qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwerty uiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasd fghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzx cvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmq Sejarah wertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyui Indonesia Pada Masa Reformasi opasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfg Nama Kelompok

: Fadhila Ika Sani hjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxc Fadia Nadila Innez Irma Luthfiana vbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmq Novarida Hidayanti Rahmi Ramadhani Wahyu Seto Syahputra wertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyui XII IPA 1 opasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfg SMAN 2 TANGERANG SELATAN 2010-2011 hjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxc vbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmq wertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyui opasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfg hjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbn mqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwert yuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopas

.

Selamat membaca . Kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Ibu Suryati selaku pengajar bidang studi Sejarah yang telah membimbing kami dalam proses penyusunan dan penyelesaian makalah ini. Kritik dan saran selalu kami harapkan untuk menunjang kebaikan untuk kita semua. Kami berterima kasih kepada teman -teman XII IPA 1 dan orang tua kami yang selalu memberikan motivasi dan semangat dalam membantu menyusun makalah ini. Akhir kata kami selaku penyusun meminta maaf apabila ada kesalahan kata yang tertulis dalam makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi yang membaca. para pembaca diharapkan dapat lebih memahami segala sesuatu mengenai Persatuan dan Kerukunan. Terima kasih pula kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini. Makalah ini berisi tentang Indonesia Pada Masa Reformasi. Tangerang Selatan. Dengan mambaca makalah ini.KATA PENGANTAR Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat -Nya kepada kita semua sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini. 4 Nopember 2010 Penyusun .

Terjadinya ketimpangan sosial yang sangat mencolok menyebabkan munculnya kerusuhan sosial. Pemerintahan orde baru tidak konsisten dan kosekuen terhadap tekad awal munculnya orde baru. Pada saat itu terjadi peristiwa Trisakti. Empat mahasiswa tersebut adalah Elang Mulya Lesmana. Hery Hariyanto. Muncul demonstrasi yang digerakkan oleh mahasiswa. ekonomi. Jelaskan beberapa faktor penyebab munculnya reformasi ? Penyebab munculnya ialah terjadi ketidakadilan dibidang politik. sementara kemi skinan rakyat terus meningkat. Keadaan terus memburuk. Keempat . Sejak tahun 1997 kondisi ekonomi Indonesia terus memburuk seiring dengan krisis keuangan yang melanda Asia. Hendriawan. Tuntutan utama kaum demonstran adalah perbaikan ekonomi dan reformasi total. 3.PERTANYAAN HALAMAN 50 1. Setelah orba memegang tampuk kekuasaan muncul suatu keinginan untuk terus mempertahankan kekuasaannya sehingga terjadi berbagai macam penyelewengan nilai -nilai Pancasila.Uraikan sebab-sebab jatuhnya pemerintah Orde Baru ! Penyebab utama runtuhnya kekuasaan Orde Baru adalah adanya krisis moneter tahun 1997. Penyelewengan itu dilakukan untuk melindungi kepentin gan para penguasa. KKN semakin merajalela. dan Hafidhin Royan. Demonstrasi besar-besaran dilakukan di Jakarta pada tanggal 12 Mei 1998. dan hukum. yaitu me-ninggalnya empat mahasiswa Universitas Trisakti akibat bentrok dengan aparat keamanan.

UU Antimonopoli. Presiden Soeharto berjanji akan mereshuffle Kabinet Pembangunan VII menjadi Kabi net Reformasi. y Krisis politik Ada kesan kedaulatan rakyat berada di tangan para penguasa. Dalam perkembangannya.mahasiswa yang gugur tersebut kemudian diberi gelar sebagai Pahlawan Reformasi .Pencabutan dwi fungsi ABRI (karena dilihat posisi tentara yang terlalu mengekang demokrasi. dengan agenda utama diantaranya : . Akhirnya meluaslah tuntutan reformasi. UU Susduk MPR. Peristiwa ini menandai berakhirnya kekuasaan Orde Baru dan dimulainya Orde Reformasi. Adanya penolakan tersebut menyebabkan Presiden Soeharto mundur dari jabatannya. Menanggapi aksi reformasi tersebut. sehingga sebagian besar anggota MPR itu diangkat berdasarkan iktana kekeluargaan(nepotisme). dan UU Antikorupsi.J. y Krisis hukum .Pemberantasan KKN (dengan pandangan dan anggapan bahwa Krisis dipicu oleh KKN) . Komite Reformasi belum bisa terbentuk karena 14 menteri menolak untuk diikutsertakan dalam Kabinet Reformasi. Hal itu menyebabkan terjadinya krisis politik. DPR. dan DPRD. UU Kepartaian. Para anggota DPR pada kenyataannya sudah diatur dan direkayasa. Selain itu juga akan membentuk Komite Reformasi yang bertugas menyelesaikan UU Pemilu. Habibie. dilihat dari penanganannya atas krisis fisik yang terjadi pasca krisis ekonomi) Akhirnya pada tanggal 21 Mei 1998 Preside n Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden RI dan menyerahkan jabatannya kepada wakil presiden B.

Peristiwa pengunduran diri Soeharto dan pengangkatan B.Pada Bulan Me i 1998 para mahasiswa meminta pertanggungjawaban Soeharto sebagai pemimpin Negara tertinggi pada saat itu. y Krisis kepercayaan Krisis multidimensi yang melanda Indonesia telah menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan Presiden Soeharto. Krisis ekonomi Indonesia berawal dari melemahanya nilai tukar rupiah terhadapa dollar Amerika Serikat. Hal ini membuat kepercayaan rakyat terhadap pemerinta orde baru semakin berkurang. Apakah terdapat kesamaan antara jatuhnya pemerintahan Orde Lama dan Orde Baru ? Jelaskan ! Terdapat kesamaan antara jatuhnya orde lama dan orde baru yaitu terjadinya penyelewengan.J.Pelaksanaan hukum pada masa pemerintahan orde baru terdapat banyak ketidakadilan. 4. Presiden Soekarno ditetapkan menjadi seumur hidup. Oleh karena itu. y Krisis ekonomi Krisis moneter yang melanda Negara-negara di Asia Tenggara sejak bulan Juli 1996. Habibie menjadi presiden menandai runtuhnya orde baru dan awal dari masa reformasi. dan meminta dia untuk mengundurkan diri. karena hakim -hakim harus melayani kehendak para penguasa. y Pada orde lama terjadi penyelewengan s eperti peristiwa NASAKOM. Ekonomi Indonesia ternyata belum mampu untuk mengahadapia krisis global tersebut. kekuasaan kehakiman yang dinyatakan pada pasal 24 UUD 1945 bahwa kehakiman memeliki kekuasaan yang merdeka dan terlepas dari kekuasaan pemerintah. Contohnya. . juga mempengaruhi perkembangan perekonomian Indonesia. dan presiden dapat membubarkan DPR. pengadilan sangat sulit mewujudkan keadilan bagi rakyat. Namun pada kenyatannya kekuasaan kehakiman berda di bawah kekuasaan eksekutif.

Masyarakat menghendaki adanya reformasi di bidang hukum agar dapat mendudukkan masalah-masalah hukum pada kedudukan atau posisi yang sebenarnya. Buatlah perbandingan pelaksanaan hukum pada masa pemerintahan Soeharto dan masa pemerintahan Habibi ? Pelaksanaan hukum pada masa pemerintahan Soeharto terdapat banyak ketidakadilan. dan Nepotisme. 7. Sejak munculnya gerakan reformasi yang dimotori oleh kalangan mahasi swa. Masyarakat menghendaki adanya reformasi di bidang hukum agar dapat mendudukkan masalah-maslah hukum pada kedudukan atau posisi yang sebenarnya. masalah hukum juga menjadi salah satu tuntutannya. ka rena merupakan tuntutan agar siap menyongsong era keterbukaan ekonomi dan globalisasi. . masalah hukum juga menjadi salah satu tuntutannya. Sejak munculnya gerakan reformasi yang dimotori oleh kalangan mahasiswa. dwifungsi ABRI. Hal itu merupakan siasat dari Orde Baru untuk mengelabui masyarakat atau DPR dalam mempermainkan aturan hukum. Kolusi. maka tampak jelas adanya karakter hukum yang mengebiri hak -hak rakyat. karena reformasi hukum ya ng dilakukannya mengarah kepada tatanan hukum yang didambakan oleh masyarakat.y Pada orde baru penyelewengan berupa maraknya kasus Korupsi. Presiden Habibie dalam mereformasi hukum mendapat sambutan yang baik dari berbagai kalangan masyarakat. Sedangkan Pada masa pemerintahan Habibie dilakukan reformasi di bidang hukum. Ketika dilakukan pembongkaran terhadap produk hukum atau undang-undang yang dibuat pada masa Orde Baru. Reformasi hukum hendaknya dipercepat untuk dilakukan. dan pembatasan kebebasan pers. Disesuaikan dengan aspirasi yang berkembang di masyarakat.

hal ini dikarenakan pemerintahanya juga yang tertutup dari ruang lingkup masyarakat 4. tetapi sangat bergantung kepada konfigurasi politik yang melahirkan undang -undang dan aturan hukum tersebut. Produk hukumnya lebih mencerminkan keinginan pemerintah yang bersifat politik-instrumentalis yaitu menjadi alat dalam pelaksanaan ideologi dan program negara. Dengan diberlakukannya undang-undang tersebut telah menutup pintu bagi pendapat yang berlawanan atau anggota MPR/ DPR yang vokal menyuarakan aspirasi rakyat. Sebagai hasilnya. Pelaksanaan hukum di zaman orba : 1. produk hukum pada masa pemerintahan Habibie sangat tidak mungkin untuk dapat menjamin atau memberikan perlindungan terhadap HAM.Karakter hukum cenderung bersifat konservatif. Sedangkan hukum ortodoks lebih tertutup terhadap kelompok-kelompok sosial maupun individu di dalam masyarakat. masyarakat tidak di izinkan mengeluarkan pendapat . pada mulanya Orde Baru melaksanakan sistem pemerintahan yang demokratis. Dengan demikian. berkembangnya demokrasi serta munclnya kreativitas masyarakat. ortodoks maupun elitis. Pelaksanaan hukum bersifat tertutup dan ortodoks. Tidak adanya ketidak adilan 2. Lembaga hukum dijadikan alat untuk memperkuat pemerintahan 3. tidak sedikit di anatar mereka yang vokal dimasukkan ke penjara sebagai akibat menyuarakan pendapat yang berbeda dengan keinginan penguasa. tetapi dalam perkembangan berikutnya menuju ke arah pemerintahan yang nondemokratis. Namun karakter hukum yang buruk itu tidak lahir begitu saja. Sementara produk hukum yang terkait dengan aturam politik khu susnya hukum tentang pemilu dikenal dengan paket 5 Undang -Undang Politik. Oleh karena itu.

(dalam arti terbuka. dengan harapan besar pemilu yang digelar dapat membawa Indonesia keluar dari kemelut transisional. dan jalan membangun demokrasi jadi le bih terbuka. Lebih adil . setelah jatuhnya Soeharto masyarakat akan semakin mudah mewujudkan cita-cita reformasi total yang mereka usung lewat aksiaksi massa sejak tahun 1997. Masyarakat bebas mengeluarkan pendapat 4. Menyusul jatuhnya rezim Orde Baru. masyarakat dirugikan selama orde baru ada 6. dan harapan akan segera lahirnya tatanan masyarakat yang demokratis jadi kelihatan semakin jauh dari jangkauan. Mengapa pemilihan umum tahun 1999 dipandang sebagai pemilu yang demokratis ? Secara teoritis. tidak tertutup) 8. Dihapusnya dwifungsi ABRI 5. Pemerintahan dan pelaksanaan hukum lebih transparan.5. Namun. pada tahun 1999 masyarakat masuk pada euforia. Ternyata membangun demokrasi tidak semudah yang dibayangkan. Pemilu 1999 konon dikatakan sebagai pemilu paling demokratis dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. adanya dwifungsi ABRI Pelaksanaan hukum di zaman habibie : 1. keadilan ditegakan di zaman ini 2. Beberapa fakta memang menunjukkan . beberapa fakta lain yang berlangsung patut membuat masyarakat menjadi semain berkecil hati. Lembaga hukum menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya (sudah tidak menjadi alat untuk memperkuat pemerintahan) 3. Di satu sisi berbagai kenyataan yang ada patut membuat masyarakat optimis bahwa demokrasi akan dapat segera terwujud.

birokrasi dan militer yang dulunya berpihak pada Golkar sudah mulai berdiri netral dihadapan partai-partai yang ada. hal itu dapat disahkan karena dapat dianggap bahwa personel DPR-MPR itu sebagai wakil DPR-MRP . Karena hukum di Indonesia belum dapat memperkuat apakah sah atau tidak memberikan sumpa hnya hanya di depan beberapa personel DPR-MPR yang bukan bersifat kelembagaan. Apakah menurut pendapatmu mengenai pengangkatan Habibi sebagai presiden menggantikan Soeharto? Dari polemik yang muncul pada saat mengangkatan Habibie sebagai presiden. Ka lau dulu pada zaman Orde Baru pemilu hanya diikuti oleh 3 partai peserta pemilu.bahwa secara relatif pemilu 1999 sama sekali berbeda dengan pemilu -pemilu yang berlangsung sebelumnya. berbagai polemik yang ditimbulkan akibat pengangkatan Habibie adalah sesuatu yang wajar. Peserta partai lebih banyak dibanding zaman orde baru 3. Berkurangnya kampanye dengan cara-cara koersif 5. Di sisi lain. Karena pemilu 1999 menggunakan sistem multi partai 2. Kecurangan paling sedikit 10. menurut saya (kami) pribadi. dimana pada saat itu Habibie mengucapkan sumpahnya hanya di depan Mahkamah Agung dan beberapa personel DPR-MPR yang bukan bersifat kelembagaan. Birokrasi militer tidak memihak dan ber sifat netral 4. masyarakat memiliki ruang kebebasan untuk menentukan pilihan politiknya tanpa adanya inetrvensi dan tekanan dari pihak manapun. Kesimpulan : 1. dalam pemilu 1999 pesertanya relatif lebih beragam lewat sistem multipartai. Menurut saya (kami). Dalam pemilu 1999 pendekatan dengan menggunakan cara-cara koersif juga mulai berkurang. Namun.

sebagai lembaga yang juga dapat dimanfaatkan de ngan membawa bukti-bukti yang ada. Selain itu. saya (kami) berpendapat bahwa pengangkatan Habibie sebagai presiden adalah tindakan yang terburu -buru jika dilihat dari segala kekurangan pada persiapan pengangkatan Habibie. .

ireyogya.DAFTAR PUSTAKA www. I Wayan. Jakarta: Erlangga. 2006.id. Sejarah Untuk kelas XII. .pdf Badrika.google.yahooanswer.com www.org/wp/WP%20Titok%2001.com http://www.wikipedia.org www.