P. 1
Validitas Dan Reliabilitas

Validitas Dan Reliabilitas

|Views: 6,005|Likes:
Published by Rizky Kurnia

More info:

Published by: Rizky Kurnia on Nov 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

VALIDITAS & RELIABILITAS INSTRUMEN

Oleh : 1. 2. 3. Dwi Asih Retnosari Rizky Kurniasih Christanti Ratna S.

Validitas
‡ Azwar (2000 : 5) mengartikan validitas sebagai sejauhmana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsinya. ‡ Validitas menunjukkan seberapa nyata suatu pengujian mengukur apa yang seharusnya diukur. ‡ Validitas berhubungan dengan ketepatan alat ukur untuk melakukan tugasnya mencapai sasaran serta berhubungan dengan tujuan dari pengukuran.

Macam-Macam Uji Validitas 
Validitas Internal  Validitas eksternal

Validitas Internal
‡ Menujukkan kemampuan dari instrumen riset mengukur apa yang seharusnya diukur dari suatu konsep. ‡ Menurut Jogianto (2004:126), Validitas Internal terdiri dari : a. Validitas Isi (Content Validity) b. Validitas berhubungan dengan Kriteria (Criterion-related Validity) c. Validitas Konstruk (Construck Validity)

Validitas Internal
Terdiri dari : 
Validitas Isi (Content Validity) Menunjukkan tingkat seberapa besar itemitem-item di instrumen mewakili konsep yang diukur. Validitas ini memuat tes yang menguji isi yang relevan dengan tujuan yang akan diukur. Validitas berhubungan dengan Kriteria Validitas ini digunakan untuk mengukur perbedaan-perbedaan perbedaanindividual berdasarkan kriteria yang digunakan.

Validitas Konstruk (Construct Validity) Menunjukkan seberapa baik hasil-hasil hasilyang diperoleh dari penggunaan suatu pengukur sesuai dengan teori-teori yang teoridigunakan untuk mendefinisikan suatu konstruk.

VALIDITAS EKSTERNAL
‡ Dilakukan dengan membandingkan (untuk mencari persamaan) antara kriteria yang ada pada instrumen dengan fakta-fakta empiris yang terjadi di lapangan ‡ Instrumen penelitian yang mempunyai validitas eksternal yang tinggi akan mengakibatkan hasil penelitian mempunyai validitas eksternal yang tinggi pula. Untuk meningkatkan validitas eksternal instrument, maka dapat dilakukan dengan memperbesar jumlah anggota sampel.

RELIABILITAS
‡ Menurut Jogianto (2004:132), realibilitas adalah tingkat seberapa besar suatu pengukur mengukur dengan stabil dan konsisten. ‡ Menurut Mudrajad Kuncoro (2003:154) ´Realibilitas menunjukkan konsistensi dan stabilitas dari suatu skor (skala pengukuran)µ. pengukuran)µ ‡ Reabilitas didefinisikan sebagai keterandalan alat ukur yang dipakai dalam suatu penelitian, apakah kita benar-benar dapat mengukur benardengan tepat sesuai dengan instrumen yang dimiliki.

Macam-macam Uji Reliabilitas
‡ Internal Consistency, terdiri dari : - Alpha Cronbach - Teknik Belah Dua (Split Half) - Kuder Richardson (KR20 dan KR21) ‡ Pengujian Reliabilitas Eksternal. Terdiri Eksternal. dari : - Test Retest - Ekuivalen - Gabungan

Pengujian Reliabilitas Eksternal Test Retest Reliability 
Instrumen penelitian yang reliabilitasnya diuji dengan test retest dilakukan dengan cara mencobakan alat ukur beberapa kali kepada responden. Jadi dalam hal ini instrumennya sama, respondennya sama dan waktunya berbeda.

Equivalen 

Pengujian reliabilitas alat ukur dengan cara ini cukup dilakukan sekali, tetapi intrumennya berbeda, pada responden yang sama, waktu yang sama.

Gabungan  Pengujian reliabilitas ini dilakukan dengan cara mencoba dua alat ukur yang ekivalen itu beberapa kali ke responden yang sama. Merupakan gabungan dari test retest realiability dan ekuivalen.

Internal Consistency
Pengujian reliabilitas alat ukur Internal Consistency, dilakukan dengan cara mencoba alat ukur cukup hanya sekali saja, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik tertentu. tertentu. Teknik tersebut antara lain :
‡ Alpha Cronbach ‡ Split half method ‡ Rumus Spearman Brown ‡ Rumus KR. 20 (Kuder Richardson) ‡ Rumus KR. 21 21

Alpha Cronbach
‡ Metode yang digunakan untuk menghitung reabilitas suatu tes yang tidak mempunyai pilihan µbenar¶ atau µsalah¶ maupun µya¶ atau µtidak¶.

Split Half method
‡ Metode perhitungan reabilitas yang dilakukan dengan cara memberikan suatu test pada sejumlah subyek yang kemudian tes tersebut dibagi menjadi dua bagian yang sama besar. Kedua hasil akan dibandingkan, dan apabila mendapat korelasi positif dan hasil korelasinya cukup tinggi, maka dapat dikatakan bahwa test tersebut adalah reliable. ¶.

Rumus Spearman Brown

ri

=

2rb 1 + rb

ri = reliabilitas internal seluruh instrumen rb = korelasi product moment antara belahan pertama dan kedua

Rumus KR. 20 (Kuder Richardson) KR.

ri

=
k pi qi st 2

k (k - 1)

St2 - piqi St2

= jumlah item dalam instrumen = proporsi banyaknya subyek yang menjawab pada item 1 = 1 - pi = varians total

Rumus KR. 21 KR.
k (k - )
k M st 2

-

M(k - M) k St

= jumlah item dalam instrumen = mean skor total = varians total

Perbedaan Validitas & Reliabilitas
‡ Validitas adalah sebuah proses yang harus dilalui instrumen agar dapat diketahui apakah instrumen yang sudah terkonstruksi telah mengukur item yang seharusnya diukur. ‡ Validitas berhubungan dengan ketepatan alat ukur untuk melakukan tugasnya mencapai sasaranya. Pengukuran dikatakan valid jika mengukur tujuannya dengan nyata atau benar.

Perbedaan Validitas & Reliabilitas
‡ Reliabilitas adalah sebuah proses yang harus dilalui instrumen untuk mengetahui kehandalan dari sebuah instrumen. ‡ Reliabilitas menunjukkan stabilitas dan konsistensi dari suatu instrumen yang mengukur suatu konsep. Suatu pengukur dikatakan realibel jika dapat dipercaya.

25 Pertanyaan
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. Bagaimana suatu hasil penelitian dapat disebut valid? Apa yang dimaksud dengan instrumen yang valid ? Jelaskan yang dimaksud dengan validitas ? Sebutkan dan jelaskan macam-macam validitas ? Bagaimana cara melakukan pengujian pada validitas eksternal? Apa yang dimaksud dengan validitas isi ? Bagaimana cara melakukan pengujian pada validitas isi ? Apa yang dimaksud dengan validitas konstruk ? Bagaimana cara melakukan pengujian pada validitas konstruk? Apa yang dimaksud dengan validitas yang berhubungan dengan kriteria ? 11. Bagaimana cara membedakan suatu penelitian suatu penelitian dapat disebut mempunyai validitas internal? 12. Bagaimana suatu penelitian dapat disebut mempunyai validitas eksternal?

25 Pertanyaan
13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. Bagaimana suatu hasil penelitian dapat disebut reliabel ? Apakah yang dimaksud dengan instrumen yang reliabel ? Apa yang dimaksud dengan realibilitas ? Sebutkan macam-macam pengujian dalam realiabilitas ? Bagaimana cara melakukan pengujian reliabilitas pada internal consistency? Sebutkan macam-macam teknik pengujian reliabilitas pada internal consistency ? Jelaskan yang dimaksud dengan teknik Alpha Cronbach? Bagaimana cara melakukan pengujian pada teknik Belah Dua (Split Half) ? Jelaskan yang dimaksud dengan teknik Kuder Richarson ? Jelaskan yang dimaksud dengan pengujian test retest ? Bagaimana cara melakukan pengujian pada Test Retest ? Bagaimana cara melakukan pengujian pada Ekuivalen ? Sebutkan perbedaan Validitas dan Reliabilitas ?

Jawaban
1. 2. 3. 4. Hasil penelitian dikatakan valid bila terdapat kesamaan antara data yang terkumpul dengan data yang sesungguhnya terjadi pada obyek yang diteliti. Instrumen yang valid berarti instrumen (alat ukur) tersebut dapat digunakan untuk mengukur apa yang seharusnya diukur. Validitas adalah kemampuan suatu alat ukur untuk mengukur sasaran ukurnya. Validitas terdiri dari Validitas Internal dan Validitas Eksternal. Validitas Internal menujukkan kemampuan dari instrumen riset mengukur apa yang seharusnya diukur dari suatu konsep. Validitas eksternal menunjukkan bahwa hasil dari suatu penelitian adalah valid yang dapat digeneralisasikan ke semua obyek, situasi dan waktu yang berbeda. Cara melakukan pengujian pada validitas eksternal yaitu dengan cara membandingkan (untuk mencari kesamaan) antara kriteria yang ada pada instrumen untuk dengan fakta-fakta empiris yang terjadi dilapangan. Validitas isi yaitu validitas yang menunjukkan tingkat seberapa besar item-item di instrumen mewakili konsep yang diukur. Validitas isi dilakukan dengan membandingkan antara isi instrumen dengan materi pelajaran yang telah diajarkan. Validitas konstruk yaitu validitas yang menunjukkan seberapa baik hasil-hasil yang diperoleh dari penggunaan suatu pengukur sesuai dengan teori-teori yang digunakan untuk mendefinisikan suatu konstruk.

5.

6. 7. 8.

Jawaban
9. 10. Dalam melakukan pengujian pada validitas kosntruk dapat digunakan pendapat para ahli (jugdement experts), dimana para ahli diminta pendapatnya tentang instrumen yang telah disusun. Validitas yang berhubungan dengan kriteria adalah validitas yang digunakan untuk mengukur perbedaan-perbedaan individual berdasarkan kriteria yang digunakan. Penelitian yang mempunyai validitas internal, apabila data yang dihasilkan merupakan fungsi dari rancangan dan insrumen yang digunakan. Penelitian mempunyai validitas eksternal, apabila hasil penelitian dapat diterapkan pada sampel yang lain, atau hasil penelitian itu dapat digeneralisasikan. Hasil penelitian dikatakan reliabel bila terdapat kesamaan antara data dalam waktu yang berbeda. Instrumen yang reliabel adalah instrumen yang bila digunakan beberapa kali untuk mengukur obyek yang sama, akan menghasilkan data yang sama.

11.

12.

13. 14.

Jawaban
15. Reliabilitas adalah sejauhmana hasil pengukuran dari suatu instrumen mewakili karakteristik yang diukur. 16. Macam-macam pengujian dalam reliabilitas yaitu : internal consistency dan reliabilitas eksternal yang terdiri dari test-retest, ekuivalen, gabungan keduanya. 17. Internal consistency dapat dilakukan dengan cara mencobakan instrumen sekali saja, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik tertentu. 18. Macam-macam teknik dalam internal consistency antara lain : alpha cronbach, teknik belah dua (split half), KR 20, KR 21. 19. Alpha cronbach adalah metode yang digunakan untuk menghitung reabilitas suatu tes yang tidak mempunyai pilihan µbenar¶ atau µsalah¶ maupun µya¶ atau µtidak¶.

Jawaban
20. Teknik belah dua (split half) dilakukan dengan cara memberikan suatu test pada sejumlah subyek yang kemudian tes tersebut dibagi menjadi dua bagian yang sama besar. 21. Teknik Kuder Richardson adalah teknik yang mengukur respon subyek pada item-item tes, sehingga disebut interitem consistency. Teknik ini dibagi menjadi 2 yaitu KR 20 dan KR 21. 22. Test retest adalah pengujian yang dilakukan untuk melihat stabilitas atau kekonsistensian alat tes dalam mengukur suatu karakteristik. 23. Test retest dilakukan dengan cara mencobakan instrumen beberapa kali pada responden, jadi dalam hal ini instrumennya sama, respondennya sama dan waktunya berbeda. 24. Ekuivalen dilakukan hanya sekali saja, tetapi instrumennya berbeda , pada responden yang sama dan waktu yang sama.

Jawaban
25. Validitas adalah sebuah proses yang harus dilalui instrumen agar dapat diketahui apakah instrumen yang sudah terkonstruksi telah mengukur item yang seharusnya diukur.Validitas berhubungan dengan ketepatan alat ukur untuk melakukan tugasnya mencapai sasaranya. Pengukuran dikatakan valid jika mengukur tujuannya dengan nyata atau benar. Reliabilitas Reliabilitas adalah sebuah proses yang harus dilalui instrumen untuk mengetahui kehandalan dari sebuah instrumen. Reliabilitas menunjukkan stabilitas dan konsistensi dari suatu instrumen yang mengukur suatu konsep. Suatu pengukur dikatakan realibel jika dapat dipercaya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->