P. 1
Perilaku Hidup Bersih Sehat

Perilaku Hidup Bersih Sehat

|Views: 75|Likes:
Published by Nisa Ucil

More info:

Published by: Nisa Ucil on Nov 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2010

pdf

text

original

PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT

KELOMPOK B9 ANGKATAN 2008

PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)
KELOMPOK 19
AGATHA DINAR AHMAD ALFIN N. ARIFATUN NISA DEBBY ANDINA L. M. ARIF S. NONIEK RAHMAWATI WIJI HASTUTI ABISEKA PANJI B. ARIYANI NOVITASARI ERICKSON G0008002 G0008046 G0008056 G0008076 G0008122 G0008140 G0008182 G0008188 G0008200 G0008210

1

2

3

Timbang Balita

4 4

5

6

7

Rumah Bebas Jentik

Cuci tangan dengan sabun & air mengalir

8

9
10

3

PERTOLONGAN PERSALINAN OLEH TENAGA KESEHATAN DI FASILITAS KESEHATAN

sosial ekonomi. sedangkan AKB 34 per 1000 KH. ‡ Kematian ibu: perdarahan. ‡ Penyebab tidak langsung: kondisi masyarakat (pendidikan. persalinan macet.LATAR BELAKANG ‡ Saat ini AKI 307 per 100.000 KH. 2010) memperberat . eklampsia. dan komplikasi. ‡ Kematian bayi: BBLR dan asfiksia. dan budaya) Sarana pelayanan yang kurang siap (Dinkes Jateng. infeksi.

PERAN PETUGAS PUSKESMAS .

1. Adv kasi un uk mendapa dukun an kebijakan dan dana 3. Men usun ren ana ke ia an penin ka an per l n an persalinan leh ena a keseha an melalui mini l kakar a . Melakukan analisis dan merumuskan permasalahan ibu hamil. 2.

pembinaan kepada kader tentang peningkatan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan. (PKK. Forum Kelurahan/Kelurahan Desa Siaga) 5. . tokoh masyarakat.4. organisasi masyarakat. RW. Melaksanakan orientasi. tokoh agama. RT. Sosialisasi permasalahan ibu hamil dan menyusun rencana pemecahan masalah pada kelompok potensial di wilayah kerja Puskesmas.

dsb. -Mengupayakan setiap ibu hamil mendapatkan buku KIA. Membantu ibu hamil dan nifas untuk: -Membahas permasalahan dengan kelompok sayang ibu. -Melakukan perawatan payudara untuk persiapan pemberian ASI eksklusif. -Memutuskan metode KB pasca persalinan. Membantu mengembangkan upaya peningkatan kesehatan bersumberdaya masyarakat Seperti tabulin. 7. -Membahas buku KIA pada kelompok ibu hamil agar mengetahui dan memanfaatkannya. . dasolin. -Membuat amanat persalinan untuk melakukan persalinan pada tenaga kesehatan.6. ambulan desa. donor darah.

-Jumlah kader yang dibina petugas kesehatan dalam melakukan pendataan ibu hamil dan dipasang stiker.8. -Jumlah persalinan oleh tenaga kesehatan terus meningkat. . -Adanya kelompok pemberdayaan masyarakat yang siap membantu ibu hamil. Melakukan monitoring dan evaluasi -Adanya dukungan dari Camat. lintas sektor terkait dalam meningkatkan persalinan oleh tenaga kesehatan.

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET Surakarta .

melindungi bayi dari beberapa penyakit Kontrasepsi dalam 3 bulan setelah persalinan Membantu uterus kembali ke ukuran semula Mempererat hubungan psikologis ibu-anak .

.

1 PERSIAPAN MENTAL DAN FISIK PERSIAPAN TEMPAT DAN ALAT CUCI TANGAN DAN OLESKAN ASI KE PUTING DAN SEKITARNYA 2 3 4 SUSUKAN BAYI SESUAI KEBUTUHAN SETELAH SELESAI. OLESKAN ASI KE PUTTING DAN SEKITARNYA 5 .

PEMBERIAN ASI PADA IBU YANG PADA IBU YANG BEKERJA BEKERJA MEMERAH ASI PENYIMPANAN ASI PEMBERIAN ASI PERAH .

PADA IBU YANG BEKERJA 1 BENTUK CUCI TANGAN JARI TELUNJUK DAN IBU JARI HURUF C MEMERAH ASI 2 SIAPKAN WADAH LETAKKAN DI BATAS LINGKARAN DI SEKITAR PEMERAHAN PENYIMPANAN PUTING 3 ASI ASI TEKAN KE ARAH DADA PEMBERIAN KEMUDIAN PERAH DAN PERAH LEPAS .

PADA IBU YANG BEKERJA PADA SUHU RUANGAN MEMERAH LEMARI ES PENDINGIN (4o C) LEMARI ES PEMBEKU (-4o C) ASI 6 ² 8 JAM 2 x 24 JAM PENYIMPANAN ASI Beberapa bulan PEMBERIAN ASI PERAH .

PADA IBU YANG BEKERJA SUSU YANG DISIMPAN PADA PENDINGIN DIHANGATKAN DENGAN MERENDAM MEMERAH ASI PADA AIR PANAS SUSU YANG SUDAH DIHANGATKAN JANGAN DIKEMBALIKAN KE LEMASI ES PENYIMPANAN ASI LEMARI ES PEMBEKU (-4o C) DIPINDAHKAN KE LEMARI PENDINGIN DULU PEMBERIAN ASI PERAH .

ASI PERAH JANGAN DIBERIKAN TAPI DENGAN MENGGUNAKAN BOTOL BERIKANLAH DENGAN MENGGUNAKAN SENDOK ATAU CANGKIR .

TIMBANGLAH BAYI DAN BALITA KITA SETIAP BULAN DI POSYANDU Agar terpantau Pertumbuhan dan Perkembangannya Di Indonesia 70% anak yang gizi buruk karena tidak pernah dibawa ke Posyandu .3.

) ‡ Untuk mengetahui apakah balita tumbuh sehat ‡ Untuk mengetahui dan mencegah gangguan pertumbuhan balita ‡ Untuk mengetahui balita yang sakit. Balita yang berat badannya BGM( Bawah Garis Merah) dan dicurigai Gizi Buruk shg dapat langsung dirujuk ke puskesmas ‡ Untuk mengetahui kelengkapan imunisasi ‡ Untuk mendapatkan penyuluhan gizi . (demam/batuk/pilek/diare) BB 2 bulan berturut turut tidak naik.APA MANFAATNYA??(CONT.

‡ NAIK.bila: ‡ Garis pertumbuhan menurun.APA MANFAATNYA??? ‡ Penimbangan bayi dimaksudkan untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan nya setiap bulan ‡ Hasil penimbangan dicatat pada buku KIA (Kesehatan Ibu&Anak)atau KMS(Kartu Menuju Sehat).garis pertumbuhan pindah ke pita warna diatasnya ‡ TIDAK NAIK. akan terlihat BB naik tau tidak. ‡ Garis pertumbuhan mendatar ‡ Garis pertumbuhan naik tapi pindah ke pita warna yang lebih muda .garis pertumbuhan naik mengikuti salah satu pita warna di KMS . bila: .

.

KAPAN MENIMBANG??? ‡ Kapan dan dimana penimbangan bayi dan balita dilakukan ? Penimbangan bayi dan balita dilakukan setiap bulan mulai umur I bulan sampai 5 tahun di Posyandu. .

.

‡ Otot pantat mengendor. ‡ Cengeng/rewel/apatis. 2. ‡ Wajah bulat dan sembab. ‡ Cengeng/rewel/apatis. ‡ Iga gambang. ‡ Rambut kusam dan mudah dicabut. Tanda-tanda gizi buruk pada marasmus : ‡ Tampak sangat kurus. ‡ Wajah seperti orang tua. ‡ Bercak kulit yang lugs dan kehitaman/bintik kemerahan.Tanda-tanda gizi buruk pada kwarhiorkor : ‡ Edema seluruh tubuh (terutama pada punggung kaki).GIZI BURUK ‡ Apa tanda-tanda balita gizi buruk ? 1. ‡ Perut buncit. ‡ Pengeriputan otot lengan dan tungkai . perut cekung.

PENGGUNAA N AIR BERSIH .

AIR BERSIH Adalah salah satu jenis sumber daya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi dan digunakan dalam melakukan aktivitas sehari-hari .

SYARAT ‡ ‡ ‡ ‡ Tidak berasa Tidak berbau Tidak berwarna Tidak mengandung logam berat .

tetapi air hujan ini tidak mengandung kalsium. maka bila akan dijadikan air minum harus diolah terlebih dahulu . Oleh karena air sungai dan danau ini sudah terkontaminasi atau tercemar oleh berbagai macam kotoran.SUMBER ‡ Air hujan Air hujan dapat ditampung kemudian dijadikan air minum. Oleh karena itu. agar dapat dijadikan air minum yang sehat perlu ditambahkan kalsium didalamnya ‡ Air sungai dan danau Air sungai dan danau berdasarkan asalnya juga berasal dari air hujan yang mengalir melalui saluran-saluran ke dalam sungai atau danau. Kedua sumber air ini sering juga disebut air permukaan.

Oleh karena itu. sebagaian besar air sumur dalam ini sudah cukup sehat untuk dijadikan air minum yang langsung (tanpa melalui proses pengolahan) . Tetapi karena kita belum yakin apakah betul belum tercemar maka alangkah baiknya air tersebut direbus dahulu sebelum diminum ‡ Air sumur Air sumur dangkal adalah air yang keluar dari dalam tanah.‡ Mata air Air yang keluar dari mata air ini berasal dari air tanah yang muncul secara alamiah. Dalamnya dari permukaan tanah biasanya lebih dari 15 meter. Air berasal dari lapisan air di dalam tanah yang dangkal Air sumur dalam yaitu air yang berasal dari lapisan air kedua di dalam tanah. sehingga disebut sebagai air tanah. Oleh karena itu. air dari mata air ini bila belum tercemar oleh kotoran sudah dapat dijadikan air minum langsung.

Walaupun bakteri dapat dibunuh dengan cara memasak air hingga 100 °C. banyak zat yang berbahaya. dan terutama logam. . tidak dapat dihilangkan dengan cara seperti ini. terdapat risiko bahwa air ini telah tercemar oleh bakteri (misalnya Escherichia coli) atau zat-zat berbahaya lainnya.Walaupun air dari sumber alam dapat diminum oleh manusia.

PEMANFAATAN ‡ ‡ ‡ ‡ Minum Makan Mandi Mencuci .

Sebanyak 13 juta anak-anak balita mengalami diare setiap tahun. Air yang terkontaminasi dan pengetahuan yang kurang tentang budaya hidup bersih ditenggarai menjadi akar permasalahan ini.KETIADAAN AIR BERSIH ‡ Penyakit diare Di Indonesia diare merupakan penyebab kematian kedua terbesar bagi anak-anak dibawah umur lima tahun. Sementara itu 100 juta rakyat Indonesia tidak memiliki akses air bersih ‡ Penyakit cacingan ‡ Dan penyakit lainnya .

P E R I L A K U H I D UP B E R S I H D A N S E H A T D I R UM A H TA N G G A MENCUCI TANGAN DENGAN SABUN Noniek Rahmawati G0008140 .

flu) .AYO. IASAKAN CUCI ANGAN PAKAI SABUN DENGAN AI BERSI DAN MENGALIR Agar Bersih dan Tidak Mudah Sakit (diare.

MENGAPA PAKAI AIR BERSIH DAN MENGALIR? Air diam tempat berkumpulnya kotoran ´SUP KUMANµ menempel pada tangan .

MENGAPA PAKAI SABUN? Sabun (zat antiseptik) Kuman yang tidak ´bersihµ dari tangan. akan mati .

BAGAIMANA CARA MENCUCI TANGAN DENGAN SABUN DAN AIR? .

1. 5. 4. Gosokkan punggung jari pada telapak tangan secara bergantian. Gosok dan putar ibu jari secara bergantian. kemudian ambil sabun. dan gosok pada kedua telapak tangan. Gosok masing-masing punggung tangan secara bergantian. Gosokkan ujung kuku pada telapak tangan secara bergantian. 6. 2. . 3. Basahi kedua telapak tangan dengan air mengalir. Jari jemari saling masuk untuk membersihkan sela-sela jari.

.

.

KAPAN ? .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->