INTI PRATAMA TEKNIK

Specialis Air Conditioner

Belajar mengisi freon ac split
dengan 14 komentar

Pertama-tama yg harus dilakukan dalam pengisian freon adalah mengoperasikan ac split. setelah outdoor unit mendapatkan supply listrik dari indoor unit, buka nepel penutup pentil pengisian freon dengan kunci inggris. lalu pasang selang berwarna biru yg berada pada manifold di pentil pengisian freon, adakah tekanan freon? dengan melihat jarum manifold tekanan rendah yg berwarna biru. jika tidak ada tekanan freon sama sekali, berarti sistem pendingin/ac split ada kebocoran. cari sampai ketemu dimana letak kebocorannya dengan kuas kecil yg diberi air sabun, bila tidak diperbaiki/dilas kebocorannya freon akan berkurang kembali walaupun telah diisi sampai ac split menjadi dingin kembali. bila ruang kebocorannya harus diperbaiki dengan cara mengelas dan pada sistem pendingin/ac split masih terdapat sisa freon, maka yg harus anda lakukan sebelum melakukan perbaikan/pengelasan adalah membuang sisa freon tersebut agar tidak membahayakan diri anda. apabila telah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki/dilas, sistim pendingin/ac split harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakan mesin vakum. vakum yg baik harus mencapai 30″, lalu bagaimana bila anda tidak mempunyai mesin vakum??? tenang saja masih ada cara, yaitu dengan menggunakan compressor/outdoor unit yg akan kita isi freonnya, caranya adalah:
1. pasang selang warna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon(posisi kran ditabung freon dlm keadaan terbuka penuh dan kedua kran pada manifold tertutup penuh). 2. buka penutup kran nepel ukuran 3/8 yg ada pada samping kanan kran nepel outdoor unit. 3. masukan kunci L pada kran nepel 3/8 dan putar kekanan(posisi klep nepel ditutup). 4. operasikan ac split dan tunggu sampai indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit. 5. setelah outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru dari manifold, angin akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi dari ujung selang warna biru. 6. setelah tidak ada angin yg keluar lagi dari ujung selang warna biru, pasang kembali ujung selang warna biru ke manifold lalu putar ke kiri kunci L yg berada pada kran nepel 3/8(posisi kran nepel terbuka penuh). 7. isi freon dengan memutar kran manifold warna biru kearah kiri sambil melihat jarum manifold untuk memastikan berapa freon yg sudah masuk kedalam sistem pendingin/ac split. pada waktu pengisian freon lakukan secara bertahap jangan sekaligus dalam waktu singkat, agar tidak merusak klep compressor.

buka kran manifold…….. sebentar…….. lalu tutup kembali, lakukan berulang-ulang dan lihat berapa freon yg sudah masuk pada jarum penunjuk yg ada dimanifold, sampai pipa instalasi ac yg berukuran 3/8 yg berada pada outdoor unit basah berembun atau evaporator yg ada pada indoor unit anda pegang, apabila dinginnya sudah merata berarti proses pengisian freon sudah cukup, tidak harus 75 psi. bila unit ac kelebihan freon akan membuat ac menjadi tidak dingin bukan menjadikan lebih dingin.perhatikan juga amper compressor pada waktu pengisian freon, jangan sampai melebihi batas amper(current) yg dapat anda lihat pada sisi indoor unit.
Selamat..mencoba… • • • • • Share this: StumbleUpon Digg Reddit

Ditulis oleh sofyan Juli 2, 2008 pada 5:04 am

14 Tanggapan - tanggapan
Berlangganan komentar dengan RSS. 1. mantaabb informasinya

amin… numpang belajar saya mas… tris Juni 10.6. artikel mas sangat berarti buat saya…semoga mas di beri keluasan ilmu n rejeki . 2010 pada 9:02 am 6. waktu pertama pasang pendinginan ruangan memang OK tp selang seminggu dingin kurang meskipun sudah diset di 18 derajat. setelah pipa diganti oleh teknisi. sama teknisi lainnya dicek ampernya ada 1. Mohon info Pak: Pipa ac dikantor sebelumnya pembungkusnya rusak dimakan tikus..tapi sy saran kan lebih baik jangan karena kerja kompresor tidak normal. isi ulang freon sampai 70 tp kondisi AC tetap aja kurang dingin. terpaksa jalanin AC juga jalanin kipas angin. 2010 pada 4:16 am 4. pak saya mau tanya apa bisa Ac di pecah jd 2 maksudnya 2 indoor tapi 1 outdoor? trus apa bisa di pasang indoor sama outdoornya beda merk?? trims pak jenius. ali Mei 31. 2010 pada 8:10 am 7. 2010 pada 8:58 am 2. akibatnya sering netes air. kemungkinan disini masalahnya. di tempat tempat tertentu. Apa ud sesuai dengan luas ruangan ? Ukuran 1/2 PK kapasitas nya adalah 5000BTU Apa ud tertutup ruangan anda ? Apa pada waktu pemasangan di lakukan pemakuman oleh teknisi? pada waktu pemasangan sangatlah penting dilakukan pemakuman agar udara yang ad dalam pipa kapiler tidak menyumbat freon. 2010 pada 8:44 am 5. 2010 pada 1:07 pm 3.ricky Mei 10. sudah 2 kali teknisi betulin tapi tak ada satupun yang bawa vacuum.6A meskipun freon ditambah sampai 75 tetap saja Amper tidak naik tetap 1.tx sofyan Mei 31. apakah bisa divakum dengan menggunkan kompresor kulkas? thanks sutriatmo Juni 1. Mohon informasi.untuk masalah indoor dan outdoor berbeda tidak bermasalah selagi ukuran PK nya sesuai. Bisa. Mohon pencerahannya dibagian mana yang salah? sutriatmo Mei 10.tapi perlu penambahan kran pada unit outdoor.tx sofyan Mei 31. setelah dicek sama teknisi freon tidak berkurang. dan ditambah lapisan glaswool ternyata kok masih ber embun dan terkadang sampai netes airmalah hampir sepanjang pipa. . saya punya AC SHARP Sayonara 3 1/2PKbaru 3 bulan jalan.. 2010 pada 8:12 am 8. trimakasih banyak mas.Kemudian dicoba bongkar outdoornya kemudian diganti pipa kalipernya yang keluar dari kompressor dengan yang ada filternya.

dan ada kawan saya menyarankan untuk mengganti outdoornya saja dengan 1 PK. tetapi saya kawatir akan ada masalah di kemudian hari. kuning . Saya punya Ac sharp 1/2 PK punya masalah tentang pendinginnya. bisakah diberikan pencerahaan tentang untung dan ruginya jika outdoor saya menggunakan 1 PK dan indoor nya saya gunakan 1/2 PK. 2010 pada6:37 am 14. kuning trus mati total . bos mao tanya sy ada trouble di ac sharp model AH 9 awalx kt yg pnya ac gara2 gardu listrik meledak dkt rmhx trus listrik mati satu kmpng. 2010 pada 9:48 am 12. Agus Agustus 4.thanks. 2010 pada 3:47 am 11.: klo ac dhidupkan di displayx/led. kuning merah/kuning . rusli Juni 24. Mohon bantuan pencerahan Ario Agustus 26. di tempat tempat tertentu.sperti itu lg. akibatnya sering netes air.ada apakah gerangan terjadi???? apa freon kurang? terima kasih han Juni 10. 2010 pada 10:51 pm 10.trims bngat sblmx…… bosssss Musicool 22 . indikatorx. ulang Mohon info Pak: Pipa ac dikantor sebelumnya pembungkusnya rusak dimakan tikus. mas sama kah ukuran psi prezer sama kulkas. 2010 pada 10:50 pm 9. Terima kasih mau berbagi ilmu. Artikel berharga.klo di hidupkan lg. setelah pipa diganti oleh teknisi.jadi nambah ilmunih..menyala: merah&kuning . maturnuwun atas penjelasanya. dan ditambah lapisan glaswool ternyata kok masih ber embun dan terkadang sampai netes airmalah hampir sepanjang pipa. 2010 pada 2:16 pm 13.pas listrik hdp langsung error ac. budi Juli 19. mohon pencerahanx bos. ada apakah gerangan terjadi???? apa freon kurang? terima kasih han Juni 10.

7. saat dilakukan penyalaan tidak memerlukan bantuan "starting kapasitor" 10. Menambah umur pemakaian kompresor Pencapaian temperatur dingin lebih cepat Momen torque terhadap motor listrik penggerak kompresor menjadi turun Pada kompresor 1 phase. 2. AC SPLIT dan Sejenisnya 1.Pengisian pada Air Conditioner. Zat pendingin Hidrokarbon MUSICOOL MC-22 dapat digunakan untuk berbagai peralatan pendingin yang sebelumnya menggunakan HCFC R-22 2. 3. 5. 8. 3. MUSICOOL MC-22 memiliki kesesuaian dengan oli yang ada dalam komRresor Sebaiknya tabung M SICOOL digoyang-goyangkan sebelum digunakan untuk mendapatkan campuran yang baik 4. Pengisian yang berlebih akan mengakibatkan pendiginan tidak optimal Petunjuk Penyimpanan . 4.23% Petunjuk Pemakaian 1. Tidak meningkatkan pemanasan global Tidak memerlukan penggantian komponen Tidak memerlukan penggantian oli / pelumas Jumlah pengisian media pendingin hanya 30% dari jumlah media pendingin CFC maupun HFC Menurunkan aliran listrik rata-rata 18 . 10 Keuntungan menggunakan MUSICOOL pada AC WINDOW. Tidak merusak lapisan ozon 11. 6. 9. Pengisian ke dalam peralatan pendingin hanya diperlukan maksimum 30% dari berat pengisian oleh HCFC R-22.

Buka (putar) 1/3 bagian kran low pressure agar MUSICOOL bisa masuk ke dalam sistem pendingin. AC Window harus dilengkapi dengan niple pengisian yang dipasang di pipa hisap (Suctionside). agar udara di dalam slang warna kuning keluar. bila ditutup Slang warna kuning dihubungkan ke pompa vakum Putar kran warna merah dan biru ke arah terbuka sampai maksimum (kran di high dan low pressure) 3.1. 3. Pengisian ulang harus dilakukan oleh produsen agen MUSICOOL Petunjuk Pemvakuman AC Split. 4. tidak berwarna. Karena MUSICOOL masuk ke dalam sistem dalam wujud cair maka pengisian harus dilakukan perlahan-Iahan 5. Lakukan flushing (pembilasan). dengan cara membuka salah satu ujung slang warna kuning yang berhubungan dengan manifold gauge. pompa vakum) dipasang. 5. AC Split umumnya sudah dilengkap dengan kran pengisian disisi hisap dan sisi tekan (Low and high pressure) Proses Vakum 1. setelah itu kencangkan kembali 4. Dianjurkan pengisian menggunakan timbangan dan jumlah pengisian maksimum 30% dari berat freon . Jalankan pompa vakum selama minimum 20 menit Perhatikan bilamana sistem setelah divakum perlu ditambahkan oli melalui sisi hisap. Package Unit Sebelum peralatan pengisian (Manifold gauge. 5. Setelah sistem divakum putar kran merah dan biru ke arah tertutup Petunjuk Pengisian Regrigerant Musicool 1. dan tidak beracun 2. Pasang manifold gauge/ Analyzer pada peralatan pendingin dengan ketentuan sebagai berikut: o o o 2. AC Window. Jalankan AC sampai tekanan di dalam sistem stabil. Zat pendingin Hidrokarbon MUSICOOL memiliki sifat tidak berbau. Buka (putar) kran di tabung MUSICOOL 1/3 bagian saja (hati-hati jangan melebihi 1/3 bagian tadi) 3. Disarankan oli yang dipakai memiliki viscositas 4 GS atau 5 GS 4. Sistem AC yang bekerja dengan baik akan menunjukkan tekanan suction 60-80 Psig untuk AC Split dan AC Window 6. Slang warna biru dihubungkan pada niple disisi hisap (Low pressure) Slang warna merah dihubungkan ke niple sisi tekan (High pressure) bila ada. Simpan di tempat berventilasi dan temperatur ruang tidak melebihi 400 C Tempat penyimpanan MUSICOOL harus kering dan bersih Hindarkan dari sumber dan percikan api Tidak dibenarkan memindahkan sebagian isi MUSICOOL ke tabung lain untuk menghindari kontaminasi 6. Ambil tabung MUSICOOL MC-22 dan hubungkan slang warna kuning ke tabung MUSICOOL tersebut 2.

7. pasang manifold gauge dan buanglah MUSICOOL ke tempat yang berventilasi melalui suction port atau discharge port secara perlahan-Iahan atau arahkan slang pembuangan pada tempat yang kosong berisi air. 3. Unit luar rumah kompresor. kondensor dan katup ekspansi sedangkan unit indoor terdiri dari evaporator dan kipas. Service AC – Jenis dan Cara Mudah Pemeliharaan Visited 169 times. Ini juga digunakan untuk kamar tunggal dan karena terlihat ramping menambah keindahan ke kamar. yaitu unit outdoor dan indoor unit. hindarkan dari percikan api pada saat pengisian MUSICOOL dan bekerjalah dengan baik dan benar. film bioskop. Paket AC: AC ini digunakan jika lebih dari dua kamar atau lebih besar ruang di rumah atau kantor harus didinginkan atau dipanaskan. Tidak dibenarkan membuka evaporator atau blower. 4. Dilarang merokok. Dengan proses AC mungkin tidak hanya menjadi dingin atau panas ruangan. desinfeksi dan pengendalian kelembaban ruangan dapat dipertahankan. katup ekspansi. Tidak dibenarkan menampung refrigerant MUSICOOL di drier atau accumulator dan kondensor pada saat melakukan pengelasan lakukan pengelasan di luar instalasi. Dilarang merokok. hindarkan percikan api pada saat melakukan perbaikan dan bekerjalah dengan baik dan benar. ruang senam. 2010 by Shinta Dewi · No Comments Peningkatan pemanasan global dan perubahan iklim telah membuatnya menjadi penting untuk berinvestasi dalam kenyamanan termal buatan melalui AC. kran warna biru dan merah ditutup dan slangnya dapat dilepas. 6. ventilasi per kemudahan. 5. evaporator dan coil pendingin dalam kotak tertutup tunggal. maka ikuti petunjuk berikut ini: 1. AC Split: terdiri dari dua bagian. Pastikan sistem pemipaan kosong dari MUSICOOL bila memungkinkan lakukan pemvakuman sistem sebelum melakukan perbaikan atau penggantian komponen. Bila low pressure di dalam sistem sudah normal.7. 2. 8. supaya tidak terjadi pengkabutan. pabrik dll • • . Ada beberapa jenis AC tergantung pada daerah yang perlu didinginkan atau dipanaskan. kapiler atau sambungan pipa di dalam ruang pada saat sistem masih bertekanan. kondensor. Jenis utama yang digunakan saat ini adalah: • • AC Window: Paling cocok digunakan untuk kamar tunggal. Sistem AC Central: Ini digunakan jika seluruh bangunan harus AC seperti rumah-rumah. mesin ini terdiri dari kompresor. kantor. Bila akan memperbaiki atau membersihkan evaporator/ blower. Bila sistem masih bertekanan. Cek temperatur udara keluar grill Jangan lupa stiker MUSICOOL ditempel pada alat mesin pendingin yang telah diisi refrigeran MUSICOOL 9. Apabila akan melakukan penyambungan pipa dengan pengelasan pastikan item 1 dan item 2 sudah dilakukan dengan baik. seluruh hotel. 1 so far today Published on August 4. Petunjuk Perbaikan & Penggantian Komponen Peralatan Pendingin yang Menggunakan Musicool Apabila sistem tidak dingin atau tidak berfungsi dengan baik sehingga diputuskan untuk mengganti katup ekspansi. hal ini untuk menghindari peningkatan konsentrasi pada suatu tempat. tetapi juga. filter drier kapiler atau komponen lainnya. katup ekspansi atau coil. kapiler atau mengganti katup ekspansi maka pastikan terdapat sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan.

teater. Informasi lebih jika anda ingin memperbaiki AC: Service AC .Selain pengkondisian rumah ada kegunaan lebih luas lainnya ACS juga. AC Industri merupakan konsep penting. Misalnya. Rincian biasanya tersedia di manual produk. Ini adalah jenis AC dilakukan di tempat-tempat umum seperti mal. Peralatan elektronik lebih seperti komputer. Air Conditioner memerlukan pemeliharaan rezim yang ketat untuk meningkatkan umur panjang mereka dan kualitas pelayanan. AC komersial mengacu pada salah satu dari kenikmatan sosial yang paling prioritas di sebagian besar dunia. Tips untuk memastikan pemeliharaan AC tercantum di bawah ini: • • • • • Waktu ke waktu penggantian saringan udara sesuai rekomendasi yang diberikan oleh produsen. Memeriksa kumparan pendingin dan ventilasi udara minimal setahun sekali untuk memastikan mereka bersih. Lagi. toko-toko. toko dll. Hal ini digunakan untuk menjaga suhu di tempat perumahan peralatan elektronik yang panas bisa menjadi musuh terburuk dari gadget. terutama dengan bantuan sistem pengkondisian udara sentral. rumah sakit. hotel. Menjaga komponen kompresor bebas dari debu dan kotoran Pemeriksaan panel AC untuk memastikan bahwa mereka kacau erat Membantu Mengambil dari para profesional untuk up bersih dan pemeriksaan setidaknya sekali setahun. alat-alat elektronik dan peralatan pengujian presisi manufaktur elektronik dapat rusak oleh lingkungan dan sistem dimana ACS panas yang dihasilkan digunakan sebagai pengganti mekanik panas dengan udara dingin.