Selesai sholat dia berkata.sesuai dengan hukum-hukum bacaannya) 37. Tidak meluruskan shof.dua lutut. Rasulullah SAW: Imam bagi manusia adalah yang paling baik mambaca Alqur`an (HR Muslim) 36.Kriteria lurusnya shof sehingga sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW adalah dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori. 32. Menjadi imam padahal tidak layak. Tidak mempelajari tata cara sholat. 28. 27.QS Muzammil:4 : Bacalah Alqur`an dengan tartil(benar.25. Semoga kamu kehilangan ibumu! Kamu membunyikan persendian ketika kamu sholat. 34. 38. Hal ini cukup sering terjadi yang seharusnya mendapat perhatian. Laki-laki sholat di belakang wanita. Sujud dengan mengangkat kaki. Bacaan Alqur`an tidak sempurna. Wanita yang berdandan masuk ke masjid. 33. Meletakkan tangan di leher saat menyedekapkan tangan. Sujud tidak sempurna. Menyilangkan jari-jemari 35. 26. Ketidak pahaman dalam hal ini akan membuat seorang muslim menjadi tidak hati-hati terhadap apa yang membatalkannya dan yang merusak sholatnya.Rasulullah SAW: Jangan larang perempuan yang hatinya melekat pada Allah untuk memasuki rumah-rumah Allah dan biarkan mereka keluar dengan tafilat (tidak mempercantik diri dengan perhiasan dan minyak wangi) *Sumber:Buku 40Kesalahan dalam Shalat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful