Karakteristik Mata Pelajaran Keterampilan Mata pelajaran Keterampilan berisi kumpulan bahan kajian yang memberikan pengetahuan dan

keterampilan dalam membuat suatu benda kerajinan dan teknologi. Mata pelajaran keterampilan memiliki fungsi mengembangkan kreativitas, mengembangkan sikap produktif, mandiri, dan mengembangkan sikap menghargai berbagai jenis keterampilan/pekerjaan dan hasil karya. Keterampilan diberikan kepada peserta didik berupa teori tentang pengertian, jenis, fungsi, bahan, alat, dan teknik membuat benda. Keterampilan kerajinan dan teknologi tersebut diajarkan melalui membuat desain, membuat skema rangkaian, membuat resep, membuat benda, membuat kemasan, dan cara menyajikan serta menjual benda kerajinan dan teknologi. Keterampilan kerajinan dan teknologi mengembangkan sikap kreatif dan mandiri melalui pembelajaran berbagai jenis keterampilan. Keterampilan kerajinan meliputi kerajinan dari bahan lunak, keras baik alami maupun buatan dengan berbagai teknik pembentukan. Keterampilan teknologi meliputi rekayasa, budidaya, dan pengolahan, sehingga peserta didik mampu menghargai berbagai jenis proses membuat keterampilan dan hasil karya keterampilan kerajinan dan teknologi. Berdasarkan substansinya, materi pembelajaran keterampilan meliputi wawasan apresiasi tentang keterampilan dan ruang lingkupnya, pengetahuan bahan dan alat, berkarya, dan penyajian karya, serta wawasan kewirausahaan. Dalam pelaksanaan pembelajarannya materi-materi atau kompetensi tersebut disampaikan berdasarkan bidang masing-masing atau terpadu sesuai porsi yang ada. Pada hakikatnya, pelaksanaan pembelajaran keterampilan ditekankan pada pembelajaran produktif, yaitu berkarya keterampilan kerajinan dan teknologi, penyajian karya, dan wawasan pemasaran karya untuk membentuk jiwa kewirausahaan peserta didik. Pembelajaran keterampilan diarahkan agar peserta didk dapat mengembangkan kecaapan hidup (life skill ) yang meliputi keterampilan personal, social, pravokasional, dan akademik. Penekanan jenis ketrampilan dipilih oleh satuan pendidikan dan perlu mempertimbangkan minat dan bakat peserta didik serta potensi lokal, budaya, ekonomi, dan kebutuhan daerah. Keterampilan personal dan social diperlukan untuk semua peserta didik, keterampilan akademik mereka yang akan melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Keterampilan pravokasional diperlukan mereka yang akan memasuki dunia kerja. Keterampilan pravokasional memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat diberbagai pengalaman apresiasi dan kreasi untuk menghasilkan karya yang bermanfaat bagi peserta didik. Pembelajaran keterampilan memberikan bekal kepada peserta didik agar memiliki sikap adaptif, kreatif, dan inovatif melalui pengalaman belajar yang menekankan pada aspek fisik dan mental.
Model Silabus Keterampilan

1

Berkaitan dengan itu. Kerajinan menggunakan berbagai media tertentu. sulam. bambu. tanah liat. perlu digunakan strategi pembelajaran yang dapat mendukung pengembangan dan pelestarian budaya tradisi di seluruh wilayah Nusantara. sosial. dan benda bergerak). dan kerajinan alternatif (mixed media). Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk. bel. manisan. fisik. Keterampilan tersebut didasarkan pada keterampilan proses berkarya agar memiliki wawasan pengetahuan dan pengalaman berkarya teknologi. teknologi dengan biologi. jahit. Kerajinan menekankan pada keterampilan teknik pembuatan karya. raut.dan sebagainya. dengan hasil berupa karya fungsional dan nonfungsional/hias. memodifikasi. Keterkaitan pembelajaran antar bidang pelajaran ini memungkinkan pembelajaran secara kolaboratif yang dapat mengembangkan kecakapan hidup bagi lulusan. misalnya kayu. yang memiliki keragamaman seni dan budaya yang perlu ditumbuhkembangkan oleh generasi berikutnya. Dengan mempelajari jenis keterampilan kerajinan dan teknologi yang ada di nusantara peserta didik Model Silabus Keterampilan 2 . kerajinan dengan ekonomi. ampli. tenun. etika. keterampilan dengan seni rupa. dan sebagainya. Oleh karena itu. mengubah. pembelajaran keterampilan kerajinan dan teknologi perlu memperkenalkan keanekaragaman hayati dan budaya Indonesia. Kegiatan keterampilan dimulai dari mengidentifikasi potensi lingkungan peserta didik untuk diubah dan dikembangkan untuk menjadi bermanfaat bagi kehidupan. anyam. Kerajinan dibentuk dengan teknik tertentu seperti ukir. dan mencipta produk yang lebih bermanfaat. dan kreativitas dalam apresiasi dan kreasi berkarya keterampilan. interkom. Kerajinan dapat dibedakan atau dikelompokan menjadi kerajinan bahan alami dan buatan. Jenis karya kerajinan tersebut didasarkan pada bahan dan teknik pembuatannya. intelektual. pengeringan. kerajinan dengan teknologi. dan tekstil. kertas. Pembelajaran keterampilan kerajinan dan teknologi harus memfokuskan pada jenis kerajinan dan teknologi yang dibutuhkan masyarakat Indonesia. Pembelajaran keterampilan dirancang secara sistematis melalui tahapan meniru. batik. logam. budidaya hewani dan nabati seperti buddidaya tanaman hias. Pembelajaran keterampilan perlu mengenalkan berbagai bentuk kerajinan dan teknologi tradisional dan modern yang ada di sekitar dan yang berkembang di seluruh wilayah Indonesia. estetika. kerajinan dari bahan lunak dan keras. ikan hias dan ikan air tawar. makrame. pengolahan membuat makanan dengan cara pengawetan. Keterampilan teknologi meliputi rekayasa membuat teknologi tepat guna (lampu saign. Sebagai contoh. pengasinan basah dan kering.Pembelajaran keterampilan pravokasional adalah memfasilitasi pengalaman emosi. Pembelajaran keterampilan kerajinan dan teknologi perlu dikaitkan dengan kebutuhan kehidupan di masyarakat. Pembelajaran keterampilan terkait dengan pembelajaran bidang studi lainnya dalam kurikulum.

Materi pembelajaran keterampilan kerajinan dan keterampilan teknologi disesuaikan dengan minat dan kemampuan peserta didik serta kemampuan sekolah atau keadaan daerah. nilai ekonomi. Demikian juga produk karya rekayasa. Kerajinan sebagai salah satu bentuk mata pencaharian atau bidang usaha yang memberikan kebanggaan tersendiri. Devisa negara dari non migas yang cukup besar adalah dari sektor kerajinan. dan penghargaan terhadap karya kerajinan dan teknologi. penyajian dalam bentuk pameran.dapat memahami dan menghargai peranan keterampilan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Kegiatan mencipta/berkarya keterampilan bertujuan untuk menghasilkan produk karya kerajinan dan teknologi. dan pameran. Kerajinan adalah warisan budaya bangsa yang memiliki nilai luhur. budidaya hewan ternak. Pembelajaran proses berkarya keterampilan dilakukan melalui kegiatan eksplorasi dan eksperimen bahan dan teknik berdasarkan gagasan (konsep) perancangan dengan mengambil unsur-unsur dari berbagai bentuk kerajinan dan teknologi (tradisi maupun modern) di seluruh wilayah Nusantara menjadi karya kerajinan dan teknologi yang layak digunakan. maupun masyarakat sebagai upaya membangun jiwa kewirausahaan peserta didik. Model Silabus Keterampilan 3 . bahan. sekolah. nilai simbolis yang memang perlu dilestarikan dan dikembangkan. dan wawasan kewirausahaan/ pemasaran produk kerajinan dan teknologi 2). apresiasi. baik dalam lingkup kelas. pemahaman. Hal ini terbukti banyaknya bidang usaha kerajinan dan ekspor kerajinan ke berbagai negara. Mata pelajaran keterampilan pada dasarnya adalah mata pelajaran praktik yang disampaikan dalam bentuk pembelajaran sebagai berikut: 1). promosi dan penjualan hasil karya. teknik. perlu sejak dini sekolah mengenalkan kenyataan tersebut melalui pembelajaran di kelas dengan wawasan memberikan kecakapan untuk bekal hidup. foto. dan pengolahan makanan. melihat produk teknologi. Rambu-Rambu Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Untuk melaksanakan pembelajaran keterampilan di SMP/MTs. Penyajian karya meliputi. 1. dan analisis benda kerajinan/teknologi. 3). Wawasan pengetahuan mengenai pengertian. penyajian lisan atau tulis. yang dilakukan melalui membaca. jenis. Materi pembelajaran kerajinan dan teknologi yang belum dapat dilaksanakan oleh sekolah dapat diberikan dalam bentuk apresiasi melalui pelajaran teori. alat. membaca buku. melihat pameran. gambar. pengamatan karya. Pendidikan sekolah merupakan suatu institusi formal yang harus ikut bertanggung jawab untuk mengembangkannya keterampilan tersebut. Mengapresiasi bertujuan untuk mengembangkan wawasan. perlu memperhatikan rambu-rambu sebagai berikut: a. Melihat kenyataan itu. latar belakang sejarah. b. fungsi. budidaya tanaman.

masing-masing guru memberikan pembelajaran keterampilan sesuai dengan bidangnya atau berkolaborasi dalamm bentuk team teaching. akan mendidik anak tersebut memiliki budaya kerja yang baik. Jika tidak memungkinkan satu guru mengajar kedua aspek tersebut. daerah. d. sehingga lebih menekankan usaha prosedur. Pembelajaran keterampilan menekankan penguasaan pengalaman keterampilan berkarya. dan minat Peserta didik. dan penilaiannya mengacu pada penguasaan kompetensi. dan kemampuan guru yang ada. Setiap sekolah harus melaksanakan pembelajaran keterampilan yang meliputi aspek kerajinan dan teknologi. Alternatif pelaksanaan pembelajaran keterampilan sebagai berikut: Sekolah yang memiliki lebih dari satu guru bidang kerajinan dan teknologi. tekun. Proses pembelajaran yang baik. dengan prosedur yang benar akan menghasilkan karya yang baik pula. Membiasakan anak berproses dengan cara yang benar akan tanggung jawab untuk dapat menghasilkan karya yang baik pula. Oleh sebab itu. 2. Penguasaan keterampilan tersebut untuk mendukung pengembangan sikap dan perilaku produktif dan apresiatif terhadap proses dan hasil karya. bekerja keras. baik kerajinan maupun teknologi harus diajarkan dalam setiap semester. Pembelajaran keterampilan mengacu pada pembelajaran berbasis kompetensi yaitu model pembelajaran di mana perencanaan. Materi kompetensi aspek kerajinan dan teknologi dapat dipilih disesuaikan dengan kondisi sekolah. dan mengungkapkan gagasan kreatif dari pada hasil. Materi pembelajaran yang bersifat teoretik tidak diberikan secara terpisah. bakat. e. perlu ditunjang dengan program ekstrakurikuler atau masuk dalam mata pelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PDK) sebagai mata pelajaran mulok. daerah. karena dalam laporan akhir hasil pembelajaran (raport) dituntut kedua aspek tersebut. Sekolah yang hanya memiliki satu guru keterampilan diharuskan melaksanakan pembelajaran keterampilan kedua aspek tersebut. Pendekatan pembelajaran berbasis kompetensi dimaksudkan agar segala upaya yang dilakukan dalam pembelajaran benar-benar mengacu dan mengarahkan peserta didik untuk menguasai kompetensi yang ditetapkan. Pembelajaran Keterampilan ( Kerajinan dan Teknologi ) Pembelajaran keterampilan pada dasarnya adalah pembelajaran praktik. pelaksanaan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran kompetensi adalah (1) penguasaan kompetensi oleh Model Silabus Keterampilan 4 . sehingga kedua aspek tersebut terlaksana. f. tetapi secara terpadu dengan materi kegiatan pembelajaran praktik berkarya.c. membentuk. Membiasakan anak untuk disiplin. Untuk menunjang pembelajaran keterampilan kerajinan dan teknologi yang mengarah pada penguasaan keahlian profesional. Pembelajaran yang bersifat praktik (berkarya) lebih berorientasi pada proses dari pada hasil. e. sesuai dengan kemampuan sekolah. maka dilakukan dengan team teaching.

yang menghasilkan teknologi tepat guna. Setiap cabang keterampilan memiliki ciri-ciri khusus berdasarkan pada bahan dan teknik pembuatanya. Melalui belajar keterampilan. Materi pembelajaran keterampilan meliputi kegiatan mengapresiasi. dan kerajinan alternatif (mixed media). kebutuhan yang dirancang. pembelajaran yang melibatkan anak dalam aktivitas berkarya (learning by doing) dapat dilakukan melalui berbagai media dan teknik berkarya kerajinan dan teknologi. alat. dan keteknikan berkarya yang meliputi kerajinan berbahan lunak. dengan berbagai teknik. dan pengolahan. bahan. peserta didik belajar menggunakan berbagai teknik tradisional dan bantuan alat modern untuk mengeksploitasi bahan menjadi karya kerajinan yang berkualitas. desain. Model Silabus Keterampilan 5 . keras. baik media untuk berkarya kerajinan dan teknologi. Pembelajaran kerajinan dan teknologi di sekolah dapat dilakukan dengan pendekatan di studio/laboratorium atau di kelas dan di luar kelas sesuai karakteristik jenis kerajinan dan teknologi. Pembelajaran keterampilan memberikan kemampuan bagi Peserta didik untuk membuat benda kerajinan dan teknologi sesuai dengan kebutuhannya. Melalui pengalaman berkarya. fungsi. sehingga perbedaan irama belajar Peserta didik terlayani (Depdiknas. Mata pelajaran keterampilan meliputi kerajinan dan teknologi. Seseorang harus melukis untuk belajar melukis. Keterampilan teknologi mencakup teknologi rekayasa. dan wawasan pemasaran produk keterampilan. budidaya tanaman dan peternakan.1999). Dalam berkarya. dan (4) pembelajaran kompetensi harus ada bahan pengayaan (enrichment) bagi Peserta didik yang lebih cepat dan program perbaikan (remedial) bagi Peserta didik yang lamban. peserta didik memperoleh pemahaman dan keterampilan tentang berbagai penggunaan media. penyajian kerajinan. (3) aktivitas belajar Peserta didik bersifat perseorangan. Oleh karena itu.peserta didik. Pembelajaran keterampilan dilaksanakan dengan bertolak dari pengetahuan. kreatif. Keterampilan teknologi rekayasa. dan bertanggung jawab terhadap proses dan hasil karyanya. peserta didik belajar tekun. akan menghasilkan pengalaman nyata yang bermakna. baik alami maupun buatan. dan penyajian karya dalam bentuk pameran. bahan keras baik alami maupun buatan. Pembelajaran kerajinan dan teknologi di sekolah mengembangkan kemampuan dan keterampilan Peserta didik dalam berkarya. budidaya. terampil. kerajinan alternatif (mixed media). Dalam pembelajaran keterampilan. seseorang harus mengukir untuk belajar ukir dan seterusnya. Kerajinan menncakup beberapa cabang kerajinan dengan menggunakan bahan lunak. dan pengolahan bahan makanan. Pendidikan keterampilan menganut pandangan bahwa anak dilibatkan dalam proses kreatif. sabar. mencipta kerajinan dan teknologi. Kebutuhan tersebut dapat berupa kebutuhan praktis maupun kebutuhan akan kepuasan terhadap hasil ciptaannya. (2) penguasaan kompetensi peserta didik harus memiliki kesepadanan dengan kompetensi tersebut dimana digunakan. proses dan prosedur kerja sangat penting karena akan menghasilkan karya yang baik sesuai tuntutan konsep. apresiasi.

dengan memperhatikan keterbatasan maupun kelebihannya. promosi. materi pembelajaran keterampilan juga mencakup penyajian karya. melibatkan Peserta didik secara langsung dalam aktivitas berkarya keterampilan akan memberikan pengalaman nyata dan bermakna. mencatat. Kegiatan penyajian karya ini dalam kerangka untuk membentuk jiwa kewirausahaan peserta didik. membuat resep. dan sampai membuat karya. pemajangan karya. dan penjualan karya. memahami. Walapun demikian dalam membuat kerajinan dan keterampilan teknologi. apresiasi. mengobservasi. jenis. membuat sketsa. Materi pameran mencakup kegiatan perencanaan. Dalam proses membentuk karya. teknik pembuatan. Model Silabus Keterampilan 6 . Selain itu. dan evaluasi pameran. dan penjualan karya kerajinan dan teknologi. peserta didik perlu diberi kesempatan untuk mengembangkan kreasinya sehingga memberi kesempatan untuk mengembangkan potensinya. karakteristik bahan. Materi pengetahuan keterampilan pada dasarnya adalah pengenalan pengertian. bahkan juga di masyarakat. promosi. latar belakang sejarah. fungsi. sekolah. Berkarya kerajinan dan teknologi pada dasarnya merupakan proses membuat dan mengolah bahan dengan teknik tertentu untuk mewujudkan produk kerajinan dan teknologi. Peserta didik perlu dilibatkan dalam berbagai pendekatan. dan wawasan pemasaran produk.promosi. penyajian lisan/tulis. Dalam membuat kerajinan. Selain berkarya kerajinan dan teknologi. pelaksanaan. Mengapresiasi keterampilan berarti mengenal. dan wawasan pemasaran produk. Materi penyajian karya kerajinan dan teknologi meliputi pameran. Kegiatan ini dapat dilakukan di dalam kelas. seperti. mengkomunikasikan. peserta didik perlu diperkenalkan dengan berbagai teknik penggunaan berbagai alat dan bahan. Mengolah media pada dasarnya adalah menggunakan bahan dan alat untuk membentuk benda kerajinan atau teknologi. Materi pokok pameran adalah penataan ruang. membuat desain/skema. alat. dan memberikan penghargaan terhadap karya kerajinan dan teknologi.